9 Tempat Wisata di Halmahera Barat Favorit dan Terbaru

9 Tempat Wisata di Halmahera Barat Favorit dan Terbaru

Indonesia dikenali sebagai negara dengan kekayaan alamnya yang berlimpah. Karena melimpahnya kekayaan alam, tidaklah aneh bila banyak tempat wisata yang menyebar di beberapa wilayah. Satu diantaranya ialah Halmahera Barat yang disebut sisi daerah di Propinsi Maluku Utara. Kabupaten ini simpan bermacam daya tarik keelokan alam.

Hal itu bisa dibuktikan karena ada banyak object wisata yang memikat didatangi disitu. Dimulai dari wisata teluk, pegunungan, pantai, sampai rumah burung yang termasuk satwa sangat jarang juga ada. Menariknya kembali, beberapa tempat wisata di Halmahera Barat banyak sebagai tujuan favorite beberapa pelancong karena memiliki beberapa spot instagramable.

Hingga bukan hanya orang dewasa saja yang suka berekreasi di wilayah ini, tetapi anak-anak muda yang suka berpose selfie dan cari beberapa spot photo terbaik untuk background photo mereka. Panorama alam yang disuguhi di Halmahera Barat demikian memikat hingga benar-benar recommended untuk didatangi sebagai object wisata.

1. Pantai Pastofiri

Pantai Pastofiri
Photo Credit: Julian Noor

Halmahera Barat memang kaya wisata pantai dengan daya tarik keelokan yang tidak ada duanya. Satu diantaranya ialah Pantai Pastofiri yang berada di Kecamatan Usilolo. Pantai elok ini terkenal dengan daya tarik alam yang menunjukkan keelokan bawah laut hingga jadi lokasi spot diving favorite untuk beberapa pelancong.

Pastofiri ialah dataran imut dengan luas kurang dari 1 hektar yang dikitari lautan. Pemerintahan meningkatkan teritori pantai ini dengan membuat gazebo yang ditebar ke sejumlah titik agar dapat dipakai beberapa pelancong untuk istirahat dan nikmati panorama cantik yang disuguhi oleh pantai ini.

Situasi yang dijajakan demikian asri dan teduh karena ada pohon-pohonan yang berderet dan tumbuh membubung. Aktivitas yang dapat dilaksanakan beberapa pelancong disitu ialah satu diantaranya sewa boat atau perahu motor dengan berkeliling-keliling di teritori pantai. Keberangkatan ke arah pulau ini dapat lewat Gilolo Dive Center.

Alamat: Kec. Usilolo, Kab. Halmahera Barat, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

2. Pantai Bobanehena

Pantai Bobanehena
Photo Credit: Muhamad Hambali

Pantai Bobanehena terhitung pantai favorite beberapa pelancong khususnya yang hoby diving karena pantai ini sering dikatakan sebagai surga untuk beberapa penyelam. Daya tarik alam bawah laut yang disuguhi demikian memesona. Air lautnya demikian jernih hingga terlihat tumbuhan karang di bawah laut yang kelihatan alami.

Aktivitas yang lain dapat dilaksanakan beberapa pelancong di pantai yang ada di Kecamatan Usilolo itu yaitu bermain pasir, snorkeling, dan berenang. Disamping itu, beberapa pelancong bisa juga nikmati keelokan daya tarik matahari tenggelam. Udara disitu berasa sejuk karena dikitari pohon-pohonan hijau dan bukit-bukit yang berjajar.

Alamat: Bobanehena, Kec. Usilolo, Kab. Halmahera Barat, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

3. Mercusuar Tanjung Bobo

Mercusuar Tanjung Bobo
Photo Credit: Baronda Maluku

Beberapa pelancong yang ingin nikmati daya tarik alam dengan cara lain yaitu dengan berkunjung Mercusuar Tanjung Bobo. Dari mercusuar ini beberapa pelancong dapat melihat lanscape bukit-bukit, lautan biru, dan pohon-pohonan hijau dari ketinggian. Mercusuar itu berada di Kecamatan Usilolo, persisnya di Dusun Bobo.

Ketinggiannya capai 40 mtr. bila diukur di atas tanah. Panorama alam yang cantik dapat dilihat dari Mercusuar Tanjung Bobo dengan segi 360 derajat. Yang paling penting ialah janganlah lupa isi battery camera sampai penuh karena akan sayang bila tidak menyetok banyak photo ketika ada disitu.

Alamat: Bobo, Kec. Usilolo, Kab. Halmahera Barat, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

4. Pulau Damar

Pulau Damar
Photo Credit: krisnobel karetji

Pulau ini terhitung icon wisata Halmahera Barat yang berada di Dusun Idamdehe. Ada banyak bukti menarik berkenaan tujuan bahari itu, satu diantaranya yaitu ada legenda berkenaan peralihan kapal perang jadi sebuah karang yang mempunyai ukuran besar. Tidak diduga jika dahulunya pulau ini ialah kapal perang.

Kapal perang itu sukses ditaklukkan oleh seorang yang punya pengaruh besar di Dusun Idamdehe namanya Saiya. Makin lama, kapal perang beralih menjadi batu karang memiliki ukuran besar. Hingga bila jadi perhatian dari terlalu jauh, wujud pulau itu demikian unik. Ditambah lagi lokasinya dikitari oleh lautan.

Untuk mencapai Pulau Damar, beberapa pelancong cuma dapat memakai transportasi kapal. Beberapa pelancong dapat jalan kaki dalam kurun waktu lebih kurang 1 jam dari Dusun Idamdehe ke arah pulau itu. Lautan biru, batu-batuan besar yang alami, dan biota laut yang beragam macam dapat dilihat di Pulau Damar.

Alamat: Idamdehe, Kec. Usilolo, Kab. Halmahera Barat, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

5. Bukit Senyuman

Bukit Senyuman
Photo Credit: jauhdekat.com

Teritori bukit-bukit yang berada di Kecamatan Usilolo menyajikan panorama alam yang mengagumkan. Sama sesuai namanya, tiap pelancong yang bertandang akan dibikin tersenyum oleh tempat wisata ini karena lanscape alam disekelilingnya membuat hati beberapa pelancong jadi tenang dan damai.

Panorama yang disuguhi berbentuk barisan bukit di mana pucuk bukitnya tawarkan daya tarik alam berbentuk rimba yang lebat, lautan yang biru, dan teluk yang melingkari bukit. Untuk ke arah lokasi, beberapa pelancong memerlukan waktu pintas perjalanan sepanjang lebih kurang 30 menit pergi dari dermaga.

Bukit ini dikenal juga bernama Bukit Senyuman 5000 karena Pemerintahan Wilayah dahulu membuat beberapa gazebo di teritori bukit ini. Selanjutnya beberapa masyarakat di tempat membuat palang dengan tulisan ‘senyum lima ribu’. Palang itu memiliki makna siapa saja yang ingin berpose disitu diwajibkan bayar Rp 5ribu.

Alamat: Kec. Usilolo, Kab. Halmahera Barat, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

6. Air Terjun Kahatola

Air Terjun Kahatola
Photo Credit: Ramones Kribo

Selainnya wisata gunung, pantai, dan bukit, beberapa pelancong bisa juga nikmati panorama air terjun di Halmahera Barat. Lokasi Air Terjun Kahatola ada di pulau yang lokasinya berada di tengah laut. Air terjun ini berada di Kecamatan Loloda, persisnya di Dusun Kahatola dengan daya magnet yang membuat pelancong kagum.

Yang memikat pada air terjun itu ialah saluran airnya bukan mengambil sumber dari pegunungan seperti air terjun secara umum. Namun saluran airnya mengambil sumber dari pulau yang mana salurannya terjun ke arah laut langsung. Tebing yang disebut tempat mengucurnya air mempunyai debet air yang cukup deras.

Lokasi air terjun dikitari pohon-pohonan yang rimbun hingga kesan-kesan asri benar-benar menempel pada tempat wisata ini. Untuk ke arah lokasi Air Terjun Kahatola, beberapa pelancong memerlukan waktu pintas perjalanan lebih kurang 3 jam bila pergi dari Pusat Kota Usilolo.

Alamat: Kahatola, Kec. Loloda, Kab. Halmahera Barat, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

7. Pantai Idamdehe

Pantai Idamdehe
Photo Credit: masdoni.com

Pantai Idamdehe terhitung pantai perawan karena lokasinya terselinap. Yang memikat pada pantai ini yaitu ada saluran air yang mempunyai temperatur panas karena sebagai pantai vulkanik. Saluran air laut pada bagian utara bersuhu panas karena aslinya dari sumber panas bumi, tetapi saluran air pada bagian selatan bersuhu dingin.

Hingga pantai yang berada di Dusun Idamdehe ini mempunyai daya magnet tertentu karena ada dua saluran air laut dengan temperatur yang lain. Bila diukur dari Kota Usilolo sisi pusat, lokasinya ada lebih kurang 12 km. Akses ke arah lokasi dapat memakai mobil atau motor dalam kurun waktu sekitaran 30 menit perjalanan.

Pasir Pantai Idamdehe demikian lembut hingga aman dipakai untuk anak-anak bermain pasir. Untuk anak-anak muda dan orang dewasa dapat lakukan aktivitas snorkeling untuk nikmati panorama daya tarik bawah laut. Disamping itu, beberapa pelancong bisa juga nikmati panorama matahari tenggelam di ufuk barat.

Alamat: Idamdehe, Kec. Usilolo, Kab. Halmahera Barat, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

8. Telaga Todoke

Telaga Todoke
Photo Credit: Diyah Puspitaningrum

Halmahera Barat bukan hanya memiliki pantai vulkanik saja, tetapi mempunyai danau vulkanik namanya Telaga Todoke yang berada di teritori gunung. Karena sebagai danau vulkanik, karena itu temperatur air danau berasa panas. Danau ini dikitari pegunungan yang konon sering aktif sampai sekarang ini.

Walau demikian, bila beberapa pelancong bertandang ke Telaga Todoke saat pegunungan di sekitarnya sedang aman saja, mereka akan dikejuti oleh eksotisme danau yang demikian cantik. Untuk ke arah danau itu, beberapa pelancong memerlukan tenaga extra karena harus melalui jalanan yang termasuk cukuplah panjang.

Hal itu karena belum ada akses yang termasuk mencukupi. Danau yang berada di Kecamatan Ibu Utara, persisnya di Dusun Togoreba Sungi dapat didatangi dengan memakai motor lewat Dermaga Usilolo sepanjang lebih kurang 2,5 jam. Danau ini jadi daya magnet tertentu untuk beberapa pelancong pencinta trackking.

Alamat: Togoreba Sungi, Kec. Ibu Utara, Kab. Halmahera Barat, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

9. Gunung Gamkonora

Gunung Gamkonora
Photo Credit: 인도네시아 친구Indonesia Chingu

Berekreasi ke Halmahera Barat tidak menjemukan karena ada bermacam tempat wisata alam. Selainnya wisata pantai, wilayah ini memiliki wisata gunung yang terkenal Namanya Gunung Gamnokora. Panorama eksotik dan udara yang sejuk dijajakan ke beberapa pelancong oleh gunung itu.

Yang memikat pada Gunung Gamnokora ialah ada sebuah tempat cantik yang lokasinya terselinap. Tempat itu diberi nama dengan kawah Gunung Gamnokora. Lokasinya terselinap karena berada di tengah pegunungan. Kawah itu memiliki air warna biru yang demikian jernih.

Alamat: Beradu, Kec. Ibu Selatan, Kab. Halmahera Barat, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

Tersebut beberapa object wisata terkenal di Halmahera Barat yang dapat menjadi rekomendasi Anda untuk berlibur seterusnya. Jejeran tujuannya termasuk masih asri dan alami coco sebagai arah santai dan menentramkan pemikiran.

1 thought on “9 Tempat Wisata di Halmahera Barat Favorit dan Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.