Puncak Jayawijaya, Menikmati Keindahan Piramida Carstensz di Papua

Puncak Jayawijaya, Menikmati Keindahan Piramida Carstensz di Papua
Alamat: Tembagapura, Kec. Tembagapura, Kab. Mimika, Papua.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

Pucuk Jayawijaya atau Piramida Carstensz terhitung daftar pucuk paling tinggi di Dunia, dan jadi tujuan favorite beberapa pendaki di Propinsi Papua. Pucuk Jaya dengan gletser kekal di negara tropis jadi daya magnet tertentu untuk petualang yang bertandang.

Papua, pulau di Indonesia yang simpan sejuta daya tarik. Bukan hanya populer sebagai wilayah dengan budaya yang unik, Papua tempat menetapnya tujuan wisata alam yang demikian epik. Karena disini Anda dapat menyaksikan Pucuk Jayawijaya yang mempunyai gletser kekal. Di mana gletser itu ialah salah satu gletser yang berada di tempat tropis.

Tentu saja warga pantas senang karena ada peristiwa alam menakjubkan ini. Nama lain dari gletser yang ada di sini ialah gletser Carstensz. Jadi salah satu teritori pucuk Indonesia yang mempunyai gletser, Pucuk Jayawijaya demikian terkenal dilapisan pelancong. Bahkan juga karismanya telah tiba sampai luar negeri.

Tidaklah aneh banyak yang ingin mengalahkan pucuk dengan ketinggian 4884 mdpl itu. Beragam daya magnet yang dipunyai oleh gunung ini memanglah tidak dapat dinafikkan kembali. Cukup banyak orang yang ingin tahu mengenai bagaimana dapat ada gunung bersalju di negara tropis. Tentu saja ini sebagai peristiwa tidak tersangka jika Papua mempunyai lokasi yang demikian cantik.

Pesona yang Dipunyai Pucuk Jayawijaya

Pesona Puncak Jayawijaya
Photo Credit: Habib A.F.

Mendaki Gunung Paling Tinggi di Papua

Daya magnet yang lain dipunyai tidak cuma mengenai gletser kekal, tetapi pucuk gunung ini terhitung yang paling tinggi di Papua. Oleh karena itu banyak pendaki yang ingin mengalahkan bagaimana rasanya mendaki pada tempat gletser kekal ada.

Bila Anda mendaki nyaris sampai ke tahapan teratas, karena itu disanalah letak salju itu ada. Walau jadi lokasi pendakian, pucuk paling tinggi yang berada di Papua ini mempunyai waktu tertentu di mana pengunjung dilarang untuk mendaki. Sudah pasti ada argumen keselamatan seperti cuaca yang tidak bagus.

Walau tidaklah sampai di pucuknya, lereng gunung ini kenyataannya dikitari dengan panorama cantik. Pengunjung akan disuguhi dengan lanscape alam yang hebat . Maka, Anda tak perlu cemas atau sedih bila tidak dapat mendaki pucuk dengan gletser kekal itu.

Sampai sekarang ini, pucuk ini masih jadi lokasi yang banyak disukai oleh pelancong. Baik itu pelancong lokal atau luar negeri. Tidaklah aneh, ingat panoramanya yang terlihat natural serta menghijau.

Gletser di Pulau Tropis

Masuk ke barisan gunung paling tinggi, Pucuk Jayawijaya memang populer akan kegiatan tidak biasa. Iya, disini tempat bersemayamnya gletser kekal yang banyak dikumandangkan. Siapa kira hal tersebut bukan isu semata. Karena saat bertandang ke tujuan rekreasi ini Anda akan disuguhi panorama memesona.

Walau sebutannya ialah gletser kekal, keabadian itu kenyataannya tidak dapat tahan lama. Karena saat ini saja ada banyak susunan yang telah tergerus karena pemanasan global. Walau demikian, keelokan alam yang dipunyai membuat tidak kehilangan karisma sebagai tempat rekreasi opsi.

Bahkan juga cukup banyak pelancong yang ingin mengalahkan ketinggian bukit itu. Perlu Anda kenali juga jika gunung ini pertama kalinya didaki oleh bernegara Belanda di tahun 1909. Awalnya pucuk itu mempunyai nama piramida Carstensz.

Tetapi, namanya beralih menjadi pucuk Soekarno di tahun 1963. Seiring berjalannya waktu sebutannya kembali alami peralihan yang selanjutnya populer sampai sekarang sebagai Pucuk Jayawijaya.

Beragam Budaya

Selainnya jadi pucuk paling tinggi di Indonesia, gunung ini kenyataannya kaya budaya. Saat melawat ke sini, janganlah lupa untuk menyaksikan daya tarik dari lembah Baliem. Pada tempat ini Anda akan mendapati beragam suku yang disebut penghuni asli Papua. Bahkan sekarang ini juga beberapa suku tersebut menjaga adat perintisnya.

Oleh karenanya, saat ke Pucuk Jayawijaya janganlah lupa singgah ke arah tempat beberapa suku itu tinggal. Dengan demikian Anda akan belajar banyak berkenaan macam Indonesia yang bukan jsapan jempol semata. Disamping itu, lembah Baliem jadi spot yang cantik di pucuk ini.

Lokasi Menuju ke Pucuk Jayawijaya

Lokasi Puncak Jayawijaya
Photo Credit: Suradi & Mufti

Pucuk Jayawijaya menjadi tujuan rekreasi yang terkenal di Papua. Tidaklah aneh banyak yang jadikan tempat ini sebagai lokasi berlibur. Disamping itu, salah satunya pucuk paling tinggi ini pas jadi tempat rekreasi pelepas capek dari beragam aktivitas. Bila Anda tertarik, langsung bisa ke Papua. Persisnya di kabupaten Pucuk Jaya, Papua. Untuk dapat sampai ke arah tempat epik ini Anda harus lewat beberapa jalur lebih dulu.

Jalur pertama kali yang dapat Anda lewati saat pergi ke arah lokasi rekreasi ini ialah lewat PT Freeport . Maka, setelah tiba di lapangan terbang Anda langsung bisa ke arah Timika. Disini perjalanan bisa diteruskan ke arah Tembagapura yang hendak memerlukan waktu lebih kurang 2 jam lama waktunya.

Pengunjung dapat meneruskan perjalanan dengan naiki trem dengan jalur Grasberg. Selanjutnya ke bali dumb. Disini Anda dapat jalan kaki sepanjang 2 jam untuk sampai di basecamp yang disebut danau.

Jalur ke-2 ke arah pucuk gunung dapat lewat wilayah Sugapa. Atau bisa juga ambil jalur soagama. Beberapa jalur itu dapat Anda tentukan sesuai kemauan.

Tentunya Anda dapat ambil jalur tercepat untuk sampai ke lokasi. Walau ada beberapa lajur fasilitas untuk kendaraan umum, pengunjung lebih dianjurkan untuk memakai kendaraan individu supaya bisa lebih cepat sampai.

Gunung yang pucuknya selalu tertutup salju ini memberi kesan-kesan tertentu pada beberapa pendaki. Walau demikian, tiap orang yang ingin mendaki Pucuk Jayawijaya harus keluarkan uang yang cukup banyak. Pasalnya Anda harus penuhi proses yang telah diputuskan oleh pengurus untuk keamanan bersama.

Bahkan juga untuk beberapa pendaki harus keluarkan uang sekitaran 30 sampai 40 juta rupiah. Ongkos itu telah terhitung dalam fasilitas dan bermekaran yang perlu dibawa ketika mendaki.

Tetapi, untuk Anda yang ingin nikmati keelokan alam dengan lain tak perlu keluarkan uang atau cuma-cuma. Karena ada beberapa hal yang dapat dilaksanakan di lokasi ini selainnya mendaki seperti nikmati panorama alam sekitaran atau bertandang ke arah tempat beberapa suku yang berada di Papua.

Kegiatan yang Dilaksanakan di Pucuk Jayawijaya

Kegiatan Puncak Jayawijaya
Photo Credit: Moroc City

Menulusuri Lembah Baliem

Untuk pengunjung yang belum terlatih mendaki gunung ada kegiatan yang lain dapat dilaksanakan di lokasi rekreasi ini. Perlu Anda kenali jika sebetulnya Pucuk Jayawijaya sebagai nama kabupaten yang berada di Papua.

Kegiatan lain pendakian yang dapat dilaksanakan di sini dengan berkunjung lembah Baliem. Tempatnya masih ada di lereng gunung dengan daratan hijau yang demikian luas. Disamping itu kumala lembah Baliem ditempati oleh beberapa suku asli Papua. Suku terbesar antara beberapa suku yang lain ialah suku hubula.

Jadi selainnya berekreasi Anda bisa juga belajar berkenaan beragam keberagaman yang berada di Papua secara eksklusif. Tentu saja ini akan menambahkan wacana sekalian melepaskan capek dari beragam aktivitas pada hari biasa. Saat yang pas untuk bertandang ke pegunungan ini ialah saat musim panas atau cuaca ceria.

Suku hubula masih junjung tinggi tradisi istiadat dari perintis mereka. Pengunjung dapat menjadi pemerhati kehidupan dari warga asli. Tentunya ini bisa menjadi aktivitas menarik sepanjang berlibur berjalan.

Mendaki Gunung

Dari beberapa kegiatan yang dapat dilaksanakan, mendaki ialah aktivitas terfavorit yang umumnya dilaksanakan oleh pengunjung. Pasalnya banyak pada mereka yang ingin mengalahkan gunung dengan gletser kekal pada bagian pucuknya.

Walau demikian cuma sedikit orang yang dapat sampai pada bagian gunung paling tinggi di Indonesia itu. Pucuk Jayawijaya yang diselimuti oleh salju membuat pendakian harus mempunyai stamina. Tentu saja mereka harus juga kenakan pakaian tebal supaya tidak terkena hipotermia.

Perlu Anda kenali bola jika pendaki pertama kali yang sukses mengalahkan pucuk paling tinggi di Indonesia ialah Edmund. Yang mana pendakian ini dilaksanakan di tahun 1953.

Walau banyak pendaki yang tidaklah sampai di pucuknya mereka masih tetap membuat kegiatan ini jadi hal yang memikat buat dilaksanakan. Apa lagi panorama sekitaran pucuk sudah demikian nyaman untuk pandangan. Tentunya Anda tetap liburan di sini karena situasinya masih demikian asri dan alami.

Belajar Mengenai Cuaca

Ingin menambahkan wacana sepanjang berlibur? Pucuk Jayawijaya tawarkan pengalaman tidak terlewatkan. Karena disini tempat berlangsungnya peristiwa yang tidak biasa. Yang hanya salah satu di dunia ada salju di wilayah tropis seperti Indonesia.

Dahulu, gunung ini mempunyai beberapa spot gletser yang memikat. Tetapi karena pemanasan global satu-satu gletser mulai lenyap dan musnah. Di sini Anda bisa juga lakukan penilaian berkenaan peralihan cuaca yang terjadi disekitaran lokasi pegunungan.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Pucuk Jayawijaya Papua

Fasilitas Puncak Jayawijaya
Photo Credit: Batman SG

Jadi tujuan rekreasi opsi yang berada di Papua, Pucuk Jayawijaya memang bagus sekali untuk didatangi. Apa lagi disini letak gletser kekal yang sangat jarang. Belum juga pegunungan ini jadi pucuk paling tinggi Indonesia. Sudah tentu banyak pelancong lokal atau luar negeri yang tertarik akan tempat dan sejarahnya.

Bahkan juga peralihan cuaca yang sering terjadi di sini jadi daya magnet tertentu. Dari sisi sarana, Pucuk Jaya sudah mempunyai jalur pendakian. Untuk Anda yang ingin lama-lama di sini dapat menginap di pemondokan paling dekat.

Sebagai tempat rekreasi alam yang asri dan alami sarana di sini memanglah belum lumayan memadai. Bahkan juga dari sisi fasilitas juga di sini masih demikian kurang.

Oleh karenanya, semakin lebih efisien bila Anda bawa transportasi sendiri atau sewa. Untuk bekal sepanjang mendaki atau bertandang ke pucuk dapat disiapkan sejak dari awal. Yakinkan stamina Anda bagus untuk dapat lakukan pendakian.

Nach, itulah banyak hal berkenaan pucuk paling tinggi yang berada di Indonesia. Tempat menarik dan eksotik yang ada berada di belahan bumi nusantara. Bahkan juga Pucuk Jayawijaya masuk ke barisan 7 gunung paling tinggi yang berada di dunia menurut circuit seven summit. Selekasnya masukan tujuan rekreasi alam ini ke arah berlibur Anda.

1 thought on “Puncak Jayawijaya, Menikmati Keindahan Piramida Carstensz di Papua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.