Taman Punti Kayu, Taman Rekreasi Alam dengan Panorama Hutan Pinus di Palembang

Taman Punti Kayu, Taman Rekreasi Alam dengan Panorama Hutan Pinus di Palembang
Alamat: Karya Baru, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

Punti Kayu salah satunya taman wisata alam yang berada di tengah-tengah kota Palembang. Teritori konservasi alam yang menyajikan panorama rimba pinus yang cantik dan bermacam sarana yang memikat.

Liburan sebagai salah satunya kegiatan yang kerap dilaksanakan di saat akhir minggu. Beberapa arah rekreasi yang tersering didatangi oleh warga adalah pegunungan atau pantai. Tetapi untuk Anda yang tidak mau habiskan rekreasi dengan perjalanan yang panjang, karena itu Taman Punti Kayu adalah jawaban dari penelusuran tujuan rekreasi Anda.

Berada di tengah-tengah kota, taman ini ramai didatangi pendatang dari beragam kelompok untuk habiskan waktu senggang pada hari liburan. Selainnya lokasinya yang sejuk dan asri, Taman Punti Kayu sediakan beragam jenis sarana selingan dan kegiatan yang bisa Anda kerjakan saat bertandang ke taman rekreasi alam ini.

Selainnya sebagai tujuan rekreasi, taman rekreasi ini sebagai teritori rimba pinus paling besar di Indonesia yang berada dalam kota. Taman ini tentu saja benar-benar pas untuk Anda yang ingin berekreasi, tetapi tidak mempunyai saat yang cukup buat pergi ke luar kota. Berikut informasi-informasi mengenai Taman Punti Kayu, Palembang.

Pesona yang Dipunyai Taman Rekreasi Punti Kayu

Pesona Taman Punti Kayu
Photo Credit: G.N. Habibah

Tiruan Fenomena Dunia

Spot photo yang ini benar-benar unik dengan topik 7 fenomena dunia. Di teritori ini Anda bebas berfoto dengan ikon yang memikat ini. Monumen-monumen ini bisa menjadi rekreasi pembelajaran untuk anak-anak Anda yang kecil. Ini karena pada tiap monumennya, Anda bisa membaca artikel berkenaan background atau riwayat dari fenomena dunia ini.

Lokasi di tengah Kota

Lokasinya yang ada dalam kota bawa kesan-kesan tertentu pada Taman Rekreasi Alam Punti Kayu. Beberapa masyarakat yang tinggal di kota kurang menyukai rekreasi yang jauh dari rumahnya karena aksesnya yang lumayan jauh hingga waktu mereka akan habis cuma untuk perjalanan ke arah lokasi.

Rimba Pinus yang Teduh

Rimba pinus yang teduh sebagai daya tarik khusus dari taman ini. Di teritori ini Anda bisa menyaksikan banyak pohon pinus yang tumbuh dengan subur membubung tinggi sampai tutupi sinar matahari yang panas. Tiap tangkai dari pinus ini tumbuh dalam jarak yang telah ditata yang rapi, hingga nyaman disaksikan oleh mata.

Di rimba ini Anda bisa rasakan sejuk seperti berlibur di pegunungan. Di tempat ini Anda bisa mendapati beberapa dekor unik yang memikat hingga Anda bisa nikmati perjalanan melingkari teritori Taman Rekreasi Alam Punti Kayu. Disamping itu Anda dapat duduk di sejumlah kursi kayu yang ditempatkan di sejauh trek dalam rimba pinus yang teduh ini.

Jembatan Menggantung

Jembatan menggantung ini menghampar di tengah danau yang cantik. Anda bisa menyebrangi danau lewat jembatan yang tercipta dari kayu dan tali. Jembatan ini dinamakan sebagai Canopy Bridge. Dan di atas jembatan ini Anda bisa menyaksikan beberapa perahu kecil yang berakhir lalang melalui kolong Canopy Bridge.

Komunitas Flora Ciri khas Indonesia

Di teritori ini, Anda bisa menjumpai beragam jenis pohon yang telah susah dijumpai di pelataran Anda. Salah satunya adalah pohon kayu putih, ketapang, keruing, waru dan lain-lain. Beberapa pohon ini tumbuh dengan subur dan dirawat di teritori ini. Tentu saja ini mengajari untuk jaga alam dengan lebih bagus supaya masih bisa menyaksikan spesies flora ini.

Lokasi Menuju Ke Tempat Wisata

Lokasi Taman Punti Kayu
Photo Credit: Nuty Laraswaty

Taman rekreasi ini ada di tengah kota yang populer dengan sajian pempeknya. Umumnya pelancong yang berkunjung adalah pelancong lokal. Taman Punti Kayu ini tidak begitu jauh dari kota, hingga gampang dicapai oleh warga. Anda bisa memakai beragam jenis model transportasi seperti bis, angkot, atau ojek online.

Biaya Ticket Masuk Wisata Taman Punti Kayu

Biaya Taman Punti Kayu
Photo Credit: @KompasTV

Ticket masuk taman elok ini tidak begitu mahal. Untuk kendaraan dikenai ongkos 10.000 rupiah untuk mobil dan 5.000 rupiah untuk motor. Ongkos ini sama di hari biasa atau hari minggu. Tetap untuk ticket pengunjung terdiri jadi dua, yakni ticket untuk anak-anak dan dewasa.

Ticket untuk anak di bawah 12 tahun dibandrol pada harga 20.000 di hari biasa dan 25.000 di hari minggu. Dan untuk ticket dewasa dibandrol pada harga 25.000 di hari biasa dan 30.000 pada hari minggu. Tentu saja dengan pembelian ticket ini, Anda sudah memperoleh akses pada semua sarana rekreasi yang ada di Taman Punti Kayu ini.

Kegiatan yang Menarik di Taman Punti Kayu

Kegiatan Taman Punti Kayu
Photo Credit: Mat Telok

Dunia Margasatwa

Di teritori ini Anda dapat menyaksikan beberapa fauna yang hampir musnah. Anda bisa mendapati hewan darat seperti kera, bajing, ular, biawak sampai unggas yang telah epidemik seperti burung cendrawasih. Tentu saja karena ada fauna-fauna ciri khas Indonesia ini, Anda bisa bawa anak-anak untuk belajar mengasihi hewan atau belajar berkenaan mereka.

Naik kuda dan Tunggangi Gajah

Kuda dan Gajah bukan hewan asli dari wilayah Sumatra. Maka dari itu, menjumpai kuda dan gajah di teritori ini pastilah sangat jarang. Tetapi Anda bisa rasakan menunggang kuda dan gajah yang telah dilatih secara baik. Tak perlu cemas dengan kuda dan gajahnya, karena sejauh perjalanan Anda akan ditemani oleh pawang yang hendak jaga Anda supaya tidak cedera.

Aktivitas Outbond

Outbond di taman ini disiapkan untuk anak-anak. Meskipun tempatnya tidak demikian luas, tetapi anak-anak masih tetap bisa nikmati beragam sarana melawan seperti memanjat tali sampai flying fox. Tentu saja permainan ini akan memacu anak Anda tidak untuk takut pada rintangan dan ketinggian bahkan juga berikan motivasi anak dalam beragam jenis hal.

Waterboom

Di water boom ini Anda bisa bermain air dengan keluarga. Selainnya berenang, Anda dapat bermain dengan seluncur yang mempunyai tinggi 6 mtr. ini. meskipun tidak begitu tinggi, seluncuran ini aman karena kolam dibawahnya mempunyai tinggi air satu 1/2 mtr.. Anda tak perlu cemas akan cedera dan terbenam.

Disamping itu, Anda dapat bermain dengan anak-anak di kolam yang cetek. Kolam ini tentu saja diutamakan untuk anak anak dengan tinggi di bawah 1 mtr.. Di kolam ini Anda tak perlu cemas terbenam atau terselak, karena ada pengawas kolam yang siap siaga menolong Anda bila terjadi suatu hal yang tidak diharapkan.

Kegiatan Lain Taman Punti Kayu
Photo Credit: G.N. Habibah

Rekreasi Kulineran

Di Taman Rekreasi ini, Anda bisa nikmati beberapa macam camilan sampai sajian makan siang di tempat kulineran yang disiapkan. Di warung ini Anda bisa mendapati kulineran ciri khas Palembang yang bermacam dengan rasa yang sedap. Tentu saja Anda bisa nikmati sajian ini sambil jalan-jalan dan santai nikmati rindangnya pohon-pohonan.

Tentu saja Anda harus tetap turut jaga kebersihan dari taman ini. Sampah plastik yang dari beberapa makanan yang dibeli ke warung ini seharusnya Anda buang pada tempat sampah yang telah disiapkan. Ini pasti penting supaya sedikit sampah yang mengotori teritori, hingga keasrian teritori bisa dicicipi oleh semua orang yang bertandang.

Perahu Bebek

Dalam Taman Rekreasi Alam Punti Kayu, ada sebuah danau yang cantik dan lumayan luas untuk dikitari. Anda bisa sewa perahu bebek untuk melingkari danau ini bersama dengan anak, atau pasangan. Angin yang sejuk dan air yang jernih tentu saja benar-benar membahagiakan untuk melakukan aktivitas. Anda dapat menyaksikan beberapa sarana dan pohon-pohonan yang teduh disekitaran danau.

Naik sepeda

Dengan tempatnya yang lumayan luas, Anda bisa naik sepeda di lajur yang telah dibuat. Naik sepeda di teritori Taman Rekreasi Punti Kayu tentu saja cukup membahagiakan. Anda akan dibawa berkeliling-keliling taman dan naik sepeda di bawah beberapa pohon yang teduh. Tentu saja Anda harus tetap waspada supaya tidak menubruk pengunjung lain yang jalan-jalan di taman.

Situasi yang teduh dan sejuk akan menambahkan motivasi Anda dalam naik sepeda. Tentu saja Anda bisa nikmati situasi dan beberapa dekor yang hendak kelihatan di sejauh perjalanan Anda melingkari taman. Ini membuat olahraga naik sepeda Anda tidak berasa meletihkan dan menjemukan.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Taman Rekreasi Punti Kayu

Fasilitas Taman Punti Kayu
Photo Credit: Benny Saputra

Sarana yang ada pada Taman Rekreasi Punti Kayu ini termasuk sangat komplet. Dari sarana fundamental seperti ruangan tukar dan toilet, sampai sarana umum seperti kursi taman, lampu taman dan beragam jenis spot photo yang memikat. Anda dapat beli sovenir dan beragam jenis camilan pada warung di tempat kulineran.

Sesudah membaca info di atas, tentu saja taman ini bisa menjadi tujuan rekreasi yang lumayan menarik untuk Anda pikirkan sebagai pelepas capek diakhir minggu. Anda bisa mempersiapkan beragam jenis kepentingan tambahan untuk lengkapi berlibur di Taman Punti Kayu ini.

1 thought on “Taman Punti Kayu, Taman Rekreasi Alam dengan Panorama Hutan Pinus di Palembang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.