Taman Nasional Bunaken, Mengenal Surga Bawah Laut di Manado

Alamat: Kec. Wori, Kotamadya Manado, Kab. Minahasa, Sulawesi Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

Selama ini berbicara terkait keindahan wisata alam Indonesia telah bukan hal baru kembali. Terutamanya karena letak Indonesia yang memberi keuntungan dengan semua daya magnet keindahan yang dimilikinya. Bukan hanya kondisi daratan seperti gunung, air terjun, tempat wisata taman sampai gua peninggalan di zaman penjajahan tetapi juga kondisi bawah laut yang membius. Cukup beberapa pulau di Indonesia yang begitu terjaga dan pasarkan keindahan bawah laut untuk dieksplor.

Satu diantaranya type wisata yang terkenal di Indonesia adalah wisata bahari. Hal itu karena jumlah sumber daya lautnya yang banyak sampai dapat dipakai sebagai tempat wisata. Misalnya seperti Taman Nasional Bunaken yang disebutkan taman laut dengan keunggulan daya magnet alamnya tidak ada tara. Berada berada di wilayah Sulawesi Utara dan alami.

Daya Tarik Bawah Laut Taman Nasional Bunaken

Daya Tarik Taman Nasional Bunaken

Photo Credit: Zakia

Bunaken sebagai taman nasional yang telah diputuskan oleh Menteri Kehutanan di tahun 1991 sebagai objek wisata. Memiliki lokasi sebagai perwakilan dari ekosistem perairan tropis Indonesia. Terdiri dari ekosistem rimba bakau, padang lamun sampai terumbu karang dan ekosistem daratan atau pesisir. Pulau yang ada di dalamnya ini kaya flora dan fauna di mana Taman Nasional Bunaken memiliki 13 genera atau genus karang hidup dengan dominasi type terumbu karang tepi dan terumbu karang penghalang. Ada sekitar 91 type ikan yang hidup di perairan ini. Misalnya saja seperti ikan kuda gusumi, lolosi ekor kuning sampai ila gasi.

Mereka yang datang cicipi wisata bawah laut tidak cuma dari wisatawan lokal saja tapi di luar negeri atau wisatawan luar negeri. 1x kembali memperlihatkan bila pariwisata di Indonesia memang memiliki daya tarik dunia. Pada tempat ini banyak pula kegiatan wisata bahari yang bisa dikerjakan pengunjung. Diawali dari diving, snorkeling, berjemur dan berenang. Ada juga diving ceter yang beranama Dragonet dan pernah menjadi sekretariat acara Sail Bunaken. Tempatnya berada di pantai Kalase, tepatnya di pinggir kota Manado. Sail Bunaken sendiri pecahkan rekor MURI dengan lebih dari 2000 penyelam yang ikut turuti upacara bendera di dasar laut.

Sementara dari pemilik Dagonet Diving Center sendiri mempekerjakan pelatih selam yang sudah bersertifikasi SDI atau Scuba Diving International. Dragonet sendiri pasarkan pelajaran menyelam yang baru mengawali. Misalnya saja pengunjung atau penyelam pemula belajar beberapa dasar menyelam sejauh 15 meenit dan akan dibawa dengan setahap sampai 45 menit di keddalaman sampai 6 mtr.. Kontributor dari Diving Center ini tentu memudahkan pengunjung cicipi keindahan wisata alam bawah laut dari Taman Laut Bunaken.

Tempat wisata ini berada di wilayah Kabupaten Minahasa, Kotamadya Manado. Sementara dari sisi utara taman nasional, ada pulau Bunaken, Montehage, Manado Tua, Nain Kecil, Siladen dan banyak daerah pesisir Tanjung Pisok.

Mengenal Taman Nasional Bunaken

Tidak lengkap rasanya tidak mengenal sebagian kecil dari Taman Nasional Bunaken yakni sejarahnya. Keindahan yang dimiliki Taman Laut Bunaken ini tidak langsung ditemukan begitu saja. Tetapi taman ini dulunya jadi daerah yang terkucil. Karena di waktu itu asih dalam masa orde baru yang belum beberapa saat untuk liburan. Hanya ada beberapa orang yang mencari untuk benar-benar melihat keindahan Indonesia.

Nampaklah beberapa penyelam yang usaha untuk pelajari keindahan dari Laut ini. Tetapi, beberapa penyelam juga tidak langsung mulus menyelam begitu saja tapi mereka memperoleh perintah dari beberapa nelayan. Warga sekitar khususnya nelayan menghimbau bukan untuk menyelam dalam laut karena ada roh jahat yang menimpatinya.

Ini masih berlanjut sampai tahun 1970an karena terkenal dengan komponen magis dan doktrin berkenaan roh dan hantu, ada nelayan yang meninggal dunia karena menyelam. Kejadian ini semakin dihubungkan karena ada kekuatan magis dalam laut. Tapi, dari beberapa penyelam yang ingin pelajari tidak mundur atau setop mengeksplor keindahan di bawah sana.

Mereka kembali menyelam dan merasakan yang disebut surga bawah laut. Beberapa penyelam memberi cerita ke pemerintah pada tempat. Disini koordinasi dikerjakan dan terbentuk Taman Nasional Bunaken yang sampai saat ini tetap menjadi surga dunia untuk beberapa pengunjung yang datang darimanakah saja.

Pesona yang Dimiliki Taman Laut Bunaken

Pesona Taman Nasional Bunaken

Photo Credit: Qingge Tong

Mengapa Bunaken disebut surga dunia? Tidak lain karena penyelam bisa merasakan sekitar 20 spot diving. Ada 12 satu diantaranya bisa ditemukan di pulau Bunaken sendiri. Bahkan kekhasan dari penyelaman yang berada di sini yaitu jarak pandang yang bisa raih 20 mtr.. Ada kondisi ini menunjukkan bila air begitu jernih.

Ketika-saat tertentu, jarak pandang kawasan ini bisa raih kurang 35 mtr.. Selain itu, ada juga dinding karang raksasa yang terbentuk meliuk dan vertical. Peran dari ada dinding ini untuk makanan ikan-ikan kecil yang ada di laut.

Beberapa pengunjung bisa melihat keindahan yang luar biasa. Bahkan semua titik penyelaman di dunia informasinya bisa kalah atas yang ada di kawasan ini. Maka dari itu banyak juga beberapa wisatawan luar negeri yang datang untuk memperlihatkan bagaimana daya magnet yang disodori oleh Taman Laut Bunaken ini.

Ada satu hal lagi yang dirasakan oleh setiap wisatawan luar negeri. Warga atau masyarakat Indonesia terkenal dengan keramahannya. Masyarakat terkenal murah senyum dan sebagian besar daari mereka memang pandai untuk berbahasa Inggris terutamanya untuk wisatawan luar negeri yang datang ke Taman Laut Bunaken ini. Ada juga beberapa nelayan yang biasa mengantar pengunjung diving ini pandai beberapa bahasa. Mereka belajar agar dapat memberi service terbaik dan membuat pengunjung bisa nyaman.

Lokasi dan Biaya Tiket Masuk Taman Nasional Bunaken

Lokasi Taman Nasional Bunaken

Photo Credit: Ditjen Imigrasi

Untuk wisatawan yang ingin ke TN Bunaken bisa naik pesawat ke kota Manado terlebih dahulu. Baru dari Bandara Internasional Sam Ratulangi, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Kota Manado, Sulawesi Utara menggunakan taksi sebagai angkutan yang paling cepat.

Kelak dari Manado akan diperuntukkan ke pelabuhan Marina Blue Banter. Selanjutnya, pengunjung bisa menggunakan kapal untuk ke Pulau Bunaken yang memakan waktu sekitar 20 menit. Baru nantinya anda bisa cicipi bermacam keindahan yang ada di wilayah ini.

Harga ticket masuk ke Taman Nasional Bunaken tidak menguras kantong. Cukup hanya Rp. 5000 saja dapat masuk tempat wisata. Tapi akan mahal untuk pelancong asing yang datang di harga Rp. 150.000. sementara untuk melakukan aktivitas snorkeling, pengunjung harus mengeluarkan dana Rp. 150.000 untuk sewa peralatan selam dengan waktu satu jam.

Harga yang dikeluarkan tidak terasa berat jika pengunjung sudah melihat bagaimana keindahan alam yang ada di bawah laut Bunaken ini. Belum ada juga fasilitas dan sarana yang berwujud hotel di kawasan Bunaken. Sudah ada dengan bermacam pilihan yang bisa memudahkan pengunjung untuk tentukan hotel terbaik. Ada juga penyewaan selam di mana pengunjung tidak perlu kuatir untuk jaminan keselamatan dan keamanannya karena dilengkapi pelatih terbaik untuk beberapa wisatawan.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Taman Nasional Bunaken

Kegiatan Taman Nasional Bunaken

Photo Credit: Pandu Laut Nusantara

Bila Anda berencana liburan ke arah wisata ini karenanya bawa teman-teman dan keluarga besar untuk bermain bersama. Karena agak banyak aktivitas luar biasa yang dapat dikerjakan. Apa Anda mulai tertarik? Yuk, baca info lebih jelasnya berikut ini.

Untuk beberapa remaja atau anak-anak yang duduk di sekolah, menjadikan Taman Nasional Bunaken sebagai arah study tour adalah pilihan yang tepat. Kenapa demikian? Karena selain cicipi keindahan alam dan bermain air, beberapa siswa juga bisa belajar terkait biota, ekosistem, sampai bentang alam di Bunaken.

Bahkan juga ada juga program penanaman pohon mangrove yang dapat disaksikan trick-nya sampai jadi pengalaman baik untuk anak-anak. Selain itu, ada juga transplantasi karang yang tidak kalah luar biasa untuk dilihat. Ajak adik atau saudara agar menambah wawasan pengetahuan lebih dalam berkenaan laut.

Tentu jika berkunjung di wisata bahari Anda akan menyelam atau snorkeling. Menyelam di laut Bunaken benar-benar menarik. Isi spesies biota dan ekosistemnya betul-betul memanjakan mata karena penuh warna. Apalagi, Anda dapat melihat terumbu karang yang tumbuh begitu elok dan jadi kekhasan di Taman Nasional Bunaken.

Bila ingin mengeksplor cantiknya dalam laut Bunaken, Anda perlu didampingi dengan seorang pemandu yang telah ahli menyelam. Dengan begitu keamanan bisa terbangun sampai tidak ada sesuatu hal yang tidak diharap.

Kegiatan Lain Taman Nasional Bunaken

Photo Credit: Emad Elghamery

Selain menyelam, snorkeling terhitung aktivitas yang luar biasa untuk dikerjakan juga. Anda bisa menyelam di bagian perairan yang tidak demikian dalam alias dangkal dan memerhatikan keindahan biota laut dan terumbu karang disitu.

Ada komune asli untuk lumba-lumba dan paus di Laut Bunaken. Sewa perahu untuk melihat satwa laut itu dari dekat. Jika untung, Anda dapat melihat lumba-lumba lakukan atraksi seperti naik. Tujukan perahu ke tengahnya laut sampai kedatangan satwa itu dapat diraih.

Dokumenkan kejadian sebagai masa lalu telah berlibur di Bunaken. Berfotolah dengan latar belakang laut jernih bersama barisan lumba-lumba dan paus yang berada di sekitar kapal.

Jadi hal yang lumrah untuk melihat senja di sore hari saat matahari akan terbenam. Pemandangan dari ufuk barak yang terlihat menarik akan memajankan mata. Tunggu sampai bias cahaya orange mulai menyebar memantul di atas laut. Anda pasti berdecak kagum saat melihatnya. Apalagi didampingi bersama orang tercinta.

Daya magnet dan keindahan taman laut bunaken ini tidak bisa dihiraukan begitu saja. Saat sorot mata dunia ada di taman ini tentu sudah selayaknya Indonesia sebagai tuan-rumah memaksimalkan betul apa yang tersaji. Mengeksplor dengan baik dan mengawasinya agar tidak remuk karena perilaku manusia atau peristiwa alam. Pakai waktu sebaik mungkin untuk membikin masa lampau tidak terlewati di arah wisata ini. Dokumenkan banyak foto dan selfie untuk ingat bila Anda pernah datang kesini.