Taman Buah Mekarsari, Taman Reakreasi Agrowisata Favorit & Edukatif di Bogor

Taman Buah Mekarsari, Taman Reakreasi Agrowisata Favorit & Edukatif di Bogor
Alamat: Jl. Raya Cileungsi Jonggol, Mekarsari, Kec. Cileungsi, Kab. Bogor, Jawa Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 50.000
Google Maps: Cek Lokasi

Sebagai negara tropis, Indonesia mempunyai keelokan yang tidak terpungkiri. Tanahnya yang subur membuat Indonesia dapat banyak dengan beragam buah buahan atau sayur. Ternyata ini dapat digunakan sebagai sebuah agrowisata yang dapat mendidik sekalian untuk wisata. Seperti Taman Buah Mekarsari di Kota Bogor yang menjadi agrowisata terfavorit dan banyak disukai pelancong. Baca pembahasan secara lengkap.

Pesona & Sejarah Taman Buah Mekarsari

Pesona Taman Buah Mekarsari
Photo Credit: Ari Raharjo

Teritori rekreasi ini dibuat semenjak tahun 1990 yang disebut gagasan dari Almh. Ibu Tien Soeharto. Pembangunannya memerlukan waktu sekitaran lima tahun yang selanjutnya di tahun 1995 sah dibuka bernama Taman Buah Mekarsari. Dengan berjalannya waktu ada makin bertambah variasi tanaman yang diperbudidayakan. Hingga tidak cuma ada buah tetapi ada juga sayur mayur yang ikut dapat dijumpai oleh pengunjung.

Sampai pada akhirnya pada tahun 2004 namanya dirubah jadi Taman Rekreasi Mekarsari. Ada di atas tempat dengan luas sampai 264 hektar pengunjung dapat menyaksikan beragam jenis tanaman sebagai koleksinya. Untuk membikin pengunjung dapat semakin nikmati dan tertarik, pada akhirnya dipertambah sarana dan permainan yang memikat. Sampai sekarang Taman Rekreasi ini masih mempunyai tempat di hati warga dan jadi tujuan rekreasi yang disukai.

Koleksi tanamannya capai 1.470 untuk buah dan ada juga 100.000 pohon yang membuat mempunyai udara yang sejuk. Tanaman yang lain dapat diketemukan berbentuk tanaman hias, sayur,pangan, biofarma, rempah dan perlindungan. Tempat ini mempunyai laboratorium yang umumnya dipakai untuk silangkan varietas baru. Anda bisa juga menjumpai beragam tanaman yang termasuk sangat jarang di taman satu ini.

Kegiatan Menarik yang Dapat Dilakukan di Taman Mekarsari

Kegiatan Taman Buah Mekarsari
Photo Credit: Taman Buah Mekarsari

Kegiatan yang dapat dilaksanakan dalam taman rekreasi ini tidak cuma untuk menyaksikan tumbuhan saja. Ingat telah ada sarana atau permainan yang dapat dicoba dan membuat berlibur makin hebat. Buat anda yang menyenangi permainan, anda dapat mencoba Banana Boat, Water Bike, Waterpark, Giant Bubble sampai Floating Donat. Anda yang ingin berenang bisa juga betulang dikolam renang yang sudah disiapkan di taman satu ini.

Umumnya sarananya memang di air hingga bila ingin mencoba, alangkah baiknya kalau bawa baju tukar. Dengan demikian saat pakaian anda basah jadi tidak bisa menjadi permasalahan. Permainan air ini dapat ditegaskan hebat, misalnya water kingdom yang punyai banyak permainan. Dimulai dari seluncuran boomerang yang memilikipanjang sampai 118 mtr. dan kolam arus atau lazy river yang panjangnya sampai 600 mtr..

Selainnya permainan di air, anda yang menyukai rintangan atau penjelajahan bisa juga coba beberapa sarana. Seperti naiki ATV dengan jalur yang sudah disiapkan dan tentunya melawan untuk di coba. Taman Rekreasi ini mempunyai fasilitas outbond atau paddy village untuk anak. Berikut kenapa Taman Mekarsari dapat disebutkan sebagai taman yang spesial terutamanya untuk anak anak yang berkunjung taman rekreasi satu ini.

Anak anak dapat memakai sarana seperti flying fox, panjat dinding, hambat rintang dan dayung rakit. Sementara untuk paddy village, anak anak akan rasakan pengalaman dalam bertani di sawah. Karena taman ini selainnya untuk rekreasi untuk memberi pembelajaran. Sang kecil dapat mencoba bagaimana aktivitas tandur, melukis topi petani sampai memandikan kerbau yang tentu saja menjadi pengalaman yang tidak terlewatkan.

Ada pula tempat permainan yang tidak kalah memikat buat dicoba seperti Mono Rail, Gokart Minihingga Aeroplane Fancy. Tidak itu saja, anda bisa juga nikmati perlihatkan yang teratur diselenggarakan yaitu Ponyo Show. Ponyo show ini sebagai humor interaktif yang memakai tehnologi hebat. Selainnya Ponyo Show, ada juga perlihatkan operet dengan beragam topik yang pasti dapat memberi selingan karena dibungkus dengan lucu.

Biaya Ticket Wisata dan Lokasi Taman Buah Mekarsari

Alamat Taman Buah Mekarsari
Photo Credit: Ifan Henry Chen

Taman Mekarsari ada di Jl. Raya Cileungsi, Jonggol, dengan alamat persisnya ada di KM3 teritori Cileungsi. Untuk ke arah lokasi lumayan gampang dapat memakai transportasi umum atau kendaraan individu. Bila memakai kendaraan individu, jaraknya dari tol Jagorawi cuma sekitaran 20 sampai 30 menit saja. Sementara bila memakai kendaraan umum harus ganti angkutan beberapa tetapi dapat turun langsung gerbang depan.

Untuk dapat masuk ke tempat rekreasi, anda akan dikenai ongkos ticket masuk sekitaran Rp. 50 ribu. Harga itu belum juga terhitung dengan sarana sarana yang ingin dicoba. Dipakai mekanisme Hebat Up untuk dapat naiki sarana yang ada. Hingga anda tak perlu mengantre untuk beli ticket bila ingin mencoba sarana. Biaya sarana ini cukup bermacam dibanderol dimulai dari Rp. 15 ribu sampai di atas Rp. 50 ribu bergantung dari sarana bermainnya.

Waktu operasinya anda dapat tiba tiap hari karena akan membuka. Sementara untuk jamnya akan berlainan saat hari biasa dan akhir minggu. Senin sampai Jumat akan membuka jam 10.00 sampai 16.30 WIB. Dan saat akhir pekan atau hari liburan membuka dimulai dari jam 09.00 sampai 16.30 WIB. Hingga anda harus berencana secara tepat saat sebelum berkunjung taman rekreasi yang legendaris dan banyak disukai ini.

Fasilitas & Sarana yang Berada di Taman Buah Mekarsari

Fasilitas Taman Buah Mekarsari
Photo Credit: Setiyo Nugroho

Tidak cuma banyak memiliki sarana, tetapi taman rekreasi ini sediakan bermacam sarana untuk menganakemaskan beberapa pengunjung. Taman Mekarsari sediakan training dan trip untuk mengenali pengetahuan perkebunan dan pertanian. Training atau trip ini dibuka untuk umum dimulai dari siswa sampai warga. Mereka tawarkan beberapa paket untuk menelusuri taman rekreasi yang punyai banyak koleksi ini.

Anda dapat memakai sepeda tandem untuk dipakai berkeliling-keliling perkebunan. Atau bisa juga memakai kendaraan ciri khas Thailand yaitu Tuk tuk. Dengan demikian anda tak perlu cemas capek jalan kaki melingkari tempat yang demikian luas ini. Ada restoran menjadi tempat anda isi perut. Ada restourant cepat sajian dan rumah makan tradisionil yang mempunyai menu unggulan ikan Gurami dan menu nusantara yang lain.

Tempat parkir luas, tempat untuk beribadah sampai toilet yang bersih bisa juga anda jumpai di tempat rekreasi satu ini. Bila ingin beli oleh-oleh bisa juga dilaksanakan, oleh-oleh umumnya sebagai produk dari Mekarsari sendiri. Seperti beragam tipe buah fresh sampai olahannya, souvenir dan bibit tanaman. Semua sarana ini tentu saja akan membuat pengunjung berasa kerasan dan nyaman untuk habiskan waktu berliburnya.

Bahkan juga buat anda yang ingin bermalam ada pemondokan. Pemondokan di taman Mekarsari mempunyai ide rumah pohon, famili camp sampai D’cabin. Tiap ide tentu saja akan dibanderol pada harga yang lain. Anda dapat rasakan pengalam berlibur yang lain karena bermalam di tengah-tengah tengah kebun. Untuk dapat bermalam anda harus mempersiapkan bujet dimulai dari Rp. 600 sampai Rp. 1 juta ke atas.

Seharusnya saat berkunjung taman satu ini memakai baju yang nyaman mulai di atas sampai sepatunya. Karena tempatnya yang luas akan memerlukan saat yang lama untuk mengeksplornya. Sebaiknya untuk tiba di saat saat yang biasa untuk menghindar terlampau ramai yang membuat anda tidak nikmati. Untuk menyaksikan semua agenda perlihatkan anda dapat menyaksikan di web resminya.

1 thought on “Taman Buah Mekarsari, Taman Reakreasi Agrowisata Favorit & Edukatif di Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.