23 Tempat Wisata di Padang Terbaru & Terhits yang Patut Anda

23 Tempat Wisata di Padang Terbaru & Terhits yang Patut Anda

Padang Populer dengan kulineran dan narasi legenda seperti, rendang, legenda Malin Kundang, dan narasi Siti Nurbaya tentu jadi hal pertama kali yang tebersit di pemikiran. Padang memanglah tidak akan jauh dari kulineran terkenalnya yaitu rendang. Tetapi, Padang mempunyai sejuta daya tarik rekreasi yang cantik dan mengagumkan. Dimulai dari rekreasi alam sampai rekreasi bikinan, ada komplet di Padang. Untuk Anda yang ingin nikmati keelokan alamnya yang mempesona, berikut dibahas referensi tempat wisata di Padang yang harus Anda datangi.

1. Masjid Tuo Kayu Jao

Masjid Tuo Kayu Jao
Photo Credit: Ricye Vy

Masjid Tuo Kayu Jao ialah mushola paling tua yang berada di Minangkabau. Umur masjid ini telah capai 400 tahun bahkan juga lebih. Berada di lokasi yang eksotik dan vital, Masjid Tuo Kayu Jao mempunyai wujud bangunan yang unik. Bila Anda bertandang ke Padang, tempat ini pantas untuk didatangi.

Alamat: Kayu jao, Kec. Gunung Talang, Kab. Solok, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

2. Jam Gadang

Jam Gadang
Photo Credit: Toni Surya Hidayat

Jam Gadang adalah icon dari Padang yang berada di Bukittinggi. Jam Gadang ialah icon rekreasi yang disebut warisan di saat penjajahan Belanda. Icon Sumatera Barat ini mempunyai catatan riwayat yang panjang dan memikat buat dibahas. Tempat rekreasi ini mempunyai kekhasan tertentu yang membuat populer di kelompok pelancong. Angka yang berada di Jam Gadang dicatat dengan memakai huruf romawi. Tetapi, angka 4 dicatat dengan III. Bila pengunjung bertandang ke sini, ada banyak tempat rekreasi di sekitar Jam Gadang yang pas untuk didatangi.

Alamat: Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

3. Danau Biru

Danau Biru
Photo Credit: Budi Setiadi

Danau yang berada di Sawahlunto ini harus sekali untuk Anda datangi. Sisa galian tambang yang sukses berbeda menjadi satu diantara tujuan rekreasi yang paling hits di Kota Padang. Danau bikinan ini sukses memuat air yang warna biru cantik dan luas. Banyak pelancong domestic atau luar negeri yang tiba ke sini untuk nikmati panorama alam yang cantik. Dengan bentangan dedaunan hijau dan pemandangan yang kece sekali, ditanggung beberapa pengunjung akan menyenangi tempat rekreasi ini.

Alamat: Tumpuak Tangah, Kec. Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

4. Air Terjun Sarasah

Air Terjun Sarasah
Photo Credit: MinangOfficial

Wisata alam yang ini lebih dikenali bernama Sarasah Barasok. Sarasah dengan bahasa Padang mempunyai makna air terjun, dan Barasok memiliki arti berasap. Sesuai namanya, rekreasi alam Air Terjun Sarasah ini terlihat seperti asap yang mengepul bila dari terlalu jauh. Ini karena debet saluran air yang mengalir demikian keras dan dengan tinggi 20 mtr..

Air Terjun yang berada di wilayah Banja Loweh, Kabupaten Lima Puluh Kota, tawarkan banyak sekali daya tarik alam yang sayang bila dilewati. Dapat disebutkan, rekreasi yang ini benar-benar pas untuk Anda yang menyenangi rekreasi penjelajahan. Masalahnya untuk dapat ke arah lokasi air terjun Anda diwajibkan untuk tempuh perjalanan dengan medan yang cukup curam.

Alamat: Indarung, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 3.000
Google Maps: Cek Lokasi

5. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya
Photo Credit: @haluanharian

Ceritanya yang demikian fantastis dan menebar sampai ke semua tanah air, membuat namanya didokumentasikan sebagai nama sebuah jembatan. Bila pada malam hari, Jembatan Siti Nurbaya akan penuh sama orang – orang yang bertandang sambil nikmati kulineran yang berada di sekelilingnya.

Di sejauh jembatan, pengunjung dapat mendapati beragam penjual yang menawarkan bermacam jenis makanan. Bila Anda tiba ke sini, roti bakar yang ada di lokasi jembatan harus sekali untuk dicoba. Jembatan Siti Nurbaya yang terkenal ini berada di dekat Pantai Padang dan Pasar Raya.

Alamat: Batang Arau, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

6. Banto Royo

Banto Royo
Photo Credit: Twin Chan

Di Banto Rayo, pengunjung dapat nikmati situasi berjalan pada atas papan yang melingkari perairan dan rimba bakau. Situasi asri dan sejuk sukses menarik beberapa pelancong untuk bertandang ke Banto Rayo. Bentangan tanaman bakau dan perairan yang cantik, membuat pengunjung kerasan berlama – lama di sini. Sambil berjalan pada atas papan, Anda dapat ambil photo yang kece dan instagramable. Walau termasuk cukuplah baru, pengunjung Banto Rayo melonjak saat akhir minggu.

Alamat: Koto Tangah, Kec. Tilatang Kamang, Kab. Agam, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

7. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
Photo Credit: Indra Hutagalung

Tempat rekreasi ini benar-benar pas untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Ombaknya tidak besar ditambah lagi bentangan pasir putih yang cantik dan mengagumkan. Pengunjung dibolehkan untuk bermain air dan berenang di sini, tetapi jangan melewati garis batasan yang bisa mencelakakan nyawa. Apabila sudah usai dengan aktivitas airnya, pengunjung langsung bisa nikmati bermacam hidangan kulineran yang nikmat dan sedap.

Alamat: Teluk Bayur, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

8. Goa Batu Kapal

Goa Batu Kapal
Photo Credit: Adrianto

Goa Batu Kapal adalah tempat rekreasi unggulan yang hits sekali di wilayah Sumatera Barat. Tempat rekreasi yang terbagi dalam rangkaian stalaktit dan stalagmite elok ini pantas untuk Anda datangi. Lokasinya ada di tempat perkebunan sawit paling besar di Solok Selatan. Hiasan stalagmit dan stalagtit yang mengagumkan terpancar secara jelas dalam Goa Batu Kapal. Walau untuk capai goa ini diperlukan waktu dan usaha keras, panorama yang berada di goa membuat pengunjung takjub dan kagum.

Alamat: Sungai Kunyit Barat, Kec. Sangir Balai Janggo, Kab. Solok Selatan, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

9. Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam
Photo Credit: @RicoSajoo

Lubuk Hitam Waterfall berlainan dengan rekreasi air terjun secara umum, Lubuk Hitam Waterfall sebagai air terjun bertingkat dengan saluran airnya yang jernih. Saat berkunjung rekreasi ini, Anda akan menemui kehadiran air terjun dalam tiga tingkat yang paling unik. Karena sangat antiknya, tiga jenjang air terjun ini masing-masing mempunyai karakter yang berlainan.

Dua jenjang pertama ketinggiannya capai 2 mtr.. Jenjang ke-2 air terjun ini mempunyai ketinggian 10 mtr.. Ke-2 jenjang ini benar-benar gampang dicapai karena mempunyai lajur yang rendah dan tidak begitu naik. Daya tariknya juga benar-benar cantik dan eksotik.

Alamat: Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 3.000
Google Maps: Cek Lokasi

10. Pantai Pasumpahan

Pantai Pasumpahan
Photo Credit: Disappointed

Salah satunya yang hendak dibahas ialah Pantai Pasumpahan. Rekreasi bahari ini digadang sebagai Pulau Maldives Indonesia. Bagaimana tidak, jernihnya warna air laut bersandingan dengan pasir putih yang demikian bersih. Ke-2 elemen itu sukses jadi kombinasi prima Pantai Pasumpahan.

Anda dapat menyaksikan rumah rumah warga lokal yang mayoritasnya bermata pencarian sebagai nelayan. Rekreasi Bahari Pasumpahan benar-benar pas didatangi untuk Anda yang ingin mengucilkan diri dari hingar-bingar kota. Karena sangat cantiknya, pantai yang berada di Padang, Sumatera Barat ini pas dinaikkan tingkat jadi rekreasi dunia terapik.

Alamat: Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

11. Pantai Padang

Pantai Padang
Photo Credit: Chin Serng Siew

Pantai Padang kedengar sedikit asing. Ini karena orang Minang mengatakan dengan panggilan TapLau. TapLau adalah pantai yang berada di Padang dengan bentangan pasir putih yang cantik dan bermacam bunga elok yang ada di sekelilingnya.

Di tempat sekitaran pantai, pengunjung dapat nikmati sedapnya kulineran seafood yang diproses dengan rempah ciri khas Padang. Ketenaran Pantai Padang telah menebar sampai ke semua negeri . Maka bila Anda bertandang ke Padang, Pantai Padang pantas untuk Anda datangi.

Alamat: Purus, Kec. Padang Bar., Kota Padang, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

12. Bukit Nobita

Bukit Nobita
Photo Credit: @felagonna

Kota Padang digemparkan dengan kehadiran tujuan rekreasi baru yang pantas untuk didatangi. Rekreasi yang baru dibuka ini disebutkan mempunyai keserupaan dengan bukit yang berada di background sekolah figur kartun Nobita Doraemon. Di atas bukit, Anda akan menyaksikan panorama seantero kota Padang yang demikian memikat.

Walau termasuk rekreasi baru, warga sekitaran tidak mau keterlaluan untuk nikmati daya tarik Kota Padang pada malam hari. Saat yang pas untuk berkunjung Bukit Nobita ialah pada malam hari, di mana kedap-kedip lampu kota berpijar demikian semaraknya. Walau perjalanan ke arah Bukit Nobita cukup curam, tetapi rasa capek akan dibayarkan saat itu juga dengan daya tarik view menarik.

Alamat: Kec. Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 3.000
Google Maps: Cek Lokasi

13. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak
Photo Credit: Suro Peji

Satu kembali pulau yang elok sekali di Padang ialah Pulau Cubadak. Ketenaran Pulau Cubadak telah populer sampai ke luar negeri. Keasrian sekitar lingkungan dan bentangan pasir putih menambahkan keelokan dari Pulau Cubadak.

Bermacam aktivitas dapat dilaksanakan di sini, dimulai dari memancing, snorkeling, sampai naik perahu dapat dilaksanakan di sini. Untuk ongkos masuknya, pengunjung tak perlu keluarkan uang banyak . Maka, berlibur irit dan membahagiakan dapat diwujudkan dengan berkunjung Pulau Cubadak.

Alamat: Ampang Pulai, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

14. Danau Cimpago

Danau Cimpago
Photo Credit: Mugi Kun

Untuk Anda yang mencari rekreasi alternative keluarga, Danau Cimpago menjadi tujuan yang paling tepat. Danau selebar 2 hektar ini awalannya dipakai untuk aliran drainase pengontrol banjir Kota Padang, tetapi dengan pengaturan yang bagus Danau Cimpago beralih menjadi tujuan rekreasi keluarga yang pantas didatangi.

Saat musim berlibur tiba, Danau Cimpago akan ramai didatangi pelancong lokal atau luar wilayah yang sekadar ingin isi waktu senggangnya. Selainnya nikmati panorama danau, beberapa pengunjung dapat coba beberapa sarana air yang hebat. Adapun sarana yang dijajakan dimulai dari sepeda air, sepeda bebek, perahu, dan ada banyak kembali.

Selainnya sarana air, ada juga beberapa spot photo unik yang dapat menjadi background sasaran gambar. Daya tarik dari Danau Cimpago ini makin komplet karena ada beberapa warung kecil yang menawarkan kulineran Padang. Untuk anak anak, ada banyak sarana ramah anak seperti mobil mobilan yang dapat dicarter.

Alamat: Kel. Purus, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

15. Pulau Pamutusan

Pulau Pamutusan
Photo Credit: Occy Lupho

Bentangan pulau yang mengagumkan dengan dikitari perairan yang cantik pas sekali untuk Anda datangi. Walau cuman berbentuk pulau kecil, daya tarik yang ditawari oleh Pulau Pamutusan memang pantas dapat acungan jempol.

Bukan hanya dapat nikmati panorama daratnya saja, pengunjung bisa juga lakukan snorkeling riang dan menyaksikan keelokan bawah laut yang menakjubkan. Terumbu karang yang berada di Pulau Pamutusan memang rugi bila tidak disaksikan langsung. Keanekaragaaman biota laut yang bermacam dan cantik menganakemaskan mata beberapa pengunjung.

Alamat: Sungai Pinang, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 15.000
Google Maps: Cek Lokasi

16. Miniatur Makkah

Miniatur Makkah
Photo Credit: @yihagames

Padang tidak berhenti-hentinya memberikan surprise berbentuk rekreasi alamnya yang memikat. Satu diantaranya ialah Miniatur Kota Makkah. Warga di tempat mengenali rekreasi ini sebagai Miniatur Mekah Mini di Lubuk Minturun Padang. Sesuai namanya, tujuan yang ini menyajikan deskripsi tanah suci Mekah dalam versus mini.

Selainnya dipakai sebagai tempat beribadah, Miniatur Kota Mekah ini kerap dipakai sebagai tempat manasik haji. Beragam koleksi satwa seperti unta, bermacam tipe ikan, dan ular piton makin menambahkan daya magnet tertentu. Berikut argumen kenapa rekreasi Manasik Haji Di Miniatur Makkah ini pantas didatangi.

Alamat: Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

17. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak
Photo Credit: D MaizwarTV

Pantai Pasir Jambak pun tidak kalah cantiknya dari Pantai Padang. Berada di Tabing, Pantai Pasir Jambak pas sekali didatangi saat akhir minggu datang. Lokasinya juga cuman sekitaran 20 km dari pusat Kota Padang. Daya tarik Pantai Pasir Jambak berada pada pasir putihnya, lokasi yang cukup landau, dan pohon kelapa yang membubung tinggi.

Sarana yang lain dapat dicicipi di sini diantaranya rumah makan, homestay, gazebo, sampai tempat parkir yang lega dan aman. Bila Anda ingin ke sini, dianjurkan di saat senja supaya bisa menyaksikan keelokan matahari yang tenggelam.

Alamat: Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

18. Lubuk Paraku

Lubuk Paraku
Photo Credit: Qhindy Yanuar

Saat lagi menginjakkan kaki di Kota Padang, sempatkanlah untuk berkunjung kolam Lubuak Paraku. Lokasi ini berbentuk kolam sama air yang warna biru dan benar-benar jernih. Situasi makin teduh ketika rerimbunan pohon di sekitar lokasi bergoyang didera angin. Rekreasi yang ini masih sedikit dilaksanakan peralihan, hingga situasinya masih asri.

Kolam yang telah ada semenjak jaman penjajahan ini sudah diputuskan sebagai tujuan rekreasi alam bintang di tahun 80an. Tidaklah aneh situasi asri yang perawan demikian kental berasa. Bahkan juga, keelokan dan daya tarik dari Lubuak Paraku ini karismanya seolah tidak tinggal masa lalu. Ini ditunjukkan dengan adanya banyak pelancong luar kota yang tiba ke Lubuak Paraku.

Alamat: Indarung, Kec. Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

19. Pasar Atas Bukittinggi

Pasar Atas Bukittinggi
Photo Credit: Antara/Iggoy el Fitra

Pasar ini menjadi sasaran pelancong dari dahulu. Di Pasar Atas Bukittinggi, Anda dapat mendapati bermacam makanan lokal ciri khas Padang yang dapat dicicip atau dibawa pulang untuk oleh – oleh.

Banyak pelancong domestic dan luar negeri yang ke Pasar Atas Bukittinggi untuk beli oleh – oleh ciri khas Padang. Dimulai dari makanan tradisionil sampai kekinian dipasarkan pada harga yang relative dapat dijangkau . Maka bila Anda sedang liburan dengan mekanisme biaya rendah, Pasar Atas Bukittinggi menjadi opsi yang akurat.

Alamat: Benteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

20. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis
Photo Credit: @RadioElshinta

Masih ingat narasi legenda Malin Kundang yang terkenal itu? Walau narasi yang berkembang dalam masyarakat ini hanya dogma semata, tetapi pelajaran dan makna yang bagus bisa diambil dari narasi warga ini.

Batu Malin Kundang yang populer berada di Pantai Air Manis ini. Lokasi pantai yang dekat sama Dermaga Teluk Bayur, membuat pengunjung kerap kesini karena akses jalannya yang gampang untuk dilewati. Aktivitas yang umum dilaksanakan di sini ialah bermain air, berenang, sampai berpose di dekat batu Malin Kundang.

Alamat: Air Manis, Kec. Padang Sel., Kota Padang, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

21. Danau Maninjau

Danau Maninjau
Photo Credit: Zenith Halalan

Sumatera Barat memang simpan banyak daya tarik rekreasi alam yang cantik dan mengagumkan. Danau Maninjau adalah bukti keelokan rekreasi alam yang berada di Padang. Walau harus tempuh perjalanan yang lumayan panjang untuk dapat sampai di sini, rasa capek pengunjung saat perjalanan akan lunas terbayar ketika telah sampai ke Danau Maninjau.

Pada intinya, Danau Maninjau tercipta karena aktivitas letusan gunung Sitinjau yang menggelegar. Di danau ini, pengunjung dapat nikmati keelokan panorama bentangan bukit yang cantik.

Alamat: Kec. Tanjung Raya, Kab. Agam, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

22. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat
Photo Credit: PT Urbane Indonesia

Rekreasi religius yang ini selalu sarat dengan pengunjung yang berasal dai beragam wilayah. Bangunan mushola yang unik dan tradisionil ciri khas Minangkabau, membuat beberapa pengunjung kagum pertama kalinya memijakkan kaki di Masjid Raya Sumatera Barat.

Dengan kekhasan dan daya tariknya, Masjid Raya Sumatera Barat menjadi satu diantara saksi kemasyhuran agama Islam di wilayah Sumatera Barat. Di bulan ramadhan, Masjid Raya Sumatera Barat menjadi satu diantara tujuan rekreasi di Padang yang terbanyak didatangi. Terutama bila Anda tiba di saat ngabuburit, beberapa ratus bahkan juga beberapa ribu pengunjung akan tiba untuk nikmati keelokan dan keagungan dari Mushola Raya Sumatera Barat.

Alamat: Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

23. Air Terjun Tiga Tingkat

Air Terjun Tiga Tingkat
Photo Credit: @IM3OoredooPKP

Air terjun yang berada di Dusun Koto ini benar-benar pas untuk didatangi beberapa pelancong saat bertandang ke wilayah Padang. Walau belum sepopuler rekreasi yang lain, Air Terjun Tiga Tingkat harus sekali didatangi untuk beberapa pelancong yang ingin melepaskan capek dari aktivitas satu hari – hari yang meletihkan.

Rekreasi ini benar-benar pas didatangi oleh orang – orang yang menyukai berpetualang. Walau untuk capai di titik air terjun harus lewat jalanan yang curam dan licin, pengunjung akan dibikin senang sesudah menyaksikan keelokannya.

Bukan hanya mencolok pada rekreasi alam dan sejarahnya saja, Padang kental pada rekreasi kulinerannya. Bermacam kulineran sedap dan nikmat terhidang komplet di Padang. Dimulai dari kulineran tradisionil sampai kekinian, pengunjung dapat secara mudah menikmatinya. Salah satunya kulineran ciri khas Padang yang ketenarannya sampai ke luar negeri ialah rendang. Bahkan juga, kulineran rendang sudah banyak diinovasikan jadi berlagak kulineran lain.

Alamat: Teluk Kabung Utara, Kec.Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

Itukalah daftar referensi tempat rekreasi di Padang yang harus sekali untuk Anda datangi. Walau tidak setenar Bali, rekreasi yang berada di Padang pantas dapat acungan jempol. Padang jadi opsi beberapa traveller backpacker yang ingin berkeliling-keliling Kota Padang dengan memercayakan biaya rendah. Padang menjadi satu diantara bukti keelokan dan kekayaan alam Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.