Taman Nasional Wasur, Menikmati Keberagaman Hayati & Hewani di Merauke

Taman Nasional Wasur, Menikmati Keberagaman Hayati & Hewani di Merauke
Alamat: Kec. Sota, Kab. Merauke, Papua.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 20.000
Google Maps: Cek Lokasi

Taman Nasional Wasur terhitung tempat wisata yang basah paling besar dengan bermacam macam hayati ciri khas Papua yang berada di Kabupaten Merauke. Teritori pelestarian yang memikat dieksplor saat bertandang ke Papua.

Papua, menjadi satu diantara propinsi di Indonesia yang kaya keberagaman hayati dan hewani. Di sini masih ada beragam suku pedalaman yang menjaga adat leluhur. Walau demikian, siapa kira jika Papua mempunyai tempat rekreasi berbentuk rimba sabana yang luas namanya Taman Nasional Wasur.

Iya, taman yang ini berada di Papua dan jadi taman sabana terluas yang berada di Indonesia bahkan juga di semua Asia. Tentu saja akan mengagumkan jika Anda dapat bertandang ke tujuan rekreasi ini. Didalamnya ada beragam object bagus yang menakjubkan.

Dengan keadaan alam yang memberikan dukungan membuat TN Wasur kaya macam flora dan fauna. Tidaklah aneh di sini Anda bisa banyak mendapati beragam tipe hewan atau tumbuhan sangat jarang atau jarang-jarang dapat dijumpai di Taman Nasional yang lain.

Pesona yang Dipunyai Taman Nasional Wasur

Pesona Taman Nasional Wasur
Photo Credit: MyTrip

Sama seperti yang sudah disebut pada awal taman nasional ini ditempati oleh beragam jenis tumbuhan dan hewan. Ke-2 tipe makhluk hidup itu hidup sama-sama bersebelahan keduanya dan mendapatkan perawatan khusus dari pengurus.

Hingga kehadirannya di taman ini juga demikian Lestari. Ada beragam tipe flora dan fauna di taman ini, salah satunya ialah spesies epidemik, spesies sangat jarang, sampai spesies migran dari negara tetangga.

Beberapa pengunjung yang kagum menyaksikan luas dan jumlahnya spot lawatan yang berada di sini. Tentu saja ini jadi nilai plus untuk Taman Nasional Wasur yang berada di Papua. Untuk tempat hidup flora atau fauna pada tempat ini digolongkan sesuai lajur vegetasinya.

Anda bisa menyaksikan beragam tipe tanaman seperti tanaman kayu putih, bunga bangkai raksasa, sagu, pohon akasia, dan ada banyak kembali. Dan, untuk tipe hewan yang sendiri ada cendrawasih, kasuari, kesturi, dan lain-lain.

TNW memang pas dijadikan tempat riset untuk mereka yang tertarik akan kehidupan hewan dan tumbuhan.

Anda pasti tahu bukan jika semut ialah hewan kecil yang menyenangi makanan manis. Siapa kira dibalik badannya yang imut semut sanggup membuat rumah raksasa dengan tinggi bahkan juga melewati orang dewasa.

Peristiwa ini dapat Anda tonton sendiri di Taman Nasional Wasur. Karena, pada tempat berikut rumah semut raksasa di dapatkan. Banyak yang ingin tahu bagaimana dapat rumah semut jadi sebesar itu.

Disamping itu, rumah semut raksasa itu ada lebih satu. Tentu saja ini jadi daya magnet tertentu yang dipunyai oleh Taman Nasional Papua itu.

Rumah semut di TN Wasur mempunyai wujud yang cukup unik. Dengan tingginya yang capai 5 mtr. diameternya yang capai 2 m membuat tiap pengunjung kagum. Tetapi, perlu Anda kenali jika sebetulnya rumah semut ini ini sebagai rumah rayap yang berwujud kerucut.

Pesona Lain Taman Nasional Wasur
Photo Credit: @saposikompak

Musamus itu memang dibuat oleh koloni rayap memakai air liur sebagai perekat. Dan elemen yang lain terdiri dari tanah liat dan rumput.

Untuk pengunjung yang ingin melepaskan capek sesudah senang berkeliling-keliling disekitaran taman. Langsung bisa ke arah tempat wisata Biras, di mana lokasi itu mempunyai pemandian sama air yang demikian fresh.

Tentu saja, tempat ini pas sekali untuk Anda yang ingin santai sesaat dari hingar-bingar tugas pada hari biasa. Apa lagi sumber air di pemandian ini datang dari rawa-rawa yang berada di sekitaran Taman Nasional Wasur. Tidaklah aneh rasa airnya juga fresh dan alami karena tidak tercampur dengan kaporit atau bahan kimia yang lain.

Lokasinya yang lumayan strategis membuat TNW seringkali jadi lokasi riset. Ditambah dengan luas lahannya yang capai 413810 ha, membuat memungkinkannya jadi tempat pelabuhan hewan perubahan.

Di salah satunya lokasi taman nasional masih ditempati oleh Suku Marin. Suku itu memang menjadi oenghuni masih tetap di wilayah itu. Anda dapat menyaksikan bagaimana kehidupan warga Suku Marin dalam kesehariannya di taman ini. Disamping itu, mereka masih tetap demikian menjaga tradisi istiadat. Bahkan juga dapat disebut masih demikian tergantung dengan kondisi alam yang berada di sekelilingnya.

Oleh karenanya, saat Anda memilih untuk bertandang ke TN Wasur, bukan hanya akan dibawa berekreasi tetapi juga belajar berkenaan alam liar. Tentu saja hal itu bisa menjadi pengalaman tidak terlewatkan.

Lokasi dan Biaya Masuk Taman Nasional Wasur

Lokasi Taman Nasional Wasur
Photo Credit: Dmitry Telnov

Untuk Anda yang ingin bertandang ke TN Wasur langsung bisa ke arah dataran Papua. Persisnya ada di Sota, Merauke, Papua. Disini letak rimba sabana terluas ada. Supaya dapat sampai di lokasi secara tepat, Anda dapat tempuh lajur penerbangan ke Merauke.

Walau lumayan lama, tetapi ditanggung Anda akan terkesima saat sampai di lokasinya. Masalahnya di sanalah letak bermacam flora dan fauna bergabung jadi satu. Bila ada yang ada di Sentani, langsung bisa mengambil lajur penerbangan ke arah Merauke yang dapat dilakukan cuma dalam kurun waktu 1,5 jam.

Dan dari lapangan terbang ke arah Merauke, Anda harus meneruskan perjalanan melalui Merauke – Jayapura. Taman Nasional Wasur dapat diraih sesudah lewat 2 – 3 jam perjalanan. Dalam waktu pintas yang tidak begitu singkat, pengunjung bisa sekalian nikmati panorama sekitaran. Di mana alam Papua masih ditempati oleh warga yang kental akan adat leluhur.

TNW memang kaya barisan flora dan fauna. Anda dapat memperhatikan daur hidup dari makhluk hidup yang berada di sini.

Jadi padang sabana terluas di Asia, TN Wasur mempunyai beragam spot yang memikat buat didatangi. Dimulai dari rawa biru, spot tanaman anggrek, sampai, flora dan fauna sangat jarang.

Tidaklah aneh, untuk dapat eksplore semua keelokannya juga pengunjung diwajibkan bayar ticket masuk lebih dulu. Bila ada pengunjung yang ingin berkeliling-keliling sekitaran rawa biru, dapat sewa perahu yang dibandrol pada harga Rp 300.000. Kapal yang dicarter cuma muat untuk dua orang ya.

Disamping itu, buat dilakukan peningkatan lokasi rekreasi, diselenggarakan juga kas daerah. Di mana pengunjung teritori pelestarian ini diharap bayar sebersar Rp 5.000 saja.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Taman Nasional Wasur

Aktivitas Lain Taman Nasional Wasur
Photo Credit: NusaTravelGuide

Taman nasional yang berada di Papua ini populer mempunyai flora dan fauna yang demikian bermacam. Tidaklah aneh di TN Wasur sering dilaksanakan riset berkaitan makhluk hidup itu. Pengunjung juga bisa lewat cara senang memperhatikan beragam tumbuhan dan hewan yang berada di sana. Tentu saja, ini bisa menjadi aktivitas hebat sepanjang berlibur.

Perlu Anda kenali jika biru ialah jantung dari Taman Nasional Wasur. Rawa yang ada di satu teritori Taman Nasional ini ada di daerah Rawa Biru. Untuk dapat berkeliling-keliling sekitaran rawa, pengunjung dapat sewa sebuah kapal yang bisa dinaiki oleh 2 orang sekalian.

Walau harga kontraknya lumayan mahal tetapi Anda tidak sedih dengan kenampakan alam yang dihidangkan. Rawa Biru ini kenyataannya bukan sekedar Rawa tetapi juga jadi sumber air bersih di TN Wasur.

Untuk pengunjung yang tertarik sama beragam tipe anggrek yang berada di TNW, langsung bisa ke arah penangkaran anggrek. Ia sudah ada beragam tipe anggrek yang tumbuh hidup dan terurus.

Disekitaran penangkaran anggrek ada Pondok apung yang dapat menjadi tempat istirahat sekalian melihati alam sekitaran. Walau demikian ada ongkos retribusi yang perlu dibayar sejumlah Rp 40.000.

Kegiatan yang lain dapat dilaksanakan di TNW ialah kemping. Lokasinya yang capai beberapa ribu hektar membuat taman nasional ini jadi lokasi yang vital untuk camping bersama rekan-rekan.

Ditambah dengan barisan pohon membubung tinggi yang siap jadi payung alam untuk pengunjung yang tiba. Ada banyak tempat yang disiapkan oleh pengurus untuk acara perkemahan pengunjung.

Seperti Kankania, Savana Ukra, Kondo, dan Mar. Tempat kemping itu dapat Anda menjadikan lokasi untuk bergembira bersatu dengan alam.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Taman Nasional Wasur Papua

Fasilitas Taman Nasional Wasur
Photo Credit: Zulfiqar Islahqamat

Menjadi satu diantara tempat rekreasi alam yang berada di Papua, Taman Nasional Wasur telah diperlengkapi dengan sarana yang cukup ideal. Di sini Anda akan merasakan dangau-dangau yang dibuat di pinggir telaga. Bahkan juga ada juga pendopo dan sarana outbound yang membuat berlibur Anda makin mengagumkan.

TN Wasur dipisah di dalam 2 tempat, yakni tempat cagar alam dan tempat suaka margasatwa. Spotnya juga ada beragam jenis hingga Anda dapat senang berkeliling-keliling taman. Janganlah lupa untuk mendokumentasikan peristiwa sepanjang ada di tempat rekreasi yang istimewa itu.

Beragam hal berkenaan Taman Nasional Wasur sama seperti yang diulas di atas, tentunya membuat Anda makin takjub dengan alam Indonesia. Tinggal bagaimana kita menjaga dan melestarikannya supaya flora atau fauna tidaklah sampai musnah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.