Taman Mangrove Sofifi, Menikmati Pesona Alam di Hutan Bakau Maluku Utara

Taman Mangrove Sofifi, Menikmati Pesona Alam di Hutan Bakau Maluku Utara
Alamat: Sofifi, Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

Rimba Mangrove menjadi satu diantara kekuatan tempat wisata alam yang banyak diperkembangkan di beberapa wilayah, terhitung Sofifi, ibu-kota Maluku Utara. Object wisata yang dinamakan Rimba Mangrove Guraping Sofifi ini menyuguhkan panorama mangrove sepanjang mata melihat. Tertarik bertandang?

Taman Mangrove dapat menjadi satu diantara tujuan wisata alam di daerah Sofifi, Maluku Utara. Seperti namanya, di sini anda akan menemui banyak pohon mangrove sepanjang mata melihat yang dapat anda cicipi dari sebuah jembatan kayu yang melewati rimba mangrove. Agar semakin selengkapnya, yok baca pembahasan komplet berikut ini!

Mengenal Wisata Taman Mangrove Sofifi

Mengenal Taman Mangrove Sofifi
Photo Credit: iAm_Muhammad Achyar

Taman Mangrove Sofifi dikenal juga bernama Rimba Mangrove Guraping karena lokasinya yang ada di tepi Teluk Guraping. Rimba mangrove ini banyak dengan tumbuhan bakau yang lebat yang dapat anda cicipi lewat jembatan kayu. Wisata mangrove ini terhitung salah satunya tujuan favorit di Sofifi, ibu-kota Maluku Utara.

Walau Sofifi sebagai ibu-kota, tetapi tempat ini dapat disebut masih kurang sarana dan fasilitas umum. Namun, rimba mangrove ini menjadi opsi yang pas bila anda takut untuk coba wisata yang lain, seperti snorkeling. Rimba Mangrove Guraping Sofifi berdiri di atas tempat selebar 400 hektar dengan panorama teluk dan pegunungan.

Tempat ini benar-benar pas untuk anda yang menyukai jalanan rileks sekalian nikmati panorama alam yang dihidangkan. Anda cukup jalan telusuri jembatan kayu yang telah dibuat melewati rimba mangrove sambil nikmati panorama tumbuhan bakau sepanjang mata melihat. Saat masuk gerbang, anda segera disongsong dengan jejeran tumbuhan bakau.

Pesona yang Dimiliki Taman Mangrove

Pesona Taman Mangrove Sofifi
Photo Credit: Andarinyo

Daya magnet khusus dari object wisata alam rimba mangrove Sofifi ini ialah panorama yang paling alami berbentuk tumbuhan bakau sepanjang jalan dan mata melihat. Lewat jembatan kayu yang disiapkan oleh pengurus, anda betul-betul telusuri rimba mangrove dari ketinggian.

Tumbuhan hijau akan menegur di sejauh perjalanan anda melewati tumbuhan bakau yang berada di sini. Untuk anda yang menyukai dengan nuansa rimba seperti ini, rimba mangrove Sofifi dapat jadi tujuan wisata yang pas buat anda. Selainnya telusuri rimba, anda bisa juga nikmati panorama rimba di atas ketinggian lewat menara kayu.

Di atas menara ini, anda akan menyaksikan luasnya rimba mangrove dengan pegunungan di seberang dan panorama teluk. Disamping itu, rimba ini mempunyai koleksi 9 tipe tanaman bakau. Info mengenai tanaman bakau ini dapat anda dapatkan di papan yang ada di sejumlah pojok jalan.

Peranan dari rimba mangrove selainnya menahan abrasi air laut untuk hasilkan udara yang fresh dan bersih. Anda akan rasakan kesejukan udara saat melewati rimba, tetapi yakinkan tidak bertandang saat hari terik karena di sini cukup panas dan tidak ada atap perlindungan. Udara yang fresh itu baik sekali buat anda gunakan sebagai penyegar diri.

Tidaklah aneh bila banyak pelancong yang bertandang ke arah tempat wisata ini untuk refreshing sesudah repot dengan beragam tugas. Dengan berkunjung object wisata alam yang menyuguhkan keelokan dan sejuknya alam, badan bisa juga berasa lebih fresh serta lebih semangat untuk meneruskan aktivitas di keesokan hari.

Lokasi Menuju Ke Tempat Wisata Taman Mangrove

Alamat Taman Mangrove Sofifi
Photo Credit: Rachmat Avian

Taman Mangrove Sofifi ini berada di Pulau Halmahera, persisnya di tepi Teluk Guraping, Sofifi, Maluku Utara. Untuk capai lokasi wisata mangrove ini, anda dapat memakai kapal ferry atau speed boat (kapal cepat) dari Ternate ke arah Sofifi. Dengan memakai ke-2 transportasi itu, perjalanan anda akan berasa lebih cantik.

Masalahnya di sejauh perjalanan anda akan menyaksikan bentangan laut Maluku Khusus yang cantik dengan pegunungan yang berjejer. Sesudah datang di lokasi rimba mangrove, anda akan disajikan dengan pemandangan tumbuhan bakau yang bersatu dengan pegunungan dan teluk yang cantik.

Biaya Ticket Masuk Object Wisata

Tiket Taman Mangrove Sofifi
Photo Credit: Mega Udianto

Saat datang di taman mangrove ini, anda akan disongsong oleh gapura selamat tiba yang dibuat dari kayu, begitu halnya jembatannya. Sekitaran 50 mtr. dari gerbang itu, anda akan menemui loket pembayaran di samping kanan dan disini tempat anda bayar ticket masuk Rimba Mangrove Guraping Sofifi.

Ongkos yang penting anda bayarkan yakni Rp 5 ribu untuk orang dewasa dan Rp 2,5 ribu untuk anak-anak. Harga yang paling dapat dijangkau, kan? Jika anda ingin bertandang kesini, yakinkan anda tiba pada jam 08.00 sampai 18.00 WIT karena object wisata ini bekerja sepanjang jam itu.

Kegiatan yang Dilaksanakan Menarik di Taman Mangrove

Aktivitas Taman Mangrove Sofifi
Photo Credit: Ari Widodo

Sama seperti dengan tumbuhan secara umum, bakau mempunyai beberapa macam dan di Rimba Mangrove Sofifi ini terdaftar ada 9 tipe tumbuhan bakau. Info mengenai tumbuhan bakau ini dapat anda dapatkan di papan yang berisi info itu. Papan-papan ini berada di sejumlah pojok jalan supaya gampang diketemukan oleh beberapa pengunjung.

Dari info itu, minimal anda dapat ketahui tipe tanaman bakau yang tumbuh di Taman Mangrove Sofifi. selainnya berperanan sebagai object wisata alam, rimba mangrove di Sofifi ini menggenggam peranan sebagai wisata pembelajaran untuk beberapa pengunjung. Dengan begitu, makin bertambah orang yang memahami mengenai keutamaan tumbuhan bakau untuk menahan abrasi laut.

Taman wisata rimba mangrove sudah pasti menyuguhkan keelokan rimba mangrove yang menghampar sepanjang mata melihat. Anda dapat telusuri jembatan kayu yang memotong rimba untuk nikmati panorama ini. sambil berkeliling-keliling, anda bisa juga ambil gambar dengan background tumbuhan bakau.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Taman Mangrove Sofifi

Fasilitas Taman Mangrove Sofifi
Photo Credit: Darius Arkwright 

Sebagai tempat wisata, Rimba Mangrove Guraping Sofifi diperlengkapi dengan beragam sarana yang hendak mempermudah dan tingkatkan kenyamanan pengunjung. Beberapa sarana itu salah satunya toilet, warung makan, tempat sampah, dan beberapa panduan sekitar tanaman bakau yang tumbuh di rimba mangrove ini.

Di sejumlah pojok jalan sudah disiapkan tempat sampah yang dapat anda pakai untuk buang sampah bila anda bawa makanan ke teritori rimba mangrove. Oleh karenanya, janganlah sampai buang sampah asal-asalan, apa lagi sampai mengotori teritori rimba mangrove yang hendak jadi penyebab pencemaran di daerah lindung ini.

Warung yang berada di sini dapat anda gunakan bila anda berasa lapar atau sekedar ingin rasakan makanan yang dipasarkan di sini. Bersamaan dengan berjalannya waktu, sarana yang ada di Rimba Mangrove Guraping Sofifi ini selalu dipertingkat untuk jaga kenyamanan beberapa pengunjung yang tiba.

Bila anda sedang bertandang ke Maluku Utara, janganlah sampai keterlaluan untuk singgah ke Rimba Mangrove Sofifi yang berada di tepi Teluk Guraping ini. Masalahnya taman mangrove ini menjadi satu diantara tujuan wisata harus bila anda bertandang ke Sofifi, Maluku Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.