25 Tempat Wisata di Magelang Terkini dan Paling Hits Buat Berlibur

25 Tempat Wisata di Magelang Terkini dan Paling Hits Buat Berlibur

Berkunjung Jawa tengah, anda dapat jadikan Magelang sebagai arah Wisata. Beragam tempat menarik dapat anda datangi, dimulai dari Wisata alam cantik, budaya sampai riwayat dapat anda dapatkan. Berikut sejumlah tempat Wisata di Magelang yang memikat didatangi untuk nikmati pemandangan alam yang mengagumkan.

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur
Photo Credit: AHS Nasution

Candi Borobudur jadi candi yang demikian populer dan lokasinya memang ada di Magelang. Rasanya tidak komplet bila berkunjung di kota ini tanpa singgah ke Candi Borobudur. Menjadi satu diantara fenomena dunia yang pantas membuat kita berbangga. Anda dapat mendapati bangunan mengagumkan dengan stupa yang ada patung buddha.

Banyaknya sekitaran 72 dalam stupa itu, dengan bangunan berundak yang demikian besar. Panorama alam yang didatangkan juga hebat. Membuat beberapa pengunjung dibikin terpesona takjub dengan candi ini. Menjadi Wisata unggulan, sudah pasti pengunjung akan dimanja dengan sarana yang ada.

Alamat: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 50.000
Google Maps: Cek Lokasi

2. Candi Selogriyo

Candi Selogriyo
Photo Credit: Katon Nalendro

Untuk mengawali perjalanan di Magelang, anda dapat mengawali dengan menelusuri candi-candi di kota ini. Ada beberapa candi yang sampai sekarang ini tetap berdiri kuat yang dapat anda menjadikan arah. Satu diantaranya ialah candi Selogriyo yang lokasinya ada di Lereng Gunung Sumbing. Meskipun lokasinya terasing tapi keelokannya akan mengundang decak takjub.

Memang candi yang disebut warisan Mataram Kuno ini tidak besar, tapi panorama sekelilingnya benar-benar memesona. Kehadiran candi ini sebagai bukti ada nilai nilai dari agama Hindu yang berkembang. Udara yang sejuk jadi daya magnet tertentu yang di candi ini. Benar-benar pas untuk habiskan berlibur dengan keluarga atau kawan-kawan.

Alamat: Dusun Kembangkuning, Kec. Windusari, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

3. Candi Umbul

Candi Umbul
Photo Credit: Raden Mas Yogi Priyanto

Berlainan dengan candi secara umum, anda akan mendapati beberapa puing kolam di website satu ini. Berikut yang membuat dikenali sebagai candi umbul. Kolam pemandian air panas jaman dulu ini ialah warisan dari kerajaan Syailendra. Di mana dulunya dipakai beberapa putri raja untuk mandi atau bersihkan badan mereka.

Sebetulnya sampai sekarang ini kolam kolam ini bisa dipakai. Mempunyai air kehijauan, situasi yang didatangkan demikian tenang dan sejuk. Menariknya mata air Candi Umbul tak pernah jadi kering. Di tengah-tengah kolam ada dua candi kecil yang membuat semakin elok. Panorama sekelilingnya juga elok dan akan membuat anda kerasan.

Alamat: Jl. Candi Umbul, Kartoharjo, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

4. Ketep Pass

Ketep Pass
Photo Credit: Affina Dyan Setyawati

Ketep Pass akan membuat anda nikmati megahnya Gunung Merapi dengan demikian elok. Gunung Merapi ini akan kelihatan demikian terang dari Ketep Pass. Pas buat anda yang ingin nikmati keelokannya tak perlu trackking. Pada tempat ini anda bisa juga mencoba banyak kegiatan menarik, dimulai dari Ketep Volcano Theater, Teleskop sampai Ketep Volcano Centre.

Alamat: Dusun Ketep, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 15.000
Google Maps: Cek Lokasi

5. Mangli Sky View

Mangli Sky View
Photo Credit: Udinese

Ada pada ketinggian sekitaran 1570 mdpl, anda dapat nikmati panorama cantik di atas ketinggian. Dari ketinggian ini seolah-olah anda sedang ada di atas awan. Panorama langit dan gunung yang bersatu di atas gunung ini akan membuat anda tersihir. Karena di atas sini anda dapat nikmati latar 9 gunung langsung.

Alamat: Dusun Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

6. Taman Dewari

Taman Dewari
Photo Credit: Noveri Tahalea

Belum juga senang memburu tempat photo di Magelang, taman Dewari harus masuk ke daftar. Taman ini mempunyai bermacam spot, dimulai dari Taman Kitiran yang terbagi dalam seribu kincir angin plastik warna warni. Anda bisa juga nikmati kebun bunga Matahari, perahu kertas, sampai rumah yang warna warni. Yakinkan anda mempersiapkan camera terbaik anda.

Alamat: Kradenan, Dusun Baturono, Kec. Salam, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

7. Alun-Alun Magelang

Alun-Alun Magelang
Photo Credit: Priyo Wahyu Setyanto

Sebagai icon Wisata, Alun-Alun Magelang tidak dapat anda terlewat. Anda dapat nikmati malam di alun alun ini dengan keluarga atau kawan-kawan. Disekitaran alun alun, anda sekaligus dapat kuliner. Karena benar ada banyak penjual makanan atau permainan anak di tempat taman kota ini. Dengan demikian berlibur anda akan berasa makin komplet.

Alamat: Jl Alun alun magelang, Kec. Magelang tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

8. Silancur Highland

Silancur Highland
Photo Credit: Maria Jenflower

Belum juga nikmati panorama dari ketinggian? Anda dapat jadikan Silancur Highland Magelang sebagai arah. Wisata di pucuk bukit ini tawarkan daya tarik panorama dari ketinggian dan taman bunga menarik. Anda akan disuguhi panorama kota yang paling cantik. Anda bisa juga kemping di teritori ini supaya lebih senang.

Alamat: Dusun Mangli, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

9. Punthuk Kendil

Punthuk Kendil
Photo Credit: M Yusuf

Punthuk Kendil sebagai spot yang terbaik untuk nikmati keelokan matahari terbenam. Karena langit kemerahan ini datang antara dua gunung yang demikian cantik. Beberapa gardu pandang menyengaja didatangkan untuk membikin pengunjung bebas nikmati panorama. Bahkan juga ada gardu pandang langsung menghadap ke matahari terbenam.

Alamat: Kamal, Giritengah, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

10. Gereja Ayam Bukit Rhema

Gereja Ayam Bukit Rhema
Photo Credit: Yunita Tantri

Nama Gereja Ayam ini makin dikenali saat tempat ini ada dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2. Bangunan tempat beribadah umat nasrani ini demikian unik dan benar-benar instagramable. Dan tempat wisata hits di Magelang ini dibuka untuk umum, hingga siapa saja dapat berkunjung tujuan satu ini.

Anda bukan hanya dapat kagum pada bangunan gereja ini, tapi bisa juga naiki sisi atap dari gereja ini. Di mana pucuk gereja ini mempunyai wujud yang unik dan jadi spot favorite untuk memburu photo elok. Karena masjidnya yang ukuran termasuk kecil, karena itu anda harus mengantre untuk dapat masuk ke tempat gereja.

Alamat: Karangrejo Gombong, Kembanglimus, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 25.000
Google Maps: Cek Lokasi

11. Taman Ramadanu

Taman Ramadanu
Photo Credit: Jin Kurniawan

Anda bisa juga mendapati taman dengan nuansa Belanda yang kental di Magelang. Tempat Wisata baru ini mempunyai bentangan bunga yang cantik dan banyak juga spot instagramable yang didatangkan. Tidaklah aneh bila tempat ini jadi demikian hits di kelompok pelancong. Tempat Wisata terkini ini benar-benar pas didatangi bersama orang khusus.

Alamat: Desa Danurojo, Jamuskauman, Kec. Ngluwar, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 8.000
Google Maps: Cek Lokasi

12. Svarga Bumi Borobudur

Svarga Bumi Borobudur
Photo Credit: Svargabumi Borobudur

Tempat hits yang jangan anda terlewat ialah Svarga Bumi Borobudur. Tempat satu ini sedang populer, dengan pemandangan persawahan yang asri. Udaranya yang sejuk dan mendatangkan banyak spot yang memikat, membuat demikian populer di sosial media. Spot photo yang berada di tempat Wisata ini anti mainstream.

Alamat: Jl. Borobudur Ngadiharjo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 25.000
Google Maps: Cek Lokasi

13. Nepal Van Java

Nepal Van Java
Photo Credit: Nepal Van Java

Tujuan yang jangan dilewati selanjutnya ialah Nepal Van Java. Ada di sekitaran ketinggian 1620, desa ini serupa dengan dusun di Pegunungan Himalaya Nepal. Berikut kenapa dinamai Nepal Van Java, dan lokasinya ada di kaki Gunung Sumbing. Jejeran rumah yang tersusun rapi dari terlalu jauh demikian menarik.

Alamat: Dusun Temanggung, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

Apa lagi bila dipertemukan dengan pemandangan bukit-bukit dan udara yang sejuk membuat siapa saja akan kagum. Panoramanya akan berkali lipat makin elok saat matahari keluar. Begitupun saat malam hari, anda dapat nikmati panorama langit yang demikian terang. dan tentu saja anda dapat memburu photo hits dengan spot di atas atap rumah masyarakat.

14. Bukit Grenden

Bukit Grenden
Photo Credit: Dan Dan

Bukit Grenden sendiri sebagai sisi dari lajur pendakian saat akan ke arah pucuk Gunung Merapi. Tempat ini perlahan-lahan demikian populer karena mendatangkan spot photo yang memikat. Di mana unggulannya ialah kehadiran rumah kurcaci yang dibuat dari bambu. Anda bisa juga nikmati keelokan sunrise sunset di Bukit Grenden yang hebat menarik.

Alamat: Dusun Kuwiden, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

15. Candi Mendut

Candi Mendut
Photo Credit: Budi Yanto

Menelusuri candi di Magelang memanglah belum akan usai, karena anda harus berkunjung Candi Mendut. Tempat wisata ini bagus sekali untuk didatangi saat akhir minggu. Anda bisa juga sekaligus hunting photo bila berkunjung di Wisata Candi Mendut. Ingat beragam pojok candi ini benar-benar pas untuk jadi object sasaran camera anda.

Candi ini mempunyai nilai riwayat yang demikian kental, ini dapat kelihatan dari makan kehidupan yang berada di relief dinding candi. Wisata satu ini selainnya pas untuk Wisata riwayat juga pas untuk pembelajaran dengan keluarga. Candi ini dikitari dengan bentangan rumput hijau yang menghampar. Dengan alam sekitaran yang hendak membuat anda kerasan habiskan waktu di sini.

Alamat: Jl. Mayor Kusen, Mendut, Kec. Mungkid, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

16. Candi Pawon

Candi Pawon
Photo Credit: Andi Dirga Putra

Candi Pawon dikenal juga sebagai candi Brajanalan yang disebut warisan agama Buddha. Lokasinya tidak jauh dari Candi Mendut, hingga anda dapat sekaligus berkunjung candi ini sesudahnya. Ukuran tidak terlampau besar, berbahan dasar batu dan mempunyai relief pada dindingnya. Wisata riwayat dan budaya ini sudah diperlengkapi sarana mencukupi.

Alamat: Jl. Candi Dusun, Dusun Sardonoharjo, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DI Yogyakarta.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

17. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang
Photo Credit: Deka Deswanto

Magelang dapat disebutkan mempunyai tempat Wisata yang komplet, selainnya bukit-bukit anda bisa juga mendapati air terjun yang memesona. Satu diantaranya ialah Air Terjun Kedung Kayang yang mengucur antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Panorama yang menarik dengan sekitarnya yang disanggupi tumbuhan hijau.

Alamat: Dusun Wonolelo kedung kayang, Kec. Sawangan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

18. Curug Silawe

Curug Silawe
Photo Credit: Tom York

Air terjun yang tidak kalah memesona setelah itu Curug Silawe. Curug ini mempunyai ketinggian sekitaran 60 mtr. sama air jernih dan beri kesegaran. Dihias dengan tebing tinggi kuat yang banyak bermacam tumbuhan hijau. Menambahkan situasinya semakin asri dan mempersejuk mata siapa saja yang mendatanginya. Apa lagi alam sekelilingnya masih terbangun.

Alamat: Dusun Sutopati, Kec. Kajoran, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 6.000
Google Maps: Cek Lokasi

19. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit
Photo Credit: Info Wisata & Promo

Situasi yang sejuk asri langsung akan menyongsong anda saat anda datang di Air terjun Sekar Langit. Air terjun satu ini konon jadi sisi dari legenda Jaka Tingkir. Di mana air terjun ini jadi lokasi mandinya beberapa bidadari. Lepas dari legenda itu, panorama yang disuguhi oleh Air terjun Sekar Langit akan membuat anda berdecak takjub.

Alamat: Dusun Tlogore, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

20. Air terjun Grenjengan Kembar

Air terjun Grenjengan Kembar
Photo Credit: Dedy Kurniawan

Diberi nama dengan Grenjengan Kembar, karena anda akan melihat dua saluran sekalian yang berdekatan. Air terjun ini mengambil sumber dari mata air Gunung Merbabu yang demikian jernih dan fresh. di bawah air terjun tercipta kolam alami yang dapat menjadi tempat untuk bermain air. Situasi alamnya yang tetap terlindungi jadi daya magnet tertentu.

Alamat: Dusun Munewarang, Kec. Pakis, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

21. Taman Kyai Abadi

Taman Kyai Abadi
Photo Credit: Destu83

Magelang tawarkan Wisata keluarga legendaris yang sampai masih demikian hits. Beragam sarana hebat dan banyak juga spot yang dapat anda telusuri. Lokasinya yang ada di pusat perkotaan benar-benar gampang untuk dicapai. Aktivitas berlibur ke Taman Kyai Abadi akan makin membahagiakan bila anda habiskan waktu bersama dengan beberapa orang tercinta.

Alamat: Jl. Cempaka, Kemirirejo, Kec. Magelang tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

22. Javanica Park

Javanica Park
Photo Credit: Mbah Dhipo

Tempat wisata satu ini termasuk baru di Magelang dan mendatangkan situasi ciri khas Pulau Bali. Ide bangunan yang serupa dengan rumah perdesaan di Bali jadi ciri-ciri uniknya. Pada tempat ini anda dapat senang memburu spot photo yang instagramable. Anda bisa juga berenang di kolam renang yang sudah diperlengkapi dengan pelampung burung flamingo.

Alamat: Jl Javanica, Dusun Sabrang, Kec. Muntilan, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

23. Sungai Elo

Sungai Elo
Photo Credit: Dondi Kadarsan

Untuk anda yang ingin mencoba aktivitas melawan, rafting bisa saja opsi. Di Magelang, kegiatan ini dapat dilaksanakan di Sungai Elo. Kegiatan arung jeram telusuri derasnya sungai ini jadi aktivitas yang membahagiakan. Apa lagi tujuan ini menganakemaskan pengunjung dengan alamnya yang tidak kalah cantik. Masalah keamanan anda tidak perlu cemas, karena telah terjaga.

Alamat: Jl. Sendangsono, Dusun Progowati, Kec. Mungkid, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Wisata: Mulai Rp 750.000
Google Maps: Cek Lokasi

24. Mata Langit

Mata Langit
Photo Credit: Ahmad Syaifulloh

Mata Langit jadi tujuan seterusnya yang perlu anda datangi. Wisata menarik ini benar-benar pas untuk nikmati panorama dari ketinggian. Di atas sini, anda dapat melihat kota Magelang dengan benar-benar terang. Disamping itu, sarana yang dijajakan juga komplet hingga anda bisa juga sekaligus kongkow atau kulineran sambil menanti matahari terbenam.

Alamat: Dusun Ngargogondo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 175.000
Google Maps: Cek Lokasi

25. Telaga Bleder

Telaga Bleder
Photo Credit: Discover Magelang

Belum juga usai, perjalanan anda di kota ini dapat anda teruskan dengan berkunjung Telaga Bleder. Telaga ini tercipta secara alami dan sumber airnya datang dari Gunung Andong. Pengunjung akan disuguhi pemandangan yang mempersejuk mata. Di saat tertentu anda dapat melihat festival dengan kegiatan bagus yang bermacam.

Alamat: Bleder, Dusun Ngasinan, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 7.000
Google Maps: Cek Lokasi

Demikian beberapa tempat Wisata hits di Magelang yang dapat anda datangi saat musim berlibur. Tawarkan Wisata yang termasuk komplet, anda akan senang menelusuri tiap pojok kota ini. Beberapa tempat salah satunya masih terbangun, hingga yakinkan anda jadi pengunjung yang arif dengan tidak buang sampah asal-asalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.