Taman Satwa Cikembulan Garut, Taman Wisata Edukasi Fauna

Taman Satwa Cikembulan Garut, Taman Wisata Edukasi Fauna
Alamat: Cikembulan, Kec. Kadungora, Kab. Garut, Jawa Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 40.000
Google Maps: Cek Lokasi

Berekreasi dapat dilaksanakan dengan beberapa langkah, apa lagi sekarang ini telah banyak tempat wisata yang dapat didatangi. Dimulai dari wisata alam, selingan sampai sekelas kebun binatang yang tidak kalah hebat. Terlebih bila dalam berlibur anda ajak buah kesayangan, tentu saja menjadi tempat untuk belajar.

Di Garut, Jawa Barat ada Taman Satwa Cikembulan yang tawarkan beberapa hal dan tentunya lebih hebat. Secara lengkap, baca penjelasannya ini.

Mengenal Kebun Binatang Cikembulan

Mengenal Taman Satwa Cikembulan
Photo Credit: Lionel Leon

Kebun Binatang satu ini diberi nama Cikembulan karena terletak ada di Dusun Cikembulan. Mempunyai koleksi satwa yang termasuk komplet membuat tempat ini dapat dijadikan alternative untuk anda yang ingin berlibur. Terlebih bila anda ingin berlibur dengan keluarga dengan anak anak didalamnya. Ditanggung akan membuat sang kecil berasa suka akan berlibur ini kali. Apa lagi dapat menjadi wisata pembelajaran untuk mengenali satwa.

Bermula dari usaha dan kreasi masyarakat di tempat, sekarang taman satwa Cikembulan jadi daya magnet wisawatan. Tawarkan situasi yang nyaman dengan alam perdesaan yang kental jadi daya magnet tertentu. Taman Satwa ini nyaris serupa dengan kebun binatang secara umum, namun tidak mempunyai koleksi hewan memiliki ukuran besar. Hingga anda tidak menemui hewan seperti Gajah, Badak, Jerapak dan yang besar yang lain.

Taman Satwa ini dibuka untuk umum dari tahun 2009 lalu dan sudah ada semenjak tahun 1998. Sampai sekarang belum juga dijumpai kenapa taman ini tidak dibuka untuk umum lama. Yang jelas sekarang ini telah ada banyak hewan sebagai koleksinya. Beberapa dari sebagai satwa yang diproteksi dan yang tidak diproteksi. Hingga anda dapat menyaksikan banyak binatang dengan berkunjung taman satwa di Garut ini.

Sekarang ini telah ada sekitaran 465 satwa yang terdiri 108 spesies berlainan. Dimulai dari mamalia seperti kangguru, beruang madu, rusa tutul sampai yang lain. Selanjutnya ada juga beberapa spesies reptil seperti buaya dan ular. Spesies primata seperti siamang, lutung merah dan tipe aves dapat anda jumpai di sini. Komunitas hewan sangat jarang seperti Harimau Sumatra dan Macan Tutul Jawa bisa juga anda jumpai. Apa lagi pemandangan didalamnya termasuk cantik dan membahagiakan.

Pesona yang Ada di Taman Satwa Cikembulan

Pesona Taman Satwa Cikembulan
Photo Credit: Nisa Aulia Dwiyanti

Hal yang membuat tempat ini mempunyai kekhasan tertentu ialah ada orang utan asal Kalimantan. Orang Utan ini akan menyengaja ditaruh di kandang yang cukup terbuka. Hingga pengunjung bisa juga berhubungan dengan mamalia satu ini. Bahkan juga anda dapat ajaknya berpose atau bermain. Disamping itu Taman Satwa satu ini sukses membiakkan beberapa bintang baik dari dalam negeri sampai luar negeri.

Tentu saja akan membuat anda dapat berjumpa dengan keluarga dari satwa satwa ini. Disamping itu anda akan menemui bebek atau ayam yang didiamkan berkeliaran tanpa kandang. Karena tempat ini kerap dijadikan wisata pembelajaran anak anak yang ingin lebih dekat sama binatang. Situasinya yang asri makin menambahkan daftar panjang argumen tempat ini harus anda datangi. Selainnya satwanya yang termasuk banyak dan bermacam.

Belum juga anda bisa juga nikmati bentangan sawah warga yang membuat situasi dalam taman satwa ini semakin nyaman. Tempat ini pas untuk memburu photo foto yang elok, entahlah berdasar belakang panorama atau hewan yang ada. Karena itu, anda janganlah lupa untuk mempersiapkan camera terbaik anda saat berkunjung taman satwa ini. Ditanggung anda akan senang dengan situasi atau photo yang diambil.

Lokasi & Biaya Ticket Taman Satwa Cikembulan

Lokasi Taman Satwa Cikembulan
Photo Credit: Uun Halimah

Untuk kenalan dengan satwa yang ada, anda tidak perlu mengambil kantong yang terlampau dalam. Harga ticket pada tempat ini akan diperbedakan berdasar umur dari pengunjungnya. Di mana untuk anak-anak bayar sekitaran Rp. 20 beberapa ribu dan untuk orang dewasa Rp. 30 beberapa ribu. Harga ini tentu saja dapat berbeda setiap saat khususnya saat akhir minggu atau musim berlibur, bergantung dari peraturan dari pengurusnya.

Untuk jam operasinya, anda dapat bertandang di jam di jam 09.00 sampai 17.00 WIB. Akan membuka tiap hari hingga anda dapat tiba kapan asal di jam operasinya. Tetapi alangkah baiknya kalau anda tiba saat hari biasa, ingat saat akhir minggu akan penuh oleh pengunjung. Saat hari biasa anda bisa nikmati jalan jalan lebih rileks apabila ingin coba sarana tak perlu untuk mengantre.

Alamat komplet dari Taman Satwa Cikembulan ada di Daerah Jawa timur, Dusun Cikembulan, Kec. Terlanjurora, Garut. Anda perlu tempuh sekitaran 16 km dari pusat perkotaan Garut. Ada di lokasi yang vital akan membuat anda gampang untuk mencapainya. Selainnya dapat memakai kendaraan individu, anda bisa juga memakai kendaraan umum berbentuk bis. Ada banyak bis yang dapat bawa anda untuk sampai di Taman Satwa ini.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Taman Satwa Garut

Fasilitas Taman Satwa Cikembulan
Photo Credit: @dok_foto

Tidak cuma dapat nikmati isi pada taman satwa, anda juga bisa nikmati sarana yang ikut dipasangkan. Tentu saja untuk membikin pengunjung dapat nyaman saat berkunjung taman satwa satu ini. Seperti sarana umum dan diperlukan yaitu toilet, tempat beribadah atau tempat parkir. Sarana ini bisa anda cicipi dan disiapkan pada kondisi yang ideal dan tentunya terbangun kebersihannya.

Di Taman Satwa ini anda akan mendapati warung makan yang dapat menganakemaskan perut dan lidah anda. Apa lagi menu yang mereka pasarkan bermacam. Anda akan mendapati kulineran ciri khas Sunda, Jawa bahkan juga makanan yang dari luar negeri. Di sejumlah lokasi yang dekat sama saung, anda bisa juga nikmati sajian dengan menyaksikan ikan atau memberikannya makan. Tentunya akan membuat anda lahap dalam menyantapnya.

Disamping itu, untuk anda yang dari luar kota atupun ingin nikmati nuansa perdesaan semakin lama. Anda dapat bermalam di pemondokan yang sudah disiapkan dan masih satu tempat. Beberapa pemondokan disekelilingnya bisa juga jadi opsi, apa lagi mempunyai panorama langsung untuk menyaksikan Gunung Harimun. Sarana pemondokan termasuk komplet dan menganakemaskan pengunjung. Ada sarana pendopo buat anda yang ingin lakukan acara.

Ada banyak sarana yang dapat anda coba saat berkunjung taman satwa ini. Dimulai dari tempat mamancing, naik kuda, permainan untuk anak anak, bebek air dan ATV. Ada juga kolam yang berisi ikan ikan kecil untuk therapy rileksasi beberapa pengunjung. Tidak boleh lupakan ada taman yang mempunyai kreativitas kapal pesiar Titanic. Kapal ini diperlengkapi dengan jembatan yang dapat dipakai untuk bermain.

Tentunya akan membahagiakan bila ajak buah kesayangan untuk menyaksikan satwa dari jarak dekat. Selainnya sebagai fasilitas pembelajaran dapat menjadi refreshing untuk keluarga anda. Ingat Taman Satwa ini tidak cuma mempunyai koleksi satwa yang banyak, tetapi tawarkan suasan perdesaan yang hendak membuat anda kerasan . Maka berminat untuk berkunjung tempat ini saat ke Garut?

1 thought on “Taman Satwa Cikembulan Garut, Taman Wisata Edukasi Fauna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.