27 Tempat Wisata Favorit dan Paling Hits di Kota Makassar

27 Tempat Wisata Favorit dan Paling Hits di Kota Makassar

Makassar sebagai kota besar yang berada di Sulawesi Selatan. Sepintas kota Daeng ini lebih populer dengan bermacam hidangan kulineran yang telah dikenali warga Indonesia secara umum. Tetapi perlu Anda kenali, jika tempat wisata ini mempunyai banyak tujuan rekreasi, baik bertaraf lokal atau cita-rasa internasional. Baik itu rekreasi alam, rekreasi pembelajaran atau bahkan juga rekreasi riwayat berada di kota ini.

Pemandangan di kota Makassar tembilang keren. Tatanan letak yang vital membuat kota ini akan hebat untuk didatangi. Peristiwa berlibur bersama rekanan atau keluarga akan berasa lebih hangat. Sebagai arah rekreasi kemungkinan Anda belum terlampau terkenal dibandingkan tujuan lain. Walau sebenarnya kota ini simpan banyak kekhasan dan keelokan didalamnya. Anda bisa mengeksplore keseluruhannya setiap pojok kota.

1. Masjid 99 Kubah Makassar

Masjid 99 Kubah Makassar
Photo Credit: Katsiron Boement

Masjid yang berperan sebagai tempat beribadah ini sudah sanggup menarik banyak perhatian dari semua kelompok. Wujud kubah yang kecil-kecil melingkari kubah besar masjid terlihat benar-benar eksotis bila disaksikan dari Anjungan Losari. Begitupun, kombinasi warna jingga, merah dan kuning yang didatangkan membuat bangunan ini jadi lebih estetik. Maka dari itu, mushola yang ini kerap jadi rekreasi religius yang terkenal.

Sebagai icon baru Kota Makassar, Masjid 99 Kubah sudah mendatangkan kemewahan dan daya tarik yang tidak kalah menarik. Masalahnya 99 kubah yang dibuat pada masjid ini diambil dari jumlahnya asmaul husna. Pembangunan mushola istimewa ini sudah habiskan dana sampai 182 M dengan detil yang sulit. Tidak sangsi bila mushola ini terhitung 30 mushola unik di dunia.

Alamat: Jl. Penghibur No.289, Losari, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

2. Pantai Losari

Pantai Losari
Photo Credit: John Dahron

Sebagai icon rekreasi dari kota ini yang sangat dikenali baik oleh warga lokal secara umum. Atau oleh warga Internasional, yang unik dari pantai ini ialah ide tata ruangan nya. Pada beberapa pantai pada umunya panorama yang hendak Anda jumpai ialah situasi yang alami.

Namun pada pantai ini Anda akan menjumpai ide yang lain ingat pada tempat ini Anda akan menyaksikan banyak beton. Berperan sebagai penahan gelombang sekalian abrasi air laut yang berada di tempat ini. Tempat ini di padati pengunjung di saat sore hari maupun pagi hari saat matahari mulai ada dan terbenam, tempat ini jadi spot favorite memancing.

Alamat: Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

3. Ekowisata Mangrove Lantebung

Ekowisata Mangrove Lantebung
Photo Credit: Macin Gun

Ekowisata mangrove ini mendatangkan daya tarik alami yang bagus sekali untuk berpose. Keelokan mangrove yang paling lebat yang dipadukan dengan jembatan pelangi membuat beberapa pelancong berminat untuk bertandang ke tempat ini. ekowisata yang ada sekitaran 2 km dari laut ini pasti mendatangkan kombinasi keelokan alam yang paling prima.

Kedatangan rimba bakau yang dipadukan oleh jembatan berwarna-warni ini mendatangkan pemandangan yang cantik. Ditambah lagi bila anda berkunjung tempat ini mendekati matahari tenggelam. Jembatan yang dibuat sejauh 270 m ini diperlengkapi 2 pemondokan kecil untuk santai.

Alamat: Jl. Lantebung, Bira, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 2.000
Google Maps: Cek Lokasi

4. Taman Nasional Banti Murung

Taman Nasional Banti Murung
Photo Credit: Monika Marcia

Ekosistem baik flora atau fauna yang berada di dalamnya sampai sekarang ini masih terjafa secara baik. Dan ada banyak tumbuhan dan hewan epidemik yang masih tetap ada dan menempati tempat ini. Saat musim kemarau datang banyak periset dari beberapa wilayah atau periset asing. Ikhlas tiba kesini untuk melalui beberapa macam kupu-kupu pada wilayah ini. Ingat beberapa macam tersebut sebagai spesies baru.

Alamat: Jln. Poros Maros-Bone Km.12, Kalabbirang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 25.000
Google Maps: Cek Lokasi

5. Masjid Raya Makassar

Masjid Raya Makassar
Photo Credit: Ardhy Andi

Masjid ini dari sejak awalnya dibangun dengan ide eksklusif. Design arsitektur bangunan kelihatan benar-benar mengagumkan dan keren. 2 buah menari membubung tinggi jadi deskripsi keelokan tertentu. Apa lagi hiasan atau kaligrafi menghias sekujur ruang menambahkan keelokan tempat beribadah.

Berekreasi religius sambil melaksanakan ibadah pasti jadi kegiatan yang membahagiakan. Selainnya mendapatkan keberkahan, Anda dapat menyaksikan design bangunan yang memesona. Seperti saat tiba untuk berkunjung Masjid Raya Makasar.

Alamat: Jl. Masjid Raya, Bontoala, Kec. Bontoala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

6. Pantai Akkarena

Pantai Akkarena
Photo Credit: Anggi

Sama hal nya dengan pantai yang berada di Bali bahkan juga untuk permasalahan sarana dan lain-lain. Salah satunya tujuan rekreasi yang dapat Anda datangi saat Bali terlampau jauh tempat ini menjadi alternative.

Dan ada banyak kulineran sedap yang disediakan disekitaran tempat ini yang dapat Anda tentukan dan rasakan. Olahan masakan yang berada di tempat ini datang dari ikan fresh yang barusan ditangkap. Lezat nikmat dan pedas menjadi satu diantara ciri-ciri masakan pada kota ini.

Alamat: Jl. Tanjung Bunga, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

7. Malino

Malino
Photo Credit: Malino Highlands

Benar-benar di sarankan untuk beberapa pengunjung yang ingin nikmati keelokan pucuk karena itu tempat ini jalan keluarnya. Untuk bawa baju hangat supaya tidak ada serang hipotermia. Paling akhir janganlah lupa bawa perbekalan karena pada tempat ini tidak ada penjual nasi buntel.

Memiliki jarak lebih kurang 3 jam perjalan dari pusat perkotaan tempat ini meruapakan daratan tinggi. Tetapi mayoritas tanah yang berada di tempat ini mempunyai elemen bebatuan kapur. Walau demikian udara di tempat ini bisa capai sampai 8 derajat pada musim tertentu.

Alamat: Malino, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 25.000
Google Maps: Cek Lokasi

8. Museum Balla Lompoa

Museum Balla Lompoa
Photo Credit: Indah Asriani

Tempat ini sendiri mempunyai riwayat panjang ingat telah ada dan berdiri saat sebelum Indonesia merdeka. Tentu saja bangunan yang lama yah teman bukan bangunan yang baru. Pada tempat ini ada warisan riwayat dari kerajaan itu yang tetap terlindungi sampai sekarang ini. Dan beberapa benda monumental yang lain yang banyak bercerita riwayat bangsa kita waktu itu. Tempat ini harus Anda datangi untuk ketahui sangkut-paut perjalanan riwayat saat itu.

Alamat: Jl. K. H. Wahid Hasyim No.39, Sungguminasa, Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

9. Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu
Photo Credit: Van Nongka

Jadi representasi dari kuatnya pertahanan Kesultanan Kerajaan Gowa saat itu dalam menjaga diri. Tempat ini mejadi pusat keamanan dalam amankan perdagangan yang ramai pada saat itu. Tentu saja bila sebuah kerajaan tidak bisa memperlihatkan kemampuannya mereka akan di meremehkan dan dianggap remeh. Khususnya saat itu oleh bangsa Eropa yang banyak lakukan aktivitas perdagangan pada tempat ini.

Alamat: Jl. Daeng Tata, Benteng Somba Opu, Kec. Barombong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 2.000
Google Maps: Cek Lokasi

10. Masjid Terapung Amirul Mukminin

Masjid Terapung Amirul Mukminin
Photo Credit: Lintar Yulianto

Pemberian nama masjid yang begitu sesuai ide bangunan yang mengapung di atas tepian pantai. Ide itu membuat bangunan kelihatan benar-benar cantik untuk dilihat. Dulu masjid ini sah dibangun di tahun 2009. Lantas sukses disahkan pada 2012 yang didatangi langsung bekas wapres waktu itu yaitu Jusuf Kalla. Tempat lokasi beribadah kaum muslim ini cuman sepanjang 1 km dari anjungan pantai glosari . Maka Anda dapat singgah untuk melaksanakan ibadah dan rasakan nuansa keelokan masjid sesudah berekreasi di pantai itu.

Alamat: Jl. Penghibur No.289, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

11. Pulau Gusung

Pulau Gusung
Photo Credit: Hendriyadi Bahtiar

Salah satunya Object Rekreasi di Makassar yakni Pulau Gusung. Untuk seberang dan ke arah pulau ini memakai perahu yang sudah disediakan. Perjalanan ke arah tempat ini sendiri akan memerlukan waktu sepanjang lebih kurang 15 menit memakai perahu.

Pulau yang tercipta karena timbunan pasir yang semaki jadi membesar tiap waktunya ini. Jadi tempat rekreasi baru yang dapat Anda datangi dengan keluarga. Tempat ini jadi spot memancing yang menyenagkan loh teman.

Alamat: Bontolebang, Kec. Bontoharu, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Mulai Rp 200.000
Google Maps: Cek Lokasi

12. Pulau Kayangan

Pulau Kayangan
Photo Credit: Usriady Syam

Telah banyak dikenali dan dianggap oleh beberapa pelancong baik pada negeri atau yang di luar negeri. Pada tempat ini telah dikembangkan sebegitu rupa sampai menjadi satu diantara tujuan rekreasi yang membahagiakan.

Hal itu bisa dibuktikan dengan ada sebuah cafe dan lokasi yang berada di tengah dari pulau ini. Dapat di pikirkan bukan bagaimana enaknya saat nikmati makanan di tengah-tengah pulau yang cantik dengan di kelilingi air. Dan suara deburan ombak yang selalu kedengar seolah jadi musik dalam telinga kita.

Alamat: Lae-Lae, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

13. Masjid Muhammad Cheng Hoo

Masjid Muhammad Cheng Hoo
Photo Credit: Om Gendu

Masjid Muhammad Cheng Hoo mempunyai design unik dan lain dari lainnya. Hal tersebut kelihatan dari design kubah mushola yang dibikin tidak bundar tetapi berundak-undak seperti pagoda. Warna mushola juga menguasai merah. Kenyataannya hal tersebut bukan tanpa argumen, tetapi umat muslim Tionghoa yang membangun tempat beribadah itu.

Mushola itu sebagai persembahan umat muslim Tionghoa ke warga Sulawesi selatan. Pemberian nama mushola juga mengusung dari pelacak muslim China namanya Chenghoo yang menebarkan agama islam di nusantara.

Alamat: Jl. Danau Tanjung Bunga, Maccini Sombala, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

14. Pegunungan Karst

Pegunungan Karst
Photo Credit: Teguh Iman Pratama

Ulasan berkenaan tempat rekreasi yang berada di kota Makassar sedikit akan di geser berkenaan pegunungan. Gunung ini ada juga di kota ini dan mempunyai nama sebagai barisan gunung atau pegunungan karst.

Seperti namanya gunung ini sebagai pegunungan kapur yang paling besar yang berada di negara kita. Mempunyai tipe tanah kapur membuat tempat ini saat terserang air terus-terusan akan hasilkan sebuah goa. Ada banyak goa pada sekitaran lereng dari pegunungan ini.

Alamat: Dusun Rammang Rammang, Desa Salenrang, Kec. Bontoa, Kab. Maros, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 25.000
Google Maps: Cek Lokasi

15. Danau Tempe

Danau Tempe
Photo Credit: Makassar Guide

Danau ini sebagai tempat sumber mata pencarian masyarakat sekitaran yang berada di tempat ini. Disamping itu air dari danau ini berperan mengaliri beberapa kebun pertanian sekitaran danau. Selainnya cantik tempat ini jadi spot memancing yang banyak di meminati oleh masyarakt sekitaran. Ingat banyak ikan air tawar masih ada pada wilayah sekitaran danau yang ini.

Alamat: Danau Tempe, Kec. Tempe, Kab. Wajo, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

16. Fort Rotterdam

Fort Rotterdam
Photo Credit: Pramana Adi Samudra

Disebutkan sebagai Benteng Ujung Pandang yang masih tetap ada sampai sekarang ini. Berkunjung tempat ini akan menambahkan wacana Anda sebagai angkatan penerus perjuangan bangsa. Pembangunan tempat ini masih memakai tehnologi yang simpel. Dakan tapi walau dibangun pada tengah era ke 16 benteng ini tetap berdiri kuat sampai sekarang ini. Walau beberapa bagian dari benteng ini sudah termakan oleh umur.

Alamat: Jl. Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

17. Tanjung Bira

Tanjung Bira
Photo Credit: Andy Feb

Sebagai lokasi yang benar-benar di referensikan untuk Anda dan menjadi banyak tujuan rekreasi. Ingat beberapa pelancong yang nikmati keelokan tempat ini bukn cuman mereka yang dari negara Indonesia saja. Melain dari beberapa negara di luar Indonesia banyak yang berkunjung tempat ini.

Alamat: Tanjung Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

18. Gowa Discovery Park

Gowa Discovery Park
Photo Credit: Panggih Pradila

Tempat rekreasi yang didatangkan dengan kombinasi taman burung dan rekreasi air ini sudah memberi hal menarik. Bahkan juga. Tempat yang ini dapat jadi media belajar untuk anak-anak untuk mendapat tumbuh berkembang yang bagus.

Gowa Discovery Park yang dibuat selebar 7,2 hektar ini mempunyai sarana memikat buat anda cicipi. Tempat taman burung yang terbagi dalam 3 tempat di sini mempunyai beragam banyak tipe burung yang paling cantik.

Alamat: Jl. Tumanurung Benteng, Barombong, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 35.000
Google Maps: Cek Lokasi

19. Trans Studio

Trans Studio
Photo Credit: Afif Khairi

Tempat ini meruapakan salah satunya sarana rekreasi dengan bermacam sarana yang berada di dalamnya. Tentu saja tempat ini sebagai salah satunya Tempat Rekreasi di Makassar yang mempunyai kulaitas rasio Internasional.

Rekreasi ini pas untuk Anda datangi dengan keluarga Anda khususnya dengan anak Anda. Ingat selainnya sebagai tempat untuk bermain tempat ini jadi fasilitas belajar untuk anak Anda. Bermain dan belajar tentu saja baik sekali untuk perubahan anak Anda.

Alamat: Jl. Metro Tj. Bunga, Maccini Sombala, Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 150.000
Google Maps: Cek Lokasi

20. Bugis Waterpark

Bugis Waterpark
Photo Credit: Sukriadi Amir

Beragam sarana hebat seperti multi slide dan free fall, kids pool, blackhole dan rafting slide, bodi slide, whirpool dan yang lain dapat anda cicipi di sini. Beragam sarana dengan beragam pertunjukan hebat dan menarik ini pasti bisa mendatangkan pengalaman terbaik buat anda.

Disamping itu, tempat rekreasi ini juga luas. Anda bahkan juga dapat masuk beragam zone seperti Kampong Rilau, Goa Batu Kalubampa dan Alabuang untuk mendapat kesan yang membahagiakan. Rekreasi ini benar-benar pas untuk dicicipi dengan keluarga atau rekan dan saudara.

Alamat: Jl. Sektor Mahamero No.1, Antang, Kec. Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 150.000
Google Maps: Cek Lokasi

21. Danau Mawang

Danau Mawang
Photo Credit: _ Kif

Pemberian nama danau sesuai terletak yang ada di dusun Mawang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa. Luas danau menghampar luas sepanjang 50 Ha. Lebarnya di prediksikan capai 200 sampai 450 mtr.. Bertandang ke danau mawang, Anda tidak perlu takut kepanasan. Kedatangan banyak pohon teduh dari sisi lokasi rekreasi membuat pengunjung akan rasakan kesegaran alami. Untuk Anda yang menyukai memancing, lokasi mancing juga ada.

Alamat: Romang Lompoa, kec. Bontomarannu, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

22. Taman Laut Taka Bonerate

Taman Laut Taka Bonerate
Photo Credit: Ryan Araginggang

Tentu saja yang paling menakjubkan dari tempat ini ialah surga bawah lautnya yang terurus. Keelokan bawah laut tersebut yang banyak mengundang perhatian beberapa pelancong asing. Khususnya untuk mereka yang ingin saksikan secara langsung keelokan bawah laut yang berada di tempat ini.

Disebut taman laut karena pada tempat ini masih banyak memiliki terumbu karang yang tumbu sehat. Dan tempat ini telah populer mempunyai surga bawah laut yang tetap terlindungi sampai sekarang ini. Tempat ini mejadi salah satunya tempat konservasi tipe penyu sangat jarang yang berada di negara kita.

Alamat: Taman Laut Taka Bonerate, Kec. Takabonerate, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

23. Pulau Kapoposang

Pulau Kapoposang
Photo Credit: Hamdan Purwo

Tempat seterusnya yang mempunyai pemandangan yang tidak kalah cantik dan bagus yang bisa Anda datangi ialah Pulau Kapoposang. Tiap pulau mempunyai keebihan dan keinstimewaannya sendiri yah teman.

Untuk pulau ini mempunyai keunggulan dari terumbu karang yang terurus dan cantik. Di bagian dasar launtnya, tempat ini menjadi satu diantara lokasi yang paling harus di datangi. Bila Anda salah seseorang yang menyenangi olah raga diving.

Alamat: Desa Mattitoujung, Kec. Liukang Tuppabiring, Kab. Pangkep, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

24. Pelabuhan Paotere

Pelabuhan Paotere
Photo Credit: Nurman Riyadi Rahman

Anda bisa saksikan secara langsung kapal berjejeran terhitung kapal ciri khas Makassar yaitu Phinisi dan Lambo. Lokasi dermaga berada di Kecamatan Ujung Tanah yang cuman memiliki jarak 5 km dari pusat perkotaan. Dermaga Paotere sebagai tempat berkunjung bermacam tipe kapal dari bermacam daerah. Ingat kekhasan lokasi, sekarang salah satunya dermaga paling tua itu sudah jadi tujuan rekreasi.

Selainnya menyaksikan kemunculan kapal penumpang dan barang yang lewat, Anda dapat menyaksikan sunset cantik pada sore hari. Belum komplet jika pengunjung tidak belanja langsung ikan fresh yang baru ditangkap. Beragam tipe ikan yang diawetkan juga ada hingga dapat menjadi oleh-olehan.

Alamat: Gusung, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

25. Pantai Galesong Utara

Pantai Galesong Utara
Photo Credit: Candi.ID

Pantai yang didatangkan dengan sarana kolam renang dan pemondokan ini benar-benar pas untuk membuat berlibur yang membahagiakan. anda bahkan juga dapat santai di bangku malas yang ada di bawah pohon palem untuk nikmati suara ombak dan embusan angin yang beri kesegaran.

Rekreasi yang ini bahkan mendatangkan pondok dan patung yang melingkari kolam renang dengan style eropa classic. Anda bahkan juga dapat mendapati restaurant dan rekreasi outbound pada tempat ini.

Alamat: Sampulungan, Kec. Galesong Utara, Kab. Takalar, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 30.000
Google Maps: Cek Lokasi

26. Pulau Bulupolo

pulau bulupoloe
Photo Credit: yiha games

Dapat di ucapkan pada tempat ini mempunyai panorama yang lumayan komplet. Dimulai dari panorama gunung, pasir pantai yang putih bersih, dan pemandangan yang lain yang sangat menarik. Segala hal itu terangkum jadi satu pada pulau ini tentu saja akan di menyayangkan saat Anda tidak berkunjung tempat ini. Khususnya untuk Anda yang kini sedang berkunjung kota ini dengan arah berlibur.

Alamat: Harapan, Malili, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

27. Pulau Barrang Lompo

Pulau Barrang Lompo
Photo Credit: Kendrew Cedric Nai Xiang

Apa lagi pulau itu mempunyai keelokan alam yang mengagumkan seperti pulau Barrang Lompo. Barrang Lompo yang berada di Sulawesi selatan adalah rangkaian Kepulauan spermonde. Perjalanan ke arah lokasi harus di menempuh dengan kapal sebrang. Anda dapat sewa alat menyelam untuk snorkling atau diving. Pulau ini populer akan alam bawah laut yang mengagumkan sayang jika Anda melewatinya.

Alamat: Barang Lompo, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

Itu 27 tujuan rekreasi di Makassar yang paling hits dkunjungi pelancong. Tiap tujuan simpan keelokan tertentu yang jangan di terlewat. Bermacam tujuan mempunyai sarana komplet yang ditanggung membuat Anda kerasan lama-lama bertandang.