Pulau Pombo, Pulau Dengan Bentangan Pasir Putih yang Memukau Maluku Tengah

Pulau Pombo, Pulau Dengan Bentangan Pasir Putih yang Memukau Maluku Tengah
Alamat: Waai, Kec. Salahutu, Kab. Maluku Tengah, Maluku.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

Pulau Pombo atau dikenali dengan Pulau Merpati salah satunya tempat wisata unggulan di Maluku tengah. Pulau dengan bentangan pasir putih yang tawarkan keelokan alam yang paling mengagumkan dan memikat buat dieksplor saat musim berlibur.

Maluku sebuah propinsi di wilayah timur Indonesia yang mempunyai keelokan alam yang benar-benar memikat. Tujuan yang paling memikat buat didatangi ialah rekreasi bahari. Propinsi yang ini terdiri jadi beberapa pulau yang membuat kawasannya terdapat banyak pantai, satu diantaranya ialah Pulau Pombo. Yok baca pembahasan pulau itu di sini.

Mengenal Pulau Pombo

Mengenal Pulau Pombo
Photo Credit: Alan Teo

Pulau Pombo masuk ke salah satunya pulau eksotik yang berada di Maluku. Anda bisa mendapati pantai berpasir putih dengan panorama laut yang cantik. Pulau itu masuk ke teritori pelestarian, tidaklah aneh bila keadaan sekelilingnya masih terbangun. Tidak cuma kemunculan di datarannya saja, pemandangan bawah lautnya pun tidak kalah cantik

Lokasi itu rupanya telah populer di kelompok wisatawan luar negeri. Mereka yang tiba umumnya punya niat untuk menyaksikan beragam biota bawah lautnya sambil bersnorkeling. Kegiatan itu memang pas dilaksanakan di situ karena di bawah airnya yang bening, disimpan beberapa ribu spesies biota laut yang elok.

Untuk sampai ke situ, Anda harus tempuh perjalanan memakai perahu untuk menyebrangi laut. Walau demikian, jaraknya tidak begitu jauh hingga tidaklah sampai memerlukan waktu 1/2 jam. Setelah tiba di situ, Anda aka langsung takjub dengan jejeran pohon yang berjajar rapi di tepi pantai dan pasirnya yang halus.

Karena ada di teritori pelestarian, ada ketentuan yang ketat untuk beberapa pengunjung yang berkunjung ke pulau itu. Anda harus jaga kebersihannya secara baik dengan bawa kembali sampah sampah yang dibuat untuk keluar pulau itu. Berkaitan dengan hal itu, pelancong harus bawa kantong plastik untuk simpan sampah sebentar.

Pesona yang Dipunyai Pulau Pombo

Pesona Pulau Pombo
Photo Credit: Noor Fithriya

Pulau ini populer bukan tanpa argumen. Pulau itu mempunyai pemandangan yang eksotik dan jauh dari hingar-bingar perkotaan yang berisik. Tempat itu ialah lokasi yang pas untuk Anda untuk menyepi dan menentramkan diri disaat ada permasalahan. Anda bisa juga melepaskan capek di pulau itu dengan menyaksikan pemandangan yang cantik dan lakukan beragam aktivitas asyik.

Pengunjung yang tiba dapat menyelam untuk menyaksikan keberagaman biota lautnya. Mereka bisa juga mendapati beragam spesies burung yang cuma ada di pulau itu. Cagar alam ini nampaknya menjadi daerah pelestarian yang betul-betul dijaga secara baik hingga alam masih berkuasa.

Pulau Pombo jadi lokasi yang cocok untuk Anda untuk camping. Rupanya walau terhitung teritori yang diproteksi, beberapa pengunjung dibolehkan untuk menginap di situ. Namun, Anda harus menyiapkan semua dengan komplet saat sebelum pergi karena di situ tidak ada satu juga toko.

Umumnya pelancong selalu bawa tas ransel memiliki ukuran besar karena beragam barang yang diperlukan barusan harus dibawa bagaimana juga triknya. Belum juga berbotol botol air minum harus juga disiapkan karena di situ tidak ada akses untuk air bersih. Sisi ini nampaknya jadi sisi yang penting karena Anda akan kehausan bila tidak minum.

Lalu bagaimanakah bila ada barang bawaan yang habis atau banyaknya kurang? Anda dapat membeli di wilayah dermaga saat sebelum pergi, tetapi bila telah tiba di situ karena itu Anda harus kembali lagi ke teritori perdesaan yang jaraknya tidak dekat. Maka dari itu, persiapkan segala hal secara baik saat sebelum mengawali penjelajahan di Pulau Pombo.

Lokasi Menuju ke Pulau Pombo

Lokasi Pulau Pombo
Photo Credit: Gary Murakami

Pulau elok ini bisa dijangkau satu diantaranya dari Kota Ambon. Anda dapat berkendaraan memakai kendaraan individu berbentuk sepeda motor atau mobil ke Teluhu atau dusun Waai. Perjalanan itu memerlukan waktu lebih kurang 1 jam. Kemudian, Anda harus meneruskan beralih kendaraan memakai speed boat untuk sampai di Pulau Pombo.

Atau Anda bisa juga lakukan perjalanan ke dermaga Hunimua dan sewa perahu nelayan untuk selanjutnya melaut berkunjung tujuan itu. Antara dua opsi ini, jalur yang tersering dipakai ialah yang memakai speed boat di Teluhu. Langkah ini dipandang semakin nyaman walau harga lebih mahal.

Biaya Tiket Wisata ke Pulau Pombo Maluku

Biaya Pulau Pombo
Photo Credit: Rastra Siswandri

Tidak ada ticket masuk untuk Anda yang akan tiba ke Pulau Pombo. Namun, Anda harus seberangi laut memakai speed boat atau perahu nelayan. Fasilitas berikut yang membutuhkan ongkos. Jika pilih berkendaraan memakai speed boat karena itu range harga sekitaran 300 sampai 500 ribu.

Tetapi bila ingin harga yang tambah murah, Anda dapat memakai perahu nelayan dari dermaga Hunimua dengan bayar ongkos lebih kurang 100 ribu. Dengan ongkos itu, Anda bisa bermain dengan senang dan nikmati keelokan di pulau ini. Tetapi harus diingat, janganlah sampai tinggalkan sampah atau menghancurkan alam yang berada di sana.

Kegitan yang Menarik Dilaksanakan di Pulau Pombo

Kegiatan Pulau Pombo
Photo Credit: Noor Fithriya

Camping

Camping ialah aktivitas menarik selanjutnya yang dapat Anda kerjakan. Untuk melakukan, Anda harus menyiapkan tenda, makanan, baju, dan keperluan yang lain mendukung kenyamanan saat menginap di situ. Walau sedikit repot, semua usaha itu akan lunas terbayar saat Anda tidur di pinggiran pantai didampingi bintang dan bulan yang jelas.

Nuansanya makin syahdu dan romantis saat senja karena secara perlahan-lahan matahari akan terbenam. Warna langit yang semula biru ceria beralih menjadi orange. Sinar itu akan membias dengan elok di permukaan air hingga membuat panoramanya makin memesona dan pantas untuk didokumentasikan lewat photo.

Memancing

Memancing sebagai aktivitas seterusnya yang tidak kalah membahagiakan untuk Anda coba di Pulau Pombo. Keberagaman ikan yang berada di bawah airnya dapat Anda membawa ke atas. Aktivitas seperti ini masih dibolehkan, tetapi tentu saja tidak dengan pukat harimau karena ikan ikan kecil akan terbawa hingga jumlah spesiesnya akan turun dengan mencolok.

Sama dengan snorkeling, perlengkapan yang Anda perlukan harus juga disiapkan saat sebelum Anda naik perahu ke arah pulau itu. Janganlah sampai lupa untuk bawa alat pancing, kail, dan umpan. Supaya lebih nyaman, Anda bisa juga bawa topi supaya saat menanti ikan, kulit tidak terbakar cahaya matahari.

Snorkeling

Snorkeling sebagai aktivitas berenang di di air laut yang memakai perlengkapan pendukung berbentuk masker selam dan snorkel. Disamping itu, pelancong yang tiba untuk lakukan aktivitas itu seringkali kelihatan bawa alat tolong gerak berbentuk kaki katak untuk menambahkan daya dorong di bagian kaki.

bila Anda ingin coba kegiatan ini, yakinkan jika Anda termasuk andal untuk berenang dan kuasai tehnik pernafasan. Dengan demikian, Anda dapat menyelam lebih dalam secara mudah. Walau demikian, jika Anda belum terlampau mengusai, juga bisa memakai pakaian pelampung dan menyaksikan dasar laut dengan masih tetap mengapung di atas.

Trackking

Pulau Pombo sisi tengahnya masih berbentuk rimba. Akhirnya, beberapa dari pelancong yang akan lakukan trackking dan jalan jalan mengelilingi pulau itu. Aktivitas ini makin asyik bila Anda melakukan di sore atau pagi hari. Mengapa begitu? Karena udara di situ tidak begitu panas hingga membuat perjalanan lebih nyaman.

Anda yang ingin lakukan ini janganlah sampai lupa untuk bawa bekal yang cukup. Harus diingat jika di pulau itu tidak ada toko atau air bersih. Anda harus bawa makanan, cemilan, dan beberapa liter air yang kiranya cukup buat isi perut dan melepaskan dahaga sepanjang lakukan penelusuran.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Pulau Pombo Maluku

Fasilitas Pulau Pombo
Photo Credit: S F

Walau sebagai salah satunya tujuan rekreasi yang cukup terkenal, Pulau Pombo tidak banyak memiliki sarana simpatisan. Ini dilaksanakan karena lokasi itu masuk ke teritori pelestarian. Pulau ini tidak memiliki penghuni hingga tidak ada akses air bersih. Perihal ini pula yang membuat beberapa pelancong harus bawa tiap keperluannya sendiri.

Rekreasi seperti ini kurang pas untuk Anda yang tidak berjiwa petualang. Jika memilih untuk tiba ke situ, memiliki arti Anda harus siap lakukan semua sendiri karena tidak ada masyarakat yang bisa menolong Anda. Janganlah lupa untuk bawa obat obatan karena lokasinya yang lumayan jauh dari dusun memiliki penghuni paling dekat.

Hanya satu fasilitas rekreasi yang memungkinkannya untuk Anda ialah membuat tenda sendiri. Atau bila belum siap, Anda dapat sekadar berkunjung pulau itu sesaat dan kembali apabila sudah senang. Walau sarananya kurang, pengunjung yang tiba tetap berasa suka karena pengalaman ke pulau terasing seperti ini cukup sangat jarang.

Info mengenai Pulau Pombo ini jadi tambahan info untuk Anda yang ingin habiskan waktu berlibur bersama dengan keluarga di Maluku. Walau jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, tujuan ini sangat menarik untuk didatangi. Bahkan juga beberapa pengunjung yang suka dan terus pilih lokasi itu di saat singgah ke Maluku.

1 thought on “Pulau Pombo, Pulau Dengan Bentangan Pasir Putih yang Memukau Maluku Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.