16 Tempat Wisata Terbaik di Papua, Menarik Ditelusuri untuk Berlibur

16 Tempat Wisata Terbaik di Papua, Menarik Ditelusuri untuk Berlibur

Saat bicara Papua, karena itu kita akan bicara keelokan dari darat atau lautnya selalu mengagumkan untuk pengunjung. Selainnya keelokan alam bak surga ini, di Papua masih tetap jaga kearifan lokalnya sampai sekarang ini. Perihal ini pula yang membuat pulau tertimur Indonesia jadi benar-benar khusus. Bila merencanakan untuk ke Papua, berikut daftar tempat rekreasi yang dapat menjadi rekomendasi untuk berlibur terbaik Anda.

1. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz
Photo Credit: Zulkifli Kipliroses999

Taman nasional ini sebagai taman paling besar di Asia Tenggara. Taman dengan luasan sejumlah 2.empat juta hektar ini akan membuat Anda tidak akan stop kagum pada keelokan Tuhan di pulau ini. Taman ini dijadikan peninggalan Dunia oleh UNESCO.

Taman Nasional ini mempunyai gletser di tengah-tengah tropis yang cuman dipunyai oleh tiga daerah di dunia dan satu diantaranya ialah taman nasional Lorentz Papua ini. Selainnya keelokan alam Anda akan nikmati keberagaman flora dan fauna di taman ini.

Alamat: Yakapis, Kab. Asmat, Papua.
Harga Tiket Masuk: Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

2. Bukit Jokowi

Bukit Jokowi
Photo Credit: Slow

Bukit elok ini diberi nama bukit Jokowi saat Presiden Jokowi mulai mengawasi perubahan tempat rekreasi ini di tahun 2014 kemarin. Bukit ini awalannya mempunyai nama bukit skyline. Di atas ketinggian bukit ini, di mana Anda segera dapat nikmati keelokan pulau Papua. Nikmati matahari tenggelam dan ada banyak kembali spot photo yang memikat di bukit ini.

Alamat: Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

3. Pulau Biak

Pulau Biak
Photo Credit: Mian Hotmida

Pulau ini ada di sekitaran Teluk Cendrawasih. Di Pulau Biak ini Anda dapat bertandang ke kampug Amoi yang disebut salah satunya tujuan rekreasi di pulau ini. Disamping itu di pulau Biak ini ada taman anggrek dengan berbagai macamnya. Ada penangkaran Burung yang banyak memiliki koleksi. Disamping itu di pulau kecil ini simpan bermacam flora dan fauna yang sangat jarang. Mirip contoh yakni ada kantung semar yang sanggup tangkap tikus.

Alamat: Pulau Biak, Papua.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

4. Gunung Crstensz

Gunung Crstensz
Photo Credit: Habib A.F.

Gunung ini sebagai gunung dengan pucuk paling tinggi di Indonesia. Dengan ketinggian 4.884 mdpl ini Anda dapat nikmati salju kekal di pucuk ini. Untuk mendaki gunung dengan panggilan pucuk jaya ini Anda perlu mempersiapkan banyak bujet untuk perlengkapan keamanan.

Alamat: Tembagapura, Kec. Tembagapura, Kab. Mimika, Papua.
Biaya Wisata: Mulai 5.000.000
Google Maps: Cek Lokasi

5. Raja Ampat

Raja Ampat
Photo Credit: Yannis P

Tempat rekreasi populer ini sebagai tempat mimpi untuk semua pecinta alam di Indonesia. Raja Ampat ini mempunyai 4 pulau kecil yang mengitarinya. Tempat ini mempunyai kekayaan biota laut yang banyak dan cantik. Karena itu tempat ini jadi lokasi yang banyak didatangi oleh pelancong asing.

Saat menyelam di laut Raja Ampat ini Anda akan mendapati beberapa ribu tipe ikan dan banyak penyu di laut ini. Berdasar sebagian riset di laut Raja Ampat ini ada 75% tipe biota laut dunia ada di pulau ini.

Alamat: Kab. Raja Ampat, Papua Barat.
Biaya Wisata: Mulai Rp 500.000
Google Maps: Cek Lokasi

6. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Photo Credit: Fazrin Abdul

Taman Nasional ini sebagai teritori pelestarian yang dijaga oleh pemerintahan. Teritori pelestarian Papua ini mempunyai daerah paling besar di Indonesia yakni dengan luas 1.453.500 hektar. Di Teluk Cendrawasih ini Anda akan mendapati kekayaan alam bawah laut yang menakjubkan.

Ada beberapa ratus tipe ikan, beberapa ratus tipe moluska, disamping itu ada penyu, kura-kura, bahkan juga ada hiu dan lumba-lumba yang hendak temani Anda saat menyelami laut cantik Teluk Cendrawasih Papua ini.

Alamat: Sobei Indah, Distrik Duairi, Kab. Teluk Wondama, Papua Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

7. Danau Habema

Danau Habema
Photo Credit: Urip Kui Urup

Danau Habema atau juga dikenal dengan panggilan Danau Yuginopa. Danau cantik ini memperoleh panggilan danau di atas awan karena ada pada ketinggian 3.225 mdpl. Dari ketinggian danau ini Anda dapat melihat banyak tipe burung eksentrik yang cuman dapat Anda saksikan di pulau ini. Padang rumput hijau disekitaran danau ini menambahkan kesan-kesan yang paling mengagumkan untuk danau ini. Disamping itu backround gunung bersalju jadi daya magnet khusus di danau ini.

Alamat: Tipalok, Distrik Pelebaga, Kab. Jayawijaya, Papua.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

8. Pantai Bosnik

Pantai Bosnik
Photo Credit: Papua Tourism Official

Pantai ini dikitari oleh pohon kelapa disekelilingnya. Pantai yang menarik hati ini selalu ramai. Selainnya cantik Anda perlu bayar Rp 10.000 untuk masuk daerah pantai ini. Pantai Bosnik ini benar-benar jadi referensi untuk berlibur dengan keluarga. Pantai ini sediakan tempat kulineran ciri khas Papua disekitaran pantai.

Alamat: Jl. Raya Bosnik, Yenusi, Kec. Biak Timur, Kab. Biak Numfor, Papua.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

9. Kampung Wisata Sauwandarek

Kampung Wisata Sauwandarek
Photo Credit: Li La

Di teritori rekreasi ini Anda dapat berjumpa dan melihat aktivitas beberapa orang suku asli yang tinggal di pesisir dekat desa ini. Perdesaan ini masih sebagai daerah Raja Ampat. Kampung rekreasi ini mempunyai perumahan tradisionil dari kayu dan jerami. Disamping itu , disekitaran dusun rekreasi ini ada sebuah telaga yang dapat dipakai untuk berenang dan santai di tepi telaga.

Alamat: Sauandarek, Distrik Meos Mansar, Kab. Raja Ampat, Papua Barat.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

10. Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon
Photo Credit: DTP

Di Pulau Rumberpom ini ada pantai yang dikenali dengan panggilan pantai pasir panjang. Di mana aktivitas yang biasa dilaksanakan di sekitar pulau ini ialah snorkeling, menyelam, memancing dan berenang. Disamping itu, ada rimba mangrove sebagai rumah burung-burung rusa di pohon ini. Banyak pelancong tiba berkunjung rimba mangrove di pulau ini untuk menyaksikan burung-burung ini.

Alamat: Rumberpon, Kab. Teluk Wondama, Papua Barat.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

11. Tugu MacArthur

Tugu MacArthur
Photo Credit: Ambara Sugama

Tugu ini disebutkan dengan tugu penghormatan yang dikasih ke jendral Douglas MacArthur. Tempat tugu ini ada sebuah museum yang simpan cerita-kisah monumental. Tugu ini mempunyai tinggi sekitaran lebih kurang 3 mtr.. Warna kuning dan putih. Tugu ini jadi lambang monumental di Papua.

Alamat: Hinekombe, Sentani Kota, Distrik Sentani, Kota Jayapura, Papua.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

12. Gunung Botak

Gunung Botak
Photo Credit: Johnie Pasaribu

Gunung ini di kelilingi langsung oleh lautan biru Papua. Gunung ini terkenal bernama gunung botak karena tidak ada satu juga pohon tinggi yang ada disekitaran pegunungan ini. Cantiknya pemandangan laut biru dengan gunung yang disanggupi bentangan rumput hijau akan membuat photo Anda jadi sangatlah baik.

Alamat: Jl. Manokwari-Bintuni, Distrik Yekwandi, Kab. Manokwari Selatan, Papua Barat.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

13. Danau Paniai

Danau Paniai
Photo Credit: Maya Kusuma

Di mana di danau ini mempunyai senja yang paling cantik dengan latar perahu-perahu nelayan yang mulai kembali untuk pulang. Selai cantik danau ini sebagai danau yang mempunyai ikan tawar paling besar di Papua.

Anda bisa juga turut memancing bersama dengan wanita suku Mee dan suku Moni di dekat danau ini. Danau ini dikitari dengan beberapa tebing dan bukit-bukit yang menambahkan keasrian danau ini.

Alamat: Mogeya, Distrik Paniai Barat, Kab. Paniai, Papua.
Harga Tiket Masuk: Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

14. Lembah Belim

Lembah Belim
Photo Credit: Abim Habibi

Di lembah ini antiknya, Anda dapat melihat suku asli Papua yang menggunakan rok rumbai dan koteka. Anda bisa juga melihat atraksi musik tradisionil Papua yang bisa menarik hati saat bertandang. Lembah ini sebagai rumah dari suku Dani, Lani dan suku Yali di mana suku ini ialah asli orang Papua. Temperatur disekitaran lembah ini capai sekitaran 15 derajat Celsius di saat malam.

Alamat: Sinata, Distrik Asolokobal, Kab. Jayawijaya, Papua.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

15. Pulau Mansinam

Pulau Mansinam
Photo Credit: Leo Jr.

Rekreasi pulau religius ini sebagai tempat penyebaran agama kristen protestan di Papua. Selainnya pantai yang keelokannya tidak tertandingi ini, di pulau kecil ini ada patung yesus kristus yang besar dan tinggi seperti raksasa. Pulau kecil ini ada di Manokwari. Pada tempat ini selalu jadi sebagi tempat perayaan untuk beberapa acara besar agama kristen protestan di Papua.

Alamat: Mansinam, Distrik Manokwari Timur, Kab. Manokwari, Papua Barat.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

16. Air Terjun Karmon

Air Terjun Karmon
Photo Credit: Milan Regec

Air terjun yang ada di daerah rimba Biak ini benar-benar terkenal karena airnya mengalir jatuh seperti kembang bermekaran. Air terjun yang jatuh berundak karena beberapa tebing yang ada di bawahnya membuat tempat ini menjadi satu diantara tujuan yang selalu didatangi. Selainnya cantik air tejun ini tidak membuat Anda jalan kaki jauh untuk sampai. Sekitaran 100 mtr. jalan kaki, Anda bisa nikmati daya tarik alam yang mengagumkan ini.

Alamat: Karmon, Distrik Yawosi, Kab. Biak Numfor, Papua.
Harga Tiket Masuk: Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

Itu beberapa tempat rekreasi yang menjadi rekomendasi Anda saat ingin traveling ke Papua. Alamnya yang cantik sayang sekali bila tidak didatangi. Mudah-mudahan berlibur Anda lebih hebat pada tahun ini.