12 Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Aceh Barat, Propinsi Aceh

12 Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Aceh Barat, Propinsi Aceh

Kota berjulukan Serambi Mekah ini banyak memiliki kekhasan yang membuat memiliki daya magnet tertentu. Apa lagi bila Anda memiliki peluang untuk bertandang ke Aceh janganlah lupa untuk bertandang ke daerah barat Aceh yang simpan banyak keelokan alam yang bisa membuat kamu kagum. Berikut ada tempat wisata di Aceh Barat yang diringkas untuk memberi Anda opsi terbaik saat ingin isi berlibur.

1. Makam Pahlawan Teuku Umar

Makam Pahlawan Teuku Umar
Photo Credit: Fitra Nasution

Makam Teuku Umar tidak pernah sepi pengunjung, sehari-harinya pasti selalu penuh pengunjung, baik dari dalam wilayah Aceh atau di luar Aceh. Dalam lokasi pusara ada satu pohon besar yang keluarkan air secara terus-terusan dan tidak pernah stop. Pusara Teuku Umar mempunyai situasi yang paling dingin, menentramkan, dan udara yang masih alami.

Alamat: Desa Mugo Rayuek, Kec. Panton Reu, Kab. Aceh Barat, Aceh.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

2. Tugu Kupiah Teuku Umar

Tugu Kupiah Teuku Umar
Photo Credit: Bagoes Hardy

Salah satunya rekreasi yang populer di Aceh Barat ialah Tugu Kupiah Teuku Umar. Teuku Umar Johan ialah pahlawan nasional, disini tempat luruhnya pahlawan nasional kebanggaan orang Aceh Barat. Persisnya di Kecamatan Johan Pahlawan, tempat ini ialah saksi biksu luruhnya beliau. Kecamatan Johan Pahlawan berada tidak jauh dari pusat perkotaan Meulaboh. Untuk kenang kembali beberapa jasa beliau, dibangunlah tugu kupiah sebagai penghormatan kekal warga Aceh dan Nusantara pada beberapa jasa beliau pada kemerdekaan NKRI.

Alamat: Meulaboh, Kuta Padang, Aceh Barat, Kab. Aceh Barat, Aceh.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

3. Persawahan Suak Sigadeng

Persawahan Suak Sigadeng
Photo Credit: Republikwisata.com

Ingin memperoleh foto- photo keren yang memiliki nuansa alam selainnya di pantai, Anda dapat coba bertandang ke persawahan suak sigadang yang berada di kecamatan Johan Pahlawan, di sini ada beberapa spot photo kece yang dikuasai background persawahan yang hijau dan mempersejuk.

Alamat: Meulaboh, Kab. Aceh Barat, Aceh.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

4. Lebok Pineu

Lebok Pineu
Photo Credit: Tanohmirah.wordpress.com

Anda bisa juga mendapati banyak rekreasi alam di sini, satu diantaranya ialah Lebok Pineu. Lebok Pineu ialah sejeni anak sungai yang mempunyai saluran cukup deras, yang mengagumkannya kembali anak sungai ini mempunyai air yang paling jernih dan beri kesegaran. Rekreasi Lebok Pineu ada di Dusun Tanoh Mirah, Aceh Barat. Untuk dapat sampai kesini bersiap untuk nyasar-nyasar ya, karena pasti banyak jalan yang asing disitu, Anda dapat coba menanyakan pada warga di tempat supaya tidak salah jalan.

Alamat: Tanoh Mirah ,Kec. Sungai Mas, Kab. Aceh Barat, Aceh.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

5. Pantai Lhok Geudong

Pantai Lhok Geudong
Photo Credit: Ravi Mudi Atmoko

Situasi alam yang di pasarkan pantai satu ini tidak pernah tidak berhasil menarik hati beberapa pelancong. Pantai Lhok Geudong memang menghadap langsung ke Samudra Hindia, hingga membuat panorama yang ada benar-benar cantik. Jejeran pohon-pohonan yang berada di bibir pantai akan membuat situasi pantai makin teduh. Waktu terbaik di sini memang saat senja, panorama matahari tenggelam di sini pantas dapat acungan jempol. Situasi tenang dan damai bersatu dengan deburan ombak akan membuat kamu kerasan dan tidak ingin pulang saja.

Alamat: Desa Suak Ribee, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat, Aceh.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

6. Danau Geunang Geudong

Danau Geunang Geudong
Photo Credit: Wisata Kita

Aceh Barat mempunyai rekreasi danau yang elok. Danau Geunang Geudong mempunyai luas lebih kurang 7 Ha dan mencakup 3 dusun yang berada di daerah itu. Terpikir kan begitu luasnya danau ini. Tempat satu ini pas untuk Anda yang mencari ketenangan, Anda dapat mancing atau sekadar membaca buku untuk measakan ketenangan dan kenyamanan yang dijajakan danau satu ini.

Alamat: Putim, Kec. Kaway XVI, Kab. Aceh Barat, Aceh.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

7. Pantai Suak Ribee

Pantai Suak Ribee
Photo Credit: Fauzi ST

Pantai ini tidak mempunyai pasir pantai, tetapi cuman diisioleh rumput-rumputan hijau yang membuat Terlihat seperti danau. Unik sekali kan, panorama laut di sini tidak perlu disangsikan kembali, pohon- pohon kelapa dan pohon-pohonan yang lain berjejer dan tumbuh di bibir pantai itu, membuat situasi jadi teduh dan nyaman.

Bila bertandang kesini janganlah lupa untuk beli kopi kebaliknya, tidak susah untuk menjumpai kopi ini, karena di sejauh pantai Anda akan mendapati banyak penjual yang menawarkan kopi kebalik ini dengan range harga yang murah dan meriah.

Alamat: Jl. Iskandar Muda, Suak Ribee, Kec. Johan Pahlawan, Kab. Aceh Barat, Aceh.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

8. Pulau Gosong

Pulau Gosong
Photo Credit: Muhajiburrahman

Dari saja namanya tentu sudah dapat membuat pengunjung tertarik, Pulau Gosong ialah satu pulau yang tercipta dari timbunan pasir yang terikut arus dan tertimbun melekat pada karang-karang. Hingga pada akhirnya terciptalah satu pulau kecil. Agar bisa ke pulau ini Anda memerlukan waktu pintas lebih kurang 35 menit dengan memakai boat atau perahu motor.

Alamat: Desa Mugo Rayuek, Kec. Panton Reu, Kab. Aceh Barat, Aceh.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

9. Krueng Tutut

Krueng Tutut
Photo Credit: Bang Is

Keelokannya telah kedengar dalam telinga beberapa traveller Indonesia. Rekreasi Krueng Tutut ini ada di Gampong Tutut, Dusun Tanoh Mirah. Di atas bukit Anda akan menyaksikan panorama air yang biru dan membuat kamu tidak sabar ingin berenang didalamnya. Di bawah rimbunnya pohon-pohonan, terasanya sedang berenang di kolam renang pulau individu sekalian didampingi ciutan burung yang sama-sama sahut menyahut.

Alamat: Desa Tanoh Mirah, Kec. Sungai Mas, Kab. Aceh Barat, Aceh.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

10. Pantai Pusong Sangkalan

Pantai Pusong Sangkalan
Photo Credit: Tempatwisata.pro

Banyak pantai yang dapat Anda datangi satu diantaranya ialah pantai Pusong Sangkalan ini. pantai satu ini kerap jadi tempat surfing beberapa pelancong. ombak di pantai ini termasuk bagus buat mereka yang ingin latihan surfing atau baru belajar surfing. Warga di tempat memberikan panggilan pantai satu ini dengan pantai Bali, selainnya kerap digunakan untuk surfing, pantai ini mempunyai keelokan alam seperti pantai yang berada di pulau dewata Bali.

Alamat: Meulaboh, Kab. Aceh Barat, Aceh.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

11. Pantai Lhok Bubon

Pantai Lhok Bubon
Photo Credit: Ega

Air laut yang paling jernih dapat memikat siapa saja yang menyaksikan, masih ditambah dengan pasir putih yang terhampar luas tidak bertepi keelokan alam yang memesona ini pasti membuat kamu sesaat lupa dengan permasalahan tugas atau permasalahan hidup yang lain.

Bila tiba kesini janganlah lupa untuk nikmati hidangan makanan lautnya dengan rasa ciri khas rempah- rempah warga Aceh. Untuk dapat sampai ke pantai ini Anda harus tempuh jarak sekitaran 8 km dari pusat perkotaan yakni Meulaboh.

Alamat: Lhok Bubon, Kec. Samatiga, Kab. Aceh Barat, Aceh.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

12. Pantai Batee Puteeh

Pantai Batee Puteeh
Photo Credit: Cet laget

Pantai ini cuman memiliki jarak 3 km dari pusat perkotaan Meulaboh, jadi Anda tidak perlu sulit- sulit menelusurinya. Jarak pantai yang dekat akan membuat kamu gampang mendapatinya. Pantai ini dikuasai dengan pantai pasir putih dan air laut yang biru dan fresh, saat kesini Anda akan mendapati ketenangan.

Alamat: Ujung Batee Puteh, Beureunut, Kec. Seulimeum, Kab. Aceh Besar, Aceh.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Itu referensi tempat rekreasi di Kabupaten Aceh Barat yang paling hits dikujungi. Daftar tujuan rekreasi kelihatannya telah lebih dari cukup buat bawa Anda jalanan menelusuri di Aceh Barat. Satu 2 hari rasanya masih tidak cukup, Anda harus berlibur sepanjang satu minggu penuh untuk dapat menelusuri banyak rekreasi alam yang berada di Aceh Barat. Selamat berlibur!

1 thought on “12 Tempat Wisata Terbaik dan Terkenal di Aceh Barat, Propinsi Aceh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.