Tembok Berlin Sorong, Nongkrong Sambil Mencicipi Beragam Kuliner

Tembok Berlin Sorong, Nongkrong Sambil Mencicipi Beragam Kuliner
Alamat: Kampung Baru, Kec. Sorong, Kota Sorong, Papua Barat.
Biaya Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

Tembok Berlin salah satunya tujuan nongkrong favorite dan hebat di Kota Sorong yang memikat didatangi. Tembok yang memanjang di pinggir pantai terkenal sebagai arah untuk nikmati sajian kulineran.

Untuk warga Kota Sorong, Tembok Berlin yang ada di daerah Pantai Dofior sebagai pusat selingan dan keramaian. Disebutkan Tembok Berlin bukan tanpa argumen, tapi tidak dan rata tampilkan pemandangan seperti tembok di Jerman. Tetapi, benar ada tembok dengan tinggi 1,5 mtr. yang menghampar sepanjang 1 km di sejauh tempat pantai.

Tembok itu berperan sebagai pemisah di antara jalan raya dan pantai, sekalian meredam gelombang air laut supaya tidak merembes ke jalanan. Saat bertandang kesini, Anda akan disuguhi panorama muda-mudi yang sering duduk berpasangan di atas tembok dengan lebar 1 mtr. itu. Saat-saat paling ramai umumnya terjadi di sore hari sambil nikmati langit senja.

Bersamaan kegelapan yang menyambut dan si surya terpindahkan oleh bulan, Tembok Berlin makin dipenuhi kalangan muda. Berkilau lampu kota membal di permukaan air laut hingga hasilkan kemilau yang menakjubkan. Didampingi suara deru ombak dan bising percakapan dari beberapa pengunjung. Pada umumnya, betul-betul menunjukkan situasi romantis.

Pesona yang Dipunyai Tembok Berlin

Pesona Tembok Berlin Sorong
Photo Credit: Andar

Ada narasi yang tersebar dari mulut ke dalam mulut antara warga Kota Sorong, konon pemberian nama tujuan ini di inspirasi dari robohnya Tembok Berlin di Jerman di tahun 1990. hari Suroto, salah seorang Periset di Balai Arkeolog Papua, menjelaskan jika pada waktu itu beberapa media yang menyorot kehancuran tembok monumental itu.

Pada saat yang sama, tembok pencegah abrasi di Kota sorong belum mempunyai nama, karenanya disebutlah nama Tembok Berlin Sorong supaya lebih gampang dikenang. Seiring waktu berjalan, warga di tempat menggunakannya sebagai tujuan sekalian tempat menawarkan dagangan.

Sayang, berita terbaru mengatakan jika tembok itu sekarang akan ditumbangkan. Maksudnya tidak lain untuk memberikan dukungan reklamasi pantai. Walau sebenarnya, tempat wisata ini menjadi satu diantara daya magnet di Kota Sorong.

Kota Sorong sendiri seperti pintu gerbang langsung menyambungkan beberapa pelancong dengan Waisai, ibu-kota Raja Ampat. Nama sorong datang dari kata Soren, yang memiliki makna laut dalam dan bergelombang dengan bahasa Biak.

Warga sekitaran berlomba-lomba membuat warung tenda di teritori Pantai Dofior. Bermacam kulineran lalu berjajar dari ujung ke ujung, baik itu makanan berat atau sekedar jajan enteng. Pisang goreng, kopi, ikan bakar, beberapa obat herbal seperti sarang semut, kelapa muda, dan ada banyak kembali. Banyak hidangan memikat yang bisa Anda dapatkan saat lagi bermain di sini.

Anda dapat nikmati satu cangkir saraba atau kopi saat malam datang. Rasakan kesan saat angin berembus halus seakan membelai muka. Memburu kulineran dari 1 tenda ke tenda yang lain pantas untuk dicoba. Namun, untuk pelancong yang menetap di Pulau Jawa, kemungkinan akan berasa jika harga makanan di daerah timur Indonesia ini termasuk mahal.

Ketidaksamaan harga itu benar-benar lumrah ingat bahan baku pembikinan makanan harus melalui proses distribusi panjang sampai datang pada tangan beberapa pedagang kecil. Dalam kata lain, memburu kulineran di Tembok Berlin sama juga maknanya Anda menolong menggerakkan roda ekonomi warga sekitaran.

Sepanjang mata melihat, Anda tidak bisa banyak mendapati rangkaian pulau, yang ada malah bentangan lepas pantai. Memang, di sejumlah titik ada pulau kecil, tapi tidak demikian mencolok. Di bawah langit senja saat mentari terbenam, bias jingga makin percantik pemandangan alam. Dimanapun Anda duduk di atas tembok sejauh 1 km itu, laut dan langit yang hendak menegur.

Jejeran bangku kayu dan meja plastik menebar di pinggir jalan. Makin hari bergerak malam, tempat ini makin penuh oleh pengunjung. Sesudah senang nikmati daya tarik bentangan laut, Anda dapat menyisih ke salah satunya warung tenda untuk melahap menu seperti keinginan. Tetapi, Anda bisa juga bawa makanan ke atas tembok.

Lokasi Menuku ke Wisata Tembok Berlin

Lokasi Tembok Berlin Sorong
Photo Credit: Frintty Infanty

Anda dapat menumpang angkot warna kuning untuk ke arah Tembok Berlin Sorong bila menginap di pemondokan sekitaran Bandar Udara Dominique Edward Osok. Oleh warga di tempat, angkot itu dinamakan taksi. Mengambil rute lajur H sampai datang di seberang Gereja Maranatha.

Kemudian, lanjutkan perjalanan Anda memakai angkot bertrayek A dan stop di muka tujuan arah. Tiap penumpang akan dikenakan biaya dimulai dari Rp 5.000. Bila waktu itu ialah lawatan pertama Anda, janganlah lupa untuk memberitahu pengemudi supaya stop pas di muka tembok . Maka, peluang Anda salah jalan dapat diminimalkan.

Berada di Daerah Baru, Kecamatan Sorong, Kota Sorong, Papua Barat, Anda dapat memakai mobil carter untuk bergerak ke ini. Tertaut sekitaran 5,9 km dengan Kantor Walikota Sorong, minimal akan habiskan waktu 10 menit di perjalanan. Keadaan jalan raya tidak demikian macet. Tetapi, jauhi sikap tergesa-gesa bila Anda berkendara sendiri.

Tidak ubahnya seperti tembok di pinggir jalanan kota, Anda tak perlu bayar sepeser juga bila tertarik kesini. Siapa pun dapat dengan bebas tiba dan pergi sesenang hati. Bujet Anda nampaknya malah akan terkuras oleh hidangan kulineran. Pasti, selainnya ongkos perjalanan dari titik keberangkatan Anda.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Tembok Berlin

Kegiatan Tembok Berlin
Photo Credit: MotoJelajah

Melihat Matahari Tenggelam

Aktivitas terpopuler yang rasanya dicari oleh semua pelancong saat di Tembok Berlin Sorong ialah melihat si surya tenggelam. Antara keramaian hilir mudik pengunjung, Anda dapat cari spot di salah satunya segi tembok. Janganlah lupa persiapkan kudapan dan minuman hangat untuk menambahkan serunya.

Cicipi beberapa detik saat mata Anda terdiam pada si surya yang sebelumnya jingga jelas beralih menjadi kemerahan. Pemandangan sinar yang menebar di permukaan air laut pantas untuk didokumentasikan. Maka dari itu, janganlah lupa mempersiapkan peralatan photografi terbaik. Bila Anda cukup pandai tentukan angle, bisa saja foto yang terabadikan dalam frame camera demikian memikat.

Jalan Telusuri Tembok

Selanjutnya, aktivitas ini lebih pas dilaksanakan saat pagi atau siang hari saat sebelum teritori Tembok Berlin Sorong dipenuhi pengunjung. Coba untuk jalan kaki telusuri kelompok batu-batuan yang dicor sejauh 1 km itu. Sisi atasnya lumayan lebar hingga memungkinkannya Anda dapat berlarian, diprediksi capai 1,5 mtr..

Pada peristiwa ini, Anda bisa membuat video dokumenter atau semacamnya. Dokumentasikan keelokan pemandangan alam di ibu-kota daerah ujung timur Indonesia. Kemudian, Anda dapat memublikasikannya di semua saluran sosial media. Mungkin, cara barusan dapat sekalian jadi fasilitas promo, selainnya percantik penampilan account Anda.

Disekitaran tujuan ada pemondokan, warung makan. Untuk keperluan yang lain, nampaknya Anda harus jalan lebih jauh ke teritori permukiman. Pada umumnya, tempat ini cukup worth it untuk digunakan santai.

Semua keelokan Tembok Berlin Sorong sekarang tidak dapat Anda cicipi seutuhnya karena sedang dalam tahapan reklamasi. Mudah-mudahan dengan ramainya lawatan, ada usaha lebih extra dari pemerintahan untuk memberikan kepastian berkaitan keberlangsungan project.

Kegiatan Lain Tembok Berlin
Photo Credit: Alberth Douglas Sorondanya

Jogging

Bila ingin isi pagi hari dengan olahraga, Anda bisa jadikan teritori disekitaran Tembok Berlin Sorong sebagai daftar jalur lawatan. Apa lagi, tempat ini condong sepi di saat pagi sampai mendekati sore. Situasi yang dijajakan cukup tenang, dituruti suara debur ombak, dan sepoi-sepoi angin. Cuacanya juga mendatangkan kesan-kesan hangat di hati.

Alangkah baiknya kalau Anda tiba setelah subuh. Dengan begitu, Anda punyai peluang melihat mentari keluar. Beberapa detik saat realisasi bola besar ada dari balik bukit-bukit lalu perlahan-lahan bergerak meninggi sampai ke atas kepala.

Harus dipahami, Kota Sorong terhitung sisi zone waktu Daerah Indonesia Timur (WIT). Bila Anda datang dari daerah dengan zone waktu berlainan, yakinkan sudah atur jam di handphone atau jam tangan sama sesuai ketetapan di tempat.

Naik sepeda

Masih sekitar olahraga pagi, bila malas jalan kaki, Anda dapat manfaatkan sepeda. Coba untuk mengayuh kendaraan beroda 2 ini dari lokasi pemondokan. Mencari jalanan di sejauh teritori Pantai Dofior, pasti mendatangkan impresi tertentu untuk Anda, terutamanya yang baru pertama kalinya mengunjungi Kota Sorong.

Supaya tidak begitu kesepian, bawalah rekan supaya ikut serta. Sesudah capek naik sepeda, tidak boleh cepat-cepat pulang. Menghabiskan waktu lebih banyak untuk sekedar nikmati mentari pagi di bawah langit Kota Sorong. Janganlah lupa membawa minuman sendiri ingat tidak ada warga lokal yang jualan di jam itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.