Titik Nol Bulukumba, Menikmati Pesona Perpaduan Wisata Alam & Wisata Bahari

Titik Nol Bulukumba, Menikmati Pesona Perpaduan Wisata Alam & Wisata Bahari
Alamat: Tanjung, Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

Titik Nol Bulukumba salah satunya tujuan wisata baru yang menyajikan panorama alam pantai mengagumkan dan sanggup menghipnotis pengunjung.

Masuk saat liburan, beberapa orang yang memakainya untuk liburan ke beragam tujuan wisata. Untuk Anda yang ingin habiskan waktu berlibur dengan membahagiakan, tidak ada kelirunya untuk bertandang ke tujuan wisata yang ada di Titik Nol Bulukumba. Tujuan wisata di Sulawesi Selatan ini menyajikan panorama alam yang paling mengagumkan hingga benar-benar sayang jika dilewati demikian saja. Ingin tahu tidak dengan daya magnetnya ? Baca penjelasannya.

Pesona yang Disuguhi Titik Nol Bulukumba

Pesona Titik Nol Bulukumba
Photo Credit: Tan

Sesuai namanya, tujuan wisata ini ada di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Titik Nol Bulukumba ini dapat disebut sebagai salah satunya tujuan wisata baru dan masih juga dalam proses peningkatan. Tempat wisata di Sulawesi ini dapat disebutkan cukup melawan, karena titik Nol itu ada pada tatap muka arus angin barat dan angin timur dan arus laut dari arah Selat Makassar dan dari Laut Flores.

Karena tujuan wisata ini ada di tempat yang cukup tinggi, hingga untuk beberapa pengunjung yang takut akan ketinggian diharap lebih siaga. Ada tebing dengan beragam tangga ke arah boardwalk, jadi daya magnet tertentu yang ditampilkan pada tujuan wisata ini. Menariknya kembali ada jembatan kaca yang membuat beberapa pengunjung terasanya melayang-layang di atas air.

Di teritori wisata ini juga ada prasasti atau pertanda dari Titik Nol Km Sulawesi Selatan yang ada pada ketinggian 50 mtr. di atas permukaan laut. Pertanda dari Nol km itu mempunyai wujud bulat yang dibuat dari lurusan baja dan tertancap di tanah. Ukuran dari pertanda titik 0 itu berdiameter sekitaran 10 cm dan mempunyai warna kecoklat-coklatan.

Di samping pertanda itu, dibuat juga tugu Titik Nol yang berwujud Perahu Pinisi dengan simbol Pemerintahan Kabupaten Bulukumba dan simbol pariwisata Bulukumba di masing-masing seginya. Tugu perahu pinisi di tujuan wisata itu sebagai salah satunya spot yang sering dipakai oleh pengunjung untuk berpose, karena ada dua segi dari badan tugu yang paling pas untuk latar belakang photo yang paling instagramable.

Tidak itu saja tugu ini dipakai sebagai simbolitas warga Bulukumba terutamanya Bulukumba Timur sebagai seorang pelaut. Selanjutnya ada tangga yang sejumlah lebih kurang 77 anak tangga. Umumnya beberapa pengunjung akan memakai anak tangga itu untuk spot photo yang instagenik. Berbahan yang dibuat dari kayu membuat performanya jadi menarik dan bertemu langsung dengan bentangan pemandangan laut yang cantik.

Pesona Lain Titik Nol Bulukumba
Photo Credit: Ian Suhendra

Beberapa pengunjung yang tiba ke tujuan ini akan memperoleh dua panorama sekalian. Pertama di samping kiri jembatan yang menghadap langsung ke laut, beberapa pengunjung dapat menyaksikan panorama matahari keluar. Selanjutnya pada samping kanannya, beberapa pengunjung bisa menyaksikan panorama matahari tenggelam. Tidaklah aneh bila banyak pelancong yang tiba bertandang tidak ingin melewatinya demikian saja.

Tidak cuma hanya itu, di tujuan wisata ini juga ada jembatan kaca yang umumnya dipakai sebagai spot photo yang memikat dan tentu saja instagenik. Untuk beberapa pengunjung yang berjalan pada atas jembatan kaca ini tidak perlu cemas, karena jembatan dibuat dari kaca dengan tebal yang lumayan tinggi. Hingga sanggup untuk meredam beban manusia dengan jumlah yang lumayan banyak dan berat.

Beberapa pengunjung yang jalan di atas jembatan kaca ini dapat saksikan langsung kemunculan bawah laut yang paling bagus. Bahkan juga banyak yang memperbandingkan jembatan kaca ini dengan beragam jembatan kaca yang berada di luar negeri. Jembatan kaca ini menyambungkan di antara jembatan kayu yang ada dekat sama tebing dan jembatan kayu yang cenderung ke tengah laut.

Di tempat wisata ini juga ada sebuah nisan makam yang diatapi simpel. Menurut warga di tempat, nisan itu bukan memiliki arti ada seorang yang wafat dan dipendam pada tempat itu. Apa lagi tanah yang dijejak pada tempat ini sebagai dataran batu-batuan memiliki rongga yang paling keras, hingga benar-benar tidak mungkin jika ada seorang membuat galian.

Nisan itu diselenggarakan oleh masyarakat sekitaran sebagai lambang tempat beristirahat seorang figur agama di Bira pada jaman dahulu. Sekarang nisan itu jadi beberapa masyarakat sebagai tempat melangsungkan nazar atau acara ritus keyakinan masyarakat di tempat. Walau kedengar mistik, tetapi saat ada di tujuan ini beberapa pengunjung akan dimanja dengan panorama alamnya yang paling mengagumkan

Lokasi dan Jalur Perjalanan Ke arah Titik Nol Bulukumba

ALamat Titik Nol Bulukumba
Photo Credit: Kg 

Tujuan wisata Titik Nol Bulukumba ini berada di Dusun Bira, Kecamatan Bontobari, Kabupaten Bulukumba, Propinsi Sulawesi Selatan. Tujuan wisata ini memiliki jarak sekitaran 2 km dari Pantai Tanjung Bira. Untuk ke arah Titik Nol Sulawesi, beberapa pengunjung dapat masuk lewat teritori wisata Pantai Tanjung Bira. Beberapa pengunjung harus telusuri rimba natural serta semak ilalang yang tumbuh di atas tanah berbatu.

Saat Anda masuk Teritori Wisata Bira, Bulukumba dan melalui pos, karena itu jalanlah lempeng telusuri jalan yang belum diaspal lalu membelok kiri. Lebar jalan ini hanya sekitaran tiga mtr. hingga cuma dapat dilewati satu arah bila memakai kendaraan beroda 4. Sesudah pos masuk itu pengunjung belok ke kiri ke jalan naik, selanjutnya naik ke dataran Pantai Timur Tanjung Bira.

Saat sampai di tanjung, beberapa pengunjung dapat menuruni anak tangga yang sudah dipersiapkan oleh faksi pengurus. Tangga itu dibuat berbahan kayu yang lumayan kuat, dan melekat ke samping kanan jurang. Status tangganya direncanakan berlanjut yang mempunyai tujuan untuk kurangi tingkat terjal tangga. Walau demikian, beberapa pengunjung diharap berhati hati saat menuruni anak tangga itu.

Perjalanan menuruni tangga akan memerlukan waktu lebih kurang 15 menit. Saat sampai di bawah, beberapa pengunjung dapat nikmati keelokan pantai sekalian berkeliling-keliling di anjungannya. Sepanjang perjalanan beberapa pengunjung akan disuguhi dengan panorama pohon-pohonan yang ada di masing-masing segi jembatan. Tetapi sayang pohon-pohonan yang ada di jembatan itu tidak tumbuh dengan subur, karena keadaan tanah di Bira biasanya batu-batuan.

ALamat Lain Titik Nol Bulukumba
Photo Credit: @nurdinabdullahh

Tujuan wisata ini tidak demikian luas karena ada di ujung tebing yang menjuru ke laut. Bentangan laut luas di masing-masing seginya dapat kelihatan benar-benar terang, hingga sanggup menganakemaskan mata beberapa pengunjung yang tiba. Apa lagi diperlengkapi dengan hempasan angin yang fresh, membuat situasi laut dan alamnya jadi benar-benar pas untuk hilangkan capek karena melakukan aktivitas sepanjang hari.

Ada juga dua jembatan yang ada di segi kanan dan segi kiri dari tebing di teritori wisata Titik Nol Bulukumba ini. Masing-masing jembatan itu menyajikan panorama yang paling cantik, di samping kanan umumnya dipakai untuk nikmati panorama berbentuk matahari tenggelam yang cantik. Selanjutnya untuk jembatan samping kirinya dipakai untuk nikmati panorama berbentuk matahari keluar.

Untuk masuk tujuan wisata ini, beberapa pengunjung diwajibkan bayar ticket sejumlah Rp. 20 ribu per-orang selanjutnya untuk parkir mobilnya Rp 10 ribu per unit. Dengan bayar ticket masuk itu beberapa pengunjung dapat nikmati keelokan Pantai Tanjung Bira dan keelokan yang disuguhi di Titik Nol Bulukumba. Walau tiketnya termasuk cukuplah mahal, tetapi hal itu akan lunas terbayar dengan panorama yang disuguhi oleh teritori wisata ini.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Titik Nol Bulukumba

Fasilitas Titik Nol Bulukumba
Photo Credit: @nurdinabdullahh

Untuk Anda yang ingin bertandang ke tujuan wisata yang berada di titik Nol Sulawesi ini, karena itu harus masuk Teritori Wisata Bira selanjutnya ke arah Pantai Timur Tanjung Bira. Lokasi tujuan wisata ini mempunyai dua view yang lain dan benar-benar menganakemaskan mata. Tidak cuma lokasinya saja yang unik dan menarik, air lautnya yang jernih dan tebing batu-batuannya yang tersusun dengan eksotik jadi daya magnet tertentu.

Sarana yang ada di tujuan wisata ini belum juga mencukupi, ingat Titik Nol Bulukumba masih juga dalam proses peningkatan oleh pemerintahan di tempat. Oleh karenanya, beberapa pengunjung harus menyiapkan semua kepentingannya saat sebelum pergi ke wisata baru ini. Sebetulnya di tujuan Titik Nol ini ada kamar mandi, tetapi sayang masih tidak ada sumber airnya.

Tempat parkir ada di tempat wisata Bulukumba ini, tetapi tidak demikian luas hingga Anda harus dapat memarkir kendaraan serapi kemungkinan supaya pengunjung lain bisa memarkir kendaraannya dengan aman. Di sejauh segi teritori wisata di Sulawesi Selatan ini sudah dibuat pedestrian untuk nikmati keelokan laut di sekitar teritori. Embusan angin laut dan jumlahnya pohon-pohonan membuat beberapa pengunjung yang berasa kerasan dan nyaman untuk lama-lama.

Latar belakangnya yang berbentuk bentangan laut dan rangkaian tebing itu kerap dipakai sebagai spot photo yang instagenik. Karena teritori wisata ini masih juga dalam tahapan peningkatan, hingga ada banyak material pembangunan yang berantakan di tujuan ini. Walau demikian ada banyak pengunjung yang tiba dan berlomba-lomba untuk memperoleh hasil photo yang baik di tempat wisata ini.

Ingat tujuan wisata di Bulukumba ini terhitung ke kelompok baru dan masih juga dalam proses peningkatan, beberapa pengunjung yang tiba diharap selalu untuk berhati hati apa lagi jalanan ke arah Titik 0 ada dekat sama laut dan tebing. Untuk Anda yang ingin bertandang di sini dianjurkan untuk tiba ketika sore atau pagi hari, agar memperoleh panorama matahari keluar dan tenggelam yang paling cantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.