9 Tempat Wisata di Tidore Kepulauan Terkini dan Paling Hits

Wisata Tidore Kepulauan

Tidore sebuah pulau yang berada di Propinsi Maluku Utara. Pulau yang ada di sisi Timur Indonesia ini mempunyai banyak keelokan alam yang salah satunya jadi tempat Wisata hits untuk pelancong lokal atau luar negeri untuk orangtua dan anak muda.

Bila bicara mengenai beberapa tempat Wisata hits di wilayah Indonesia Timur yang satu diantaranya ialah Tidore Kepulauan karena itu Wisata alam yang hendak memimpin daftar itu. Bagaimana tidak di kabupaten ini sendiri saja telah ada banyak pulau, pantai, gunung, air terjun dan ada banyak keelokan alam yang dapat diketemukan di Tidore.

Bukan hanya keelokan alam saja sebagai daya magnet pelancong tetapi warga di tempat juga ramah hingga anda akan kerasan lama-lama di Tidore Kepulauan. Tanpa banyak basa-basi kembali berikut kita akan mengulas beberapa tempat Wisata yang terkenal dan hits di Tidore Kepulauan.

1. Pulau Failonga

Pulau Failonga
Photo Credit: Opan Jacky

Satu kembali Wisata pulau yang cantik di Tidore Kepulauan yakni Pulau Failonga. Berada di Kecamatan Tidore Timur, untuk sampai ke Pulau Failonga anda perlu naiki perahu dari Dermaga Goto Tidore dan memakan waktu sekitaran 10 menit untuk datang di lokasi pulau tidak memiliki penghuni itu.

Pulau Failonga sebuah pulau kecil dengan keelokan alam yang paling hebat cantik dari pantai pasir putih sampai laut biru yang jernih. Bila anda sukai lakukan penyelaman karena itu lokasi perairan di Pulau Failonga dapat jadi tujuan yang baik karena airnya yang jernih sehingga anda dapat nikmati keelokan alam bawah lautnya secara jelas.

Alamat: Pulau Filonga, Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 100.000
Google Maps: Cek Lokasi

2. Pantai Akesahu

Pantai Akesahu
Photo Credit: Visit Tidore

Berada di Kecamatan Tidore Timur, Pantai Akesahu sebagai salah satunya tujuan bahari yang hits di Tidore Kepulauan. Namanya pantai tentu mempunyai panorama laut yang paling cantik, hal itu dipunyai oleh Pantai Akesahu apalagi dengan air laut yang paling jernih membuat pantai ini cukup terkenal.

Selainnya panorama pantai dan air laut yang paling jernih, Pantai Akesahu mempunyai kolam pemandian air panas yang ada tidak jauh dari bibir pantai. Walau kolam pemandian ini ada dekat sama air laut tetapi air di kolam itu tidak asin seperti air laut.

Kolam pemandian yang mempunyai air tawar itu karena akar pohon yang ada di sekitaran pantai. Menurut masyarakat sekitaran, ada sebuah pohon sakral yang berada tidak jauh dari kolam pemandian air panas di Pantai Akesahu.

Alamat: Tosa, Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

3. Puncak Kie Matubu

Puncak Kie Matubu
Photo Credit: Sabualamo

Puncak Kie Matubu ataupun lebih dikenali bernama Gunung Tidore sebagai salah satunya tempat Wisata yang hits dan terkenal di Tidore Kepulauan. Berada di Kecamatan Tidore Selatan gunung ini ada pada ketinggian 1730 mtr. di permukaan laut hingga beberapa pelancong dapat nikmati panorama yang paling mengagumkan.

Di atas ketinggian itu beberapa pelancong dapat menyaksikan sebagian besar Propinsi Maluku Utara. Beberapa pulau seperti Maitara, Ternate, Halmahera, Hili dan beberapa pulau sekelilingnya dapat anda saksikan di atas Pucuk Kie Matubu.

Alamat: JL Jend A Yani, Tanah Tinggi Barat, Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

4. Pantai Cobo

Pantai Cobo
Photo Credit: Kawi Boedisetio

Tujuan yang hits dan terkenal setelah itu Pantai Cobo. Pantai elok ini berada di Kecamatan Tidore Timur dan mempunyai panorama pantai yang paling cantik dengan pasir pantai yang lembut dan ada banyak batu sedang sampai besar yang dapat dipakai untuk spot berpose.

Pantai Cobo mempunyai air yang paling jernih hingga benar-benar pas untuk jadi spot snorkeling. Pantai elok ini sebagai salah satunya spot menyaksikan sunrise dan sunset yang paling prima, bahkan juga saat hari liburan Pantai Coba akan ramai dengan beberapa pengunjung baik orang dewasa atau remaja.

Alamat: Jiko Cobo, Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

5. Pulau Maitara

Pulau Maitara
Photo Credit: Ucik Ucik

Kita awali dari yang paling awal yakni Pulau Maitara. Pulau elok yang ini sebetulnya telah dijumpai oleh sebagian besar warga Indonesia, karena ada di Mata Uang Seribu Rupiah. Pemakaian gambar Pulau Maitara pada uang seribu Rupiah karena pulau ini benar-benar elok dengan pasir putih menghampar mengitarinya.

Ukuran dari Pulau Maitara sendiri termasuk kecil tetapi untuk keelokan alamnya tidak dapat disangsikan kembali. Bukan hanya daya tarik elok pulau dan pantai pasir putihnya saja yang memikat pelancong, tapi perairan sekitaran pulau populer benar-benar jernih dengan adanya banyak ikan dan terumbu karang membuat Pulau Maitra makin terkenal.

Untuk sampai ke Pulau Maitara yang ada di Kecamatan Tidore Utara ini anda perlu menyeberang memakai speedboat dari Pulau Ternate yang dapat dilakukan sepanjang 30 menit. Pulau ini benar-benar pas untuk anda yang mempunyai hoby menyelam atau snorkeling karena panorama bawah lautnya benar-benar mengagumkan.

Alamat: Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 100.000
Google Maps: Cek Lokasi

6. Pulau Woda

Pulau Woda
Photo Credit: Mudhaf

Berada di Kecamatan Oba, tempat hits setelah itu Pulau Woda. Pulau ini awalannya sebagai pulau yang ditempati oleh satu kelompok warga yang mempunyai tugas sebagai nelayan, tetapi mereka selanjutnya dipindah oleh pemerintahan ke Pulau Halmahera dan tinggal disitu.

Sesudah jadi pulau tidak memiliki penghuni, Pulau Woda selanjutnya jadi tempat Wisata dan sekarang jadi benar-benar terkenal. Tempat Wisata ini mempunyai jembatan kayu yang elok dan pantai dengan pasir putih yang hendak membuat beberapa pelancong kerasan lama-lama di pulau tidak memiliki penghuni ini karena terpesona melihat keelokannya.

Alamat: Tadupi, Oba tengah, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

7. Museum Sonyine Malige

Museum Sonyine Malige
Photo Credit: Rageisna

Museum Sonyine Malige sebuah tempat monumental karena simpan bukti dari kemasyhuran Kesultanan Tidore baik itu beberapa barang dari beberapa bangsawan sampai beberapa barang Kesultanan yang lain. Museum yang mempunyai luas sampai 800 mtr. persegi ini dibagun dari dana hibah yang dihimpun dari warga Tidore.

Saat pengesahan Museum Sonyine Malige Pemerintahan Kabupaten Halmahera tengah menyumbangkan barang-barang koleksi untuk ditampilkan dalam museum. Beberapa barang seperti mahkota Sultan Tidore, baju tradisi, cap kesultanan, peralatan besi sampai peralatan perang sebagai contoh-contoh barang yang dapat anda dapatkan di sini.

Alamat: Soa Sio, Kec. Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

8. Pulau Mare

Pulau Mare
Photo Credit: Opan jacky

Masih dari Wisata alam berbentuk pulau, tempat Wisata hits setelah itu Pulau Mare. Untuk lokasi dari Pulau Mare sendiri ada di Kecamatan Tidore Selatan yang dapat anda menempuh memakai perahu dari Dermaga Rum dan akan memerlukan waktu perjalanan sepanjang 20 menit saja.

Selainnya keelokan alam yang pasti jadi daya magnet khusus dari Pulau Mare ada pula atraksi Lumba-Lumba yang dapat anda tonton. Supaya bisa nikmati atraksi Lumba-Lumba dengan senang anda harus telah ada di Pulau Mare pas jam 6 pagi, karena di jam itu Lumba-Lumba baru memulai lakukan kegiatannya.

Alamat: Tidore Selatan, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 100.000
Google Maps: Cek Lokasi

9. Air Terjun Goheba

Air Terjun Goheba
Photo Credit: Eddie Likumahua

Destinasi alam selanjutnya yang ada di Tidore Kepulauan adalah Air Terjun Goheba. Air terjun nan cantik ini berada di Kecamatan Tidore Timur dan merupakan salah satu tempat wisata yang sangat cocok bagi anda yang memiliki banyak masalah. Dengan dikelilingi pepohonan membuat udara di sekitar sangat segar.

Air terjun Goheba tergolong cukup tinggi dan dengan adanya beberapa bebatuan sekitar membuatnya terlihat sangat menakjubkan. Selain pemandangan yang menakjubkan tersebut sekitar air terjun ini juga terdapat beberapa ekor Burung Kubah yang memiliki suara sangat merdu.

Alamat: Kalaodi, Kec. Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

Begitu ulasan berkenaan tempat Wisata yang hits dan terkenal di Tidore Kepulauan. Sama seperti yang kita kenali umumnya tempat menarik di kabupaten ini ialah Wisata alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.