Raja Ampat, Rangkaian Gugusan Pulau dengan Panorama Mempesona Seperti Surga

Raja Ampat, Rangkaian Gugusan Pulau dengan Panorama Mempesona Seperti Surga
Alamat: Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

Raja Ampat salah satunya rekreasi bahari terkenal di Papua yang tawarkan panorama yang mempesona seperti surga. Tempat wisata mimpi di ujung barat laut Papua menyuguhkan keelokan alam yang telah dianggap dunia.

Papua bukan hanya dikenali dengan surga tambangnya tetapi rekreasi bahari yang mengagumkan. Raja Ampat sebagai salah satunya tujuan yang paling terkenal baik dalam negeri atau dunia. Rekreasi bahari ini mempunyai berjuta-juta keelokan yang hendak menghipnotis siapa saja yang bertandang.

Tujuan rekreasi ini terbagi dalam beberapa pulau karang yang menyebar luas di tempat itu. Sebetulnya ada beberapa ribu rangkaian pulau kecil di Raja Ampat, tetapi pulau khusus yang lumayan besar yaitu pulau Misool, Salawati, Waigeo dan Batanta.

Bertandang ke arah tempat ini, Anda akan memperoleh banyak pengalaman baru. Alamnya dan panorama bak surga membuat tempat ini ramai dicari oleh pelancong, terutamanya mereka yang kagum pada keelokan bawah laut.

Pesona yang Dipunyai Raja Ampat

Pesona Raja Ampat
Photo Credit: Ahmadi Fairuzi

Panorama Alam yang Mengagumkan

Siapakah yang tidak tertarik dengan cantiknya alam Raja Ampat. Rangkaian pulau yang membubung tinggi dan air laut yang biru jernih jadi panorama yang hendak menyongsong pelancong saat ada di tempat ini. Bentang luas perairan dan langit seolah bersatu hingga pas untuk Anda yang ingin memperoleh situasi baru.

Tidaklah sampai disana, pohon-pohonan yang hijau lebat membuat tempat ini masih asri dan sejuk. Maka dari itu, tiba ke arah tempat ini benar-benar direferensikan untuk Anda yang ingin mendapat penjelajahan berlibur baru.

Biota Bawah Laut yang Bermacam

Raja Ampat dikenali dengan biota lautnya yang bermacam dan sangat jarang. Nyaris sekitaran 75% dari beragam tipe terumbu karang yang berada di dunia terkumpul di bawah perairan tempat wisata ini, persisnya sekitaran 603 tipe.

Dan yang membuat beberapa pelancong banyak yang datang yaitu untuk melihat langsung berbagai macam tipe ikan. Terdaftar ada sekitaran 1397 spesies, 700 lebih moluska yang hidup di laut Papua ini, hingga tidaklah aneh bila banyak yang menyebutkan tempat cantik ini sebagai surganya bahari di dunia riil.

Dibalik jumlahnya kehidupan di bawah lautnya, daerah Raja Ampat benar-benar luas yakni 9,delapan juta hektar. Daerah itu telah meliputi keseluruhnya perairan dan dataran.

Rangkaian Pulau

Daya magnet yang tidak dipunyai lain tempat tetapi berada di rekreasi bahari ini yaitu rangkaian pulau yang menyebar di semua perairan. Minimal ada lebih dari beberapa ribu rangkaian pulau kecil yang terbagi dalam tebing karang dan tumbuhan hijau

Deretan pulau yang membubung tinggi dan benar-benar populer dan harus didatangi jika berpeluang tiba ke arah tempat cantik ini. Bukan hanya pulau kecil saja, beberapa pulau besar dan rimba tropis menghias tempat menarik ini. Bahkan juga beberapa pulau itu masuk ke kelompok 10 pulau dan perairan paling indah di dunia.

Air Laut yang Jernih

Daya tarik Raja Ampat seolah tidak ada habisnya. Selainnya alamnya yang cakap, air di teritori itu sangat jernih. Hal itu bisa ditunjukkan dengan berwarna yang biru, bahkan juga terumbu karang dan air lalu lalang dapat disaksikan secara jelas jika di perairan yang tidak begitu dalam.

Pasir Putih Bersih

Tak lupa dengan pasir yang paling bersih bebas dari sampah. Sebagai arah rekreasi dunia, tempat ini memiliki pasir halus yang menganakemaskan pelancong. Pemandangan menarik dari pasir putih akan hasilkan gradasi yang elok di antara pasir dan air laut terutamanya saat cuaca sedang ceria.

Lokasi Menuju ke Raja Ampat

Alamat Raja Ampat
Photo Credit: LouLou

Tempat wisata ini sebagai kepulauan yang terbagi dalam banyak rangkaian pulau. Kepulauan Raja Ampat ini sebuah kabupaten yang ada di Papua Barat. Bila disaksikan di atas atau peta kepulauan ini terhitung dalam barisan vogelkoop atau kepala burung yang membuat pulau Papua.

Untuk nikmati keelokan surga bahari ini Anda dapat harus tempuh lajur udara dari tempat Anda ada ke Sorong, Papua. Kemudian, perjalanan diteruskan ke arah Waisai yang disebut ibu-kota kabupaten ini memakai kapal sekitaran 2 sampai 3 jam. Kapal itu cuma melaut 2x satu hari, yakni di antara jam 09.00 WIT dan satunya jam 14.00 WIT.

Harus dipahami jika kapal cepat itu ada dua opsi yaitu ekonomi dan eksekutif. Untuk eksekutif harga Rp 215.000 dan ekonomi lebih murah yakni sekitaran Rp 100.000.

Biaya Tiket Wisata ke Raja Ampat Papua

Biaya Raja Ampat
Photo Credit: Herb Herb

Untuk Anda yang tertarik untuk berpelesir ke arah tempat memesona ini, perlu ongkos lebih buat sampai ke lokasi rekreasi. Terhitung harus bayar ticket masuk lebih dulu. Ticket masuk dibagi jadi dua kelompok yaitu untuk pengunjung lokal dan luar negeri.

Harga ticket untuk pelancong lokal yakni Rp 500.000 per-orang. Dan untuk pelancong luar negeri harga ticket masuknya tambah mahal 2x lipat yaitu sekitaran Rp 1.000.000 per-orang. Walau berkesan mahal, tetapi itu akan sebanding dengan daya tarik alam yang terhidang di tanah papua.

Kegitatan yang Dilaksanakan di Raja Ampat

Kegiatan Raja Ampat
Photo Credit: Photo Thomas

Melihat Burung Langka

Saat bertandang di Raja Ampat, kicauan burung akan selalu menemani. Ada beberapa pohon-pohonan dan rimba tropis penuhi teritori itu yang mana jadi tempat bernaung burung-burung.

Bukan hanya burung biasa, Anda dapat melihat burung etnik dan sangat jarang ciri khas Papua yaitu burung cendrawasih. Unggas sebagai keunikan Papua itu dapat disaksikan di rimba tropis dan dusun di tempat seperti dusun Saporkren dan Sawinggrai.

Jalan Rileks di Pesisir Pantai

Jika lebih tertarik sama aktivitas rileks, jalan rileks di pesisir pantai kemungkinan dapat dicoba. Raja Ampat terbagi dalam banyak pulau dan pantai yang cantik. Anda bisa pilih pulau yang besar dengan pesisir yang lumayan luas untuk jalan-jalan.

Sekalian jalan rileks Anda dapat rasakan situasi yang tenang dan panorama elok. Disamping itu dapat rasakan halusnya pasir yang dapat menjadi alternative untuk rileksasi kaki.

Snorkeling

Snorkeling dan diving jadi aktivitas harus dilaksanakan saat ada di Raja Ampat. Keelokan alam bawah laut yang menarik benar-benar malas untuk dilewati, ditambah di daerah itu ada beragam tipe spesies biota laut yang unik dan jarang-jarang dijumpai.

Tidak perlu ke arah tempat yang dalam, di perairan yang dangkal sekalinya Anda bisa nikmati bahari Raja Ampat. Tetapi bila tertarik ke sisi yang lebih dalam Anda bisa berenang dengan pemantauan pakar.

Farondi sebagai titik selam yang pantas didatangi, karena keelokan bawah lautnya yang bermacam dan mengagumkan. Sebutlah saja sea penggemar atau terumbu karang yang dikitari banyak ikan unik dan goa yang tidak kalah cantik. Anda perlu turun minimal 30 mtr. untuk dapat menyaksikan keelokan goa itu.

Berkeliling-keliling ke Pulau-Pulau

Selainnya menyelam, kegiatan yang memikat buat dilaksanakan yaitu berkeliling-keliling ke beberapa pulau disekelilingnya. Anda dapat nikmati keelokan rangkaian pulau yang menyebar lebih dekat. Referensi lokasi yang pantas didatangi saat berkeliling-keliling yakni Wayag, Teluk Kabui sampai Piaynemo.

Untuk dapat berkeliling-keliling, Anda dapat sewa perahu yang umumnya banyak dijajakan. Sekalian berkeliling-keliling juga bisa berkunjung hutan-hutan tropis yang fresh dan teduh.

Melihat Sunset

Nikmati sunset pada tempat ini akan memberi pengalaman yang paling bernilai. Melihat sunset dan langit warna jingga menjadi langkah yang pas untuk menentramkan jiwa. Peristiwa matahari tenggelam benar-benar pas dengan situasi Raja Ampat yang asri sekalian cantik.

Ada beberapa spot bagus yang dapat menjadi tempat untuk menyaksikan sunrise. Tetapi yang paling juara yakni melihat di atas ketinggian atau sekalian santai di pemondokan yang tersambung langsung dengan tempat pantai.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Raja Ampat Papua

Fasilitas Raja Ampat
Photo Credit: Adi Nugroho0509

Pembangunan fasilitas dan prasarana di Raja Ampat terus dilaksanakan untuk menarik pelancong. Beberapa sarana seperti pemondokan baik resor eksklusif dengan beragam sarana untuk menganakemaskan diri.

Tidak cuma resor eksklusif, di situ ada pula motel yang harga ramah kantong menjadi opsi untuk pelancong untuk habiskan malam. Pemondokan itu benar-benar pas untuk Anda yang kurang bujet.

Untuk Anda yang tertarik untuk berkeliling-keliling sekitaran tempat wisata, dapat sewa kapal cepat atau speed boat . Maka tidak ada argumen tidak untuk tiba ke arah tempat yang cantik ini.

Tersebut info mengenai Raja Ampat di surga terselinap yang ada di Propinsi Papua Barat. Tempat wisata yang go-international itu benar-benar pas untuk didatangi baik bersama dengan keluarga atau dengan teman dekat karena di situ Anda akan memperoleh pengalaman berlibur yang tidak terlewatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.