10 Tempat Wisata di Baubau Paling Hits & Modern untuk Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Baubau Paling Hits & Modern untuk Dikunjungi

Ada banyak faksi yang malah menyebutkan jika Kota Baubau ini sebagai kota rekreasi karena banyak memiliki tempat menarik dan keelokan alamnya masih demikian terbangun. Kota Baubau tawarkan pantai sama air laut yang jernih, gua dengan stalaktit dan stalakmit yang cantik sampai air terjun yang memberi kesegaran saat ada di lokasi rekreasi ini.

Dengan pemandangan yang cantik dan memesona pasti tempat ini jadi sasaran beberapa wisatawan lokal atau luar negeri. Mereka mengincar beberapa tempat cantik untuk jadi tempat wisata terbaik dan hilangkan capek karena kegiatan rutin setiap hari. Pada tempat berikut kelak pengunjung dapat menyaksikan bagaimana daya tarik keelokan yang dipunyai Indonesia dan diwakili oleh Baubau. Seharusnya memakai waktu liburan yang panjang supaya tidak tergesa-gesa dan nikmati keelokan yang terhidang.

1. Masjid Quba

Masjid Quba
Photo Credit: @RadioPLS_mks

Masjid Quba berada di kelurahan Baadia. Persisnya ada di kecamatan Murhum yang mana dapat secara mudah didatangi saat ingin berekreasi religius. Bila pengunjung menyaksikan ini sekilas memang seperti bukan Mushola secara umum.

Tapi ada kekhasan tertentu dari Masjid Quba ini. Jadi Mushola paling tua yang berada di Baubau, Masjid Quba dibuat pada tahun 1826 yang berada di periode Sultan Buton XXIX berkuasa yakni Sultan Muhammad Idrus Kaimuddin. Di sekitar Masjid, pengunjung dapat mendapati ada pusara yang mana satu diantaranya ialah Pusara Sultan Buton XIX.

Alamat: La Balawo, Baadia, Kec. Murhum, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

2. Benteng Keraton Buton

Benteng Keraton Buton
Photo Credit: Ardhy Yu

Benteng Keraton Buton sebagai salah satunya tempat monumental yang berada di kota Baubau dan mempunyai wujud arsitektur yang termasuk unik. Benteng ini dibuat dari batu kapur dan berupa lingkaran dengan panjang keliling 2.740 mtr.. Benteng Keraton Buton memperoleh penghaargaan dari MURI arau museum rekor Indonesia daan Guinnes Book Record pada tahun 2006.

Mereka memberi predikat sebagai Benteng Terluas di Dunia dengan luas yang dipunyainya sekitaran 23.375 hektar. Benteng ini berada di atas bukit dan menyuguhkan banyak warisan monumental. Pengunjung bisa juga nikmati panorama kota Baubau di atas bukit dengan keelokan yang terhidang.

Alamat: Jl. Labuke, Melai, Kec. Murhum, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

3. Bukit Kalampa

Bukit Kalampa
Photo Credit: @RadioPLS_mks

Bukit Kalampa yang tawarkan keelokan pemandangan bukit-bukit dengan benteng kecil di atas bukit. Rekreasi alam dengan pemandangan bukit-bukit ini mempunyai udara yang sejuk dan sayang bila dilewati demikian saja. Karena, Bukit Kalampa pas untuk pengunjung yang cari spot photo cantik di alam bebas. Bukit Kalampa ada di Kelurahan Lipu, Kecamatan Betoambari. Pengunjung dapat mendapati lokasi ini secara mudah di navigasi maps.

Alamat: Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

4. Pemandian Alam Bungi

Pemandian Alam Bungi
Photo Credit: Ceritadestinasi.wordpress.com

Pemandian Alam Bungi ini ada di Kecamatan Bungi dalam jarak sekitaran 10 KM dari pusat Kota Baubau. Pengunjung dapat tiba memakai kendaraan darat. Tapi makin lama banyak masyarakat tetangga dusun yang lain yang pada akhirnya bertandang ke Pemandian Alam Bungi untuk dapat rasakan bagaimana kesegaran air pada tempat ini. Sementara di hari liburan dan menjelang sore, pelancong dapat rasakan segarnya air sungai dengan berkunjung Air Terjun Tirta Rimba yang jaraknya dapat disebut bersisihan.

Alamat: Kec. Bungi, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

5. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana
Photo Credit: Fajar Syarif

Pantai ini sebagai tempat rekreasi yang memikat hati dan pantas untuk didatangi. Mempunyai pasir pantai yang warna putih bersih dan halus sama air laut yang demikian jernih. Bahkan juga ada banyak orang yang untung dapat mendapati tiga gabungan warna air yaitu putih, biru kehijauan dan biru muda. Pantai Nirwana mempunyai ombak yang tenang tanpa karang hingga aman untuk berenang atau diving.

Pengunjung bisa juga mendapati gazebo dan warung minuman dan makanan yang dapat memberikan kepuasan tertentu untuk berekreasi. Tidak itu saja, pengunjung bisa juga memancing dan lakukan volly pantai dan beraktivitas pengambilan foto yang kerap dilaksanakan juga oleh beberapa pelancong yang lain. Pantai Nirwana berada di Kelurahan Sula, Kecamatan Betoambari. Persisnya ada di Baubau Buton, Propinsi Sulawesi Tenggara yang tidak akan susah untuk dijangkau.

Alamat: Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.
Harga Tiket Masuk: Rp 2.000
Google Maps: Cek Lokasi

6. Cagar Alam Wakonti

Cagar Alam Wakonti
Photo Credit: Usumani Yikolipuna

Tempat wisata ini sebagai object rimba lindung yang berada di teritori Wakonti dan jaraknya cuman 6 km daari pusat perkotaan Baubau. Selainnya ada pemandangan alam yang cantik, pengunjung bisa juga mendapati tempat riset beragam pohon sangat jarang dan anggrek liar dan hewan sangat jarang yang lain.

Cagar Alam Wakonti ini memiliki jarak sekitaran 6 KM dari pusat perkotaan Baubau. Pengunjung bisa juga mendapati pohon sangat jarang yaitu pohon loreng yang mana warna pohonnya memang persis sama dengan seragam tentara.

Alamat: Kadolo Katapi, Kec. Wolio, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.
Harga Tiket Masuk: Rp 15.000
Google Maps: Cek Lokasi

7. Gua Kaisabu

Gua Kaisabu
Photo Credit: @RadioPLS_mks

Gua Kaisabu ada di Kelurahan Kaisabu. Persisnya ada di Kecamatan Sorawolio atau memiliki jarak sekitaran 10 KM dari pusat Kota Baubau. Pengunjung harus memanjat tebing yang cukup curam untuk capai mulut gua. Hal ini jadi rintangan tertentu buat mereka yang tiba.

Walau memang berasa capek karena perjuangan untuk memanjat ini melelahkan, pengunjung akan berasa senang karena ada keelokan dalam gua. Tempat ini mempunyai pahatan dan ornament yang elok yang disebut hasil bikinan alam semenjak beribu tahun lalu.

Alamat: kaisabu, Kec. Sorawolio, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

8. Air Terjun Samparona

Air Terjun Samparona
Photo Credit: Barracudax

Tempat ini jadi tempat wisata dengan keelokan rimba yang tetap terlindungi keasriannya. Seperti air terjun umumnya, Air Terjun Samparona ini tawarkan kesegaran sama air yang jernih. Pengunjung dapat nikmati setiap keelokan dan kesegaran yang berada di lokasi rekreasi ini. Air Terjun Samparona ada di kecamatan Sorawolio dengan tinggi air terjun 30 mtr.. Persisnya memiliki jarak 13 KM samping timur dari Kota Baubau yang gampang untuk dijangkau.

Alamat: Lipumangau, Kec. Sampolawa, Kab. Buton, Sulawesi Tenggara.
Harga Tiket Masuk: Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

9. Batu Poaro

Batu Poaro
Photo Credit: Elwan Wawan Saiful

Temasuk rekreasi religius, Batu Poaro ini pantas untuk didatangi. Karena menurut ceritanya, batu ini ialah tanda lenyapnya penyiar Agama Islam di Buton yang namanya Syekh Abdul Wahid yang berada di pesisir Pantai Buton. Ada argumen tertentu kenapa batu ini diberi nama Batu Poaro.

Argumennya ialah karena dari warga Buton sendiri menyebutkan jika Syekh Abdul Wahid ialah Apoaromo te Opuna. Ini berarti dia telah bertemu dengan Tuhannya. Batu ini dipandang seperti pusara daari Syech Abdul Top.

Alamat: Jl. Panglima Polim No.66, Wameo, Kec. Murhum, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

10. Permandian Kelapa Gading Ngkaring-Ngkaring

Permandian Kelapa Gading Ngkaring-Ngkaring
Photo Credit: Nidaime Sama

Pemandian Kelapa Gading Ngkaring-Ngkaring Sebagai kolam renang punya masyarakat sekitaran dan jadi wilayah transmigrasi asal Bali. Saat masuk wilayah ini pengunjung dapat mendapati nuansa Bali yang unik dan banyak pura di tepi jalan. Kolam renang ini jadi tempat wisata yang bertopik alam dan bukan hanya dipakai untuk selingan semata-mata tapi juga untuk rileksasi.

Alamat: Jl. Panglima Polim No.66, Wameo, Kec. Murhum, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

Beberapa Tujuan Rekreasi di Baubau ini mudah-mudahan jadi rekomendasi pas untuk berencana berlibur dengan keluarga dan beberapa orang tercinta. Karena Baubau pasti mempunyai daya tarik alam yang ditawari untuk siapa yang tiba. Cicipi berlibur sama orang tercinta di lokasi yang mengagumkan.

1 thought on “10 Tempat Wisata di Baubau Paling Hits & Modern untuk Dikunjungi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.