17 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo Terkini dan Paling Hits Didatangi

17 Tempat Wisata Favorite di Gorontalo Terkini dan Paling Hits Didatangi

Gorontalo menjadi satu diantara pusat peradaban Islam beberapa era lalu, ingat pada derah ini sempat berdiri kerajaan Islam paling tua yang berada di Nusantara tidaklah heran. Bila tempat ini di juluki Serambi Madinah, ingat tempat ini mempunyai peran dan narasi tertentu berkenaan penebaran agama Islam saat itu. Namun Gorontalo simpan beragam jenis tempat rekreasi yang memikat buat Anda datangi di bawah ini.

1. Taman Laut Olele

Taman Laut Olele
Photo Credit: RR

Satu kembali keelokan laut yang dipunyai oleh kota Gorontalo ialah taman laut olele yang bisa Anda datangi. Sedikit info jika pada tempat ini sebagai surga bawah laut khususnya untuk Anda yang menyenangi olah raga diving. Hal ini didukung dengan keadaan pasir putih dan pemadangan inda pada sekitaran pantai tempat Anda menyelam.

Sangat menarik ialah pada tempa ini ada banyak karang epidemik yang cuman berada di tempat ini. Tidak stop pada hanya itu pada tempat ini ada banyak tempat makan atau kulineran yang menyeajikan. Bermacam olahan sea food yang dapat Anda cicipi bersama keuarga dengan memakai bumbu atau rempah-rempah wilayah yang unik.

Alamat: Poduoma, Suwawa Timur, Olele, Bone Bolango, Kab. Bone Bolango, Gorontalo.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

2. Masjid Walima Emas

Masjid Walima Emas
Photo Credit: Sandy Jp

Salah satunya lokasi yang harus Anda datangi saat sedang ada di kota ini ialah Masjid Perhelatan. Saat datang di kota ini dan ingin melakukan kewajiban agama ada baik ke arah tempat ini. Karena selainnya menggugurkan kewajiban Anda akan merasakan panorama cantik alam sekitaran Mushola itu.

Ingat lokasi berdirinya Masjid ini ada di atas bukit dengan tentu saja hal itu otomatis. Dan situasi spiritual sangat terasa kental pada tempat ini sekurang-kurangnya hal itu bisa menolong kurangi beban psikis Anda. Tenang jauh dari keramaian yang membuat suasa syahdu yang tidak Anda peroleh di semua tempat.

Alamat: Bongo, Batudaa Pantai, Gorontalo.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

3. Desa Adat

Desa Adat
Photo Credit: Indonesia Kaya

Situasi perdesaan ini masih bertahan dan belum terlihat peralihan yang demikian memiliki arti walau dapat di ucapkan sekarang ini sebagai zaman tehnologi. Tapi tidak ada peralihan dalam sisi buadaya dan adat istiadat. Jaga adat tentu saja sebagai poin penting untuk dijaga oleh beberapa angkatan penerusnya.

Tempat ini sebagai dusun tradisi yang sampai sekarang masih tetap ada dan masih tetap lestari. Ide dari Dusun Tradisi ini selainnya masih memiliki sifat tradisi yang lumayan kuat tempat ini dikenal juga menggenggam tegar tuntunan Islam. Ini bisa Anda saksikan dan jumpai masih tetap ada dan beberapa ponpes kuno yang tetap berdiri.

Alamat: Kota Gorontalo, Gorontalo.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

4. Air Terjun Ayuhulalo

Air Terjun Ayuhulalo
Photo Credit: GridKids

Pantai ini tidak kalah cantik dengan beberapa pantai yang lain. Mempunyai karakter ombak yang cukup tenang dan terumbu karang yang terurus secara baik membuat pantai ini menjadi satu diantara spot diving. Dan ada yang unik dari bentuk pantai ini karena mempunyai daratan pada air yang agak miring sampai 20 mtr. ke laut.

Sesudah tempat agak miring itu kedalaman dari tempat ini akan ganti mencolok dengan kedalaman 3 mtr. . Maka istilahnya dari kedalaman sedang langsung loncat ke kedalaman yang cukup dalam. Dengan keadaan ini Anda bisa manfaatkan hal itu degnan bermain air di tepian pantai.

Alamat: Tilamuta, Kab. Boalemo, Gorontalo.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

5. Danau Limboto

Danau Limboto
Photo Credit: ?

Di sini Anda dapat nikmati kulineran berbahan ikan epidemik yang cuman hidup di Danau Limboto. Saat Anda jemu Anda dapat sewa perahu untuk lakukan aktivitas memancing. Sambil nikmati keelokan dahan terluas di Sulawesi ini.

Mata pencarian warga disekitaran danau itu ialah cari ikan air tawar yang ada pada danau ini. Nanti pada tempat ini dapat juga mencicip bermacam kulineran yang dibuat dari ikan hasil tangkapan danau.

Alamat: Kec. Limboto, Kab. Gorontalo, Gorontalo.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

6. Benteng Otanaha

Benteng Otanaha
Photo Credit: Arif S S

Salah satunya warisan riwayat sebagai saksi bisu riwayat di Indonesia saat itu ialah Benteng Otanaha. Sebagai benteng pertahanan yang menyengaja dibuat bisa memantau sekitaran sampai semua mata angin. Benteng ini didesain tinggi agar bisa bertahan dari gempuran lawan saat itu.

Hingga sekarang saat sekian tahun Indonesia sudah merdeka benteng itu sudah berpindah peranan jadi tempat rekreasi. Benteng ini tawarkan panorama cantik yang ada di sekitarnya. Lokasi yang cantik dan menawah tentu saja membuat Anda kerasan untuk menentramkan pemikiran pada tempat ini.

Alamat: Jl. Usman Isa No.kelurahan, Dembe I, Kota Barat, Kota Gorontalo, Gorontalo.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

7. Pemandian Air Panas Lombongo

Pemandian Air Panas Lombongo
Photo Credit: Muhammad abdul Gani

Sumber air panas ini sebagai sumber alami yang dari panas bumi, tentu saja memilki kandungan tertentu yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Khususnya penyakit kulit bandel Anda, disamping itu pada tempat Anda pasti kerasan ingat. Di sekitar tempat ini mempunyai pemandang alam yang cantik.

Sesudah capek habiskan waktu perjalan ke arah Gorontalo ada baik Anda untuk ke arah ke arah tempat ini. Yakni Pemandian Air Panas Lombongo yang yang memiliki jarak 17 km dari pusat perkotaan. Di sini Anda dapat habiskan waktu bermalasan beberapa waktu untuk melepaskan capek dan menyantaikan badan yang capek.

Alamat: Lombongo, Kec. Suwawa Tengah, Kab. Bone Bolango, Gorontalo.
Harga Tiket Masuk: RpĀ 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

8. Pulau Saronde

Pulau Saronde
Photo Credit: Saronde Island Resort

Bentangan karang yang terurus dan masih asri membuat mata Anda akan di majakan dengan ikan kecil yang bermain antara karang. Tidak komplet rasanya menusukati keelokan tempat itu tanpa didampingi dengan kudapan. Tidak boleh cemas pada tempat ini telah ada banyak warung yang khusus menyuguhkan makan ciri khas untuk Anda.

Buka ulasan berkenaan bermacam rekreasi yang ada pada kota Gorontalo akan di mulai dengan suatu hal yang cantik. Untuk awalnya akan dibuka dengan Pulau Saronde yang disebut pulau cantik yang mempunyai bentangan pasir putih cantik setiap seginya. Selainnya keelokan dataran yang dipunyai oleh pulau ini Anda dapat nikmati keelokan bawah airnya.

Alamat: Kec. Ponelo Kepulauan, Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

9. Bukit Layang

Bukit Layang
Photo Credit: Blackpacker Trip

Tempat ini benar-benar di anjurkan untuk Anda datangi khususnya saat Anda ingi nikmati keinahan kota Gorontalo. Saat malam hari, dengan kemerlapan lampu dari jarak jauh yang kelihatan dari pucuk bukit. Membuat Anda nyaman dan kerasan ada di tempat ini, nanti saat mengunungi tempat ini. Upayakan bawa peralatan makanan dan tenda untuk kemping menikati panorama alam sekitaran. Tentu saja arah kemping pada tempat ini selainnya nikmati situasi malam hari Anda dapat nikmati keelokan saat matahari keluar.

Alamat: Kel. Siendeng, Kec. Hulonthalangi, Kota Gorontalo, Gorontalo.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

10. Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Air Terjun Hiyaliyo Da'a
Photo Credit: Pesona Gorontalo

Untuk ke arah tujuan alam ini perlu lewat perjalanan yang panjang. Selanjutnya melalui rimba lindung yang natural serta asri. Bila pergi dari pusat perkotaan, Anda harus tempuh perjalanan sekitaran 160 km. Kurang lebih 4-5 jam memakai trasnportasi darat, baru sampai di Kabupaten Gorontalo Utara. Lantas meneruskan petualang ke lokasi curug sekitaran 125 km.

Benar-benar sayang jika Anda bertandang ke Gorontalo tetapi belum memijakkan kaki di sini. Air terjunnya diselimuti bukit-bukit hijau dengan rimba yang termasuk masih perawan. Wujud curugnya cukup unik disertai dengan pemandangan alam yang menarik. Anda akan menemui air terjun dengan tebing berundak, dan batu-batuan yang menganakemaskan mata.

Alamat: Jl. Desa Didingga, Kec. Biawu, Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

11. Pulau Diyonumo

Pulau Diyonumo
Photo Credit: Dheny Hadi Sundoro

Umumnya mereka yang mengujungi tempat ini mempunyai arah untuk memancing dan kemping pada tempat ini. Pulau cantik ini tidak memiliki penghuni yah teman, jadi buang jauh untuk mencicip kulineran pada tempat ini.

Siapan peralatan baik perlengkapan atau logistik berbentuk makan saat Anda merencanakan berkunjung tempat ini. Dan masih tetap waspada pada keadaan yang ada, ingat tempat ini memiiki rimba pantai. Tentu saja dengan beberapa hewan liar yang berada di dalamnya.

Alamat: Deme II, Sumalata, Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

12. Pulo Cinta

Pulo Cinta
Photo Credit: Travel

Seperti namanya tempat ini mempunyai panorama yang romantis dan didukung dengan pasir putih dan keadaan alam yang memikat. Tempat ini sudah berkemabang sebegitu rupa sampai jadi tempat rekreasi yang cantik dan menarik. Pada tempat ini ada resor yang dapat Anda pakai untuk bermalam dan makin nikmati tempat yang ini. Selainnya pemadangan yang cantik Anda segera dapat nikmati beberapa hidangan kulineran yang disediakan pada tempat ini. Kebayang bukan saat bangung pagi langsung memandang cantiknya pantai.

Alamat: Patoameme, Botumoito, Kab. Boalemo, Gorontalo.
Harga Tiket Masuk: Rp 3.000
Google Maps: Cek Lokasi

13. Air Terjun Tenilo

Air Terjun Tenilo
Photo Credit: Piknik Yuk

Jarang-jarang ada pelancong yang bertandang ke Air Terjun Tenilo, walau sebenarnya daya tarik alamnya tidak kalah hebat. Tetapi sekalipun liburan di tujuan alam ini Anda ditanggung kerasan dan ingin lama-lama. Sayang kekuatan itu belum juga sentuh warga luar.

Walau ekosistemnya mulai lebih buruk tetapi kecantikan air terjun tetap sama. Anda akan menemui curug yang mempunyai ketinggian sekitaran 25 mtr.. Panorama sekelilingnya benar-benar cantik disokong udara sejuk, dan situasi alam yang nyaman untuk melepaskan capek. Di sekitar bebatuan ada bebatuan yang bersusun hingga air terjun kelihatan gagah.

Debet air yang condong rendah membuat Anda tidak perlu khawatir saat berenang di kolamnya. Beberapa gazebo yang ada disekitaran air terjun dapat Anda pakai untuk istirahat sesaat. Gabungan pohon-pohonan rimbun dan batu-batuan berundak bisa menjadi latar belakang photo yang instagramable.

Alamat: Jl. Desa Tenilo, Kec. Dulupi, Kab. Boalemo, Gorontalo.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

14. Pantai Botubarani

Pantai Botubarani
Photo Credit: Info Pariwara

Ingat pantai ini sebagai tempat pelabuhan salah satunya hewan eksotik bawah laut yakni Hiu Paus. Hewan ini kerap tiba untuk cari makan pada tempat ini pada musim kemarau. Nanti Anda akan memakai perahu yang sudah disediakan oleh warga sekitaran untuk nikmati keelokan bawah laut. Upayakan untuk bawa roti dan camilan untuk memberikan makan paus itu, ingat tidak boleh buang sampah di laut.

Alamat: Kec. Kabila Bone, Kab. Bone Bolango, Gorontalo.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

15. Bukit Cinta

Bukit Cinta
Photo Credit: Ririn Suryanto

Ada tidak jauh dari lokasi Pantai Botibarani membuat Anda bisa menyaksikan birunya laut dari pucuk bukit. Angin semilir yang dan panorama yang menarik membuat Anda bisa sedikit lupakan beban setiap hari.

Lokasi ini sebagai salah satunya lokasi yang benar-benar di gandrungi oleh muda-mudi kota Gorontalo. Karena panorama dan keelokan tempat ini telah banyak diterima . Maka singgah ke arah tempat ini yah teman bila kalian bertandang di kota Gorontalo.

Alamat: Botutonuo, Kabila Bone, Kab. Bone Bolango, Gorontalo.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

16. Desa Torosiaje

Desa Torosiaje
Photo Credit: Explore Gorontalo Ke-Ce

Desa tradisionil ini punya Suku Bajo yang sampai sekarang ini masih terurus dan terbangun orisinalitasnya. Anda bisa berkunjung tempat ini untuk menyaksikan dan memperlajari budaya lokal yang berada di tempat ini. Tahukah Anda jika status dusun ini sebagai dusun terapung yang di bawahnya langsung bersinggungan sama air laut. Unik bukan dusun tradisi yang ini, hal itu terkait dengan rutinitas warga suku itu.

Alamat: Popayato, Kab. Pohuwato, Gorontalo.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Namun keelokan dari tempat ini tidak dapat kira sepele dan benar-benar di menyayangkan saat Anda berkunjung kota ini. Tidak sediakan waktu untuk nikmati keelokan alam yang berada di pantai ini. Lokasi yang masih bersih dan alami benar-benar pas untuk Anda pakai liburan besama keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.