Pulau Randayan Bengkayang, Wisata Bahari Favorit di Kalimantan Barat

Pulau Randayan Bengkayang, Wisata Bahari Favorit di Kalimantan Barat
Alamat: Kec. Sungai Raya, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

Pulau Randayan mempunyai daya tarik alam yang paling hebat. Pasir pantainya yang putih dan air laut yang jernih membuat pengunjung kerasan lama-lama pada tempat ini. Luas pulau ini cuma sekitaran 4,5 hektar saja tetapi daya tarik alamnya, tidak boleh disangsikan kembali. Banyak pohon hijau yang teduh yang berada di sekitaran pantai. Keelokan pulau ini bukan hanya kelihatan dari pantainya saja. Masih tetap ada sungai dan air terjun mini yang berada di Randayan.

Jika Anda masuk ke sisi dalam pulau, ada banyak spot cantik yang dapat menjadi lokasi shooting. Ada pula beberapa tempat khusus yang kerap jadi spot untuk berpose. Alamnya yang perawan, membuat daya Ambil tertentu untuk beberapa pengunjung. Mereka yang menyukai dengan rekreasi alam pasti jadikan Pulau Randayan ini sebagai tujuan.

Pulau tidak memiliki penghuni ini mempunyai kesejukan alami yang bisa hilangkan capek dan stress. Untuk Anda yang ingin tenang dan damai dapat menginap di pulau ini bersama orang tersayang. Suara hewan saat malam hari memberikan arti tertentu untuk beberapa pengunjung yang menginap. Nuansa yang lain bila dibanding dengan situasi kota malam.

Terletak yang jauh dari kota membuat pulau ini semakin memperlihatkan kualitas alam yang sebenarnya. Rimba kecil yang rimbun, pasir pantai yang putih bersih dan air laut yang bening akan membuat otak jadi tenang dan tenggelam. Keelokan alam yang sarat dengan sejuta pemandangan cantik perlu didokumentasikan dengan event yang cantik bersama rekan atau keluarga. Anda tentu tidak jemu ada di pulau elok ini. Setiap bidikan dari camera pasti hasilkan visual yang memikat. Mereka yang menyaksikan photo Anda di lokasi ini tentu iri hingga ingin liburan ke Pulau Randayan ini. Coba tunjukkan.

Mengenal Pulau Randayan Kalimantan Barat

Mengenali Pulau Randayan Kalimantan Barat
Photo Credit: Tanah Air Beta

Untuk Anda yang menyukai dengan alam dan kerap lakukan pendakian juga bisa nikmati gunung di pulau ini. Sebuah gunung kecil yang berada di tengah-tengah Pulau Randayan dapat menjadi lokasi yang cocok untuk hiking. Bukitnya tidak begitu tinggi, tetapi saat ada di atas banyak panorama bagus yang dapat Anda cicipi. Bentangan laut biru dan permadani hijau disongsong dengan pasir putih yang membujuk semakin memperlihatkan panorama pulau yang cantik.

Beberapa pencinta alam ini dapat juga menghidupkan api unggun saat malam hari di bukit Pulau Randayan ini. Situasi alam saat malam hati pasti berlainan dengan siang hari. Memakai teropong di bukit kecil ini dapat menjadi event yang terkesan. Anda dapat nikmati lampu malam dari jauh. Dan sekalian dapat menyaksikan bintang dari arah yang cocok.

Pesona yang Ada di Pulau Randayan

Pesona Pulau Randayan Kalimantan Barat
Photo Credit: @Enkasari_KF

Pulau Randayan sediakan lokasi khusus untuk camping. Untuk Anda yang ingin sedikit hemat juga bisa manfaatkan camping ini untuk mengirit ongkos sewa kamar. Jika tidak musim penghujan karena itu camping dekat pantai atau dekat rimba bisa saja alternative opsi yang cocok. Selainnya dapat semakin dekat sama alam, Anda dapat sekaligus bermanja dengan rekan. Menghidupkan api unggun, menyanyi bersama, sama-sama menceritakan atau lakukan permainan terka kata menjadi selingan yang membahagiakan.

Kemping bukan hanya untuk anak sekolah. Untuk Anda yang telah bekerja juga dapat lakukan aktivitas ini bersama rekan kantor. Alam bukan hanya mengajari berkenaan makna keelokan, tetapi pelajaran penting seperti share dan sabar. Ke-2 hal itu dapat ada dengan jujur saat di alam. Tersebut kenapa ada pula sebuah perusahaan yang mengambil anak buah dengan salah satunya tes di alam. Kemungkinan dapat dengan kemping atau outbond.

Berekreasi sekalian rapat bisa juga mengganti kondisi dan situasi tertentu. Bisa saja saat ada di alam bebas otak akan bekerja lebih hingga banyak gagasan baru dalam tugas. Situasi kerja saat nanti kembali lagi ke kantor dapat semakin aman ingat bermacam aktivitas yang telah dilaksanakan bersama saat camping. Acara camping kantor atau sekolah dapat benar-benar cocok dilaksanakan di pulau ini.

Lokasi Menuju ke Pulau Randayan

Alamat Pulau Randayan Kalimantan Barat
Photo Credit: Vidisep KF

Pulau Randayan berada di samping utara wilayah pesisir Kalimantan Barat, persisnya di Kabupaten Bengkayang. Ini adalah kabupaten yang masuk daerah Kalimantan Barat. Pulau kecil yang cukup jauh dari Pontianak.

Pulau yang eksotik ini sebagai salah satunya pulau yang ada di Kepulauan Lemukutan Besar. Terletak ada di Laut Cina Selatan dan sisi timur Pulau Kalimantan.

Untuk sampai ke pulau ini ada banyak alternative yang dapat Anda pakai. Pertama, dapat lewat lajur Teluk Suak. Dari Pontianak ke arah Teluk Suak ini perlu waktu sekitaran 2,5 jam. Jika dari arah Kota Singkawang perlu waktu sekitaran 1 jam karena jaraknya cuma 32 km saja. Lewat Teluk Suak ini silahkan saja naik kapal boat dengan ongkos pulang pergi Rp. 150.000,-

Jalan lain ke arah Pulau ini dapat lewat daerah Pasir Panjang dengan kapal khusus. Biaya yang dikeluarkan tambah murah yaitu sekitaran Rp. 100.000,- pulang pergi. Ada biaya yang tambah murah dengan memakai perahu motor, Anda perlu bayar Rp. 30.000,- saja telah untuk biaya pulang pergi.

Lokasi rekreasi yang membuka 24 jam ini cuma menetapkan harga ticket masuk sejumlah Rp. 20.000,- Dengan ongkos yang dapat dijangkau, pulau ini cukup memberi bermacam keringanan seperti akses yang gampang dan komplet. Anda dapat naik mobil individu atau mungkin dengan motor. Selanjutnya sampai di Teluk Suak atau Pasir Panjang dapat meneruskan lajur air. Motor dan mobil dapat ditempatkan di tempat untuk menitipkan dengan aman.

Fasilitas & Sarana yang Berada di Pulau Randayan

Fasilitas Pulau Randayan Kalimantan Barat
Photo Credit: @Enkasari_KF

Tujuan rekreasi yang ini mempunyai sarana yang lumayan komplet. Anda dapat lakukan bermacam kegiatan yang sehat dan membahagiakan. Misalkan memancing, berenang, snorkeling dan berjemur. Airnya yang bersih dan jernih membuat kesan yang lain saat ada dalam air. Anda dapat menyaksikan cantiknya bawah laut yang sarat dengan ikan dan terumbu karang.

Bermacam batu-batuan yang berada di bibir pantai dapat menjadi tempat cocok untuk memancing. Selainnya ombaknya yang tenang, ikan yang berada di air gampang menyaksikan kail umpan. Tidak perlu waktu yang lama Anda sudah tentu mendapatkan ikan fresh yang sedap untuk diolah. Sesudah asyik memancing, Anda dapat acara pesta barbeque atau bakar ikan di tepi pantai. Pasti hebat dan membahagiakan.

Sarana umum seperti toilet dan pemandian umum terbangun dengan bersih.walau pulau ini jauh dari kota tetapi perawatan di pulau ini lumayan baik hingga Anda tak perlu cemas berkenaan kebersihan. Anda bisa juga sewa perlengkapan menyelam dan snorkeling. Sepanjang hari menyelam dengan ban donat ada lumayan banyak . Maka untuk Anda yang tidak dapat berenang juga dapat nikmati air laut seperti orang yang pintar berenang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.