Situ Cicerem, Telaga Biru Eksotis yang Memiliki Nuansa Nan Asri di Kuningan

Situ Cicerem, Telaga Biru Eksotis yang Memiliki Nuansa Nan Asri di Kuningan
Alamat: Kaduela, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

Berkunjung tempat rekreasi yang memiliki nuansa alam dipercayai jadi obat untuk menentramkan pemikiran paling baik. Apa lagi bila situasinya masih asri dan terbangun ditegaskan dapat hilangkan capek karena kegiatan harian. Bila anda ada di Kuningan, Jawa Barat tidak boleh terlewat untuk berkunjung telaga biru yang airnya jernih. Warga sering mengatakan Situ Cicerem. Agar semakin tahu, yok baca penjelasannya ini.

Pesona yang Ada di Situ Cicerem Kuningan

Pesona Situ Cicerem Kuningan
Photo Credit: Nur Afnike

Rasanya tidak komplet bila tidak mengulas riwayat sebuah lokasi yang berada di Indonesia. Tiap tempat tentu saja simpan narasi yang menambahkan nilai pada tempat itu. Di Telaga Biru Kuningan ini, banyak yang mengatakan bila telaga ini kuat hubungannya dengan asal-usul ada Dusun Kadeula. Di mana narasi diawali dari ada seorang pemuka agama yang tiba dari Kasepuhan Cirebon. Pemuka agama ini tiba untuk menebarkan agama Islam.

Dalam penebaran agama Islam di dusun itu, si pemuka agam ajak beberapa masyarakat untuk melangsungkan tatap muka di danau. Pada waktu itu, Situ Cicerem hanya sumber mata air yang kecil. Selanjutnya sesepuh dusun memilih untuk lakukan peluasan pada mata air itu. Sampai pada akhirnya jadi sebuah danau yang sekarang ini jadi sumber mata air warga untuk penuhi keperluan setiap hari.

Sekarang ini selainnya dipakai untuk sumber mata air dibuka untuk teritori rekreasi. Situ Cicerem mulai buming pada tahun 2010an sampai sekarang ini. Di mana beberapa pemakai sosial media mengupload photo dari keelokan situ satu ini. Danau ini mempunyai keelokan yang dapat tarik beberapa orang. Khususnya airnya yang bersih jadi daya magnet intinya. Ingat banyak danau yang punyai air kecoklat-coklatan yang lain dengan danau ini.

Telaga ini mempunyai kedalaman sekitaran 5 mtr. yang banyak dengan tumbuhan air warna hijau dan mempunyai kontur berbatu. Ada beragam tipe ikan sebagai penghuni dari telaga ini. Walau ditempati oleh ikan tetapi tidak membuat air dari danau ini berbau amis dan air yang kotor. Pohon-pohonan disekelilingnya ikut peran membuat Telaga Biru ini mempunyai pemandangan yang menakjubkan dan menentramkan.

Lokasi dan Biaya Ticket Wisata Situ Cicerem

Lokasi Situ Cicerem Kuningan
Photo Credit: Dudi Aditiawarman

Untuk ke arah lokasinya termasuk gampang. Bila tempuh perjalanan dari pusat perkotaan Kuningan anda cuma memerlukan jarak menempuh sekitaran 2,4km. Akses ke arah telaga Biru termasuk gampang untuk dicapai. Apa lagi sepanjang perjalanan anda akan disuguhi panorama yang mengagumkan. Bentangan sawah hijau yang luas bersatu dengan gagahnya Gunung Ceremai.

Buat anda yang mengawali perjalanan dari Kuningan anda dapat meneruskan perjalanan ke arah Bundaran Ciracas. Selanjutnya silakan ke arah Jl. Mandirancan sampai mendapati tugu Macan Mandirancan. Kemudian mengambil arah ke arah Jl. Cirea Pasawahan sampai jumpa dengan pertigaan ke arah Paniis. Sejauh jalan ini anda akan mendapati beberapa tempat rekreasi lain tetapi silakan teruskan sampai berjumpa mushola Pesawahan.

Kemudian teruskan perjalanan sampai ke arah Jl. Pasawahan dan berjumpa dengan Polsek Pasawahan. Dari sini kelak anda dapat memperoleh panduan arah ke arah Siti Cicerem. Bila berasa kebingungan, anda dapat menanyakan ke warga sekitaran yang pasti tahu mengenai tempat. Anda bisa juga memakai maps anda untuk sampai di telaga yang mempunyai keelokan hebat ini.

Harga ticket untuk masuk ke telaga termasuk dapat dijangkau. Anda cuma akan dikenai ongkos sekitaran Rp. 5 ribu sampai Rp. 10 ribu. Bergantung dari kendaraan yang anda pakai karena memanglah tidak diambil berdasar banyaknya orang tetapi kendaraan. Harga masuk tentu saja belum terhitung pada harga parkir kendaraan. Meski begitu untuk retribusi ke arah tempat seindah ini terhitung dapat dijangkau.

Karena ada pada ketinggian 315 mdpl karena itu seharusnya bila anda berkunjung memakai baju yang nyaman. Untuk udara paling dingin umumnya terjadi di bulan Juni sampai bulan September. Saat anda berkunjung di bulan itu seharusnya memakai baju yang hangat dan tebal. Selainnya permasalahan cuaca, anda harus juga menyiapkan pakaian tukar bila ingin berbasah basah sesampai di telaga kelak.

Kegiatan Manarik yang Dapat Dilaksanakan di Situ Cicerem

Kegiatan Situ Cicerem Kuningan
Photo Credit: Ifan Arif Rahman

Walau mempunyai banyak ikan, tetapi anda tidak dibolehkan untuk memancing ikan ikan itu. hingga umumnya pengunjung yang tiba akan duduk dipinggiran telaga. Selanjutnya menaburkan makanan sampai ikan ikan ini bergabung. Seringkali banyak juga yang mendokumentasikan ikan ikan beragam ukuran ini ke photo atau video. Tentu saja kegiatan ini akan membuat anda terhibur sekalian beri kesegaran pemikiran.

Selainnya memberi makan ikan, anda bisa juga berenang atau memakai pelampung besar dan santai di atasnya. Mengapung di atas pelampung yang serupa kasur benar-benar sangat membahagiakan. Ingat anda dapat rasakan kesan tidur di atas air dengan sejuknya udara telaga yang paling cocok untuk rileksasi. Seringkali pengunjung cuma merendam di tepi telaga atau bahkan juga berenang untuk anda yang dapat berenang.

Yang tidak dapat berenang, santai di tepi telaga sangat menarik untuk dilaksanakan. Duduk sekalian bercakap-cakap didampingi dengan udara yang sejuk tentunya benar-benar cocok. Pohon-pohonan teduh disekelilingnya membuat anda tidak kepanasan. Demikian sore mendekati anda dapat dengarkan suara tonggeret atau jangkrik yang bersahutan. Suara hewan hewan ini seolah jadi tanda jika pengunjung harus selekasnya pulang.

Yang jangan terlewati saat berkunjung Situ Cicerem ialah ambil gambar. Ambil gambar yang baik akan hasilkan photo yang baik hingga dapat diupload di sosial media. Tempat satu ini dapat disebutkan sebagai lokasi yang instagramable iika dapat memperoleh pojok ambil yang cocok. Apa lagi panoramanya yang asri juga elok bila dibingkai dengan camera kecintaan anda.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Situ Cicerem Kuningan

Fasilitas Situ Cicerem Kuningan
Photo Credit: Samuel Parlindungan

Tidak cuma mempunyai keelokan pemandangan yang cantik, sarana yang ada bisa juga disebutkan komplet. Situ Cicerem di urus oleh warga sekitaran yang tergabung di dalam organisasi Karang Taruna. Hingga anda dapat memperoleh sarana yang termasuk komplet seperti tempat rekreasi yang lain. Anda bisa mendapati toilet dan warung makanan sekedar untuk jajan atau isi perut sekalian nikmati keelokannya.

Bersamaan dengan bertambahnya jumlah pengunjung, kelak kemungkinan sarana yang ada semakin lebih diperbaharui. Hingga bisa membuat pengunjung makin nyaman untuk nikmati keelokannya. Anda juga dapat mendapati tempat parkir untuk kendaraan anda saat berkunjung tempat ini. Namun tidak ada tambahan tambahan sarana yang dapat membuat liburan ke telaga ini makin hebat dan membahagiakan.

Walau termasuk tempat rekreasi yang murah, tetapi panorama dan daya tarik yang dijajakan tidak murahan. Umumnya pengunjung yang tiba sebagai muda mudi yang ingin memburu photo. Dan Situ Cicerem menjadi satu diantara tempat wisata di Kuningan yang harus masuk ke daftar berlibur anda. Selainnya mempunyai panorama yang memesona, anda bisa juga memperoleh pengalaman yang hebat dan tidak terlewatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.