Taman Buaya Indonesia Jaya, Salah Satu Penangkaran Buaya Terbesar di Dunia

Taman Buaya Indonesia Jaya, Salah Satu Penangkaran Buaya Terbesar di Dunia
Alamat: Jl. Raya Perum, Sukaragam, Kec. Serang Baru, Kab. Bekasi, Jawa Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Bukan seperti tempat rekreasi secara umum, di mana Taman Buaya Indonesia Jaya sebuah salah satunya penangkaran buaya paling besar yang berada di dunia. Walau sebenarnya buaya dikenali sebagai hewan buas dan ditakutkan beberapa orang, tetapi siapa kira penangkaran ini malah banyak didatangi pelancong yang ingin tahu untuk menyaksikan mereka dari jarak dekat. Dibanding ingin tahu bagaimana serunya, baca pembahasan ini.

Pesona yang Dipunyai Taman Buaya Indonesia Jaya

Mengenal Taman Buaya Indonesia Jaya
Foto Kredit: Endang Budirahayu

Sebetulnya tempat rekreasi ini telah dibuat semenjak tahun 1990 lalu, di mana tiap tahunnya alami kenaikan. Bahkan juga sekarang telah mempunyai minimal lima kolam besar, di mana tiap kolamnya sanggup memuat sekitaran 100 ekor buaya. Pikirkan bagaimana rasanya menyaksikan gerombolan reptil air di muka mata ? Hati takut dan ingin tahu bisa menjadi satu, tetapi tidak menurunkan semangat untuk berkeliling-keliling disekitaran lokasi penangkaran.

Kekhasan tempat ini telah dirasa semenjak pertama sampai di lokasi, di mana pengunjung dapat menyaksikan patung memiliki ukuran besar yang seperti buaya dengan mulutnya yang menganga lebar. Kedatangan patung yang ada di muka pintu masuk ini, jadi pertanda jika pengunjung telah tiba di tujuan sekalian bawa kesan-kesan tertentu untuk yang menyaksikannya. Seterusnya pertanyaan juga terbesit di kepala, seperti apa di sini cuma ada buaya?

Tidak perlu cemas akan berasa jemu menyaksikan buaya bergabung pada sebuah tempat saja, karena pengunjung bisa juga melihat beberapa petugasnya saat memberi makan ke reptil raksasa itu. Pengunjung juga tidak perlu takut saat ada di lokasi penangkaran, karena ada pengaman setiap kolamnya berbentuk pagar besi capai tinggi 1,5 mtr.. Dengan demikian, anda dapat melingkari kolam tanpa takut dikonsumsi oleh mereka.

Pengunjung bisa jalan jalan rileks, sambil belajar mengenal beragam tipe buaya sampai bagaimana acara penetasan telur buaya. Bila untung, pengunjung bisa juga meliha perawatan bayi buaya yang barusan menetas dari telurnya. Supaya beberapa pengunjung tidak berasa jemu, faksi pengurus bahkan juga memberi agenda khusus untuk atraksi tradisionil debus. Jika tiba sesuai agenda yang diputuskan, anda dapat menyaksikan tindakan hebat si pawang.

Siapa kira bila penangkaran paling besar ini, tidak sebagai tempat berekreasi semata-mata. Reptil garang itu diperbudidayakan untuk keperluan khalayak. Di mana sisi kulitnya akan dipakai sebagai bahan industri, yang hendak diproses sampai jadi beragam aksesori menarik sebagai oleh-oleh. Dimulai dari tas sampai sepatu juga dijajakan, di mana seluruh bahan pembikinan datang dari kulit buaya yang ada di penangkaran.

Apa cuma kulit mereka saja yang dapat digunakan? Sudah pasti tidak, karena daging buaya sendiri rupanya dapat dibuat jadi beragam kulineran lezat untuk dimakan. Tidak cuma rasanya yang unik, tetapi warga yakin jika daging buaya menjadi obat dan beragam faedah yang lain untuk badan. Bahkan juga pecintanya juga lumayan tinggi, khususnya untuk mereka yang menyenangi daging dagingan.

Kegiatan Menarik di Taman Buaya

Pesona Taman Buaya Indonesia Jaya
Foto Kredit: Dhirga Mahardhika

Harus dipahami jika taman satu ini bukan hanya meperlihatkan jumlahnya buaya memiliki ukuran besar ke pengunjung, tetapi faksi pengurus ingin membiakkan reptil garang ini untuk beragam kebutuhan. Bahkan juga ada sebuah pertunjukan hebat di antara manusia dan buaya, yang siap melipur tiap pengunjung yang tiba sesuai agenda yang ditetapkan. Ditanggung dengan kedatangan aktraksi itu, berekreasi ke arah tempat ini jadi lebih hebat yang mencekam.

Minimal ada 3 tipe pertunjukan yang siap menggoncangkan pentas yang terbagi dalam pertunjukan pawang ular, debus, dan si aktor khusus yakni pawang buaya. Pertunjukan yang diperlihatkan lumayan menarik, hingga banyak pelancong yang menyengaja tiba ketika berada agenda pentas mencekam itu. Saat ingin melihat aktraksi itu, sebaiknya tidak untuk bawa anak kecil.

Mengapa anak kecil tidak dikenankan melihat pertunjukan? Ingat jika dalam performanya kelak, ada banyak episode kekerasan yang dirasakan kurang patut dan tidak bagus dilihat di umurnya yang terlampau muda. Bahkan juga pertunjukan ini bisa disebutkan ekstrim, hingga ditakuti mereka akan tirukan episode itu di dalam rumah. Untuk menahan hal yang tidak diharapkan, kelihatannya peringatan ini perlu ditaati.

Selainnya menyuguhkan performa melawan maut, pengunjung akan memperoleh pengetahuan baru dari pemberian sedikit panduan saat hadapi ular. Bahkan juga si pawang akan memperlihatkan langsung, bagaimana hadapi ular sanca atau phyton, yang siap melilit badan mangsanya. Si pawang menerangkan secara jelas, hingga pengetahuan itu bisa diterima dan diolah secara mudah oleh beberapa pengunjung.

Berlainan dengan pertunjukan dengan si reptil memiliki badan besar ini, di mana lebih berkesan mistis serta lebih mencekam kembali. Bagaimana tidak, karena si pawang umumnya akan membakar dupa lebih dulu sambil ucapkan mantra tertentu saat menggigit jimat yang berada di kalungnya. Seolah jadi upacara saat sebelum penerapan pertunjukan yang jangan dilewati, pada proses ini situasi tegang bahkan juga saat sebelum pertunjukan diawali.

Lokasi Menuju ke Taman Buaya Indonesia Jaya

Lokasi Taman Buaya Indonesia Jaya
Foto Kredit: Vina Kurniasari

Tertarik berkunjung taman ekstrim tidak biasa ? Langsung ke arah lokasi yang ada di Jalan Raya Cibarusah, Kecamatan Serang, Bekasi, Jawa Barat. Pengunjung bisa memakai kendaraan individu atau kendaraan umum saat akan menunju lokasi rekreasi ini. Bahkan juga akses ke arah lokasi bisa disebutkan lumayan gampang, terlebih bila melalui lajur tol Cikarang Barat. Saat keluar tol, silakan mengambil status kanan untuk ke arah Jonggol Bogor.

Dikatakan sebagai tempat penangkaran reptil buas memiliki ukuran besar, rupanya tempat ini malah mengundang perhatian pengunjung. Disitu pengunjung akan dibikin kagum tidak yakin, saat menyaksikan perawakan mereka yang ganas dalam jumlah beberapa ratus. Bisa rasakan kesan berlainan, karena tempat ini berlainan dengan tempat rekreasi yang lain umumnya menyuguhkan panorama cantik yang menarik.

Biaya Ticket Masuk Wisata Taman Buaya Indonesia Jaya

Rute Taman Buaya Indonesia Jaya
Foto Kredit: @gridkidsid

Saat sebelum bertandang ke satu tempat, penting untuk ketahui harga ticket masuk dan jam operasinya. Karena ada penyiapan itu, ditanggung berlibur jadi lebih membahagiakan dan sesuai gagasan yang telah dibikin. Tetapi tidak perlu cemas akan harga tiketnya, karena faksi pengurus tawarkan harga yang ramah kantong. Orang dewasa akan diambil biaya sekitaran 10 beberapa ribu per-orang, dan untuk anak anak dikenai ambil 6 beberapa ribu per-orang.

Tetapi harus diingat, jika biaya yang dijajakan mungkin berbeda setiap saat seperti saat hari liburan panjang atau liburan akhir minggu. Oleh karena itu, tidak ada kelirunya bawa uang lebih sebagai cara penangkalan. Lantas bagaimana dengan jam operasinya ? Tempat rekreasi ini sia menyongsong pengunjung start pukul 8 pagi sampai 4 sore. Untuk anda yang ingin menyaksikan pertunjukan hebat, bisa bertandang di hari minggu jam 11 pagi dan 2 siang.

Harus diingat, jika hari liburan ialah saat yang pas untuk habiskan waktu bersama sama orang yang tercinta. Oleh karena itu, jumlah pengunjung yang tiba pada hari liburan naik mencolok. Bahkan juga semenjak tempat wisata ini dibuka, telah banyak pengunjung yang siap mengantre untuk beli ticket masuk. Yakinkan untuk teratur dan tidak sama-sama berdesak-desakan, supaya hari liburan anda lebih membahagiakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.