25 Tempat Wisata Terkini, Modern dan Terhits di Bengkulu

25 Tempat Wisata Alam Bahari Terkini, Modern dan Terhits di Bengkulu

Untuk Anda yang mempunyai gagasan untuk liburan ke Propinsi Bengkulu ini tak perlu cemas. Karena tujuan rekreasi yang berada di dalamnya bagus sekali. Ini disokong karena ada alam yang cantik yang dipunyai oleh wilayah ini. Baik itu dari sisi pantai atau gunung-gunungnya. Gunung yang berada di propinsi Bengkulu ini banyak oleh bunga Rafflesia Arnoldii. Disamping itu ada juga banyak tempat monumental yang berada di propinsi ini.

Bila Anda ingin liburan yang membahagiakan, berikut tempat wisata di Bengkulu yang mempunyai keelokan alam yang memikat dan bisa Anda pakai sebagai rekomendasi.

1. Kebun Teh Kabawetan

Kebun Teh Kabawetan
Photo Credit: Ryzaldi Noor

Bentangan hijaunya mebun teh ini tetap terlindungi keasriannya, ditambahkan lagi jejeran pohon sengon disekelilingnya yang tumbuh berjajar rapi. Selain situasi yang hijau dan mempersejuk, Anda bisa juga nikmati beragam jenis oleh-olehan ciri khas Bengkulu yang banyak dipasarkan sepanjang jalan ke arah Kebun Teh ini.

Alamat: Jl. Kabawetan, Tangsi Baru, Kec. Kaba Wetan, Kab. Kepahiang, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

2. Suban Air Panas Curup

Suban Air Panas Curup
Photo Credit: Explore Rejang Lebong

Suban Air panas ialah rekreasi alam berbentuk pemandian air panas yang dipercayai mengobati banyak penyakit. Warga sekitaran menyebutkan jika air panas dalam kolam pemandian itu bermanfaat untuk mengobati pegal linu, penyakit kulit, dan rematik.

Wujud kolam pemandiannya benar-benar sangat simpel seperti kolam renang secara umum. Tetapi panorama alam disekelilingnya masih asri karena bersanding dengan tebing yang diselimuti pohon-pohonan lebat. Dengan panorama alam yang demikian asri, situasi di Suban Air Panas Curup benar-benar mengagumkan. Pas untuk Anda yang ingin rileksasi diri.

Tidak jauh dari kolam renang, Anda akan mendapati 3 biji kolam kecil yang disebut sumber air panas alami. Selainnya 3 biji kolam sumber air panas, Anda akan mendapati air terjun dengan ketinggian lebih kurang 90 mtr.. Kekhasan dari rekreasi alam ini semakin karena ada warisan benda Megalitikum berbentuk Batu Menangis.

Alamat: Jl. Cawang Baru, Kec. Curup, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

3. Bukit Batu Kandis

Bukit Batu Kandis
Photo Credit: Harry Septian

Bukit Batu Kandis benar-benar pas untuk beberapa pelancong yang mengidamkan rekreasi yang nyaman, tenang, dan jauh dari keributan kota. Untuk sampai ke lokasi, Anda perlu lewat jalanan yang bermedan cukup curam. Walau demikian, hati capek akan lenyap saat itu juga saat sampai ke Bukit Batu Kandis ini. Hawanya yang demikian sejuk jadi daya magnet tertentu.

Perlu Anda kenali, bukit ini dikenal juga sebagai tempat pertama kalinya ditemukan Bunga Rafflesia Arnoldi tahun 1818. Sampai sekarang ini Anda masih tetap dapat melihat flora sangat jarang yang diproteksi negara ini di lokasi itu. Kekhasan rekreasi alam ini semakin karena ada kolam air yang tidak dapat jadi kering. Kabarnya, air ini tidak kering walau musim kemarau menimpa.

Alamat: Jl. Durian Demang, Kec. Karang Tinggi, Kab. Bengkulu Tengah, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

4. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough
Photo Credit: Tjiunggu Tjermin

Design benteng ini benar-benar kuat dan kuat, bahkan juga dahulunya pernah diputuskan sebagai benteng ke-2 paling kuat di daerah timur Teritori Asia. Hingga, walau pernah dirusak dan coba dibakar benteng ini tetap kuat berdiri sampai sekarang ini. Benteng ini sebagai salah satunya situs monumental warisan jaman penjajahan saat menantang Inggris yang sempat ada daerah Bengkulu.

Selainnya formasi bangunannya yang kuat, design arsitektur benteng ini juga menarik dan memberikah keunikan tertentu pada desain-desain ala-ala vintage di zaman penjajahan. Spot rekreasi ini benar-benar pas untuk Anda yang suka dan hoby memburu photo instagramable.

Alamat: Jl. Benteng, Kebun Keling, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 2.500
Google Maps: Cek Lokasi

5. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat
Photo Credit: @Kemenparekraf

Bengkulu memiliki tempat untuk booking Gajah. Tempat ini dikatakan sebagai Pusat Training Gajah (PPG) Seblat yang disebut salah satunya sisi dari Taman Nasional Kerinci Seblat. Tidak cuma untuk tempat konservasi dan pelestarian saja, tetapi sama sama dengan namanya yakni sebagai tempat training gajah supaya mempunyai ketrampilan dan berguna untuk kehidupan warga. Beberapa macam Gajah bisa Anda jumpai langsung dan terbuka di alam bebas, misalnya Gajah yang sudah terbiasa untuk bermain beragam jenis pertunjukan dan permainan.

Alamat: Jl. Bengawan Solo, Ulak Surung, Kec. Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Bengkulu.
Biaya Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

6. Goa Kacamata

Goa Kacamata
Photo Credit: Denny Umar Duaini

Berada di tebing berbatu curam yang dulu dipakai ebagai tambang emas pada periode penjajahan Belanda. Hingga, dua lubang seperti kacamata ini diperhitungkan sebagai sisa ada penambangan emas yang dahulu pernah dilaksanakan.

Benar-benar dianjurkan untuk Anda yang ingin berkunjung tempat rekreasi ini saat pagi hari, karena saat matahari mulai ada maka ada juga sinar yang masuk lewat beberapa lubang gua. Hingga situasi dalam gua jadi lebih jelas karena penerangan alami.

Alamat: Lebong Tambang, Kec. Lebong Utara, Kab. Lebong, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

7. Bukit Kaba

Bukit Kaba
Photo Credit: Bagas Wibisono UNIB

Bukit Kaba terhitung ke teritori Taman Rekreasi Alam dan Pelestarian Bunga Rafflesia Arnoldi. Di atas bukit, kelihatan pemandangan kawah hidup dan kawah mati yang tidak kalah menakjubkan. Bahkan juga, di atas bukit ini Anda bisa nikmati keelokan situasi matahari keluar atau terbenam. Tertarik? silakan datangi rekreasi yang berada di Kabupaten Rejang, Bengkulu.

Untuk Anda yang mempunyai hoby traveling, karena itu dianjurkan untuk mendaki bukit yang memesona ini. Bukit ini pas untuk Anda yang disebut pendaki pemula dan ingin mempertajam kekuatannya. Sepanjang mata melihat, Anda akan disuguhi dengan supremasi warna hijau dan tosca yang betul-betul membuat badan dan pemikiran santai.

Alamat: Jl. Dusun Besar, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu, Bengkulu.
Biaya Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

8. Pantai Wisata Way Hawang atau Pantai Kaur

Pantai Wisata Way Hawang atau Pantai Kaur
Photo Credit: Bayu Rahmanto

Kekhasan yang berada di pantai Kaur ini yakni ada dogma sumpah Sang Pahit Lidah. Dogma itu yakni konon pada jaman dulu ada sebuah perahu yang melaut. Saat melaut perahu itu dikunjungi oleh kakek Sang Pahit Lidah untuk minta api ke pemilik perahu. Tetapi sayang panggilan dari kakek Sang Pahit Lidah itu diacuhkan oleh pemilik Perahu. Karena murka kakek itu pada akhirnya menyumpah perahu jadi batu.

Alamat: Way Hawang, Kec. Maje, Kab. Kaur, Bengkulu.
Biaya Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

9. Arung Jeram Arus Ketahun

Arung Jeram Arus Ketahun
Photo Credit: Rafting Bengkulu

Sesuai namanya, sarana arung jeram ini lewat Sungai Arus Ketahun.Walau baru saja dibuka, namun tujuan rekreasi ini telah sanggup menarik banyak wisarawan untuk tiba ke arah tempat ini. Ini karena kekhasan yang dipunyai Sungai Arus Ketahun yakni kelok tebing yang seperti Green Canyon. Dengan begitu, rekreasi ini benar-benar unik karena tidak jarang dapat arung jeram antara tikungan Green Canyon yang menakjubkan.

Alamat: Talang Ratu, Kec. Rimbo Pengadang, Kab. Lebong, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 225.000
Google Maps: Cek Lokasi

10. Hutan Mangrove Pulau Baai

Hutan Mangrove Pulau Baai
Photo Credit: M Anshori Anshori

Bengkulu sebagai teritori yang memiliki rimba mangrove diseoanjang pantai dan pulaunya, salah satunya salah satunya yakni rimba mangrove yang ada di Pulau Baai. rimba ini ada di sekitaran teritori pantai pulai Baai yang sediakan menara mersucuar yang namanya Lentera Merah. Untuk telusuri sejauh rimba mangrove Anda dapat sewa beberapa kapal kecil yang sudah ada.

Alamat: Padang Serai, Kec. Kampung Melayu, Kota Bengkulu, Bengkulu.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

11. Pulau Tikus

Pulau Tikus
Photo Credit: Edy Prayekno

Untuk ke arah Pulau ini cuman diperlukan waktu sekitaran 40 menit dari Dermaga Pulau Baai. Karena kejernihan air dan keelokan daya tarik alam bawah lautnya, karena itu pulau ini sediakan sarana snorkeling. Selain itu, ada juga menara mercusuar yang bisa Anda naiki untuk menyaksikan pemandangan keelokan situasi pantai dan sekelilingnya.

Alamat: Indian Ocean, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu.
Biaya Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

12. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno
Photo Credit: Edho Kurnia

Rumah ini dahulunya sebagai Rumah punya Tjang Tjeng Kwat, Seorang pedagang turunan Tionghoa di Bengkulu yang dipakai sebagai rumah Bung Karno saat pengisolasian di tahun 1928-1942. Sekarang Rumah ini dijadikan Museum sekalian objek rekreasi riwayat di Bengkulu. Bahkan juga di tahun 2018 lalu, objek rekreasi ini mendapatkan penghargaan sebagai salah satunya nominasi situs rekreasi riwayat paling populer di Indonesia eh Anugrah Daya tarik Indonesia atau API.

Alamat: Anggut Atas, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 3.000
Google Maps: Cek Lokasi

13. Pantai Aluran Pandan

Pantai Aluran Pandan
Photo Credit: Cekrek Indonesia

Pantai yang ini sebagai salah satunya pantai yang berada di Bengkulu yang sedikit di sentuh oleh beberapa pelancong. Ini karena akses jalan ke arah pantai yang belum mencukupi atau dapat disebutkan cukup susah dilewati. Warna air dari pantai ini yakni hijau mengisyaratkan jika pantai ini masih kurang didatangi oleh beberapa pelancong.

Lepas dari hal itu, Pantai Jaluran Pandan ini sebagai pantai yang asri dan terbangun orisinalitasnya. Pasir pantainya yakni pasir putih dan ada juga banyak pohon-pohonan kelapa yang berjajar rapi di sejauh pantai. Batu-batuan dan karang-karang yang berada di pantai itu masih tetap asri dan alami.

Alamat: Jl. Benteng, Kebun Keling, Kec. Teluk Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

14. Danau Tes

Danau Tes
Photo Credit: Naim Emel Prahana

Danau ini menghampar di antara 2 buah Desa tradisi Suku Rejang yakni Desa tradisi Kutai Dono yang umum dikatakan sebagai Dusun tengah dan Desa ada test sekitar Danau ini sebagai rimba Taman Nasional Kerinci Seblat untuk Anda yang bertandang ke danau ini akan disuguhi dengan panorama bukit hijau dan bentang sawah disamping itu bila Anda tiba ke danau paling besar yang berada di propinsi Bengkulu ini Anda bisa jadi untung menyaksikan beberapa burung sangat jarang Bengkulu yang terbang di sekitar danau sarana yang disiapkan seakan ada pemondokan dan hotel disamping itu ada pula restaurant rest tempat untuk beberapa pelancong.

Alamat: Kutai Donok Kec. Lebong Selatan, Kab. Lebong, Bengkulu.
Biaya Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

15. Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah
Photo Credit: Nur Kholilah Nasution

Secara visual, danau ini terlihat seperti danau secara umum. Tetapi karena beragam narasi berkaitan danau itu, membuat pelancong berasa ingin tahu. Oleh karenanya, sempatkanlah berkunjung danau ini dan dengar langsung legenda warga.

Alamat: Jl. Dusun Besar, Kec. Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 3.000
Google Maps: Cek Lokasi

16. Pantai Linau

Pantai Linau
Photo Credit: Akbar Wahid

Pantai Linau membuka sepanjang 24 jam dari hari Senin-Minggu. Ada banyak sarana yang disiapkan di pantai Linau seperti rumah makan, kamar mandi, dan mushola. Pantai Linau ini mempunyai perairan yang biru dan jernih dan pasir yang warna kecoklat-coklatan. Ombak nya sendiri yakni sekitaran 3 meteran. Kontur dari pantai yang ini agak miring. Hingga memungkinkan untuk beberapa pelancong yang bertandang untuk bermain air di tepi pantai.

Disamping itu, kekhasan yang berada di pantai Linau ini ialah beberapa pelancong bisa memancing ikan sendiri hingga hasil pancingan itu dapat menjadi oleh-olehan untuk keluarga di dalam rumah. Keunikan dari pantai Linau yang berada di Bengkulu ini yakni gurita kering atau yang fresh hasil tangkapan dari beberapa nelayan yang berada di situ. Yang dapat menjadi oleh-olehan untuk keluarga tersayang di dalam rumah.

Alamat: Jl. Lintas Barat, Linau, Kec. Maje, Kab. Kaur, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

17. Lubuk Sepit Kancing

Lubuk Sepit Kancing
Photo Credit: Nana Storada

Rekreasi ini menyuguhkan saluran sungai yang terjerat dianatar dua tebing berbatu hingga membuat seperti sebuah genangan sama air yang paling jernih dan alami. Akses ke arah tempat ini sangat melawan, karena Anda harus jalan sepanjang lebih kurang satu 1/2 jam dari lokasi loket dan parkir. Namun, Anda tak perlu cemas karena pada tempat ini ada jasa ojek trail yang dapat mengantarkan Anda sampai ke Lubuk Sempit Kancing dengan ongkos sekitaran Rp.100.000. Selain itu, untuk Anda yang menyenangi rintangan, dapat dicoba jump cliff di atas batu sungai yang sering dilaksanakan oeh umumnya pengunjung.

Alamat: Kancing, Kec. Karang Tinggi, Kab. Bengkulu Tengah, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 100.000
Google Maps: Cek Lokasi

18. Pantai Manula

Pantai Manula
Photo Credit: Hajriee OktiaWan

Pantai ini sebagai salah satunya pantai yang ada di Propinsi Bengkulu yang tetap terlindungi orisinalitasnya. Pantai ini mempunyai banyak sekali beberapa tebing tinggi langsung menghadap ke ke Samudra Hindia. Yang bila disaksikan sepintas serupa dengan pantai yang berada di Bali.

Kekhasan yang ada pada pantai ini yakni di tengah-tengah tebing ada sebuah rongga yang percantik keelokan pantai. Disamping itu ada pula tebing yang menjuru ke pantai atau dapat disebutkan dengan tebing yang terpisah oleh dataran yang serupa sama yang berada di Tanah Lot di Bali. menarik.

Alamat: Pantai Manula, Kec. Nasal, Kab. Kaur, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 8.000
Google Maps: Cek Lokasi

19. Danau Suro

Danau Suro
Photo Credit: Adriansyah Putera

Rekreasi yang yang seterusnya yakni Danau Suro yang berada di Kabupaten Kepahiang. Danau Suro membuka start pukul 8 pagi sampai jam 6 sore. Danau ini dipakai untuk kepentingan PLTA yakni Pembangkit Listrik Tenaga Air. Disamping itu oleh warga sekitaran Danau Suro dipakai untuk keramba ikan.

Alamat: Suro Ilir, Kec. Ujan MAS, Kab. Kepahiang, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

20. Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu
Photo Credit: Clifton Theodore

Sesuai namanya, pantai ini sebagai salah satunya pantai paling panjang yang berada di Indonesia yakni panjangnya yang capai 7 km. Ombak Pantai Panjang Bengkulu ini tenang. Hingga untuk beberapa pelancong yang bertandang dapat bermain air di sejauh tepi pantai pantai. Panjang Bengkulu ini mempunyai pasir putih yang cantik dan pohon-pohonan di sejauh pantai. Nikmati sunset di pantai Panjang Bengkulu ini sangat menarik keelokannya. Ditambah dengan situasi pantai yang paling memberikan dukungan.

Pantai Panjang Bengkulu yakni pantai yang berada di Kota Bengkulu. Sarana yang disiapkan di Pantai Panjang Bengkulu ini yakni ada tempat makan, hotel, dan pemondokan Hingga beberapa pelancong yang bertandang dapat menginap di pantai itu sambil nikmati keelokan Pantai Panjang Bengkulu.

Alamat: Jl. Pariwisata, Pantai Panjang, Lempuing, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

21. Pantai Padang Betuah

Pantai Padang Betuah
Photo Credit: @indonesia_eyes

Pantai Padang Betuah ini mempunyai pasir putih yang batasi di antara pantai dengan danau alami yang berada di sampingnya. Panorama mengagumkan ini akan membuat berlibur Anda jadi lebih mengagumkan. Disamping itu kekhasan yang berada di Pantai Padang Betuah yakni ada celah-celah yang berada di karang-karang. Ada hal itu karena abrasi secara kontinu.

Yang sangat menarik yakni sumur yang mempunyai kedalaman 20 m dan diameternya yang memiliki ukuran 90 m. Jadi satu Spot bagus yang ada di pantai itu. Sumur ini berupa seperti satu terowong yang mengucur ke Pantai Padang Betuah dengan 50 m panjangnya. Hingga Anda akan menemui satu panorama eksotik yakni ada air masuk lewat dinding-dinding sumur itu dan menyemburkan secara periodik.

Alamat: Padang Betuah, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

22. Rumah Fatmawati

Rumah Fatmawati
Photo Credit: Desi A Prawita

Rumah ini sebagai warisan Ibu Fatmawati sebagai istri ke-3 Presiden Sukarno yang dibuat dengan design rumah tradisi Bengkulu berbahan khusus berbentuk kayu. Dalam Rumah ini simpan banyak riwayat yang ditinggal oleh Ibu Fatmawati seperti beberapa fotonya bersama dengan Sukarno bahkan juga mesin jahit yang dulu dipakai untuk menjahit bendera Merah Putih pertama kali yang dikibarkan saat Proklamasi 17 Agustus 1945.

Alamat: Jl. Fatmawati, Penurunan, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

23. Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari
Photo Credit: Siti rahma Nisa

Tempat wisata Danau Mas Harun Bastari masih bersisihan dengan lokasi Bukit Kaba. Pemandangan alam di lokasi itu benar-benar mempesona, tidaklah aneh ada banyak sekali pelancong yang berkunjung Danau Mas Harun Bastari ini. Ditambah saat hari liburan nasional, danau ini akan dipenuhi oleh pelancong yang dari luar wilayah.

DI lokasi Danau Mas Harun Bastari, pengunjung bisa juga salurkan hobynya seperti memancing, photografi, dan naiki sarana pemacu adrenaline. Masalahnya di lokasi itu Anda dapat memakai sarana dimulai dari flying fox, sepeda air, tempat memancing, spot photo, dan lain lain. Sarana itu diberi tentu saja untuk mendukung kenyamanan pengunjung.

Alamat: Jl. Karang Jaya, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

24. Pulau Enggano

Pulau Enggano
Photo Credit: Yogi Kusuma

Pulau Enggano sebagai pulau kecil yang masuk ke wikayah administratif Propinsi Bengkulu. Meskipun terhitung sebagai salah satunya pulau paling luar di Indonesia, Enggano terhitung salah satunya pulau yang memiliki penghuni. Dibanding dengan beberapa pulau yang lain berada di Bengkulu, Enggano mempunyai daya tarik alam yang sangat menarik. Misalnya jejeran pantai dengan pasir putih yang asri dan alami, danau air tawar dan manis dan taman burung.

Di pantai ini bisa juga dilaksanakan snorkeling dan surfing. Akses yang dibutuhkan untuk sampai ke arah tempat ini ialah menyeberang selat dengan ferry sepanjang lebih kurang 12 jam atau naiki pesawat pelopor bila ingin bisa lebih cepat.

Alamat: Pulau Enggano, Kec. Enggano, Kab. Bengkulu Utara, Bengkulu.
Biaya Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

25. Pantai Sungai Suci

Pantai Sungai Suci
Photo Credit: Davit Alfian

Bila Anda pernah bertandang ke Pantai Lot yang berada di Bali pantai Sungai Suci ini ibarat kembaran dari pantai Lot itu. Yang membandingkannya yakni ada satu jembatan menggantung kembar. Jembatan itu diatur oleh warga di tempat yang dipakai oleh warga untuk menyebrangi bagian lain dari pantai ini. Panjangnya yakni capai 10 m.

Alamat: Pasar Pedati, Kec. Pondok Kelapa, Kab. Bengkulu Tengah, Bengkulu.
Biaya Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

Itu referensi tempat rekreasi di Bengkulu yang memikat buat didatangi. rekreasi itu dimulai dari rekreasi alam rekreasi keluarga tempat monumental s/d rekreasi pengajaran. Anda dapat sesuaikan tempat rekreasi itu sesuai bujet yang dipunyai dan hasrat dan keperluan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.