Pulau Samalona, Panorama Bawah Laut yang Eksotis dan Biota Unik di Makassar

Pulau Samalona, Panorama Bawah Laut yang Eksotis dan Biota Unik di Makassar
Alamat: Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Biaya Wisata: Mulai Rp 300.000
Google Maps: Cek Lokasi

Jejeran pulau yang ada dari Sabang sampai Merauke sebagai keelokan tertentu yang dipunyai Indonesia. Pulau yang berderet dalam kesatuan NKRI ini pasti mempunyai kekhasan masing-masing. Ada yang daya tarik bawah lautnya yang elok, ada pula yang unik dari budaya dan tradisi istiadatnya. Bicara berkenaan tempat rekreasi Indonesia, Pulau Samalona ialah satu diantara beberapa keelokan laut yang dapat didatangi. Tidaklah aneh bila banyak pelancong asing yang terpincut akan daya tarik pulau ini.

Pulau Samalona ialah pulau yang masuk ke daerah Indonesia Timur. Persisnya masuk ke teritori administrasi pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Yang paling difavoritkan dari pulau ini ialah alam bawah laut yang simpan sejuta daya tarik dan biota unik. Bahkan juga kadang pulau Samalona ini dipropagandakan sebagai tempat rekreasi pada moment pariwisata internasional.

Panorama bawah laut dari pulau ini populer sampai luar negeri. Baik pelancong lokal atau asing selalu meluangkan diri supaya bisa tiba ke Pulau Samalona. Bila jemu untuk bermain air, pengunjung dapat mendekat ke warung. Ada beberapa olahan masakan ciri khas wilayah seperti ikan dan kepiting bakar yang sedap.

Pesona di Pulau Samalona

Pesona Pulau Samalona
Photo Credit: @RonaldP20374033

Demikian lama Makassar selalu sama dengan Pantai Losari. Banyak pelancong yang dengar nama ini sebagai tujuan khusus untuk keelokan bawah laut. Tapi ada Pulau Samalona pasti memberikan udara fresh di dunia pariwisata. Pulau kecil ini tidak setenar Pantai Losari tapi untuk keelokan yang dipunyainya tidak perlu disangsikan kembali.

Pulau Samalona ada di Kecamatan Ujung Pandang, Makassar. Jarak pulau ini sekitaran tujuh km dari kota Makassar dengan keseluruhan luas pulau sekitaran 2.34 hektar.

Walau ukuran pulau ini termasuk kecil tapi ada rangkaian terumbu karang yang cantik disekelilingnya yang menganakemaskan mata. Pulau Samalona mempunyai pantai dengan pasir yang putih dan air laut yang biru yang demikian jernih. Ada beberapa pohon kelapa yang memberikan situasi nyaman untuk pelancong. Pulau yang populer dengan keelokan bawah lautnya mempunyai ikan laut yang berwarna-warna.

Karena terletak yang ada di sekitaran 7 km dari pusat Kota Makassar karena itu penyiapan untuk perjalanan tidak terlampau menyusahkan. Seharusnya berkunjung pada musim kemarau karena akan memberikan dukungan situasi alam atau pantai yang demikian ceria. Pelancong bisa juga dapat ke lokasi dari dermaga yang berada di dekat Losari dan dari pelabuhan yang dekat sama Benteng Rotterdam.

Dari pelabuhan ini pelancong dapat sewa speed boat dengan ongkos sektiar Rp. 300.000 sampai Rp. 500.000. Tetapi harga ini dapat berbeda setiap saat dan sesuai kesepakatan di antara penumpang dan sopir. Waktu pintas yang diperlukan sekitaran 30 sampai 40 menit.

Pulau Samalona mempunyai beberapa warung makan dengan beragam konsumsi makanan laut. Rasanya demikian fresh dan sedap untuk dicicipi dengan keluarga dan rekan-rekan tercinta. Ada pula sarana mushala dan toilet yang mempermudah ktia untuk melakukan aktivitas seperti umumnya. Ada pula persewaan gazebo dan tenda payung yang berada di pinggir pantai.

Mayoritas tempat penginapa di Pulau Samalona ini ialah rumah warga di tempat. Ada pula pondok-pondok pemondokan khusus yang dapat dipakai untuk beberapa pelancong. Selainnya cantik, daya magnet dari Pulau Samalona ini karena situasi yang tenang pada malam hari dengan suara ombak dan embusan angin laut.

Hal Menarik di Pulau Samalona

Hal Menarik Pulau Samalona
Photo Credit: Awie Wirga

Daya magnet khusus dari Pulau Samalona ialah kehidupan bawah laut yang demikian memesona. Pelancong dapat menyelam atau snorkeling supaya bisa nikmati bagaimana keelokan bawah lautnya. Saat menyelam atau snorkeling karena itu kelihatan beragam jenis ikan. Airnya yang demikian jernih mempermudah kita untuk menyaksikan pemandangan bawah laut.

Pulau ini simpan ada warisan kapal dari Perang Dunia 2. Tidak beberapa orang tahu tetapi ada 7 kapal terbenam yang ada di sekitaran pulau. Seperti kapal Maru yang disebut kapal perang Jepang dan terbenam di kedalaman 30 mtr.. Ada pula kapal Lancaster Bomber, Kapal Hakko Maru dan beberapa kapal yang lain.

Sekarang ini dijumpai jika beberapa kapal itu telah beralih menjadi karang dan jadi rumah untuk beberapa ratus kehidupan laut. Seringkali pelancong tiba untuk berenang atau menyaksikan bagaimana kekhasan kapal itu.

Bila sudah snorkeling, pelancong bisa juga istirahat dan santai di pantai. Ada tenda-tenda payung dan gazebo yang jamin kita untuk istirahat secara nyaman. Pelancong bisa juga menyaksikan ada matahari yang tenggelam di cakrawala laut. Janganlah lupa persiapkan camera dengan performa terbaik untuk mendokumentasikan object cantik yang ini.

Ada beberapa hal hebat yang dapat dilaksanakan selainnya menyelam atau snorkeling. Berekreasi di pulau ini termasuk nyaman dan aman. Karena ombak yang ada cukup tenang hingga dapat dijadikan tempat berenang walau harus tetap waspada. Pulau elok ini mempunyai spot photo kece dan pas buat mereka yang hobi photografi. Bila ingin santai, pelancong dapat duduk di tepi pantai sekalian nikmati es kelapa muda.

Kegiatan yang Menarik di Pulau Samalona

Kegiatan Pulau Samalona
Photo Credit: Islm Nsr

Selainnya terumbu karang yang cantik, pantai di pulau itu memikat buat didatangi. Cocok dengan panorama airnya, pasir pantai dan air laut yang berada di sekitaran Pulau Samalona jernih dan bersih. Untuk Anda yang ingin berkunjung tempat rekreasi dengan sedikit pengunjung, Pulau Samalona sebagai opsi yang akurat.

Situasi alam yang alami jadi hal yang bisa Anda dapatkan di pulau itu. Selainnya nikmati panorama, Anda bisa juga saksikan langsung kegiatan pedagang dan warga sekitaran yang lakukan niaga. Bila Anda punya niat berkunjung pulau itu dalam kurun waktu dekat, berikut sebagai kegiatan bagus yang dapat Anda kerjakan.

Nikmati Panorama Laut

Jika Anda terlampau capek bekerja di pantai, Anda dapat duduk dan nikmati panorama yang ada. Disitu ada hidangan minuman dan makanan ciri khas pantai yang jangan Anda terlewat, yaitu minum es kelapa muda yang langsung diambil dari pohonnya.

Selainnya lebih fresh, minuman itu akan membuat temperatur badan Anda jadi konstan. Untuk makanan ciri khas, Anda dapat nikmati pisang goreng yang dipasarkan disekitaran pantai. Berlainan dengan pisang goreng secara umum, pisang goreng di Pulau Samalona dicicipi dengan cocolan sambal.

Lakukan Selfie

Karena sebagai pulau dengan panorama alam yang cantik, selfie dan berpose jadi kegiatan yang tidak dapat kamu meninggalkan. Di Pulau Samalona, ada spot selfie yang memikat, dimulai dari landskap panorama di pantai, atau panorama laut.

Karena ombak yang dipunyai cukup tenang, kamu dapat lakukan pengambilan foto di pantai tanpa perlu cemas. Pasirnya yang putih dan bersih dari sampah, dan ada tanaman kelapa yang berjajar ada berada di belakangnya akan membuat hasil fotomu makin kelihatan menarik.

Berenang

Bila bertandang ke pantai, pasti kegiatan yang dapat dilaksanakan ialah berenang. Pantai di Pulau Samalona populer karena ombaknya yang tenang, hingga aman untuk berenang. Anak-anak atau orang dewasa bisa bermain air di bibir pantai tanpa cemas terbawa oleh ombak.

Anda bisa juga sekalian menyelam saat berenang, karena panorama lautnya yang cantik, Anda dapat menyaksikan ekosistem laut yang tidak dapat Anda dapatkan di pulau lain. Ikan dan terumbu karang dijaga sebagus mungkin supaya pelancong bisa menyaksikannya lebih optimal.

Fasilitas & Sarana Bertandang ke Pulau Samalona

Fasilitas Pulau Samalona
Photo Credit: Reyhan Aes

Untuk pelancong yang tiba dari jarak jauh seharusnya memerhatikan benar bagaimana keadaan kesehatan dan hari liburan. Karena perjalanan yang tidak sesaat pasti kita memerlukan waktu bukan hanya 1 atau dua hari. Sekurang-kurangnya, menghabiskan waktu tiga hari di tempat rekreasi. Langkah ini supaya pelancong tidak berasa capek karena hanya perjalanan.

Persiapkan juga bujet dan fasilitas secara baik. Untuk masyarakat sekitaran kemungkinan tidak kesusahan dalam berkunjung Pulau Samalona. Tapi untuk pelancong luar sering harus mempertimbangkan bujet. Bagus untuk transportasi atau untuk fasilitas seperti pemondokan, konsumsi dan lain-lain.

Kenali medan dan lokasi rekreasi. Akan menolong jika pelancong sudah menyiapkan secara baik semua info tentang lokasi rekreasi sampai bagaimana jalur dan medan yang hendak dilewati. Ini untuk menolong kita mempersiapkan rencana B jika gagasan awalnya terhalang. Misalkan pergi pada musim kemarau tapi di lokasi masih tetap hujan, jalur A yang semestinya dilalui rupanya macet dan lain-lain.

Reservasi pemondokan atau rumah warga yang dikontrakkan jauh hari supaya saat sampai di lokasi rekreasi kita tidak kebingungan untuk cari tempat berkunjung. Apa lagi apabila sudah masuk saat liburan karena itu bukan mustahil jika pemondokan full dan tidak dapat mendapati harga terjangkau. Bandingkan harga dari yang satu ke yang lain supaya bisa memperoleh pemondokan sesuai bujet yang sudah tersusun.

Lihat cuaca atau musim ketika akan bertandang ke Pulau Samalona. Karena bila tiba apda musim penghujan karena itu matahari yang keluar atau terbenam tidak demikian bersinar karena tertutup awan tebal. Berlainan bila tiba pada musim panas karena itu sunset atau sunrise kelihatan lebih cantik.

Ada Pulau Samalona sebagai pulau eksotik di Makassar ini merupakan nilai lebih dari daerah itu. Tidak terus-terusan Losari tapi pulau Samalona berpotensi besar untuk mengundang perhatian beberapa pelancong asing dan lokal. Waktunya pariwisata di setiap wilayah berkembang tidak cuman satu icon saja tapi banyak tujuan rekreasi baru yang pantas dijaga dan diperkenalkan.

2 thoughts on “Pulau Samalona, Panorama Bawah Laut yang Eksotis dan Biota Unik di Makassar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.