Taman Nasional Way Kambas, Melihat Indahnya Pelestarian Gajah Sumatera

Taman Nasional Way Kambas, Melihat Indahnya Pelestarian Gajah Sumatera
Alamat: Taman Nasional Way Kambas, Kec. Labuhan Ratu, Kab. Lampung Timur, Lampung.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

Way Kambas terhitung taman nasional paling tua di Indonesia dan populer sebagai tempat pelestarian Gajah Sumatera. Teritori pelestarian yang terbagi dalam rimba air rawa, bentangan padang rumput dan rimba pantai.

Taman Nasional Way Kambas sebagai salah satunya taman nasional di Propinsi Lampung. Mempunyai luas lebih dari 125 hektar, taman ini masuk ke kelompok ASEAN Heritage Park yang keempat dari Indonesia.

Tidak cuma jadi teritori konservasi alam, Taman Naional Way Kambas sebagai ekosistem untuk beberapa satwa liar yang diproteksi. Satwa itu antaranya Gajah Sumatra, Harimau Sumatra, Badak Sumatra, Beruang Madu, Tapir, Rusa Sikat, Kijang, dan lain-lain.

Semenjak dibuka untuk umum, taman nasional ini sudah banyak didatangi pelancong lokal atau luar negeri. Berikut deskripsi keberadaan TN Way Kambas sebagai salah satunya referensi tujuan Wisata  alam.

Pesona yang Dimiliki Taman Nasional Way Kambas

Pesona Taman Nasional Way Kambas
Photo Credit: @heydiko

Way Kambas tidak cuma terkenal karena statusnya sebagai salah satunya taman peninggalan budaya dunia saja. Taman yang berada pada bagian ujung Pulau Sumatra ini mempunyai daya magnet tertentu sebagai tempat wisata. Baca rinciannya berikut ini.

Taman Nasional Way Kambas sebagai salah satunya teritori taman nasional yang mempunyai empat tipe ekosistem. Ke-4 tipe ekosistem itu diantaranya ialah rimba daratan rendah (rimba hujan), rimba pantai, rimba mangrove, dan rimba rawa.

Rimba dataran rendah atau yang umum dikatakan sebagai rimba hujan berada di wilayah Plang Hijau, Rantau Jaya ilir, Rasau, Susukan Baru, dan wilayah Way Kanan. Teritori rimba hujan ini banyak tanaman berdaun lebat seperti Salam dan Meranti.

Seterusnya, wilayah Way Penet, Way Biru, dan Wako sebagai wilayah dengan ekosistem rawa yang dikuasai dengan tanaman Nimbung dan Gelam. Dan ekosistem rimba pantai bisa dijumpai di sejauh pantai Kuala Seputih sampai Kuala Penet. Macam vegetasi yang bisa dijumpai di teritori ini ialah Cemara Laut dan Pandan.

Paling akhir, ekosistem rimba magrove bisa ditemui di sejauh Way Pedagungan dan Way Kambas. Tumbuhan di wilayah ini rerata sebagai tumbuhan tipe Rhizapora dan tumbuhan api-api.

Taman Nasional Way Kambas sebagai pusat pelestarian Gajah yang dilestarikan secara in situ (dilestarikan pada komunitas aslinya). Tetapi, taman nasional ini ternyata tidak cuma jadi tempat berlindung untuk Gajah saja tetapi satwa sangat jarang yang lain.

Pesona Lain Taman Nasional Way Kambas
Photo Credit: Aulia Sabrina

Satwa-satwa sangat jarang yang diproteksi di TN Way Kambas ini terbagi dalam satwa yang nyaris musnah seperi Badak Sumatra, Harimau Sumatra, Tapir, Beruang Madu, Kijang, dan Rusa Sikat. Tentu saja, semua satwa ini memperoleh perhatian dari petugas pengurus taman nasional secara baik.

Satu kembali daya magnet dari taman nasional di Sumatera yang tidak dapat diacuhkan. Taman nasional ini sebagai Wisata  alam liar yang simpan bermacam tipe vegetasi dan kenampakan alam. Beragam macam ekosistem dan satwa yang tinggal didalamnya jadikan taman nasional ini sebagai gudang pemandangan alam yang prima untuk didokumentasikan dengan lensa camera.

Tidak cuma ambil gambar alam dan pemandangan, Anda dapat ber swa-foto sambil memperlihatkan rimbunnya pohon-pohonan dan cantiknya alam. Beberapa pelancong juga dapat berpose dengan beberapa satwa sangat jarang (tentu saja dengan pemantauan penjaga taman nasional).

Lokasi dan Biaya Ticket Masuk Taman Nasional Way Kambas

Lokasi Taman Nasional Way Kambas
Photo Credit: Gilang Putra Bintang

Way Kambas sebagai teritori taman nasional yang berada di Raja Basa Lama, Kabupaten Lampung Timur, Kota Bandar Lampung, Sumatra. Ke arah taman Wisata  ini Anda memakan waktu lebih kurang 150 menit dengan titik keberangkatan dari Kota Bandar Lampung.

Jalur ke arah TN Way Kambas bisa dilakukan dengan memakai kendaraan memiliki roda dua atau empat. Untuk Anda yang dari luar pulau, Anda bisa pilih penerbangan dengan arah Lapangan terbang Raden Inten dan memakai bis umum ke arah Taman Wisata  Nasional Way Kambas di wilayah Raja Basa.

Masuk Taman Nasional Way Kambas di hari biasa, Anda (pelancong lokal) perlu keluarkan dana sejumlah Rp 5.000,00 per-orangnya. Di hari liburan, akhir minggu, dan tanggal merah ticket Wisata  alami peningkatan jadi Rp 7.000,00 per-orangnya.

Untuk pelancong luar negeri, ticket pada hari biasa ialah sejumlah Rp 150.000,00. Dan untuk hari liburan dan tanggal merah ticket masuk sejumlah Rp 225.000,00.

Selainnya ticket masuk, pelancong yang bertandang harus bayar retribusi parkir. Retribusi parkir kendaraan beroda 4 sejumlah Rp 5.000,00 dan kendaraan beroda 2 sejumlah Rp 2.000,00 saja.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di TN Way Kambas

Kegiatan Taman Nasional Way Kambas
Photo Credit: @BikinLaparMata

Sebagai salah satunya daerah pelestarian Gajah Sumatra, TN Way Kambas rupanya mempunyai pusat training gajah yang terkenal. Training ini persisnya di jadwalkan di Pusat Pelestarian Gajah (PKG) TN Way Kambas.

Atraksi pertunjukan gajah ini sebagai atraksi yang dibuka untuk umum tiap akhir minggu. Anda bisa melihat kepiawaian beberapa gajah dalam menari, bermain bola, melonjak, sampai bersenda-gurau dengan pemirsa. Tentu saja Anda pun berpeluang berjabatan tangan dengan belalai panjang punya sang gajah.

Selainnya melihat pertunjukan atraksi Gajah, Anda dapat berkeliling-keliling tempat teritori taman pelestarian ini sekalian tunggangi Gajah. Tentu saja pengalaman yang tidak biasa tidak untuk berkeliling-keliling dengan gajah? Meski begitu, Anda harus waspada janganlah sampai melalui batasan waktu tunggang yakni 90 menit optimal.

Tidak kalah hebat, Anda bisa rasakan pengalaman memandikan gajah di Taman Nasional Way Kambas. Tentu saja aktivitas memandikan Gajah ini sebagai aktivitas yang jarang-jarang ditemui dalam aktivitas setiap hari. Tidak perlu takut untuk memandikan Gajah, karena ada petugas yang jaga dan memantau gerak-gerik sang Gajah. Siapa kira, aktivitas memandikan Gajah ini menjadi satu diantara favorite pelancong luar negeri yang bertandang.

Tidak cuma gajah, Anda dapat nikmati serunya bermain bersama burung-burung dalam penangkaran TN Way Kambas. Tentu saja, Anda akan menemui beragam macam tipe dan ukuran burung di taman nasional ini. Salah satunya tipe burung sebagai icon dari Way Kambas ialah Rangkong Gading. Burung dengan paruh yang besar dan mempunyai warna seperti gading kuning (bunga) sebagai salah satunya icon yang banyak dicari beberapa pelancong.

Selainnya terkenal karena Keunikan  paruhnya, Burung Rangkong Gading dikenal juga dengan tanduknya yang seperti jembel warna merah. Kombinasi di antara sundul merah dan paruh kuning berikut yang membuat burung tipe ini dicari banyak pelaku tidak bertanggungjawab. Hingga, sekarang dengan status sebagai satwa sangat jarang yang diproteksi.

Bertandang ke teritori Taman Nasional Way Kambas, Anda dapat menganakemaskan diri dengan aktivitas berpantai. Salah satunya pantai yang populer di teritori taman nasional ini ialah Pantai Kuala Kambas. Pantai Kuala Kambas ada pas di batasan Timur Taman Nasional Way Kambas. Selainnya pasir putihnya yang bersih, Anda dapat nikmati cantiknya Cemara Laut yang terlihat tumbuh subur dan terurus.

Bahkan juga Anda dapat sewa perahu nelayan di tempat untuk mengarah ke tengah lautan. Tentu saja Anda tidak perlu cemas dengan ombaknya karena intensif ombak di wilayah pantai ini terhitung normal. Disamping itu, Anda pun bebas bermain air di sejauh bibir pantai.

Kegiatan Lain Taman Nasional Way Kambas
Photo Credit: @winnymarch

Untuk Anda yang tertarik sama aktivitas jelajahi alam liar, Anda bisa berusaha untuk lakukan treking di TN Way Kambas. Lajur treking di taman nasional ini dikuasai oleh rimba hujan dengan tanah rawa. Anda dapat mendapati teritori rimba mangrove dan pantai jika ambil lajur treking yang bertambah luas.

Untuk lakukan aktivitas treking ini, Anda akan ditemani oleh pelatih yang terbiasa. Pelatih akan menerangkan deskripsi medan keseluruhannya . Maka Anda tak perlu sangsi untuk coba treking di teritori pelestarian Way Kambas. Beberapa mancing mania tentu saja tidak mau melewati serunya memancing di Taman Nasional Way Kambas kan? Dengan bekal mata dan kail pancing Anda akan rasakan pengalaman memancing yang lain dari mulanya.

Memburu ikan baramundi didampingi dengan rimbunnya pohon-pohonan dan udara yang fresh sebagai aktivitas yang memikat buat dilaksanakan. Untuk Anda pemicu pemula, Anda tidak perlu cemas ketinggalan dengan beberapa senior. Ini karena ada pelatih yang bisa menolong Anda memenangi strike (tangkapan) saat memancing.

Tanaman yang menjadi legenda seperti Kantung Semar rupanya dapat Anda jumpai di teritori Way Kambas. Tanaman karnivora ini lebih banyak dijumpai di wilayah rimba rawa TN Way Kambas. Peluang melihat langsung tumbuhan sangat jarang ini tentu saja tidak ingin dilewati demikian saja kan? Walau Anda tidak dapat menuai dan bawa pulang tanaman ini sebagai oleh-oleh, Anda bisa mendokumentasikan peristiwa dengan lensa camera.

Anda juga tidak perlu sangsi untuk berswa-foto dengan tanaman ini dari dekat. Karena tanaman Kantung Semar cuma makan serangga dan binatang yang sesuai ukuran.

Bila Anda ingin habiskan malam bersama rekan maupun keluarga, kemping bisa menjadi salah satunya pilihan aktivitas yang memikat. Teritori Taman Nasional Way Kambas sediakan tempat kemping (camping ground). Bahkan juga, Anda tidak perlu repot bawa peralatan kemping karena pengurus Wisata  di tempat sediakan stok kemping yang komplet.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Taman Nasional Way Kambas

Fasilitas Taman Nasional Way Kambas
Photo Credit: @askrindo

Sarana yang ada di TN Way Kambas lumayan komplet. Anda bisa mendapati tempat melaksanakan ibadah, pemondokan, tempat beristirahat, cafetaria, sarana bermain anak, dan MCK yang memadahi di taman nasional ini.

Untuk Anda yang bawa kendaraan individu, taman nasional ini sediakan tempat parkir yang lumayan luas. Anda pun tidak perlu resah dengan keamanan lokasi. Karena petugas keamanan selalu bersiaga di seputaran teritori taman nasional ini.

Demikian deskripsi daya magnet dari Taman Nasional Way Kambas. Mempunyai pemandangan alam yang cantik dan kaya keberagaman vegetasi, TN Way Kambas sebagai teritori pelestarian yang membahagiakan untuk didatangi. Tidaklah aneh, banyak pelancong lokal dan luar negeri yang berkunjung lokasi ini baik saat hari biasa atau hari liburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.