22 Tempat Wisata Modern dan Paling Hits Didatangi Saat Berlibur Di Balikpapan

22 Tempat Wisata Modern dan Paling Hits Didatangi Saat Berlibur Di Balikpapan

Kota Balikpapan bersebelahan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara, Selat Makassar dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Secara geografis, lokasi ini mempunyai daerah bukit-bukit dan dataran yang dapat ditempati cuman sekitaran 12% saja dari beberapa air dan sungai yang ada diwilayah ini. Karena ada peristiwa ini membuat Kota Balikpapan semakin eksotik.

Balikpapan ada di Propinsi Kalimantan Timur, mempunyai beragam rekreasi alam yang mempesona dan mengagumkan. Bukan hanya rekreasi alam saja, tetapi beragam sarana kekinian ikut jadi daya magnet tertentu untuk beberapa wisatawan. Awalannya, Balikpapan datang dari daerah nelayan yang berada di tepi pantai. Setelah ada pengeboran sumur minyak di daerah ini, daerah nelayan sah jadi kota yang saat ini kita mengenal bernama Balikpapan ini.

Bersamaan perjalanan waktu, kota Balikpapan semakin berkembang jadi multi etnis yang mempunyai tradisi dan rutinitas yang bermacam. Bukan hanya warga pribumi saja, tetapi beragam warga pendatang ikut rasakan keindah dan enaknya kota ini. Adapun tempat rekreasi di Balikpapan yang dapat Anda datangi diantaranya:

1. Tugu Australia

Photo Credit: Iwan Rahady

Tugu dengan lukisan pedang hitam di pucuknya ini mempunyai plakat yang menerangkan periode pembicaraan itu. Masyarakat juga menyebutnya sebagai tugu Australia karena untuk kenang kembali serdadu Australia yang musnah dalam pertarungan Balikpapan Juli 1945 selama saat persemakmuran inggris. Bertandanglah untuk membaca cerita monumental itu.

Untuk Anda yang berminat untuk berekreasi riwayat, Balikpapan mempunyai satu lokasi yang malah bercerita riwayat pertempuran tentara Australia dan Selandia baru. Peperangan ini terkait dengan riwayat Balikpapan sebagai rebutan dua negara itu selama saat penjajahan jepang di Perang dunia ke II.

Alamat: Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

2. Pantai Serumpun

Photo Credit: Randa Rinaldi Nata

Tidaklah aneh, banyak praktisi malam yang ikhlas bertandang dan menginap dengan kemping. Untuk yang tidak mau kemping, Pantai Serumpun juga diperlengkapi oleh beberapa pemondokan . Maka tak perlu cemas akan fasilitas dan prasarana biasanya. Meskipun begitu, Anda harus juga turut jaga kebersihan pantai yang ini.

Nama pantai serumpun mungkin asing dalam telinga beberapa wisatawan. Ingat lokasinya yang berada di sisi timur kota Balikpapan. Tetapi, pantai yang belum banyak didatangi ini tawarkan keelokan surgawi asri yang menarik. Pemandangan alam itu lebih memikat mendekati malam hari, di mana rangkaian bintang terlihat demikian terang di kegelapan.

Apa lagi ingat jika pantai ini masih sedikit dijumpai orang. Selainnya penampilan kemilau bintang, ombak tenang dan jejeran pohon pinus angan menghias pantai ini. Bermain air juga aman, asal Anda ketahui batas dan jaga diri. Daya tarik alam asri dan spot instagramable sering jadi sasaran bidikan beberapa photografer.

Alamat: Jl. Mulawarman, Lamaru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

3. Bukit Alpha

Photo Credit: Barracudax

Magnet pengunjung dari tujuan rekreasi ini bukan hanya dari kekuatan photografi yang tinggi sekali, tetapi juga dari kesegaran dan keasrian lokasi tersebut. Berkunjung ke Bukit Alpha akan membuat Anda berasa lepas dari ramai dan panasnya kota Balikpapan. Kesegaran angin bukit yang hijau dan asri akan menghipnotis Anda untuk melepas capek.

Kerap dikenal juga dengan bukit teletubies, lokasi berbentuk tempat hijau luas ini ialah favorite beberapa muda mudi. Salah satunya argumennya untuk penuhi keinginan photografi iconic dan trending. Lokasi ini bahkan juga sempat trending pada tahun 2015 dengan jejeran photo eksotik yang diamankan oleh beberapa wartawan satu majalah lokal.

Alamat: Manggar, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

4. Hutan Wanawisata

Photo Credit: Eddy Warista

Situasi alam yang paling kental akan Anda dapatkan di saat bertandang ke Rimba Wanawisata. Tujuan ini terhitung dalam teritori rekreasi pengajaran lingkungan hidup, yang mana rumah untuk pohon-pohonan yang tumbuh membubung tinggi. Anda dapat nikmati kesegaran situasi rimba, menelusuri koleksi peningkatan tanaman sangat jarang, coba outbound, atau tempat permainan.

Alamat: Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Rp 1.000
Google Maps: Cek Lokasi

5. Pantai Monpera

Photo Credit: Hendrik Marsus

Tujuan rekreasi yang ini adalah favorite pelancong yang mana mempunyai narasi tertentu. Kejernihan pantai dengan rangkaian pasir kecokelatan bercampur bak lukisan Tuhan. Waran dan kesesuaian deskripsi itu menjadi panorama yang tidak dapat dilewati demikian saja. Anda juga dapat bermain air dan lakukan eksploitasi sambil mengenali riwayat perjuangan di pantai Monpera.

Alamat: Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

6. Wisata Alam Hutan Lindung Sungai Wain

Photo Credit: Joko Niro

Rimba ini mempunyai luas sekitaran 10.025 Ha yang terbagi dalam rawa, bukit-bukit, dan sungai. Anda tidak harus berkeliling-keliling selebar rimba ini, cukup ikuti jalan yang telah diatur yang rapi dan menarik hingga Anda bisa meilhat dan nikmati rimba tanpa takut lenyap. Beragam hewan liar di situ tidak serang karena telah ada pemisah dan penyekat hingga hewan tidak bisa serang dengan bebas. Pengunjung bisa nikmati beragam rawa dan sungai yang tetap mengucur. Banyak hewan yang hidup disitu supaya masih tetap dapat bebas hidup di alam liar.

Alamat: Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Rp 180.000
Google Maps: Cek Lokasi

7. Penangkaran Buaya Teritip

Photo Credit: Bentang Pustaka

Selainnya dijadikan penangkaran, hewan reptil ini nanti akan digunakan kulitnya untuk jadi bahan khusus pembikinan tas dan dompet. Saat ke lokasi, pengunjung bisa memberikan makan pada buaya secara bebas bila didampingi oleh pemandu. Ingat, buaya itu garang ya jadi selalu harus siaga saat memberikan makan.

Reptil raksasa yang bisa memakan manusia ini dipiara bebas di sini. Beragam tipe buaya yang dipiara di sini diantaranya buaya air tawar, buaya muara, dan buaya supit. Beragam tipe buaya itu dirawat dan dipiara sesuai komunitasnya. Supaya lebih seperti tempat tinggalnya, penangkaran buaya ini dibuat dengan ide alam bebas walau sebetulnya seperti penjara.

Alamat: Teritip, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Rp 15.000
Google Maps: Cek Lokasi

8. Pelestarian Beruang Madu

Photo Credit: Iwan Dimas

Agar bisa menyaksikan secara empat mata beberapa beruang madu itu, dianjurkan untuk tiba pada pagi hari. Persisnya pada jam 9 pagi atau ketika waktu pemberian makan di jam 3 sore. Bukan hanya melihat beruang di luar enclosure, Anda bisa juga berkeliling-keliling dan melihat keasrian tempat, belanja produk kenang-kenangan, atau berkunjung rumah kucing liar.

Teritori rekreasi pengajaran Lingkungan Hidup KWPLH Balikpapan sediakan Rekreasi beruang madu. Binatang sangat jarang yang ini dikonservasi di lokasi ini sebagai usaha menghindar kemusnahan. Walau berbentuk tempat penangkaran, Anda dapat bertandang untuk melihat beruang madu di lokasi komunitas aslinya.

Alamat: Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

9. Pantai Melawai

Photo Credit: Rudi Sidharta

Pantai ini mempunyai panorama alam yang paling cantik. Beberapa batu karang yang selanjutnya menimbun jadi sebuah dataran yang serupa pulau kecil menambahkan keelokan alam ciptaan Tuhan ini. Situasi alam yang masih alami ini bisa mengundang gelak tawa sekalian rasa haru untuk beberapa pengunjung. Masalahnya beragam tumbuhan dan udara sejuk yang berada di sekitaran pantai benar-benar cantik dan mempesona. Pantai ini mempunyai beragam makanan ciri khas wilayah di tempat yang dapat Anda cicipi dengan keluarga.

Alamat: Jl. Pelabuhan Semayang, Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

10. Pantai Lamaru

Photo Credit: Nazroel

Jika disaksikan dari pengaturan dan tambahan sarana rekreasi, pantai ini lebih kekinian dibandingkan pantai Melawai. Anda bisa berpose atau merekam beberapa video ketika bermain dan mendokumentasikan event bersama orang tersayang. Beragam sarana umum itu dapat Anda pakai dengan gratis dan bebas. Namun, bila beberapa orang yang antre dan ingin memakai karena itu harus berganti-gantian dan tidak memakai kelamaan. Hadirlah dengan keluarga dan teman dekat tersayang untuk nikmati pantai Lamaru ini. Tentu saja Anda akan berbahagia.

Alamat: Lamaru, Teritip, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

11. Taman Tiga Generasi

Photo Credit: Muhammad Fajar

Mengangkat topik yang lebih modern, taman tiga angkatan dibuat untuk menarik amino pengunjung muda. Arah khusus dari pembangunan tujuan rekreasi ini untuk penuhi keperluan ruangan terbuka hijau untuk masyarakat lokal. Tetapi, bersamaan sama waktu sarana dan fasilitas yang diberi makin meluas.

Lokasi yang ini bukan hanya memberi penampilan taman yang teratur rapi, tetapi beberapa sarana pendukung yang lain. Taman Bunga elok, bentang pohon teduh, sampai rumput hijau dilengkapi dengan gazebo dan tempat istirahat. Ada juga tempat olahraga, tempat untuk bermain anak anak, kolam air, lajur refleksi, sampai perpustakaan baca untuk pengunjung.

Alamat: Sepinggan, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

12. Monpera

Photo Credit: Dhimas Pradityo

Monumen ini mengingati kita pada jasa beberapa pahlawan yang telah berkorban untuk kebutuhan umum. Bertandang ke lokasi monumental ini akan lebih baik saat matahari tenggelam, karena latar orange di saat matahari tenggelam bisa menambahkan keelokan alam ini dengan lumayan baik. Gambar yang dibuat di sore hari akan terlihat lebih cantik dan eksotik.

Alamat: Klandasan Ulu, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

13. Aquaboom BSB

Photo Credit: jaka lesmana

Beragam sarana air seperti kolam renang, peluncur air dan permainan air yang lain benar-benar komplet di sini. Mengajak saudara dan rekan untuk bermain bersama, karena sarana yang banyak ini semakin lebih hebat bila dimainkan bersama.

Jika akan ke situ janganlah lupa bawa baju tukar supaya tidak kedinginan. Sesuai namanya, tempat rekreasi ini tawarkan beragam permainan air yang mengagetkan seperti bom.

Alamat: Kompleks Balikpapan Superblok,  Gunung Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Rp 100.000
Google Maps: Cek Lokasi

14. Wisata Alam Hutan Bakau Margomulyo

Photo Credit: Kenny Choo

Di rimba ini Anda dapat melihat beberapa bekantan yang sedang asyik berdompol dalam komune. Bekantan bertubuh yang serupa sekali dengan monyet, namun hidung dan mukanya cukup merah. Hewan ini mempunyai hidung mancung dan panjang hingga benar-benar gampang untuk dikenal. Beragam tipe monyet lain ada juga dalam rimba.

Bila bertandang kesini janganlah lupa selalu untuk jaga kebersihan dengan tidak buang sampah asal-asalan. Buanglah ke arah tempat yang telah disiapkan.

Alamat: Margo Mulyo, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

15. Liang Mangkulangit

Photo Credit: Celebes.co

Balikpapan mempunyai tujuan rekreasi bukit karst istimewa yang jangan dilewati. Skema ciri khas bukit karst di lokasi ini bahkan juga dipanggil Goa mengusung langit, karena terlihat menjuru ke atas. Alam yang asri dan alami, sering jadi sasaran photografi. Bukitnya yang tinggi, pohon-pohonan besar, kesegaran tempat jadi lokasi yang pas untuk beberapa praktisi alam.

Alamat: Desa Muara Kuaro, Kec. Muara Komam, Kab. Paser, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

16. Kampung Atas Air Margasari

Photo Credit: Amat Ambo

Daerah atas air ini dibuat dengan ide merakyat. Tidaklah aneh bila beragam kulineran dan sarana yang dijajakan benar-benar ramah dikantong. Anda dapat menegur dan berbicara dengan warga di tempat yang ramah dan hangat. Liburan ke situ bisa melepaskan stress dan capek karena situasi yang dijajakan benar-benar sejuk dan asri.

Silahkan tiba kapan pun karena pada intinya daerah ini ialah daerah yang jadi tempat rekreasi . Maka, Anda dapat tiba pagi, siang, sore bahkan juga malam hari sekalian nikmati kulineran di tempat.

Alamat: Margasari, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

17. Mangrove Center Graha Indah

Photo Credit: Ocha Maosawati

Di mangrove center, Anda akan disajikan tempat hijau terurus di bawah payung administrasi masyarakat lokal. Anda juga dapat telusuri sungai mangrove dengan perahu mesin. Jalur sungai itu dihias dengan vegetasi yang berperan seperti kanopi jalan.

Sambil telusuri sungai itu, Anda dapat rasakan kesegaran dan keasrian lingkungan. Panorama hijau itu akan beri kesegaran mata. Yakinkan mata Anda lebar terbuka, pasalnya sering ada primata lokal Bekantan yang bermain di rimbunan pohon bakau itu. Tidak boleh keburu bergerak pulang, karena daya tarik sunset di atas perahu pasti menghipnotis Anda.

Alamat: Batu Ampar, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Rp 15.000
Google Maps: Cek Lokasi

18. Danau Cermin Lamaru

Photo Credit: Yey

Danau ini benar-benar jauh dari kota hingga udara dan pemandangan yang dijajakan masih asri dan cantik. Untuk Anda yang kerap alami napas sesak semakin lebih sehat bila kerap rekreasi ke lokasi yang sejuk seperti ini.

Walau danau ini hanya danau bikinan tetapi keelokan dan keindahannya sesuai dengan danau alami yang telah kita mengetahui. Sebelumnya, danau ini cuman sebuah kerukan tanah saja. Selanjutnya bersamaan perjalanan waktu, danau ini jadi cantik dan tercipta sendiri oleh alam.Tanpa menyengaja danau ini menjadi cermin karena refleksi sinar yang berada di sekelilingnya hingga tempat ini diberi nama danau cermin.

Alamat: Lamaru, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Rp 15.000
Google Maps: Cek Lokasi

19. Kebun Raya Balikpapan

Photo Credit: Yan Alfi Tupen

Pemerintahan Balikpapan menyengaja membuat kebun raya ini sebagai salah satunya tempat wisata supaya warga dapat nikmati dan istirahat sesaat dengan keluarga. Rekreasi dengan keluarga akan menambahkan keserasian hingga terbentuk warga yang rukun dan damai.

Alamat: Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

20. Masjid Islamic Center

Photo Credit: Henry Setiawan

Masjid ini mempunyai bangunan yang paling cantik dan istimewa hingga benar-benar pas untuk didokumentasikan pada suatu video dan foto. Bangunan ini bukan hanya cantik dan luas tetapi dipenuhi oleh beragam sarana seperti perpustakaan dan toilet yang bersih.

Alamat: Gunung Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

21. Dahor Heritage

Photo Credit: Stephanus Theodorus

Umurnya yang cukup tua membuat bangunan ini mempunyai nilai riwayat yang tinggi sekali. Tidak itu saja, kualitas bahan untiuk membuat rumah ini masih asli dari Indonesia. Dari bangunan ini memperlihatkan jika Nusantara mempunyai alam yang paling kaya dan mempunyai harga jual yang tinggi sekali.

Anda dapat nikmati bangunan ini sekalian berpose dan memperhatikan arsitek yang ada di bangunan. Bila akan ke situ seharusnya tidak boleh memakai mobil karena tidak ada tempat luas yang dapat memarkir mobil secara baik. Pengunjung umumnya memakai motor sebagai angkutan umum yang ada.

Alamat: Baru Ilir, Kec. Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: –
Google Maps: Cek Lokasi

22. Danau Manggar

Photo Credit: Mesin Aksara

Danau atau waduk manggar memang mempunyai terlibat manusia, tetapi keelokan alamnya selalu sanggup menghipnotis beberapa pengunjung. Lokasi ini terkenal sebagai tempat wisata dan santai. Situasinya sepi, damai, dan tenang diperlengkapi dengan sepoi-sepoi angin dan pohon-pohonan teduh. Lokasi ini terbuka untuk Anda yang ingin kemping, berswafoto di spot elok, memancing, atau sekadar istirahat.

Alamat: Karang Joang, Kec. Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.
Harga Tiket Masuk: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

Itu 22 referensi tempat rekreasi di Balikpapan terkini dan terhits untuk didatangi. Yakinkan Anda mempunyai saat yang cocok untuk dapat berekreasi supaya tidak mengusik kegiatan harian. Jadwalkan liburan ke Balikpapan bila Anda mempunyai saat yang lumayan panjang. Kota ini mempunyai nuansa alam dan pemandangan yang sayang sekali untuk dilewati. Mudah-mudahan tulisan ini berguna. Terima kasih.

4 thoughts on “22 Tempat Wisata Modern dan Paling Hits Didatangi Saat Berlibur Di Balikpapan

  1. ПРОДВИЖЕНИЕ САЙТА infoliburan.net В АНГЛОЯЗЫЧНОМ ИНТЕРНЕТЕ • ПРОДВИЖЕНИЕ САЙТА ПО ЛЮБОЙ СТРАНЕ • ПРОДВИЖЕНИЕ АНГЛОЯЗЫЧНОГО САЙТА

    SEO продвижение сайта infoliburan.net в Google на английском и любом языке в любой стране мира

    Продвижение англоязычного сайта предполагает охват целевой аудитории не только в англоязычных странах, но и во всем мире.

    Перспективы потенциального рынка сбыта у сайта на английском на два порядка больше, чем в Рунете, следовательно,

    соответственно и ПРИБЫЛЬ с сайта может быть на порядок больше!

    РАСКРУТКА САЙТА В США, АНГЛИИ, ЕВРОПЕ

    Конкуренция в англоязычном сегменте интернета, т.е. на мировом уровне значительно больше,

    но если ваши товары/услуги востребованы и конкурентоспособны — ЭТО ТОГО СТОИТ!

    Мы Решим вопрос с SEO-продвижением вашего англоязычного сайта,

    поднимем ваш сайт в топ-10 Google НА ЛЮБОМ ЯЗЫКЕ по популярным запросам.

    Продвижение сайта в Google В ЛЮБОЙ СТРАНЕ НА ЛЮБОМ ЯЗЫКЕ.

    Обеспечим приток посетителей, высокие позиции в Google, расширение географии, приток большого количества новых клиентов и значительное увеличение ваших доходов.

    SEO-агентство Москва • работаем с зарубежными заказчиками

    Продвижение сайта на английском
    Раскрутка сайта на французском
    SEO Продвижение на итальянском
    Продвижение сайта на испанском
    Продвижение на азиатских языках

    http://teil.cc/I7dnJ

    ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________

    GOOGLE SEO FOR infoliburan.net IN ANY COUNTRY • SEO FOR WEBSITES IN ENGLISH

    Effective Google SEO for websites in English and any language in any country of the world

    SEO of English-language websites involves reaching the target audience not only in English-speaking countries, but throughout the world.

    The prospects for a potential market for a site in English are hundred times more, therefore,

    the PROFITS of it can be hundred times more!

    WEBSITE SEO IN USA, UK, EUROPE

    Get the advantages of website promotion throughout the world!

    We offer the effective SEO for your English-language site,

    we will rank your site to the top-10 Google on ANY LANGUAGE.

    Effective SEO services IN ANY COUNTRY ON ANY LANGUAGE.

    We will provide:

    Traffic increasing, high positions in Google
    market expansion in any country, any location,
    the large number of new customers and a significant increase in your income.

    We work with customers from all the world

    SEO for websites in English
    SEO for websites in French
    SEO for websites in Italian
    SEO for websites in Spanish
    SEO for websites in Asian languages
    And don’t forget – We work with the sites on any European language

    http://gg.gg/seo-google23761

    Excuse us if we ‘ve disturbed you and we are sorry if you are not interested in this offer

    Thanks for your attention

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.