20 Tempat Wisata Terkini, Modern dan Paling Hits di Bangka

20 Tempat Wisata Terkini, Modern dan Paling Hits di Bangka

Keelokan alam di Pulau Bangka ini terbagi dalam bermacam wujud tempat wisata yang sudah pasti pantas jadi rekomendasi Anda saat menentukan lokasi untuk berlibur menarik. Sama dengan pulau Belitung yang telah terlebih dahulu populer. Pulau ini mempunyai banyak opsi tujuan wisata yang fantastis. Tipe tujuan rekreasi yang dijajakan sudah pasti dikuasai oleh rekreasi pantai dengan watakisitik yang sangat menarik dibanding pulau kembarannya. Lebih detilnya, berikut 25 referensi tempat rekreasi di Pulau Bangka yang memikat dan tidak Anda dapatkan di lain tempat.

1. Masjid Raya Tua Tunu

Masjid Raya Tua Tunu
Photo Credit: Febri Novianto

Agama ialah hal yang menempel kuat pada kebudayaan orang Indonesia maka dari itu beragam bangunan istimewa untuk berlainan dibikin di beberapa wilayah. Di Pangkal Pinang ada Masjid Raya Tua Tunu yang bahkan juga mempunyai lokasi unik dalam rimba. Tempat mushola yang luas dan bangunan yang unik membuat mushola ini bisa selalu jadi tempat rekreasi dan istirahat yang baik sekali.

Alamat: Jl. Tua Tunu Kel. Tua Tunu Indah, Gerunggang, Kec. Tua Tunu, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

2. Benteng Kota Kapur

Benteng Kota Kapur bangka
Photo Credit: Surtam A Amin

Bangka tawarkan rekreasi sejarahnya. Dan Anda dapat mendapatinya di Kota Kapur sebagai kota dikitari oleh benteng dengan tinggi sampai 3 mtr.. Benteng yang memanjang sepanjang 2.500 mtr. ini jadi rekreasi historical yang hendak bawa Anda pada periode lalu.

Website ini sebenarnya ialah website yang ditulis dengan huruf pallawa dan berbahasa melayu kuno. Dalam website ini berisikan mengenai sumpah yang jadi pertanda daerah kerajaan Sriwijaya. Benteng Kota Kapur ini diketemukan tahun 1892 oleh J. K Van Der Meulen. Dalam benteng Anda bisa juga mendapati puing-puing candi komplet dengan arcanya.

Alamat: Jl. Nelayan, Kota Kapur, Kec. Mendo Barat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

3. Pantai Matras

Pantai Matras
Photo Credit: Duana JW

Pantai ini sebagai pantai paling panjang di pulau Bangka. Lokasinya berada di Kecamatan Sungai Simak dalam jarak dari Pangkal Pinang sepanjang 33 Km. Cicipi pengalaman melihat laut tak terbatas sama air yang sangatlah baik. Pengalaman bertandang ke wilayah rekreasi ini akan makin kuat karena ada batu-batuan granit yang menyebar di sejauh pantai. Pasirnya yang lembut benar-benar mengambil untuk bermain ditambah lagi pantai ini masih bersih dan asli.

Alamat: Jl. Pantai Matras, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

4. Pantai Dinding Batu Belinyu

Pantai Dinding Batu Belinyu
Photo Credit: Nia Utari

Pantai ini disebutkan dengan Pantai Batu. Ada batu granit yang besar sekali di pantai ini dengan status berdiri tegak. Ukuran batu itu capai 20 kali 15 mtr. dengan ketebalan 5 mtr.. Ada juga beberapa batu lain di tempat pantai ini yakni batu pari yang mempunyai wujud seperti pari dan Batu Kodok yang ada tidak jauh dari dinding batu. Berpose di sini bagus sekali khususnya apabila sudah mendapati spot yang baik.

Alamat: Teluk Kelabat, Air Jukung, Kec. Belinyu, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

5. Danau Ampar Red Hill

Danau Ampar Red Hill
Photo Credit: Nia Euodia

Bukit merah sesuai namanya sebuah bukit dengan warna merah. Bukit ini masih terkait dengan tambang timah. Status bukit lumayan dekat dengan kota yang Hanya memakan waktu 40 perjalanan di antara bukti dengan Pangkal Pinang. Bukit ini melingkari sebuah danau kaolin yang disebutkan dengan Danau Ampar.

Dengan berkunjung tempat ini untuk mendapati dua tempat rekreasi sekalian pasti sebagai penawaran menarik. Bukit tercipta dari gundukan tanah yang keras. Untuk menyaksikan danau seorang harus melalui jalan yang berada di bukit itu. Jalan dapat licin di saat hujan hingga harus dilakukan dengan berhati-hati.

Alamat: Riding Panjang, Kec. Merawang, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

6. Bukit Menumbing

Bukit Menumbing
Photo Credit: Niken Nasa Pangkalpinang

Tujuan di Bangka Belitung seterusnya yang sayang untuk dilewati ialah Bukit Menumbing. Beberapa mengatakan sebagai Gunung Menumbing yang pasarkan alam cantik. Tidak itu saja, bukit ini jadi tempat pengisolasian Ir Soekarno di periode penjajahan Belanda. Hingga bisa juga dijadikan tempat rekreasi riwayat.

Salah satunya tapak jejaknya dapat Anda susuri pada bangunan yang dikenali dengan Pesanggrahan Menumbing atau Wisma Menumbing. Wisma berikut tempat presiden pertama Indonesia dikucilkan. Bangunan yang dibuat disekitaran tahun 1928 sampai 1933, saat penjajahan Belanda. Dalam bangunan ada banyak diketemukan barang barang warisan.

Alamat: Air Belo, Kec. Mentok, Kab. Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

7. Jembatan Emas Bangka

Jembatan Emas Bangka
Photo Credit: YoHerry

Jembatan Emas di Pulau Bangka dibikin di tahun 2012. Jembatan ini menyambungkan kota Pangkal Pinang dengan pesisir Bangka. Panjang jembatan ialah 700 mtr. dengan penampilan yang kelihatan istimewa dengan tehnologi khusus sebagai jembatan penyeberangan di atas pelintasan kapal.

Alamat: Ketapang, Kec. Pangkal Balam, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

8. Pantai Tikus

Pantai Tikus
Photo Credit: Gshunliu

Pantai lain ada di kanan kiri pantai ini hingga berkunjung tempat ini hampir serupa maknanya dengan berkunjung tiga jenis tempat rekreasi sekalian. Pantai ini mempunyai nama unik karena di tempat pantai ada jalanan setapak yang dahulunya disusuri oleh beberapa penambang gelap yang bawa timah untuk dipindah dan dipasarkan.

Sarana komplet disiapkan di pantai untuk beberapa pengunjung. Di atas bukti di pantai itu ada vihara namanya Vihara Puri Agung. Letakanya di atas bukti membuat Vihara ini jadi spot terbaik untuk menyaksikan panorama Pantai Tikus di atas.

Alamat: Parit Padang, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

9. Gurun Pelawan Namang

Gurun Pelawan Namang
Photo Credit: Feronika Sevalis

Tetapi Indonesia demikian kaya dengan keadaan alamnya yang demikian cantik. Pengalaman ada di gurun bisa diketemukan di Gurun Pelawan Namang yang sebagai sisa pertambangan. Tempat rekreasi ini berada di dusun Namang dan mulai terkenal sebagai tujuan rekreasi. Menyamainya dengan tujuan rekreasi lain rasanya tak perlu karena tempat ini mempunyai keelokan tertentu sebagai tempat rekreasi yang baru berkembang dan masih terlepas dari eksperimen usaha rekreasi alam.

Alamat: Gurun Pelawan, Kec. Namang, Kab. Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

10. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri
Photo Credit: Niti O.E.

Ada sebuah resor di wilayah pantai ini hingga pengunjung pantai akan ramai di saat tertentu. Pantai mempunyai ombak yang tenang dan pasir putih. Panorama dan aktivitas rekreasi yang dapat dilaksanakan di wilayah pantai ini cukup komplet.

Pengunjung dapat memancing, menyelam atau aktivitas yang lain yang telah ada di wilayah pantai. Panorama di bawah air pantai ini baik sekali karena pantainya bersih dan ada banyak biota laut yang hendak jadi rekan di saat menyelam. Ongkos masuk ke pantai ini ialah 25 ribu rupiah.

Alamat: Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 25.000
Google Maps: Cek Lokasi

11. Danau Kaolin (Camoi Aek Biru)

Danau Kaolin (Camoi Aek Biru)
Photo Credit:  Thalha Amalia

Danau ini sebuah dampak alami dari peralihan warna air bila berjumpa dengan elemen tertentu yang kadang dalam tanah. Danau berada pada sisa galian tambang timah yang paling luas. Sesudah timah di wilayah ini habis tambang ditinggal dan tak lagi bekerja. Pada sisa penggalian yang paling luas itu terciptalah danau dengan performa yang bagus sekali.

Danau berada berdekatan dengan danau yang lain tidak kalah luas dan mempunyai air warna hijau. Tempat pertambangan yang luas membuat lokasi ini bisa dicicipi dari beragam spot menarik. Datangi danau pada sore hari untuk memperoleh panorama yang makin menarik kembali dengan latar matahari tenggelam.

Alamat: Jl. Raya Gadung, Ranggas, Kec. Air Gegas, Kab. Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

12. Pulau Putri

Pulau Putri
Photo Credit: Amin Fernando

Pulau kecil satu ini akhir-akhir ini memang demikian populer dan populer. Disekitaran pulau Bangka benar ada banyak pulau pulau kecil satu diantaranya Pulau Putri ini. Pulau satu ini datang dengan eksotik sekalinya ukuran tidak besar. Pulau tersusun akan bebatuan granit yang unik dengan pohon ciri khas pantai pada bagian tengahnya. Persisnya ialah pohon Mentigi yang kuat dan sanggup memberi dampak asri dan teduh. Seperti umumnya pantai secara umum, Pulau Putri mempunyai pasir putih halus. airnya juga jernih dan seolah-olah serupa kaca karena sangat beningnya.

Santai sambil nikmati sepoi angin ditanggung akan membuat semua capek Anda lenyap. Untuk Anda yang ingin coba aktivitas melawan, naiki bebatuan granit yang ada bukan gagasan jelek. Di atas batu itu, panorama yang terhidang di Pulau Putri akan makin elok. Anda bisa juga lakukan beragam aktivitas yang memikat buat menelusuri pulau ini.

Alamat: Laut Cina Selatan, Bukit Ketok, Kec. Belinyu, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

13. Menara Air Minum

Menara Air Minum
Photo Credit: Jalan Wisata

Berpose di beberapa tempat yang monumental sebagai salah satunya langkah untuk membikin kesan-kesan yang hebat pada suatu lokasi lawatan rekreasi. Perjalanan ke teritori timah menjadi menarik karena di teritori ini ada bangunan tua perumahan karyawan tambang timah dan menara air minum yang besar sekali.

Menara dibikin dengan arah untuk menyalurkan air minum pada 10 ribu orang yang pada waktu itu tinggal di pulau Pangkal Pinang. Menara tua ini telah dikonsumsi umur tetapi tetap kuat hingga pantas jadi tempat menyaksikan panorama dan berpose.

Alamat: Bukit Sari, Kec. Gerunggang, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

14. Wisata Mangrove Munjang Kurau Barat

Wisata Mangrove Munjang Kurau Barat
Photo Credit: Mangrove Munjang Kurau Barat

Hutan mangrove dibikin membuat perlindungan tempat itu dari abrasi. Wujud hutan yang alami jadi penyegaran tertentu untuk tiap orang yang bertandang ke pulau Bangka. Ada sebuah jembatan menggantung dalam rimba ini. Jembatan dipakai untuk menyebrangi sungai yang mengucur antara rimba.

Status jembatan ini lumayan tinggi hingga ini menjadi aktivitas yang memerlukan psikis dan memicu adrenalin. Berkeliling-keliling dalam rimba dapat dilaksanakan dengan fasilitas sungai ini. Sebuah motor boat sewaan bisa dipakai untuk menyaksikan hutan dari jarak dekat.

Alamat: Kurau Barat, Kec. Koba, Kab. Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

15. Bukit 7 Sempan

Bukit 7 Sempan
Photo Credit: Tio Gusti Wibowo

Panorama yang hendak dicicipi di wilayah bukit-bukit ini ialah tempat rimba Bangka yang lumayan luas atau matahari tenggelam yang bisa disaksikan dari tempat inspeksi yang dibikin tinggi sekali hingga bentangan rimba Bangka yang luas jadi terang kelihatan. Panorama ini jarang-jarang diketemukan di pulau Bangka hingga bisa disebutkan sebagai tempat terbaik untuk cari ketenangan.

Alamat: Sempan, Kec. Pemali, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

16. Museum Timah Muntok

Museum Timah Muntok
Photo Credit: Raynardthan Pontoh

Museum Timah menjadi satu diantara lokasi yang perlu didatangi saat tiba ke Pulau Bangka. Museum Timah ini jadi harus didatangi karena di Indonesia cuman ada dua museum timah dan sebagai museum timah paling besar di Asia. Di Pangkal Pinang ada museum timah yang lain mengulas hal penambangan timah dan pada museum ini diulas berkenaan peleburan timah dan logam.

Gedung museum sendiri sebagai bangunan Belanda yang diubah jadi museum. Bangunan ini dibikin di tahun 1915 dan mempunyai sisi galeri, perpusatakaan, kantor dan auditorium.

Alamat: Tanjung, Kec. Mentok, Kab. Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

17. Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden
Photo Credit: Rizál

Membuat taman dan tempat hijau dalam suatu kota besar telah lama jadi suatu hal yang dipandang harus dilaksanakan. Di tengah-tengah kota yang telah diciderai oleh aktivitas penambangan timah tempat ini jadi sebuah penyegaran untuk situasi di wilayah Bangka. Tempat rimba lumayan luas yakni capai 300 hektar. Di tempat rimba ada danau bikinan yang dapat dipakai untuk bermain Seperti. Ada Rimba pinus dan beragam tumbuhan rimba yang lain ditanamkan di tempat besar ini. Tempat rekreasi ini beri kesegaran dan pas dijadikan lokasi hiburan untuk keluarga.

Alamat: Jl. Raya Pasir Padi Temberan, Air Itam, Kec. Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

18. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk
Photo Credit: Golden 178

Pantai ini berada di Kecamatan Belinyu. Lokasi pantai bersisihan dengan 2 pulau yakni Pulau Putri dan Pulau Lampu. Situasi pantai di tempat ini masih alami. Pantai ini mempunyai dua versus rekreasi air. Ada pantai yang lebih dangkal dengan ombak tenang sebagai tempat bertambatnya kapal nelayan.

Versus ke-2 ialah pantai yang lebih dalam dengan batu-batuan dan ombak yang besar hingga cukup beresiko untuk pelancong. Yakinkan aktivitas menysuri pantai dilaksanakan secara aman dan berhati-hati. Di bagian pantai yang lebih dalam ada padang ilalang yang kerap jadi spot berpose favorite pelancong.

Alamat: Jl. Penyusuk, Bukit Ketok, Kec. Belinyu, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

19. Bukit Pala

Bukit Pala
Photo Credit: Wita Resdesa

Panorama alam perbukitan yang disaksikan dari Bukit Pala akan memberi sebuah performa menarik bentangan pantai dan laut dalam suatu teluk yang namanya Teluk Limau. Bukit ini sebagai salah satunya contoh tempat rekreasi yang asli di pulau Bangka. Akses yang dipenuhi oleh ilalang harus dilakukan untuk capai tempat ini. Di atas bukit akan diketemukan beragam jenis lokasi yang pantas untuk jadi tempat berpose. Satu diantaranya ialah spot photo sarang burung yang diperlengkapi dengan panorama fantastis ciri khas pulau Bangka.

Alamat: Teluk Limau, Kec. Parittiga, Kab. Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 2.000
Google Maps: Cek Lokasi

20. Pantai Romodong

Pantai Romodong
Photo Credit: Kl Enzo

Pantai Romodong menjadi satu diantara rekreasi bahari Bangka yang hadirnya demikian mengundang perhatian. Untuk ke arah pantai ini, Anda harus tempuh perjalanan sekitaran 15 km dari pusat perkotaan Belinyu.

Sama seperti yang kita mengetahui, bebatuan granit raksasa memang jadi keunikan dari rekreasi kota Bangka. Pantai satu ini terhitung dalam barisan pantai dengan ombak yang kecil, hingga Anda tak perlu cemas bila bermain di tempat pantai Romodong.

Mempunyai bentangan pasir putih dan air yang jernih, pengunjung yang tiba ditanggung dapat lama-lama di pantai ini. Telusuri pantai satu ini bukan gagasan yang jelek, ingat saat Anda jalan ke barat dapat mendapati panorama hijau yang asri. Berenang atau bermain air jadi kegiatan yang membahagiakan.

Alamat: Bukit Ketok, Kec. Belinyu, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 7.000
Google Maps: Cek Lokasi

Daftar tempat wisata di atas masih terlampau sedikit bila memperbandingkan segala hal bagus yang berada di Bangka. Beragam rekreasi kekinian di Pangkal Pinang atau rekreasi eksotik di beberapa wilayah disekitaran rimba dan pantai Bangka telah kebanyakan. Bahkan juga masih banyak lokasi yang belum tereksplorasi. Untuk nikmati rekreasi pulau Bangka dengan optimal seorang kemungkinan harus habiskan satu semester di Pulau Bangka.

Tujuan Rekreasi di Pulau Bangka telah termasuk komplet. Pengunjung yang tiba ke tempat ini dapat nikmati semua tipe hal. Rekreasi dengan keluarga di beberapa tempat rekreasi kekinian dan rekreasi alam yang ramah untuk anak ada di pulau ini. Beragam lokasi yang masih asri dan tenang untuk melepas stress ada. Ada banyak tempat cantik di Pulau Bangka yang dapat dijadikan tempat untuk menyepi sesaat dan nikmati keelokan alam Bangka yang tidak ada duanya. Wilayah rekreasi yang banyak belum juga populer sebetulnya sebagai keuntungan tertentu karena kebebasan untuk kuasai spot photo jadi mungkin.

2 thoughts on “20 Tempat Wisata Terkini, Modern dan Paling Hits di Bangka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.