23 Tempat Wisata Modern dan Paling Hits di Pulau Lombok

23 Tempat Wisata Modern dan Paling Hits di Pulau Lombok

Di Pulau Lombok ada beberapa tempat wisata yang tidak kalah cantiknya untuk ditelusuri. Air terjun dan pantai yang berada di pulau ini selalu ramai didatangi walau bukan hari liburan. Keelokan alam yang dijajakan pulau ini sayang sekali untuk dilewati.

Untuk Anda yang ingin nikmati berlibur yang mengagumkan, Anda tidak pakai repot jauh ke luar negeri. Cukup tiba ke Lombok, Anda bisa nikmati berlibur berkualitas. Berikut referensi tempat rekreasi di Lombok yang dapat Anda tentukan.

1. Danau Biru

Photo Credit: Apek

Danau Biru ini sebagai tempat rekreasi yang trending di kelompok anak muda. Danau ini dikitari oleh pohon-pohonan di tengah-tengah rimba Sesaot yang memikat buat dieksplor. Sarana jalan ke arah danau ini mulai diperbarui karena ada toilet dan tempat beristirahat berbentuk berugak (Gazebo) yang dapat digunakan pengunjung.

Alamat: Karang Sidemen, Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 7.000
Google Maps: Cek Lokasi

2. Pantai Pink

Photo Credit: Tour Banyuwangi

Pantai Pink dijepit oleh dua bukit yang cantik. Saat musim penghujan bukit ini akan dipenuhi dengan rumput hijau yang menambahkan keelokan pantai ini. Pantai pink ini mempunyai ombak yang tenang karena itu benar-benar pas untuk tempat mandi dan berlibur keluarga.

Pasirnya yang memantulkan warna pink dari terlalu jauh sebagai daya magnet intinya. Pantai yang dikenal juga bernama Pantai Tangsi sering jadi opsi untuk berlibur untuk nikmati keelokan alam Lombok.

Alamat: Desa Sekaroh, kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

3. Air Terjun Mangkusakti

Photo Credit: Christianus Hutanijaya

Air terjun ini ada di tengah rimba dan di bawah kaki Gunung Rinjani. Air ini berasal langsung dari sumber aslinya yakni Danau Segara Anak. Keelokan terselinap dari Air Terjun ini selalu ramai didatangi pelancong asing karena keelokannya yang antimaintream.

Alamat: Bilok Petung, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

4. Gili Trawangan

Photo Credit: lombok pirates

Gili Trawangan yang bersisihan dengan Gili Meno ini adalah lokasi yang selalu didatangi oleh pelancong asing. Saat Anda bertandang Anda akan menyaksikan semakin banyak pelancong asing yang jalan dan penuhi jalan di Gili Trawangan. Di Gili Trawangan banyak pemondokan yang disiapkan untuk Anda. Disamping itu Anda dapat snorkeling dan diving disekitaran pantai dan bisa nikmati rekreasi bawah laut yang cantik.

Alamat: Gili Indah, Kec Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

5. Pantai Kuta Mandalika

Photo Credit: Firadhyirvan

Di pantai eksotik ini Anda akan mendapati bermacam sarana rekreasi, seperti tempat parkir yang lega, toilet, pasar dan warung kulineran yang bejejeran tawarkan makanan ciri khas Lombok. Di tebing batu dekat pantai ini ada tulisan raksasa tertulis Kuta Mandalika dan di waktu malam akan berkilau dengan warna lampu yang warna warni. Tempat ini jadi favorite anak muda untuk berpose.

Alamat: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek okasi

6. Bukit Merese

Photo Credit: Tips Karyawan Bintang

Bukit ini memberi panorama yang memesona. Bukit Merese bukan hanya jadi tempat berpose kaula muda, tetapi di bukit ini banyak juga dikunjungi aktris untuk tembakan film. Di tengah-tengah bukit ini ada satu pohon unik sebagai daya magnet tempat ini. Bukit cantik ini dikitari pantai di semua arahnya. Hingga dari arah mana saja Anda akan ambil photo, karena itu anda akan memperoleh latar belakang laut yang cantik.

Alamat: Kuta Lombok, Kec. Pujut, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

7. Air Terjun Benang Kelambu

Photo Credit: Syauqi Akib

Diberi nama Air Terjun Benang Kelambu karena air yang mengucur ke bawah ini membuat gorden yang seperti kelambu. Air terjun ini tutupi beberapa tebing batu yang ada berada di sekitaran tempat ini. Di lokasi ini ada dua air terjun yang bisa Anda cicipi sekalian. Disamping itu ada kolam di bawah air terjun ini. Di lokasi ini juga disiapkan banyak sarana berbentuk tempat basuh, toilet, dan spot photo.

Alamat: Aik Berik, Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

8. Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Photo Credit: Norrahman Norrahman

Taman Rekreasi Gunung Tunak ada di ujung rimba dan antara bukit-bukit. Di ujung bukit ini ada sebuat tower tinggi yang selalu penuh pengunjung. Ada pantai dengan ombak yang keras dan tinggi di bawah bukit ini.

Di bukit ini dijadikan tempat riset oleh beberapa periset dan dosen dari beberapa universitas di Lombok. Rimba Gunung Tunak mempunyai beragam-ragam flora dan fauna.

Alamat: Mertak, Kec. Pujut, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

9. Pemandian Sesaot

Photo Credit: Lomboknesia

Pemandian alami yang sumber airnya datang dari alam ini sebagai pemandian yang selalu penuh oleh pengunjung diakhir minggu. Saluran airnya datang dari sumber air di Gunung Rinjani. Pemandian ini benar-benar pas untuk berlibur bersama anak-anak dan keluarga. Kesan air alaminya benar-benar beri kesegaran dan dingin, ditambahkan keelokan alam sekitaran yang mempesona.

Alamat: Sesaot, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

10. Gili Air

Photo Credit: Philipp K.

Gili Air tidak sepopuler Gili Trawangan. Gili Air banyak memiliki sarana komplet dengan keelokan yang tidak kalah dari daya tarik Gili yang lain. Perbedaannya dengan Gili yang lain Gili Air ini mempunyai pengunjung semakin sedikit hingga semakin tenang dan sunyi untuk Anda pencinta keheningan. Anda dapat snorkeling dengan panorama bawah laut yang menarik.

Alamat: Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

11. Kebun Strobery Sembalun

Photo Credit: Lianto Fahmi Nasution

Di Sembalun Anda akan mendapati banyak petani strobery yang buka lahannya untuk pengunjung. Anda bisa menuai sendiri buah strobery di sini dan dapat mengkonsumsinya sepuasnya. Sesudah usai menuai buah yang Anda petik akan diukur dan akan diberi biaya pada harga dapat dijangkau. Selainnya menuai strobery sendiri, di Sembalun sediakan banyak spot photo yang tidak jauh dari lokasi ini.

Alamat: Sembalun Lawangz, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

12. Kebun Apel Sembalun

Photo Credit: Resil Sembalun guide

Kebun Apel ini ada tidak jauh dari kebun stoberi. Saat berbuah, kebun ini selalu penuh pengunjung. Anda akan diberi biaya masuk sekitaran Rp 25.000 per-orang. Anda bisa nikmati Apel sepuasnya dalam kebun tetapi jangan bawa pulang apel. Bila Anda ingin bawa pulang Anda dapat menuai sendiri dan Anda kan diberi harga perkilo untuk apel yang diambil.

Alamat: Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 25.000
Google Maps: Cek Lokasi

13. Air Terjun Sendang Gile

Photo Credit: Adrian Hartanto Lokaria

Air terjun bertingkat ini ada Kabupaten Lombok Utara. Untuk sampai ke air terjun yang cantik ini Anda harus melalui rimba dan sungai. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitaran 20 mtr. dan ketinggian 5 mtr. untuk air terjun pertama kalinya. Karena keelokannya yang menarik hati Air Terjun Sedang Gile ini, walau harus telusuri jalan yang terjal banyak pelancong yang mendatanginya.

Alamat: Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara. Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

14. Air Terjun Tiu Kelep

Photo Credit: INDONESIAinLOVE

Air Terjun ini ialah Air Terjun paling populer di Lombok. Bukan hanya kece, tetapi Tiu Kelep ini memberi keelokan yang mengagumkan untuk orang yang berkunjung. Air terjun ini datang dari Danau Segara Anak Gunung Rinjani. Untuk sampai ke Air terjun ini Anda harus telusuri jalan dengan anak tangga yang terjal dan tinggi. Anda harus waspada bila tiba saat musim penghujan.

Alamat: Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara. Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

15. Bukit Savana

Photo Credit: Pelangi Jingga

Di atas pucuk bukit ini Anda akan diberi situasi lokasi seperti padang savana yang luas dan memesona. Selainnya nikmati cantiknya bukit dan membuat tenda, Anda bisa juga nikmati sunset yang cantik pada ketinggian bukit ini. Disamping itu, di waktu malam hari anda dapat nikmati cantiknya sinar bintang dan sinar lampu warga sembalun yang mengagumkan dari tempat ini.

Alamat: Bebidas, Kec. Wanasaba, Kab. Lombok. Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 15.000
Google Maps: Cek Lokasi

16. Air Terjun Tiu Pupus

Photo Credit: Thony TE

Air Terjun dengan ketinggian 50 mtr. ini mempunyai kolam di bawahnya dengan kedalaman lebih kurang 4 mtr.. Ada sarana berbentuk warung tempat minum dan makan. Air yang mengucur jatuh ke bawah melalui akar-akar pohon-pohonan yang ada di tebing air terjun ini. Karena sedikit di kunjungi pelancong Air Terjun Tiu Pupus masih terawat kecantikannya.

Alamat: Genggelang, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara. Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

17. Desa Wisata Sade

Photo Credit: angtekkhun

Dusun rekreasi ini sebagai Dusun yang sediakan beragam jenis oleh-olehan ciri khas Sasak. Di Dusun ini warga masih tinggal dalam suatu rumah yang beratap jerami yang disebut rumah tradisionil Sasak. Rumah ini diberi nama Bale, di mana bale ini dipisah jadi tiga kelas. Di dusun rekreasi ini sediakan beberapa oleh-olehan dan kain tenun sasak langsung di tenun oleh tetua-tetua di dusun ini.

Alamat: Desa Rembitan, kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah. Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

18. Gunung Rinjani

Photo Credit: ?

Gunung ini sebagai tempat terkenal untuk pendaki. Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini jadi pemandangan yang paling populer di Lombok. Di gunung ini ada Danau Segara Anak yang disebut sumber air minum untuk warga Lombok.

Selainnya untuk sumber mata air Danau Segara Anak Rinjani mempunyai sumber ikan yang tidak ada selesainya. Tiap pendaki selalu memancing dan kemping pada tempat ini bila tidak mau meneruskan sampai ke pucuk Rinjani.

Alamat: Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

19. Pantai Tanjung An

Photo Credit: Anindya Khansa

Pantai Tanjung An berdekatan dengan Bukit Merese. Dalam 1x parkir, Anda segera dapat berkunjung Bukit Merese dan Pantai Tanjung An. Pantai ini memberi panorama air laut yang bersih dan jernih.

Selainnya mandi, Anda dapat berkeliling-keliling pantai dengan sewa perahu nelayan yang ada disekitaran pantai. Ada toilet, tempat parkir yang lega dan tempat sholat untuk memberikan dukungan keperluan pengunjung.

Alamat: Desa Pengembur, Sengkol, Kec. Pujut, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

20. Lombok Wild Life Park

Photo Credit: dot exe

Kebun binatang di pulau Lombok ini ramai jadi perhatian sejak dibukanya sekian tahun kemarin. Lokasi dengan luas 4 hektar ini simpan lebih kurang 60 tipe hewan-hewan sangat jarang. Terhitung monyet, badak, gajah dan bermacam-macam burung dan ular. Di kebun binatang ini Anda segera dapat berhubungan langsung dengan hewan-hewan yang berada di dalam kebun binatang ini. Tentu saja akan ditolong oleh guide yang berada di lokasi.

Alamat: Sigar Penjalin, Kec. Tanjung, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 100.000
Google Maps: Cek Lokasi

21. Taman Narmada

Photo Credit: Indah Alami

Taman Narmada ini benar-benar populer di kelompok beberapa anak muda di Lombok. Taman elok dengan luas 3 hektar ini konon ialah taman seorang raja. Di taman ini ada kolam yang telah ada sejak jaman kerajaan dulu. Di taman ini ada juga sebuah pura yang ada air suci. Di mana pura ini sebagai pura yang menyengaja dibikin untuk ritus raja yang telah sepuh.

Alamat: Desa Lembuak, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 4.000
Google Maps: Cek Lokasi

22. Air Terjun Tiu Teja

Photo Credit: Good News From Indonesia

Air terjun kembar bersebelahan ini ialah Air Terjun Tiu Teja dan Tiu Skeper. Diberi nama oleh masyarakat karena mempunyai dua saluran air terjun yang jatuh di atas tebing. Menurut sebagian orang Air Terjun Tiu Teja ini sebagai air terjun paling tinggi di Lombok.

Teja memiliki arti pelangi. Anda bisa melihat pelangi dari bias air terjun yang jatuh dan terserang cahaya matahari. Air terjun ini benar-benar beri kesegaran dan jernih.

Alamat: Jl. Santong, Kec. Kayangan, Kab. Lombok Utara. Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 3.000
Google Maps: Cek Lokasi

23. Taman Nasional Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung Rinjani
Info Pulau Lombok

Taman Nasional Gunung Rinjani yang ada di Jeruk Manis, Lombok Timur ini selalu jadi tujuan khusus berlibur diakhir minggu. Taman Nasional ini ada di bawah kaki gunung Rinjani. Selainnya sebagai tempat rekreasi, tempat ini jadi pusat riset beragam tipe tanaman dan hewan.

Taman Nasional ini sediakan tempat camping yang luas untuk mahasiswa yang lakukan riset saat malam hari. Di ujung jalan setapak yang dibikin Anda akan mendapati sebuah air terjun yang tinggi dengan airnya yang paling dingin.

Alamat: Kembang Kuning, Kec. Sikur, Kab.n Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Harga Tiket Masuk: Rp 2.500
Google Maps: Cek Lokasi

Itu beberapa tempat rekreasi dengan sejuta keelokan di pulau Lombok yang memikat Anda telusuri. Tiap tempat wisata mempunyai kekhasan dan kemewahan alam yang menarik untuk pelancong.

1 thought on “23 Tempat Wisata Modern dan Paling Hits di Pulau Lombok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.