Taman Nukila, Mengenal Taman Wisata Iconic di Ternate

Taman Nukila, Mengenal Taman Wisata Iconic di Ternate
Alamat: Jl. Sultan Muhammad Iskandar Djabir, Kec. Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

Untuk warna Ternate pasti tidak asing dengan Taman Nukila ini karena lokasi ini kerap didatangi masyarakat sekitaran untuk habiskan waktu. Masalahnya taman sebagai icon ini benar-benar nyaman dan cantik untuk Anda datangi karena langsung menghadap ke laut. Menarik, kan? Yakinkan Anda tidak melewati taman ini saat bertandang ke Maluku Utara.

Mengenal Wisata Taman Nukila

Mengenal Taman Nukila
Photo Credit: Zaenal Sanne

Taman iconic ini menjadi satu diantara tujuan wisata di Ternate yang populer di kelompok pelancong. Tidaklah aneh bila tempat ini selalu penuh oleh pengunjung lokal dan pengunjung di luar wilayah, ditambah saat akhir minggu ataupun waktu berlibur datang. Walau demikian, banyak yang tidak ketahui bagian lain dari taman ini dan darimanakah asal namanya.

Nukila sebagai nama dari sultanah pertama di Ternate yang awalnya sebagai istri dari Sultan Bayanullah. Pernikahan Ratu Nukila dari Kerajaan Tidore dengan Sultan Bayanullah dari Kerajaan Ternate sebagai salah satunya langkah untuk menengahi ke-2 kerajaaan yang kerap benseteru dan bentrok.

Seperginya Sultan Bayanullah, kekuasaan Kesultanan Ternate beralih tangan ke Ratu Nukila yang ditolong oleh Pangeran Taruwese, saudara dari Sultan Bayanullah. Kekuasaan Ratu Nukila ini jadi peristiwa monumental karena jadi sultanah pertama di Ternate sambil menanti putra pertamanya bergerak dewasa.

Namun, nasib jelek menerpa Ratu Nukila yang difitnah oleh Portugis dan membuat memilih untuk beralih agama jadi Katolik. Sesudah beralih agama, Ratu Nukila mempunyai nama baru, yakni Dona Isabella. Walau demikian, nama Ratu Nukila masih membekas di hati rakyatnya dan dijadikan nama dari sebuah taman, yakni Taman Nukila.

Pesona yang Dimiliki Taman Nukila

Pesona Taman Nukila
Photo Credit: Suka Mobil Tua

Salah stau daya magnet yang dipunyai ialah panorama lautnya yang cantik. Saat ada di sini, Anda akan disongsong oleh pohon-pohonan teduh dan panorama laut yang paling hebat. Tidaklah aneh bila taman ini bisa menyihir pengunjung yang tiba untuk kerasan lama-lama di sini.

Selainnya panorama laut yang cantik, Anda bisa juga menyaksikan kapal feri yang lalu-lalang di Dermaga Ahmad Yani. Situasi yang dihidangkan di taman ini terasanya dapat menyihir Anda untuk lupakan sesaat permasalahan yang ditemui. Maka dari itu, banyak masyarakat sekitaran yang kerap habiskan akhir minggu di sini dengan keluarga.

Karena Taman Nukila langsung menghadap ke laut, Anda dapat rasakan udara yang terhembus benar-benar fresh. Tersebut kenapa taman ini kerap jadi tempat olahraga karena mempunyai kualitas udara yang bagus. Hal ini disokong dengan adanya banyak pohon-pohonan yang tumbuh di pinggir taman.

Bila Anda bertandang ke Taman Nukila, Anda dapat menyaksikan sebuah pulau di seberang sana. Pulau tersebut yang tergambar di mata uang sebesar Rp 1.000,00 cetakan lama, yakni Pulau Tidore. Anda dapat pikirkan begitu cantik panorama yang dapat Anda tonton dari taman ini.

Lokasi Menuju Ke Wisata Taman Nukila

Lokasi Taman Nukila
Photo Credit: Daru Fathurahman

Taman dengan panorama laut yang cantik ini berada di Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate tengah, Ternate. Jika Anda pergi dari pusat Kota Ternate, Maluku Utara, Anda dapat tempuh lajur Jalan Sultan M. Djabir Sjah. Anda dapat mengawali perjalanan dari Jalan Inpres Ubo-Ubo ke timur, seterusnya mengambil Jalan Jati Lempeng dan belok kanan.

Selanjutnya, Anda dapat mengambil Jalan Hasan Esa, lalu ke Jalan Ahmad Yani. Dari Jalan Ahmad Yani, Anda belok ke kiri mencari Jalan Anggrek dan belok ke kanan ke Jalan Pahlawan Revolusi sekitaran 350 mtr.. Kemudian, Anda dapat belok ke kiri dan akan berjumpa dengan Jalan Djabir Sjah. Seterusnya, Anda dapat putar balik karena lokasi Taman Nukila ada di samping kiri.

Untuk nikmati keelokan yang dihidangkan di taman ini, Anda tak perlu bayar uang sepeser juga atau cuma-cuma. Anda pun bertandang kapan pun karena dari pagi sampai malam lokasi ini selalu penuh oleh pengunjung. Saat masuk saat liburan atau akhir minggu lebih banyak pengunjung yang tiba.

Kemungkinan Anda perlu bayar parkir bila bertandang memakai kendaraan individu dan tentu saja tidak memerlukan ongkos yang mahal. Bila Anda ingin beli jajan di sini, karena itu Anda pasti memerlukan uang belanja tambahan dan juga bisa bawa perbekalan dari rumah.

Kegiatan Seru yang Dapat Dilakukan di Taman Nukila

Aktivitas Taman Nukila
Photo Credit: Arya Gamma Aditia

Taman ini populer dengan panorama lautnya yang cantik dan eksotis. Beberapa orang yang bertandang kesini cuma untuk sekedar duduk sambil nikmati keelokan alam yang dihidangkan di sini. Untuk temani kegiatan, Anda bisa juga beli camilan dan bercakap dengan rekan.

Selainnya panorama lepas pantai, Anda bisa juga menyaksikan kapal feri yang kerap hilir mudik di sini. Saat mendekati sore, nikmati senja di Taman Nukila sangat prima dengan panorama air laut yang mulai berbeda warna. Saat masuk bulan Ramadhan, taman ini kerap jadi tempat ngabuburit oleh masyarakat sekitaran.

Disekitaran taman banyak juga penjual takjil yang dapat dicicipi saat azan maghrib berkemandang. Keelokan senja pada tempat ini memanglah tidak perlu disangsikan kembali. Ditambah lagi udaranya yang sejuk dan fresh, hingga bisa membuat Anda berasa lebih rileks dan tenang.

Taman Nukila memang kerap jadi lawatan anak muda, tetapi banyak pula keluarga yang tiba kesini untuk bermain bersama. Untuk Anda yang mempunyai anak kecil benar-benar pas untuk bermain di sini karena ada banyak sarana permainan yang dapat dicoba. Di sini banyak anak yang bermain perosotan atau ayunan yang ada.

Beberapa pengunjung yang tiba saat akhir minggu untuk habiskan waktu dengan keluarga. Saat lagi anak-anak bermain, beberapa orangtua bisa juga nikmati panorama yang dihidangkan di muka taman, yakni laut yang paling luas dengan Pulau Tidore di seberang sana.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Taman Nukila Ternate

Fasilitas Taman Nukila
Photo Credit: Agam Suryanata

Walau populer dengan panorama alamnya yang cantik, pantai ini juga pas untuk berlibur keluarga. Karena, di sini disiapkan taman bermain untuk anak-anak dengan opsi permainan yang banyak. Disamping itu, disekitaran taman banyak tersedia penjual camilan dan dipasarkan pada harga yang dapat dijangkau.

Lokasinya bersisihan dengan tempat jual oleh-olehan, hingga Anda dapat singgah ke toko sekitaran bila ingin beli oleh-olehan sesudah bertandang. Tetapi, saat hujan datang tidak ada tempat berlindung di tempat ini, hingga yakinkan Anda bawa payung bila ingin bertandang saat cuaca akan turun hujan.

Bila Anda sedang bertandang ke Ternate, tidak ada kelirunya untuk singgah ke Taman Nukila dan rasakan kesan mengisap angin segar dan nikmati panorama yang berada di sini. Bila ingin aman dari hujan, karena itu yakinkan Anda bertandang saat hari ceria dan waktu sore ialah saat yang prima untuk menyaksikan senja di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.