23 Tempat Wisata di Bulukumba Terbaru & Terhits Dikunjungi

23 Tempat Wisata di Bulukumba Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bulukumba terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten Bulukumba terkenal akan pantainya yang sangat banyak. Bahkan selain pantai beberapa destinasi selalu hits dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Umumnya, orang hanya mengenal pantai berpasir putih di Bulukumba, padahal terdapat beberapa objek wisata lain yang tak kalah menariknya. Mulai dari wisata alam, cagar budaya, peninggalan sejarah, wisata bernuansa romantis, area bermain anak hingga spot foto hits kekinian yang instagramable. Inilah dia destinasi wisata di kabupaten dengan julukan Butta Panrita Lopi ini.

1. Pantai Tanjung Bira

Photo Credit: Google Maps Bagas Mahadika

Wisata pertama yang perlu Anda kunjungi jika berada di Bulukumba adalah Pantai Tanjung Bira, dikenal termasuk pantai yang sangat bersih, rapi, air lautnya yang jernih, dan anda juga dapat melihat deretan batu karang yang eksotis, belum lagi keindahan bawah lautnya. Pesona pantai ini sangat terkenal hingga ke berbagai Negara dan selalu menjadi tujuan turis mancanegara.

Para wisatawan biasanya menghabiskan waktu untuk berenang, dan dapat juga menikmati aktivitas seperti berjemur, snorkeling, diving, dan yang pasti menikmati indahnya matahari terbenam. Wisata pantai ini juga menyediakan berbagai fasilitas speedboat jika wisatawan ingin berkeliling pantai atau berkunjung ke beberapa pulau yang ada di sekitar pantai Tanjung Bira.

Alamat: Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps:Cek Lokasi

2. Pembuatan Kapal Pinisi

Photo Credit: Google Maps agus kuncara

Objek wisata selanjutnya adalah wisata pembuatan kapal yang ada di kabupaten ini. Bulukumba  sendiri memiliki julukan Butta Panritta Lopi yang artinya Bumi para ahli pembuat perahu Pinisi. Ketika anda berkunjung disini anda dapat melihat secara lansung kepiawaian masyarakat Bulukumba dalam membuat kapal Pinisi tradisional.

Anda juga dapat berfoto dengan background Kapal Pinisi yang membuat foto Anda menjadi unik, karena Anda juga dapat memanfaatkan pemandangan sekitar. Dan sangat cocok bagi wisatawan yang gemar akan budaya dan fotografi.

Alamat: Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps:Cek Lokasi

3. Bukit Donggia

Photo Credit: Google Maps firdan fahmi

Puncak Donggia yang memiliki ketinggian 5.250 kaki di atas permukaan laut yang menyajikan pemandangan alam yang indah dan sungai yang menjadi perbatasan wilayah Kabupaten Bulukumba dengan Kabupaten Sinjai. Komposisi keindahan bukit dan gunung ini yang sangat memuaku sehingga banyak orang menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk camping dan berswafoto. Daya tarik utama dari Puncak Donggia adalah terdapat beberapa mata air jernih dan sebuah danau diatas bukit yang sangat luas, dan lebih hebatnya lagi airnya tidak pernah kering walau kemarau. Fasilitas yang tersedia di sekitarnya juga cukup memadai seperti tersediaya toilet umum, tempat makan dan toko oleh-oleh dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Alamat: Desa Kahayya, Kec. Kindang, Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000.
Google Maps:Cek Lokasi

4. Kawasan Adat Ammatoa Kajang

Photo Credit: Google Maps Zulfaidah Khaulah

Keindahan alamnya bukanlah satu-satunya hal yang menarik di Bulukumba, Salah satunya adalah Kawasan Wisata Adat Ammatoa Kajang. Banyak hal menarik yang membuat para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berbondong-bondong datang ke daerah adat ini. Adat dan budaya di daerah ini masih sangat kental.

Bagi para wisatawan yang tertarik dengan hal mistis atau berwisata bertemakan budaya ke kawasan ini pasti akan menjadi pengalaman tidak terlupa. Kawasan Adat ini masih menjalankan berbagai ritual kepercayaan para nenek moyang serta dikenal berdampingan erat dengan hal-hal berbau sihir dan anda dapat melihatnya secara langsung jika anda berkunjung pada saat hari-hari besar Amma Toa. Bahkan peraturan adat dan pemilihan Ammatoa disini berkaitan dengan hal mistis dan untuk masuk kedaerah ini para wisatawan di haruskan memakai pakaian gelap.

Alamat: Tanah Toa, Kec. Kajang, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000.
Google Maps:Cek Lokasi

5. Perkebunan Karet Lonsum

Biasanya Hutan pinus kerap dijadikan tempat wisata alam untuk berfoto. Tapi Kali ini berbeda, pepohonan tanaman karet  juga memiliki pesona yang tak kalah indah. Bulukumba sendiri Terkenal sebagai salah satu kabupaten penghasil karet itu dapat dilihat berbagi Kecamatan yang ada di bulukumba.

Perkebunan Karet Lonsum walaupun fungsinya bukan untuk kawasan wisata, namun tidak sedikit yang mengabadikan momen dengan berfoto bahkan menjadi tujuan utama saat berwisata. Para wisatawan bebas berfoto di sekitar perkebunan karet tanpa dipungut biaya sepeserpun. Selain itu kita dapat menikmati keindahan pohon karet yang berbaris rapih dan jalanan di tengah-tengah hutan karet menambah kesan tersendiri, kemudian banyak juga dijumpai bangunan peninggalan sejak jaman penjajahan Belanda. Bangunan budaya tersebut kini di jadikan para petinggi Lonsum dan  itu bisa ditandai dengan area taman yang sangat luas.

Alamat: Tibona, Kec. Bulukumpa, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

6. Pemandian Hila-Hila

Photo Credit: Celebes.co

Pemandian Hila-Hila adalah salah satu tempat wisata unik, dikarenakan wisata ini bukan hanya menjadi objek wisata melainkan keagamaan. pemandian yang berada di dekat laut ini, semakin ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena terletak di dekat makam Dato Tiro yang dikenal sebagai penyiar Agama Islam di sulawesi selatan. Dan para masyarakat sekitar meyakini permandian ini mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Tidak sedikit juga dari wisatawan menikmati dengan berenang atau sekedar bersantai dan berfoto. Destinasi wisata ini dihiasi dengan pepohonan kelapa yang rindang dan beberapa sumber air yang tidak pernah kering walaupun kemarau panjang. Lokasinyapun berdekatan dengan pantai yanga menambah daya tarik tersendri untuk kunjungan wisata satu ini.

Alamat: Kec. Bontotiro, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: -.
Google Maps:Cek Lokasi

7. Tebing Panaikang Birayya

Photo Credit: Google Maps Dedy Wahyu Syahputra

Tebing Panaikang Birayya ialah salah satu Objek Wisata tebing dengan hamparan laut yang jerni. Terdapat juga objek wisata lain seperti jembatan dan pemandangan laut lepas. Jembatan ini menjadi daya tarik wisatawan untuk bersantai, berfoto dan untuk para pecinta cliff jumping wisata ini sangat cocok.

Daya tarik lainnya merupakan sebuah objek Sepeda dengan latar belakang lautan dan tebing yang indah. Selain itu, ada spot tanaman yang dibentuk love dan taman bunga yang dilengkapi dengan gasebo untuk bersantai di sekitarannya. Anda juga dapat bersantai sejenak dengan menikmati air laut yang segar saat berenang dan melihat pemandangan bawah laut yang tidak kalah menariknya.

Alamat: Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps:Cek Lokasi

8. Pantai Mandala Ria

Photo Credit: Google Maps Cahaya Pamungkas

Pantai Mandala Ria objek wisata yang tidak boleh anda lewatkan saat berada di Bulukumba, Pasalnya pantai ini telah menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tahun 2017. Pantai yang memiliki panorama alami dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih ini sangat memanjakan para wisatawan dan salah satu tempat pembuatan kapal Pinishi di Sulawesi Selatan.

Pantai Mandala Ria terletak di pesisir Teluk Bone, Pantai ini juga menghadirkan berbagai terumbu karang dan spesies ikan yang tampak sangat cantik, Bahkan wisata ini juga menyimpan sejarah tentang Panglima Mandala yang memesan 24 kapal untuk menghadapi penjajah. Pantai yang satu ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat bersantai dan berlibur bersama keluarga dikarenakan fasilitas cukup memadai.

Alamat: Lembanna, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000.
Google Maps:Cek Lokasi

9. Gua Passohara

Photo Credit: Bulukumbakab.go.id

Bagi Anda yang senang berpetualang, tempat ini bisa menjadi destinasi favorit yang seru. Di Gua Passohara ini Anda dapat melihat keindahan gua yang di dalamnya terdapat pemandangan sumber mata air yang sudah ada sejak beberapa adat yang lalu yang Membuatnya memiliki daya tarik tersendiri yang sangat memukau.

Sebelum Anda mengunjungi Gua Passohara, Medan perjalanannya terjal dengan dipenuhi bebatuan licin diperkirakan sedalam 30 meter. membuat lokasi ini lumayan sulit untuk dijangkau. Objek wisata ini cukup minim untuk urusan pencahayaan, jadi jangan lupa membawa senter saat ke sini, namun letih Anda akan terbayarkan oleh pesona Gua Passohara yang sangat mengagumkan.

Alamat: Ara, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 8.000.
Google Maps:Cek Lokasi

10. Taman Cekkeng

Photo Credit: Google Maps Suprianto Intra

Taman Cekkeng dapat Anda kunjungi bersama keluarga ketika ingin berpiknik Anda juga dapat bermain maupun berolahraga di tempat ini dengan pemandangan yang juga cantik. selain berpiknik dan berolahraga Anda juga dapat menikmati suasana laut yang ada disekitar wisata ini dan taman bermain untuk anak-anak. Membuat pengalaman liburan anda di kabupaten ini tidak rugi dan tidak terlupakan.

Taman Cekkeng terletak di kota bulukumba dan menjadi tempat favorit untuk bersantai untuk melihat matahari terbenam. Pemandangannya juga menarik untuk dijadikan latar untuk yang gemar Fotografi. Selain itu, kamu tak perlu khawatir kelaparan karena wisata ini berseblahan dengan pasar tradisional. Sebab berbagai jajanan tradisional banyak dijajakan di sini, Seperti pisang goreng, sup ubi, dan juga sarabba.

Alamat: Ela-Ela, Kec. Ujung Bulu, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan..
Harga Tiket Masuk: Gratis.
Google Maps:Cek Lokasi

11. Pinisi Park

Photo Credit: Google Maps Wahyu Adurrah

Meskipun terbilang baru, Tempat ini merupakan simbol ikonik wisata di Kota Bulukumba karena hal tersebutlah wisata ini menjadi populer di kalangan wisatawan. Meski hanya sebuah taman, namun Anda masih dapat melihat pemandangan alam yang begitu menawan. Terdapat pula jembatan yang menghubungkan danau kecil yang bisa dijadikan spot cantik untuk berfoto.

Di area wisata, terdapat banyak pepohonan rindang dijadikan tempat hammock. Sehingga para wisatawan dapat duduk bersantai. Banyak disediakan tempat duduk bagi para wisatawan. Walaupun terbilang wisata yang baru, namun sangat nyaman dan menyenangkan. Di sini terdapat sebuah danau kecil dengan jembatan kayu yang saling menghubungkan kedua sisinya. Tempat ini cocok untuk dijadikan peristirahatan setelah berkeliling sembari bernarsis ria.

Alamat: Terang-Terang, Kec. Ujung Bulu, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Gratis.
Google Maps:Cek Lokasi

12. Bakung-Bakung View Sunrise

Photo Credit: Herman

Bakung-Bakung View Sunrise adalah tempat yang sangat cocok bagi Anda pengagum keindahan alam. Tempat wisata kali ini menawarkan keindahan alamnya yang membentang luas di depan mata. Kawasan wisata ini berada di Desa Lembanna, wilayah Bontobahari, Kota Bulukumba. Pemandangan yang disuguhkan berupa hamparan hutan yang berwarna hijau dan juga asri serta udara yang sangat sejuk untuk dihirup.

Tak hanya wisata pantai, Anda juga dapat menikmati matahari terbit dan terbenam yang sangat memikat. Di siang hari, hamparan hijaunya hutan dan birunya laut menjadi suguhan yang menyegarkan mata. Selain itu ada juga fasilitas lain seperti jogging track, gazebo, lapangan voli, dan lain-lain yang dapat membuat Anda berlama-lama disini.

Alamat: Lembanna, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000.
Google Maps:Cek Lokasi

13. Pantai Samboang

Photo Credit: Google Maps Ciwank Channel

Wisata yang satu ini juga tak kalah menarik dengan yang lainnya karena keindahan pantai dan pasir putihnya juga bisa kamu nikmati di Pantai Samboang. Di sini juga terdapat pulau kecil yang bisa dikunjungi melalui jembatan penghubung sepanjang 20 meter sangat bagi para pemancing. Objek wisata ini terletak di Desa Eka Tiro dan cukup jauh dari kota Bulukumba.

Tempat ini bahkan juga memiliki tebing kokoh yang menjulang tinggi di sekitar pantai, tebing tersebut dapat menjadi salah satu spot foto yang apik untuk Anda miliki. Selain itu, tempat ini juga didukung oleh penginapan, wisata kuliner, serta keindahan laut yang bersih dan bibir pantai yang lantai ini juga sangat cocok digunakan untuk bersantai melepas penat sembari berkemah di malam hari.

Alamat: Ekatiro, Kec. Bontotiro, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000.
Google Maps:Cek Lokasi

14. Pantai Bara

Photo Credit: Pantaiesia.com

Selain Pantai Tanjung Bira, ada juga Pantai Bara atau Pantai Pasir Putih Bara. walaupun Pantaiini mungkin tidak seterkenal Pantai Tanjung Bira. Namun jika Anda ingin menikmati suasana yang tenang di Wisata Bahari Bulukumba, tempat ini sangat cocok. karenakan pantai ini lokasinya cukup tersembunyi sehingga belum banyak wisatawan yang berkunjung ke sana walaupun lokasinya sebenarnya masih satu wilayah dengan Pantai Tanjung Bira.

Anda yang suka dengan objek wisata yang belum terlalu ramai dan lebih suka ketenangan, bisa berkunjung ke sana. Di sana juga sudah ada beberapa penginapan bagi yang ingin menginap untuk menikmati suasana malam harinya.Laut biru yang membentang di wilayah ini juga menjadi bukti bahwa Pantai Bara masih sangat alami dan spot di bagian ini memang terbilang lebih menarik. Jejeran pohon kelapa menyambut di pintu masuk plus sejumlah warung yang menjajakan makanan dan minuman serta souvenir.

Alamat: Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 5000.
Google Maps:Cek Lokasi

15. Pulau Kambing

Photo Credit: Google Maps Rangga Pramana

Pulau Kambing menyuguhkan panorama bawah laut yang memukau, Bagi Anda yang menggemari wisata bawah laut, Anda wajib mengunjungi tempat ini karena terdapat banyak gugusan terumbu karang yang indah. Daya tarik lain dari pulau yang satu ini adalah adanya batu karang yang mendominasi pulau.

Pulau Kambing patut Anda kunjungi ketika sedang berada di Bulukumba. Hal ini dikarenakan Pulau Kambing memiliki keindahan alam yang sangat mengagumkan. Disini, Anda dapat menyaksikan birunya laut, pasir putih yang bersih, juga bebatuan yang menambah kecantikan Pulau Kambing.

Alamat: Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Gratis.
Google Maps:Cek Lokasi

16. Goa Passea

Photo Credit: Akbarpost.com

Situs purbakala Gua Passea ini terletak di Desa Lembanna kecamatan Bonto Bahari. Gua yang terletak di tengah kebun warga yang ditumbuhi semak belukar ini tersembunyi dari mereka yang baru pertama kali akan ke lokasi, satu petunjuk besar akan letak gua ini adalah pohon besar yang tumbuh menjulang tinggi ke langit dan pada batangnya mulut gua berada. Salah satu hal yang sangat menarik dari gua passea adalah adanya benang merah peradaban ribuan tahun yang telah hilang dan terlupakan di Sulawesi selatan ini. Yang mana menurut analisa terdapat kesamaan yang signifikan antara tata cara pemakaman jenasah dan bentuk peti mati yang ada di Toraja.

Alamat: Lembanna, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 8.000.
Google Maps: Cek Lokasi

17. Pantai Kasuso

Photo Credit: Google Maps Masuye 2021

Pantai yang indah ini merupakan pantai yang berada di permukiman para nelayan. Sehingga memang akan ditemukan banyak sekali nelayan yang pergi melaut atau kembali dari laut untuk mencari ikan. Pantai Kasuso pastinya masih asing di telinga banyak orang. Boleh dikata pantai ini menjadi salah satu surga tersembunyi bagi para wisatawan. Seperti pantai lain di Bulukumba pada umumnya, pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang.

Kelebihan Wisata Bahari dari pantai ini sendiri cukup menarik. Dimana di sana ada sebuah batu karang yang besar dan menyembul di atas permukaan laut. Batu itu disebut Batu Taha. Hal menarik lainnya adalah pengunjung yang akan melewati hutan dan bertemu monyet sebelum bisa sampai ke pantai indah ini.

Alamat: Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Gratis.
Google Maps:Cek Lokasi

18.  Pantai Lemo-Lemo

Photo Credit: Google Maps Charlee Purba

Keindahan pantai ini bisa dilihat dari hamparan pasir pantai dan juga batu karang yang ada di sana. Selain itu daya tarik lainnya dari pantai ini adalah keberadaan goa dan sumber mata air di tepi pantainya. Sumber air tersebut sering dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk kehidupan sehari-hari seperti memasak. Di tempat ini juga ada kegiatan warga yaitu membuat perahu pinisi.

Daya pikat pantai ini bukan hanya pada pasir putih dan air laut yang masih jernih, tetapi juga beberapa gugusan batu karang yang menyembul ke permukaan air yang masih alami. Keberadaanya yang masih alami dan cenderung belum tersentuh oleh pembangunan membuat daerah yang bertanah karang itu belum banyak dilirik para wisatawan.

Alamat: Tanah Lemo, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Gratis.
Google Maps:Cek Lokasi

19. Tebing Apparalang

Photo Credit: Google Maps Suria Sulaiman

Apparalang ini memiliki panorama pantai yang sangat indah dengan tebing-tebing yang curam dan batuan karang, sehingga dijuluki Raja Ampat versi Bulukumba. Udara yang sejuk dan suasana yang tenang akan membuat teman-teman serasa di pantai pribadi karena memang Pantai Apparalang ini tak seramai dan sepopuler Tanjung Bira, namun hal itulah yang biasanya dicari para wisatawan yang menginginkan ketenangan saat berlibur maupun menginginkan berwisata di tempat yang tak mainstream.

Tebing Apparalang lokasi yang tepat untuk berwisata bagi para pegiat alam bebas. Pantai ini tidak memiliki pasir putih seperti kebanyakan pantai wisata lainnya di Bulukumba. Namun pantai ini adalah pantai tebing karang. Pantai ini menjulang dari dasar laut dan memiliki lautan jernih yang berwarna biru kehijauan. Pantai ini sangat alami dan juga indah. Lokasinya ada di Desa Ara dan bisa ditempuh dari pusat kota dengan jarak kurang lebih 30 kilometer.

Alamat: Ara, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000.
Google Maps:Cek Lokasi

20. Puncak Pua Janggo

Photo Credit: Google Maps Alwi Fatta

Puncak Pua Janggo merupakan puncak tertinggi di kawasan Tanjung Bira. Panorama yang disuguhkan memang luar biasa indah dan memesona. Pepohonan hijau, perairan berwarna biru cerah, dan belaian angin sepoi-sepoi akan membuat rasa jenuh menjadi hilang hilang. Dari puncak ini teman-teman dapat pula menyaksikan keindahan garis pantai bira dan jejeran kapal-kapal veri dan kapal nelayan di pelabuhan Bira.

Di Puncak Pua Jago, Anda dapat menikmati pemandangan hamparan hutan hijau juga laut yang sangat cantik. Keindahan yang sangat alami dari ketinggian ini membuat banyak orang datang berkunjung. Tempat ini cocok Anda kunjungi ketika ingin bersantai bersama keluarga maupun sahabat. Kesegaran udara dan keasrian alam akan membuat suasana menjadi tenang.

Alamat: Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 20.000.
Google Maps:Cek Lokasi

21. Pulau Liukang Loe

Photo Credit: Google Maps Rangga Pramana

Pulau ini terkenal memiliki pasir putih yang bersih, halus dan lembut, pulau ini juga dikenal sebagai pulau batu karena pulau ini di tutupi gugusan batu karang yang pusatnya berada di tengah pulau. Pulau ini adalah surganya para pecinta snorkeling karena pulau ini memiliki keindahan/pemandangan alam bawah laut yang sangat-sangat indah. jika anda tidak percaya sebaiknya anda langsung datang saja kesini dan menikmati keindahan alam bawah lautnya dengan kegiatan snorkeling. Hal menarik yang bisa ditemukan di sana adalah adanya penangkaran penyu yang dilestarikan. Penangkaran ini memang sengaja didirikan untuk melestarikan keberadaan penyu.

Alamat: Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000.
Google Maps:Cek Lokasi

22. Pantai Marumasa

Photo Credit: Google Maps Arifina Shofia

Pantai Marumasa merupakan sebuahpantai yang terletak di Darubiah, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang sangat eksotik dengan keelokan pantainya terlihat dengan hamparan pasir putih di atas pantai yang luas dan memanjang. Udaranya pun sejuk dan teduh dengan keberadaan jejeran pepohonan kelapa yang tumbuh subur nan lebat. Kawasan Pantai Marumasa kian eksotik karena memiliki gugusan tebing cadas yang asyik dijadikan lokasi swafoto para pengunjung. Beberapa spot swafoto pun bisa dijumpai di atas tebing tersebut dengan latar lautan lepas di Teluk Bone.

Pantai yang menyajikan hamparan pasir putih khas Bulukumba ini juga menjadi surge kecil bagi para wisatawan. Tempat yang sangat eksotis ini juga tebing yang masih sangat alami. Tebing tersebut bahkan menjadi salah satu hal yang sangat diminati sebagai spot foto menarik.

Alamat: Darubiah, Kec. Bonto Bahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Rp 3.000.
Google Maps:Cek Lokasi

23. Pantai Ujung Tiro

Photo Credit: Google Maps Yudhi Koesnady

Pantai Ujung Tiro merupakan pantai yang masih berada di Dusun Samboang, Kecamatan Bontotiro. Pantai ini terbilang cukup sulit untuk dikunjungi dengan kendaraan roda empat. Jalan menuju ke sana memang belum cukup memadai untuk pengunjung. Namun karena hal itu biaya tiket masuknya sangat murah. Pantai Ujung lebih mirip Apparalang yakni hamparan laut dengan tebing di sekelilingnya.

Daya tarik dari pantai ini adalah kegiatan para wisatawan yang menarik. Orang-orang yang menyukai kegiatan ekstrik cliff jumping bisa berkunjung ke sini karena di pantai ini pengunjung bisa melompat dari ketinggian langsung ke lautan. Pemandangan pantai juga sangat indah untuk dinikmati. Disini terdapat semacam pulau kecil di tengah-tengah, yang bisa memanjakan mata traveler untuk memandang sekitaran. Dari tempat tersebut traveler bisa melihat langsung jernihnya air, serta kondisi karang beserta biota laut di bawahnya.

Alamat: Ekatiro, Kec. Bontotiro, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Harga Tiket Masuk: Gratis.
Google Maps:Cek Lokasi

Wisata di Bulukumba memang sangat direkomendasikan sebagai tempat kunjungan wisata alam yang menyenangkan. Sekalipun jalan yang ditempuh tidak mudah dan membutuhkan perjuangan, rasa lelah anda akan terbayar lunas saat tiba di lokasi wisata. Pemandangan alamnya yang asri, udaranya yang sejuk, aliran sungai yang indah dan ribuan pantai menjadi sajian yang tergantikan di kabupaten Bulukumba.

5 thoughts on “23 Tempat Wisata di Bulukumba Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.