26 Tempat Wisata Favorit di Pontianak, Objek Kekinian & Paling Hits

26 Tempat Wisata Favorit di Pontianak, Objek Kekinian & Paling Hits

Pontianak sebagai ibukota dari Kalimantan Barat. Kota yang ini seringkali didatangi pelancong di luar kota. Bagaimana tidak, keelokanya yang menarik, jadikan kota yang populer akan Sungai Kapuasnya itu jadi magnet pelancong yang bertandang ke Kalimantan Barat. Rekreasi yang berada di kota Pontianak ini, akan membuat Anda mempunyai pengalaman berlibur baru.

Situasi yang lain dari kota besar yang lain jadikan kota Pontianak jadi kota yang pas didatangi untuk Anda yang ingin liburan dengan pacar, keluarga atau, seorang diri. Rekreasi di Pontianak sendiri sangat komplet. Ada rekreasi yang pas untuk Anda yang suka rekreasi pembelajaran, rekreasi religius, rekreasi riwayat dan sudah pasti tempat wisata yang pas untuk berlibur keluarga ada juga di sini. Ingin tahu, tempat rekreasi apa yang berada di kota Pontianak? Berikut listnya.

1. Masjid Raya Mujahidin

Photo Credit: Supri Yatno

Tempat melaksanakan ibadah ini sudah jadi sebuah landmark atau keunikan dari kota yang memiliki panggilan Kota Khatulistiwa ini. Terhitung ke salah satunya masjid paling besar yang berada di Propinsi Kalimantan Barat. Bahkan juga di saat pengesahannya dilaksanakan oleh Presiden Indonesia yaitu Joko Widodo pada Januari 2015 kemarin. Pertama kalinya masuk tempat ini, karena itu Anda akan disongsong dengan hidangan arsitektur ciri khas Kalimantan Barat. Yaitu dengan adanya banyak tiang penyangga masjid yang paling istimewa dan eksklusif. Tersusun atas dua lantai dengan teritori yang paling luas. Untuk lokasinya sendiri ada di tengah kota, hingga mempermudah Anda yang berminat untuk mendatanginya.

Alamat: Akcaya, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

2. Keraton Kadriah

Photo Credit: Asriel Aja

Anda berpikiran keraton cuman berada di jateng, karena itu Anda salah karena keraton ada juga di Pontianak. Anda dapat menyaksikan bangunan Keraton Kadriah yang disebut bangunan warisan dari sultan Pontianak. Di sini, Anda bukan hanya belajar masalah riwayat tetapi bisa juga menyaksikan beragam warisan lain. Bahkan juga, meriam kuno juga bisa Anda dapatkan di sini. Tidak itu saja. Anda bisa juga menyaksikan al-quran yang penulisannya dicatat manual oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie.

Alamat: Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

3. Masjid Jami Pontianak

Photo Credit: Heri ansyah

Untuk Anda yang ada di Kalimantan, Anda dapat berkunjung Masjid Jami Pontianak. Di sini, Anda dapat menyaksikan Masjid paling tua yang berada di Pontianak. Selainnya Masjid, Anda bisa juga sekalian menyaksikan Sungai Kapuas. Karena Masjid ini ada tidak jauh dari Sungai Kapuas. Anda dapat mendapatinya dengan benar-benar gampang.

Alamat: Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

4. Tugu Bambu Runcing Pontianak

Photo Credit: Budi Syahputra

Tempat wisata ini sebagai salah satunya lokasi yang seringkali dijadikan lokasi untuk berekreasi dan santai sesaat. Terletak yang ada di tengah kota, membuat tempat ini benar-benar gampang untuk dijangkau dan didatangi oleh beberapa pelancong yang bertandang ke Pontianak. Teritori rekreasi satu ini sudah ada sejak 10 November 1987, yang mana menjadikan sebagai tapak jejak rekam riwayat.

Jadi sebuah monumen yang kenang kembali jasa beberapa pejuang di wilayah ini, membuat sering didatangi untuk ketahui kejadian monumental apa yang terjadi. Ada sebelas tonggak bambu lancip warna sebagai sebuah iconic monumental di kota ini.

Alamat: Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

5. Taman Fantasia Kalimantan barat

Photo Credit: Amazingborneo.id

Tempat ini sebagai salah satunya tempat wisata yang tawarkan sejuta keelokan dan beragam sarana permainan yang paling bermacam. Ditambah lagi icon khusus dari rekreasi satu ini ialah kolam renangnya yang luas dan diperlengkapi dengan beberapa hiasan sarana air yang lain. Tempat satu ini benar-benar pas untuk dijadikan tempat bergabung dengan keluarga, outing, atau bahkan juga tim building. Tidak cuman ada sarana kolam renang, di sini ada sebuah lazy river dan paintball.

Alamat: Arang Limbung, Kab. Kubu Raya, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 25.000
Google Maps: Cek Lokasi

6. Pulau Lemukutan

Photo Credit: Lucky Prisandy

Untuk Anda yang suka dengan biota bawah laut, Anda dapat coba olahraga snorkeling untuk menyaksikan keelokan yang dibuat tuhan di lautan. Lemukutan island masih dijaga orisinalitasnya, hingga Anda masih bisa menyaksikan beragam biota laut. Untuk Anda yang ingin cobanya, Anda langsung bisa bertandang ke Pulau Lemukutan.

Alamat: Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

7. Hutan Kota Untan

Photo Credit: Bang Day

Di sini Anda dapat mendapati beragam jenis tanaman dari Kalimantan yang diperbudidayakan dengan benar-benar bagus. Tidak tanggung tanggung, Anda dapat mendapati beragam tanaman pohon. Bahkan juga ada sekitaran 190 tipe pohon, Anda bisa juga menyaksikan minimal 80 tipe anggrek. Tidak cuman flora, Anda bisa juga mendapati beragam jenis fauna yang sudah pasti tidak akan gampang Anda dapatkan di beberapa kota besar yang lain. Tidak itu saja, Anda bisa juga lakukan olahraga seperti jogging pada tempat ini.

Alamat: Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

8. Tugu Khatulistiwa

Photo Credit: Indonesia.Travel

Tugu yang ini memang jadi icon dari kota Kalimantan Barat, terutamanya Pontianak. Bila Anda sedang ada di Pontianak, karena itu janganlah sampai lupa untuk berkunjung tugu iconic ini, jarak tugu khatulistiwa dari kota Pontianak cuman 3 km. Selainnya Anda dapat nikmati keelokan akan arsitektur tugu khatulistiwa, Anda bisa juga sekaligus belajar berkenaan beragam info garis khatulistiwa.

Selainnya berlibur, Anda bisa juga sekaligus belajar. Rekreasi yang berada di kota Pontianak ini, akan membu itu bisa terjadi peristiwa alam di mana matahari akan ada pas di atas garis khatulistiwa. Peristiwa itu akan membuat semua benda yang berada di atas garis itu tidak mempunyai bayang-bayang.

Alamat: Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 1.000
Google Maps: Cek Lokasi

9. Rumah Radang

Photo Credit: Helmi SE

Rumah Radang sebagai rumah panjang sebagai rumah tradisi untuk Suku Dayak yang ada di Propinsi Kalimantan Barat. Bila Anda ingin berekreasi ke arah tempat unik, nikmati arsitektur bangunan tradisionil karena itu, Anda harus berkunjung rumah betang radakng. Yaitu, tiruan dari rumah tradisi suku dayak. Rumah tiruan ini bahkan juga mencatatkan rekor sebagai rumah tradisi paling panjang. Rumah tiruan ini kerap dijadikan tempat seni lo.

Alamat: Sungai Bangkong, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

10. Kolam Renang Muara Kapuas

Photo Credit: M. Kapuas Waterboom

Ada di pinggiran sungai Kapuas, tempat wisata ini mempunyai pemandangan keelokan yang mengagumkan. Disamping itu, tempat rekreasi air ini sebagai penyatuan dari kolam renang dengan sarana pembelajaran. Bahkan juga dalam teritori ini mempunyai beragam sarana permainan yang paling komplet. Dengan demikian, membuat beberapa pengunjungnya berasa kerasan dan nyaman bermain di sini.

Alamat: Sungai Beliung, Kec. Pontianak Barat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 15.000
Google Maps: Cek Lokasi

11. Bukit Rel

Photo Credit: Pele Pasaribu

Tertarik berekreasi pada sebuah tempat dengan keelokan alamnya yang paling sejuk dan menarik, karena itu Anda wajib buat tiba di Bukit Rel. Salah satunya bukit yang berada di Pontianak ini tawarkan sebuah keelokan kota di atas ketinggian. Untuk situasinya sendiri benar-benar asri dan sejuk, sanggup membuat pelancong berasa kerasan dan nyaman lama-lama di sini.

Alamat: Batu Layang, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

12. Pantai Pasir Panjang

Photo Credit: Syifaurrohmah Nindyah

Rekreasi Yang ini pasti benar-benar pas untuk Anda yang paling menyenangi pantai. Apa lagi pantai ini benar-benar dijaga kebersihannya. Untuk Anda yang suka lakukan olahraga surfing, Anda bisa juga mencoba nya di sini. Tetapi, tenang saja untuk Anda yang tidak dapat lakukan surfing, Anda dapat nikmati sepoi-sepoi angin pantai, birunya air laut di pantai pasir panjang.

Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

13. Wisata Nusantara Mempawah

Photo Credit: Eko Hendranto

Tempat ini mempunyai beragam sarana permainan yang paling komplet. Dimulai dari ada pemancingan, kolam renang, perahu bebek, boogey jumping, dan ada banyak permainan yang lain. Tidak itu saja, tempat ini tawarkan sebuah resor dan hotel. Hingga tidak cuman berekreasi Anda dapat bermalam.

Alamat: Pasir, Kec. Mempawah Hilir, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

14. Bukit Kelam

Photo Credit: Rakyat Kalbar

Biasanya, bukit sama dengan sebuah daratan tinggi. Tetapi, di teritori rekreasi ini ada di batu yang besar. Untuk pemandangan panorama yang dijajakan sangat cantik dan mengagumkan. Ditambah lagi ada di sekitaran persawahan membuat tempat rekreasi ini mempunyai nuansa dan udara yang paling dingin dan sejuk.

Alamat: Merpak, Kec. Kelam Permai, Kab. Sintang, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

15. Aloe Vera Center

Photo Credit: Dean Kemal

Di Pontianak, Anda tidak cuma dapat menyaksikan atau beli tanaman Aloe Vera atau yang lebih dikenali dengan lidah buaya. Di Pontianak. Anda dapat menyaksikan tempat budidaya tanaman yang mempunyai faedah untuk lembabkan kulit ini lo. Tidak itu saja. Anda bisa juga menyaksikan langkah pemrosesan makanan berbahan dasar Aloe Vera seperti, permen, dodol, bahkan juga kosmetik. Janganlah lupa untuk beli beberapa produk buatannya saat anda bertandang ke Aloe Vera Center ya.

Alamat: Siantan Hulu, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

16. Taman Akcaya

Photo Credit: Ajie Arief

Tempat ini sebagai salah satunya referensi tempat liburan yang paling penuh oleh pengunjung, entahlah pada pagi sampai malam hari. Ini karena tempatnya yang paling nyaman dan sejuk membuat beberapa orang atau pelancong berminat untuk mendatanginya. Ditambah lagi teritori ini mempunyai beragam jenis sarana, yang mana bisa Anda pakai sambil nikmati panorama Kota Pontianak. Untuk wahan bermainnya sendiri salah satunya ada tempat bermain anak yang paling komplet dan bermacam macamnya dan ada pusat belanja dan pernak pernik. Yang mana Anda dapat membeli sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

Alamat: Akcaya, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

17. Kolam Renang JC Oevang Oeray

Photo Credit: Sumardi H

Teritori ini sebagai salah satunya kolam renang favorite yang seringkali didatangi oleh masyarakat sekitaran atau bahkan juga pelancong. Ini karena terhitung tipe rekreasi pada harga dapat dijangkau. Pada harga yang paling dapat dijangkau itu, Anda dapat rasakan nikmatnya berenang dan bermain beragam sarana air yang sudah disiapkan di situ. Untuk sarananya sendiri tidak diambil ongkos, hingga Anda bisa memakainya sesenang hati. Sarana air yang ada disitu diantaranya pancuran rileksasi, ember air raksasa, dan perosotan anak dan dewasa.

Alamat: Akcaya, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 25.000
Google Maps: Cek Lokasi

18. Taman Bukit Bougenville

Photo Credit: Yulia Chandra

Taman Bunga Bougenville sebagai taman bunga yang paling cantik. Tidak cuman taman bunga. Anda bisa juga menyaksikan beragam jenis tanaman buah. Rekreasi yang ini termasuk sangatlah luas karena, capai 1.5 hektar. Rekreasi yang ini juga pas untuk anak, Anda dapat menolong anak untuk belajar berkenaan tipe tanaman.

Alamat: Sijangkung, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

19. Makam Kesultanan Batulayang

Photo Credit: IM3 Ooredoo Sumatera

Bila Anda ingin berziarah ke arah tempat beberapa pahlawan. Anda dapat berkunjung Pusara Sultan Batulayang yang ada di Pontianak. Tidak cuman sultan syarif abdurrahman tetapi, Anda bisa juga berkunjung 6 pusara sultan lainnya. Sepanjang ada di Pontianak. Pusara Sultan Pontianak didatangi oleh peziarah dan pelancong untuk ketahui lebih komplet mengenai kisah beberapa Sultan Pontianak, dengan semua bukti kehadirannya.

Alamat: Batu Layang, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

20. Dermaga Seng Hie

Photo Credit: Akilbudi Patriawan

Dermaga ini sangat kuat hubungannya dengan riwayat maritim yang disebut tempat rekreasi populer di Pontianak. Tidak itu saja, bahkan juga dermaga seng hie sebagai dermaga paling tua. Riwayat awalnya dari dermaga ini ialah pelabuhan yang dipunyai pebisnis asal China. Bila Anda ingin menyaksikan beberapa hal bersejarah dalam suatu kifa, Karena itu Anda dapat menyaksikan dermaga si hee yang ada di Pontianak.

Alamat: Benua Melayu Laut, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

21. Taman Alun-alun Kapuas

Photo Credit: Ricky Tanujaya

Kamu dapat menyaksikan sungai ini dari taman ini yang paling bersisihan dengan Sungai Kapuas. Anda dapat duduk rileks sekalian nikmati pemAndangan sungai dan alun alun yang mempunyai style unik. Anda bisa juga habiskan waktu bersama anak-anak dan keluarga Anda. Anda bisa juga mencoba kulineran ciri khas Pontianak di Kalimantan ini lo, beragam jajan ciri khas Pontianak, di jajakan di sejauh jalan alun alun.

Alamat: Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

22. Pantai Kijing

Photo Credit: Ajie Arief

Salah satunya pantai cantik yang harus Anda datangi saat ada di Pontianak ialah pantai kijing. Dipantai ini Anda dapat berjalan pada bentangan pasir putih yang demikian menarik. Anda bisa juga nikmati pemAndangan bentang bukit yang demikian elok. Pantai yang ini memang mustahil menyebalkan lawatan Anda saat ada di Pontianak.

Alamat: Desa Sungai Kunyit, Kec. Sungai Kunyit, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

23. Danau Biru Singkawang

Photo Credit: Sutanto Mulawardi

Sama sesuai namanya, danau ini mempunyai warna biru yang demikian jernih pada airnya. Tidak itu saja, danau ini dikitari bukit-bukit yang menghampar disekitaran danau. Danau yang awalannya sebagai sisa lokasi tambang ini. Sekarang jadi lokasi danau yang cantik dan tidak dapat dilalaikan dari daya ingat pengunjungnya.

Alamat: Pajintan, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

24. Jembatan Kapuas

Photo Credit: aditia noegroho

Jembatan Kapuas ialah Salah satunya jembatan paling iconic di kota Pontianak. Keelokan pemAndangan dari jembatan ini sangat menganakemaskan mata. Bahkan juga benar-benar pas jadi tempat untuk berpose. Bila bertandang ke Pontianak kurang komplet rasa-rasanya bila Anda tidak ambil beberapa photo di jembatan iconic yang ini.

Alamat: Tanjung Hulu, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat..
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

25. Kampung Beting

Photo Credit: Gtsave Audio

Daerah yang ada di kota Pontianak ini demikian unik. Kampungnya ada di atas pinggiran dari Sungai Kapuas. Tempat ini bahkan juga jadi tempat berdirinya tempat monumental dan utama di Pontianak yaitu kesultanan Pontianak dan Mushola Jami ada di sini. Tidak itu saja, Anda bisa juga berkunjung jembatan bentak yang disebut jembatan paling panjang di dunia yang dijadikan fasilitas penyambung untuk setiap rumah yang berdiri di permukiman ini.

Alamat: Dalam Bugis, Kec. Pontianak Timur, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 50.000
Google Maps: Cek Lokasi

26. Taman Nasional Gunung Palung

Photo Credit: Nicholas Salazar

Taman Nasional Gunung Palung yang disebut taman nasional yang ada di Kalimantan Barat ini mempunyai luas 90.000 hektar. Rekreasi ini, pasti benar-benar pas untuk Anda yang suka berpetualang dan menyaksikan bentangan rimba propus, bahkan juga rimba bakau dan rawa. Bukan itu saja, Anda dapat menyaksikan beragam hewan dan tanaman sangat jarang. Satu diantaranya ialah anggrek hitam yang hampir musnah.

Alamat: Padu Banjar, Kec. Simpang Hilir, Kab. Ketapang, Kalimantan Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 1.000
Google Maps: Cek Lokasi

Itu 26 tempat rekreasi di Pontianak terkini yang harus Anda datangi sepanjang ada di kota ini. Beragam tempat rekreasi bahkan juga tidak dapat Anda dapatkan di kota lain, dan pengalaman itu bisa menjadi pengalaman membahagiakan sekalian menarik sepanjang Anda ada di kota Pontianak.

1 thought on “26 Tempat Wisata Favorit di Pontianak, Objek Kekinian & Paling Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.