9 Tempat Wisata di Pulau Bacan Terkini dan Paling Hits

9 Tempat Wisata di Pulau Bacan Terkini dan Paling Hits

Bukan rahasia kembali bila beberapa tempat Wisata yang menyebar di beberapa daerah di Indonesia selalu sukses menghipnotis pelancong khususnya pelancong luar negeri. Indonesia kaya Wisata alam yang memikat dan Wisata yang lain yang hits dan modern hingga pelancong luar negeri sering bertandang ke Indonesia.

Bukan hanya pelancong luar negeri saja, pelancong lokal juga suka mengeksplor wilayah yang lain untuk berkunjung tujuan Wisata yang belum pernah didatanginya. Salah satunya wilayah yang memiliki bermacam tujuan Wisata menarik ialah Pulau Bacan yang ada di daerah Maluku Utara, persisnya di Halmahera Selatan.

Luas daerah Pulau Bacan tidak begitu lebar, namun berpotensi alam yang demikian kaya. Garis pantai disitu termasuk panjang di mana teritori pantainya menyajikan daya tarik alam berbentuk rangkaian pulau. Ada Gunung Batusibela yang terletak di tengah-tengah Pulau Bacan. Selainnya gunung dan pantai, masih tetap ada tempat Wisata yang lain menarik Anda telusuri.

1. Pantai Sibela

Pantai Sibela
Photo Credit: Anak Pulau

Berada di Desa Babang, Pantai Sibela terkenal dengan panggilan Pantai Pelabuhan Merah. Sesuai panggilan yang menempel di pantai itu, teritori pantai itu dikuasai dengan pelabuhan yang dicat warna merah. Salah satunya kegiatan favorite pengunjung saat ada di Pantai Sibela ialah berenang.

Tidak perlu cemas bila ingin berenang disitu karena ombak pantainya termasuk tenang. Kegiatan yang lain yaitu karaoke yang umum dilaksanakan oleh warga di tempat sekalian nikmati panorama pantai. Kulineran ciri khas di Pantai Sibela ialah ikan fufu yang disebut olahan ikan tuna dengan tehnik pengasapan.

Tipe ikan ini tidak diketemukan beberapa pantai yang berada di wilayah yang lain. Hingga pelancong lokal atau luar negeri tak pernah mangkir untuk mencicip kulineran ciri khas ikan Fufu saat berkunjung Pantai Sibela. Tehnik pengasapan cukup unik karena memakai kulit kelapa hingga wewangiannya demikian ciri khas.

Alamat: Babang, Kec. Bacan Timur, Kab. Halmahera Selatan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

2. Telaga Nusa

Telaga Nusa
Photo Credit: Eka Nala Purnama

Di Kecamatan Bacan Timur, persisnya di Desa Sayoang ada Wisata telaga atau danau namanya Telaga Nusa. Jarak di antara Desa Sayoang dengan Telaga Nusa lebih kurang cuma 4 km saja. Telaga ini tercipta secara natural serta menyajikan panorama asri yang memesona pada siapa yang bertandang.

Pohon-pohonan teduh melingkari Telaga Nusa hingga udaranya demikian sejuk dan menentramkan jiwa. Warga di tempat atau pelancong kerap beraktivitas memancing disitu karena dalam telaga ada ekosistem beberapa macam ikan air tawar sama ukuran yang lumayan besar.

Air telaganya demikian tenang dengan kedalaman yang termasuk cukup dalam hingga ekosistem ikan yang hidup didalamnya bisa mengalami perkembangan dengan baik. Beberapa macam ikan yang hidup di Telaga Nusa diantaranya ikan lele, ikan mujair, ikan patin sampai ikan nila. Untuk dapat memancing di tengah-tengah telaga, pengunjung dapat memakai perahu.

Alamat: Wayamiga, Kec. Bacan Timur, Kab. Halmahera Selatan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

3. Air Terjun Bibinoi

Air Terjun Bibinoi
Photo Credit: Rachmat Avian

Pulau Bacan mempunyai Air Terjun Bibinoi yang berada di Kecamatan Bacan Timur tengah, persisnya di Desa Bibinoi. Untuk ke arah lokasi, pelancong dapat memakai transportasi kendaraan beroda 4 atau beroda 2. Aksesnya lumayan gampang, sarana di teritori air terjun juga mencukupi.

Air terjun Bibinoi ada di permukaan air laut dengan tinggi 25 mtr. dengan sajian panorama alam yang mengagumkan. Kekhasan yang dipunyai air terjun ini ialah ada tingkatan-tingkatan yang terlihat seperti layer karena tebingnya berbentuk batu-batuan terjal.

Alamat: Bibinoi, Kec. Bacan Timur tengah, Kab. Halmahera Selatan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

4. Cagar alam Gunung Sibela

Cagar alam Gunung Sibela
Photo Credit: Nadya Junas 

Gunung yang berada di tengah Pulau Bacan ini berada di Desa Sawadai. Di tahun 1987 lalu, persisnya pada bulan Oktober, teritori Wisata alam ini diputuskan sebagai cagar budaya. Luas tempat teritori cagar alam Gunung Sibela ialah lebih dari 23 hektar dengan ada di permukaan laut dengan tinggi 2.118 mtr..

Disaksikan dari ketinggiannya, Gunung Sibela terhitung gunung paling tinggi yang berada di wilayah Maluku Utara. Topography daerah teritori Wisata alam ini dipenuhi oleh pasir dan tanah yang berbatu. Hingga tidaklah aneh bila banyak pendaki yang berasa ditantang untuk menaklukan pucuknya walau medannya termasuk cukup licin.

Arah pembangunan cagar alam itu ialah agar fauna atau flora ciri khas Maluku selalu terlindungi kelestariannya dan terbebas dari kemusnahan. Walau beberapa fauna dan floranya telah hampir musnah. Vegetasi matoa dan cengkeh dan temanan kera bacan bisa banyak diketemukan di sejauh perjalanan.

Alamat: Sawadai, Bacan Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

5. Air Mata Belanda

Air Mata Belanda
Photo Credit: Lintang Buana Tours

Tempat wisata yang diberi nama Air Mata Belanda ini sebagai sungai jeram yang semi vertikal. Airnya demikian jernih hingga pelancong yang bertandang berasa kerasan ketika bermain air disitu. Kekhasan tempat Wisata ini ialah dari namanya yang tidak jauh dari narasi legenda yang menyebar dalam masyarakat di tempat.

Diberi nama Air Mata Belanda karena zaman dulu ada anak dari keluarga Belanda yang tenggelam di sungai jeram itu. Berdasar narasi legenda tersebut lokasi sungai tempat anak Belanda yang tenggelam disebutkan dengan Air Mata Belanda. Untuk capai lokasi sungai, pengunjung diwajibkan treking sejauh perjalanan 1 km.

Alamat: Pulau Bacan, Kab. Halmahera Selatan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

6. Pantai Wayaua

Pantai Wayaua
Photo Credit: Batten Tommy Tanabora

Pulau Bacan dikenali dengan bermacam teritori Wisata alamnya yang elok, satu diantaranya Wisata pantai. Pantai Wayaua memiliki pasir warna putih bersih. Airnya demikian jernih hingga terumbu karangnya terlihat di atas permukaan laut. Perjalanan ke arah Pantai Wayaua dapat dilakukan memakai speedboat.

Keberangkatan lewat lajur laut dapat pergi dari dermaga yang ada di Desa Labuha ke arah Songa. Dalam pada itu, perjalanan lewat lajur darat dapat dilakukan memakai transportasi umum tipe Wheel Drive atau 4 WD dengan keberangkatan dari Labuha, tetapi medan yang dilewati cukup susah.

Alamat: Wayaua, Kec. Bacan Timur Selatan, Kab. Halmahera Selatan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

7. Benteng Barneveld

Benteng Bernaveld
Photo Credit: I Gede Mika Winata 

Pelancong yang suka bertandang ke arah tempat monumental dapat coba tiba ke Benteng Barneveld. Bangsa Portugis membuat benteng ini pada tahun 1550an tetapi sempat diambil bangsa Spanyol. Kesultanan Ternate sukses merampas kembali benteng ini pada tahun 1609 tetapi dengan seorang sebagai jaminannya.

Seorang yang diartikan ialah Seperti Muda Simon agar tuntutan Spanyol dapat tercukupi. Maka dari itu, benteng ini ialah warisan dari jajahan Portugis dan Belanda. Benteng Barneveld memiliki dinding sel dengan ketebalan lebih kurang 60cm dan tingginya capai 4 mtr..

Alamat: Labuha, Kec. Bacan, Kab. Halmahera Selatan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

8. Air Terjun Giwe Maharani

Air Terjun Giwe Maharani
Photo Credit: Pesona Indonesia

Di Desa Bibinoi ada air terjun selainnya Air Terjun Bibinoi yaitu Air Terjun Giwe Maharani. Daya magnet air terjun ini ialah ada dua saluran air bersuhu dingin dan cukup deras yang jatuhnya berdekatan. Tebing yang memiliki ukuran lumayan tinggi dan pohon-pohonan teduh melingkari air terjun ini hingga terlihat tertutup.

Ada bermacam satwa epidemik liar yang hidup di teritori air terjun seperti babi rimba, burung nuri, burung kakak tua putih, rusa dan bangau putih. Panorama Air Terjun Giwe Maharani demikian eksotik karena diperlengkapi dengan batu-batuan di tempat air terjun warna gelap.

Alamat: Bibinoi, Kec. Bacan Timur tengah, Kab. Halmahera Selatan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

9. Pantai Nusa Ra

Pantai Nusa Ra
Photo Credit: Husni Salim

Pantai ini sebetulnya ialah pulau kecil yang berada di sekitar Pulau Bacan. Diberi nama ‘Nusa Ra’ karena memiliki kandungan arti ‘Nusa’ memiliki arti ‘tanah’ dan ‘Ra memiliki arti ‘besar’. Ombak pantai Nusa Ra termasuk konstan dan tenang. Disamping itu, pasir pantainya warna putih bersih dan udara disitu demikian fresh.

Pulau kecil yang diutamakan sebagai Wisata bahari ini dapat dilakukan memakai perahu atau speedboat sepanjang lebih kurang 15-30 menit lewat Dermaga Kota Labuha. Menyaksikan keadaan air pantai Nusa Ra, tempat Wisata ini pas dipakai untuk bermain snorkeling atau sekadar bermain air.

Pulau ini terhitung salah satunya dari beberapa ratus pulau yang berada di Halmahera Selatan dengan kekuatan alam yang memikat. Pemerintahan di tempat meningkatkan pulau kecil ‘Pantai Nusa Ra’ jadi tujuan Wisata yang unggul. Hal itu terlihat dari ada beberapa resor yang dibuat disekitaran pulau.

Alamat: Indomut, Kec. Bacan, Kab. Halmahera Selatan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

Saat bertandang ke Pulau Bacan, tidak ada kelirunya untuk coba mengeksplor beragam tempat bagus yang ada disitu. Janganlah lupa mempersiapkan camera dengan full battery karena akan sayang bila bertandang ke beragam tempat Wisata di Pulau Bacan tetapi tidak bawa pulang oleh-olehan berbentuk hasil bidikan satu juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.