Taman Batu Karst Balocci, Taman yang Berbentuk Batu-Batuan Unik di Pangkep

Taman Batu Karst Balocci, Taman yang Berbentuk Batu-Batuan Unik di Pangkep
Alamat: Balleanging, Kec. Balocci, Kab. Pangkajene Dan Kepulauan, Sulawesi Selatan .
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Siapakah yang tidak mengenal dengan daya tarik alam Taman Batu Karst Balocci? Pancarkan daya tarik eksotik dengan keadaan alam yang tetap terlindungi secara baik, rasanya tidaklah heran bila tujuan rekreasi Batu Karst banyak dicari oleh pencinta alam.

Sulawesi Selatan memang populer sebagai salah satunya daerah yang simpan banyak daya tarik alam yang menganakemaskan mata. Taman Batu Karst Balocci misalkan, di mana taman yang berbentuk batu-batuan unik ini sangat menarik didatangi. Meskipun berkesan berlainan dibanding dengan tujuan rekreasi alam yang lain, tetapi sajian daya tariknya telah sukses menyihir siapa saja yang menyaksikannya langsung. Untuk mengenalinya lebih dekat, baca pembahasan ini.

Pesona yang Ada di Taman Batu Karst Balocci

Pesona Taman Batu Karst Balocci
Photo Credit: BangFis _channel

Jika disaksikan sepintas, peluang Anda cuma akan menyaksikan jejeran batu-batuan hitam yang terlihat bergabung pada sebuah lokasi. Tetapi coba untuk melihatnya lebih rekat, di sanalah Anda mengetahui jika batu-batuan warna hitam legam itu kaya elemen seni didalamnya. Ukuran yang jumbo dan menyebar luas di sejumlah titik, sukses memberi kesan-kesan tertentu dan tidak pernah Anda dapatkan pada tempat yang lain.

Bagaimana tidak, formasi bebatuan itu terlihat seperti anak tangga yang ada di wilayah bukit-bukit. Malah daya magnet berikut yang membuat demikian menarik dibanding tempat wisata alam yang lain. Saat sebelum populer seperti saat ini, rupanya dahulunya teritori ini malah tidak terkenal sedikitpun bahkan juga oleh warga sekelilingnya. Oleh karena itu mereka juga selanjutnya menjadikan sebagai tempat favorite menggembala sapi dan kerbau.

Tetapi penglihatan itu perlahan-lahan mulai pupus, semenjak ada Taman Batu Karst Balocci. Cuma memerlukan waktu sekitaran setahun saja, tempat ini juga telah sukses menarik hati beberapa pelancong dari beragam pelosok wilayah. Meskipun kepopularitasnya semakin semakin bertambah tiap tahunnya, tetapi tidak boleh bingung bila pengunjung tidak memperoleh perkataan selamat tiba saat sampai di lokasi wisatanya.

Tentu saja perkataan itu berkesan remeh, tetapi sukses memberi imbas besar ke beberapa pengunjungnya. Sayang di sini pengunjung tidak merasakan papan perkataan selamat tiba itu, karena object wisatanya sendiri yang memanglah belum diatur secara baik. Untungnya sekarang ini telah ada papan bambu simpel tertulis selamat tiba, hingga pengunjung tidak berasa sangsi akan mendatanginya atau mungkin tidak.

Jangankan papan perkataan selamat tiba, pada tempat ini Anda tidak mendapati satu juga gerbang yang batasi teritori wisatanya. Sebagai tukarnya, ada bilah bambu terlihat dipasang rapi pada tempat parkir kendaraan yang tidak begitu luas itu. Tidak boleh mengharap lebih, karena tempat parkirnya memang ada di tepi jalan yang terlihat sempit. Pada papan bambu itu terpajang biaya parkir untuk tiap tipe kendaraan.

Tetapi tak perlu cemas, karena rasa sedih perlahan-lahan pupus saat telah tiba di teritori wisatanya. Barusan menginjakkan kaki di situ, pengunjung akan disongsong dengan bentangan sawah yang sukses menganakemaskan mata. Tidak jauh dari bentangan sawah itu, terlihat terang batu-batuan warna hitam tengah menanti beberapa pelancong. Tak perlu takut batu-batuan itu akan jatuh, karena batu-batuan itu tertancap dalam tanah.

Daya tariknya juga makin kuat terpancarkan saat anda melalui sebuah jembatan kecil. Pasalnya di sanalah Anda dapat menyaksikan secara jelas bagaimana keindahan Taman Batu Karst Balocci yang terlihat lega terpajang terang di muka mata. Beragam ukuran batu warna hitam dimulai dari yang kecil sampai memiliki ukuran jumbo juga terlihat menghias bukit-bukit itu dengan cantiknya.

Lokasi Menuju Ke arah Taman Batu Karst Balocci

Lokasi Taman Batu Karst Balocci
Photo Credit: Erwin Ali

Selesai ketahui beberapa daya magnet Taman Batu Karst, apa Anda tertarik mendatanginya dalam kurun waktu dekat ? Tak perlu sangsi, karena Anda perlu melaju ke Balleanging, Balocci, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Terhitung tempat wisata terkenal di Sulawesi Selatan, nampaknya tidak ada yang tak pernah mendatanginya.

Kepopuleran yang dipunyai Taman Batu Karst Balocci, membuat beberapa pengunjung asal luar kota berasa lebih gampang ketahui lokasi kehadirannya. Karena mereka dapat minta bantuan ke masyarakat paling dekat untuk memperlihatkan arah pas ke arah teritori wisatanya. Warga sekitaran juga tidak ketidaktahuan memberi instruksi, karena tempat wisata ini sangat populer di wilayah itu.

Lantas bagaimanakah bila tidak diketemukan seorang juga yang dapat membantu Anda membimbing ke lokasi wisatanya ? Seharusnya singkirkan rasa cemas berlebihan, karena sekarang ini telah ada tehnologi hebat yang siap menolong persoalan itu. Dengan manfaatkan GPS yang berada di dalam handphone, Anda bisa mengawasi ke mana arah ke arah lokasi wisatanya secara mudah dan cepat.

Teritori wisatanya termasuk cukuplah asri, karena batu-batuan itu berada pas di tengah-tengah bentangan sawah warga sekitaran. Meskipun lokasinya ada di persawahan, pengunjung bisa meraih teritori wisatanya memakai kendaraan individu baik beroda 2 atau kendaraan beroda 4 sekalinya. Sudah pasti ini benar-benar memberi keringanan khususnya untuk pengunjung yang tiba dari jarak jauh.

Jika berangkat di luar Sulawesi Selatan, Anda perlu tempuh perjalan lebih kurang 1 jam dari titik Lapangan terbang Udara Sultan Hasanuddin. Dan pelancong yang tiba dari tepian Makassar Maros, perlu memerlukan waktu lebih kurang 45 menit untuk dapat sampai di teritori wisatanya. Selainnya bisa dicapai memakai kendaraan individu, pengunjung bisa juga menumpang pada angkutan kota Pete Pete sebagai jalan keluarnya.

Meskipun masuk sebagai tempat wisata alam terkenal, tetapi siapa kira bila teritori rekreasi ini belum juga diatur siapa saja. Dalam kata lain, pelancong dibolehkan bertandang kapan pun saat diharapkan karena tidak ada penarikan ongkos ticket masuk atau cuma-cuma. Dengan demikian, anda langsung bisa mendokumentasikan peristiwa liburan saat sukses melalui beragam halangan saat ke arah lokasi intinya.

Kegiatan Menarik Dilaksanakan di Taman Batu Karst

Kegiatan Taman Batu Karst Balocci
Photo Credit: Ferri Yanto S

Sajikan panorama persawahan setiap mata melihat, Taman Batu Karst Balocci juga dirasakan pas didatangi saat capek di pemikiran mulai menimbun. Di tengah-tengah bentangan sawah yang warna hijau fresh itu, Anda dapat melihat beberapa batu warna hitam terlihat menghias bukit. Meskipun berkesan simpel, tetapi siapa kira panorama itu sukses menyingkirkan rasa capek itu secara perlahan-lahan.

Semenjak menjejaki kaki di teritori wisatanya, udara segar ciri khas persawahan terlihat berakhir lalang menegur tiap pengunjungnya. Sepoi-sepoi angin itu bukan hanya mendatangkan kesan-kesan fresh semata-mata, tetapi sukses memberi kesan-kesan nyaman yang membuat pengunjung malas pulang terlampau cepat dari yang diharap. Tidaklah aneh bila banyak pelancong yang kerasan lama-lama bahkan juga cukup dengan duduk manis di bebatuan karst.

Selainnya nikmati sepoi-sepoi angin dan panorama sekelilingnya, sajian daya tarik yang dijajakannya selalu sukses membuat siapa saja ingin mendokumentasikannya. Lokasi ini juga dipilih jadi spot terbaik untuk hasilkan bidikan hebat cantik, dengan background berbentuk bentangan sawah warna hijau fresh yang mempersejuk mata. Karena keelokannya berikut, lokasi ini juga masuk sebagai spot prewedding terbaik yang sempat ada.

Untuk pencinta alam dengan rasa ingin tahu tinggi, nampaknya memanjat batu-batuan di atas pucuknya menjadi kegiatan hebat. Sepanjang ada di pucuk batunya, Anda dapat menyaksikan keelokannya dari pojok berlainan dibanding orang yang lain. Oleh karenanya jangan sampai bingung bila beberapa orang berlomba sampai pada bagian pucuknya, untuk menyaksikan keelokan terselinap yang lain di Taman Batu Karst Balocci.

Kegiatan Lain Taman Batu Karst Balocci
Photo Credit: Wawan Kurniawan

Kegiatan hebat yang lain dapat dilaksanakan sepanjang ada di Taman Batu Karst Balocci ialah camping di kaki bukitnya. Meskipun teritori wisatanya mempunyai tipe tanah agak miring, tetapi tidak turunkan niat pengunjung untuk menginap disitu. Dengan bermalam disitu, ditanggung Anda dapat berasa lebih dekat sama alamnya karena lokasinya yang memang lumayan jauh dari permukiman warga di tempat.

Malah lokasinya berikut yang disebutkan bagus untuk beberapa pencinta alam untuk nikmati daya tariknya, tanpa memperoleh masalah sedikitpun. Lokasinya yang ada jauh dari pusat keramaian, dalam kata lain pengunjung harus bawa bekal cukup buat penuhi keperluan harian sepanjang ada disitu. Dimulai dari alat minum dan makan, bahan makanan, dan beragam peralatan kemping yang lain.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Taman Batu Karst Balocci

Fasilitas Taman Batu Karst Balocci
Photo Credit: Irwan Iwan

Terhitung salah satunya tempat wisata dengan sarana seadanya, di mana pengunjung cuma menemui tempat parkir saja pada bagian depan Taman Batu Karst Balocci. Sesampai di lokasi intinya, tidak ada sedikitpun sarana terlihat disiapkan. Meskipun sarana yang diberi belum juga dapat dipandang mencukupi, tetapi dirasakan cukup ingat teritori wisatanya yang memanglah belum diatur oleh faksi mana saja.

Beberapa saat terakhir, Taman Batu Karst Balocci sedang jadi omongan hangat di beberapa sosial media. Pasarkan daya tarik unik yang eksotik, sering diketemukan beberapa pelancong terlihat ikhlas tiba dari jarak jauh cuma untuk menyaksikannya dari jarak dekat. Ada beragam kegiatan hebat yang dapat dilaksanakan disitu, hingga Anda tak perlu cemas berasa jemu mendatanginya. Supaya daya tariknya selalu terlindungi, yakinkan buang sampah pada tempat semestinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.