Pulau Menjangan, Menikmati Pesona Bawah Laut yang Eksotis di Bali

Pulau Menjangan, Menikmati Pesona Bawah Laut yang Eksotis di Bali
Alamat: Sumber Klampok, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng, Bali.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 100.000
Google Maps: Cek Lokasi

Daya tarik Pulau Bali makin komplet dengan keelokan bawah laut Pulau Menjangan yang bagus. Pulau yang natural serta mempunyai spot diving terkenal di Pulau Dewata.

Tebersit sekelebat bentangan laut yang biru yang demikian cantik bila ingat Pulau Dewata Bali. Pulau dengan karismanya yang hebat bisa menarik hati siapa saja yang bertandang ke Pulau ini. Lanscape alam yang tidak ada tanding ini membuat beberapa orang berasa kerasan lama-lama ada di sini. Bahkan juga, beberapa orang menyengaja tiba dan tinggal untuk mendapatkan kesunyian.

Rangkaian keelokan Pulau Bali terdiri dari banyak elemen, dimulai dari keelokan pantai, keelokan kehidupan warga tradisi, dan bermacamnya kulineran yang jangan dipandang sepele. Tetapi, memang keelokan pantai Pulau Bali ialah bintang dari beberapa tujuan. Satu antara gugusan keelokan itu ialah Pulau Menjangan.

Pulau ini dikenali sebagai pulau kecil dengan kemolekan bawah lautnya. Pulau ini mempunyai biota laut yang paling bervariatif. Terumbu karang, tumbuhan laut, dan hewan laut yang lalu-lalang berenang sebagai unit keelokan yang sudah pasti dapat Anda peroleh di Pulau elok ini. Berikut jejeran info bagus yang harus dijumpai mengenai Pulau Menjangan Bali.

Mengenal Wisata Pulau Menjangan Bali

Mengenal Pulau Menjangan
Photo Credit: Samsul Arifin

Daya tarik Bali yang paling terkenal akan keelokan lautnya memanglah tidak perlu disangsikan kembali. Beberapa pelancong silih ganti tiba untuk memperoleh kepuasan dan kesenangan ada di Pulau Dewata yang tenang dan menengahi ini. Bahkan juga, pelancong yang tiba tidak terus-terusan dari Indonesia tapi juga pelancong dari beberapa negara seberang.

Pulau Dewata menyajikan keelokan alam yang bervariatif, hingga pelancong yang tiba tak pernah rasakan jemu. Pulau Menjangan Bali adalah opsi dari beberapa tujuan Wisata di Bali. Background pemberian namanya datang dari komunitas rusa yang memimpin pulau ini. Rusa dengan bahasa Bali dikatakan sebagai Menjangan.

Tetapi seiring waktu berjalan, komunitas rusa terus alami kemerosotan. Maka dari itu, pemerintahan di tempat lakukan usaha penangkalan kemusnahan rusa di Pulau ini dengan memutuskan pulau ini sebagai sisi dari Taman Nasional Bali Barat. Pulau elok ini jadi lebih asri karena tidak terus menerus terjamah oleh kehidupan manusia.

Di Pulau Menjangan Bali ada sebuah Pura Suci yang oleh warga di tempat benar-benar dikeramatkan. Pura itu namanya Pura Segara Giri Dharma Kencana. Pura ini dibuat untuk menghargai Dang Hyang Siddimantra. Beliau ialah orang yang dipandang Sakti sebagai penemu pulau imut ini.

Yang sangat menarik dari Pulau Bali ini ialah keelokan bawah laut yang paling hebat eloknya. Bermacam biota laut hidup di perairan pulau ini mempunyai bermacam tipe dan wujud. Satu diantaranya, ada lebih kurang 45 tipe terumbu karang yang paling memikat kehidupan bawah laut Pulau Menjangan Bali.

Di bawah Ketenangan laut pulau ini hidup ikan karang lebih kurang sekitar 32 tipe dan moluska laut sekitar sembilan tipe. Disamping itu, komunitas batfish, angelfish, ikan hiu, penyu laut, ikan tuna dan lain-lain tumbuh secara baik di perairan pulau ini.

Bila Anda menyelam ke dasar perairan, mata Anda akan dimanja dengan bermacam biota laut yang berwarna-warna dan bergerak gesit telusuri perairan Pulau Menjangan Bali yang paling jernih. Kebahagiaan Anda bertambah berkali lipat sesudah menyaksikan daya tarik bawah laut pulau elok di Bali ini.

Kegiatan Snorkeling Bertemakan Biota Laut yang Menarik

Kegiatan Pulau Menjangan
Photo Credit: jimtraveler indonesia

Jika Anda bertandang ke Pulau Menjangan Bali, karena itu aktivitas snorkeling ialah opsi khusus yang perlu Anda kerjakan. Tidak komplet rasa-rasanya bila berkunjung ke pulau ini bila tidak nikmati keelokan alam bawah lautnya yang paling memesona. Kesempatan kali ini harus digunakan sebagus mungkin supaya Anda tidak menyesal.

Saat lakukan aktivitas snorkeling, saat pertama kalinya menyelami perairan Pulau Menjangan Bali, maka terlihat jejeran terumbu karang yang eksotik. Terumbu karang itu mempunyai daya tarik tertentu karena memiliki bentuk, warna, dan rangkaiannya sama-sama lengkapi keduanya. Maka dari itu, terlihat memikat ditambah saat cahaya matahari menegur.

Tidak kalah cantik , beberapa tumbuhan laut sama jari elok melambai menegur beberapa penyelam. Beberapa warna yang tidak homogen menambahkan kesan-kesan tertentu. Kedatangan tumbuhan laut ini menambahkan keelokan taman bawah laut pulau ini.

Lebih kembali, antara beberapa tumbuhan laut kelihatan ikan-ikan dengan lincahnya telusuri halusnya belaian tumbuhan laut. Ikan di situ mempunyai wujud dan tipe yang berlagak. Disamping itu, polesan beberapa warna yang elok ikut meramaikan keelokan bawah laut Pulau Menjangan Bali

Semuanya, disokong dengan kehadiran air di perairan pulau yang paling jernih. Dengan demikian, Anda akan menyaksikan dengan jelas keelokan ekosistem laut yang terdapat di perairan. Keelokan yang dipertontonkan benar-benar memikat dan mempersejuk mata.

Adapun lokasi-lokasi yang paling bagus untuk dijadikan tempat snorkeling, yakni di Secret Bay, Eel Gardens, dan Anchor Wreck. Pada tempat itu Anda akan memperoleh panorama bawah laut yang tidak pernah terlewatkan.

Pesona Lain yang Ada di Pulau Menjangan Bali

Pesona Pulau Menjangan
Photo Credit: Jiří Prokeš

Perlu Anda kenali jika Anda beWisata ke Pulau Menjangan Bali, karena itu Anda bisa juga lakukan penyusuran disekitaran pulau. Pada tempat menarik ini, Anda bukan hanya bisa melihat-lihat saja, tapi juga bisa lakukan aktivitas makan siang bersama kelompok sekalian nikmati keelokan disekitaran pulau elok Bali.

Benar-benar dianjurkan untuk Anda untuk bawa perbekalan makanan di luar pulau karena disitu tidak ada satu juga warung. Anda dapat melahap makanan ini di Gazebo yang telah ada setiap segi Pulau Menjangan yang menghadap ke laut. Keelokan alam di sekitarnya membuat situasi makan berasa lebih terkesan dan nikmat.

Di Pulau eksotik ini Anda bisa juga berhubungan dengan menjangan atau rusa yang masih tetap ada, namun tetap dalam pemantauan guide. Sudah pasti ada prosedur-protokol yang perlu dipatuhi bila ingin bermain dengan rusa. Hal itu dilaksanakan supaya komunitas rusa selalu terlindungi secara baik.

Disamping itu, Anda dapat menyaksikan bangunan-bangunan yang paling sama dengan warga Bali yang sebagian besar beragama Hindu. Karena, bangunan ini erat berkaitan dengan keyakinan yang diyakini oleh umat Hindu.

Poin utama yang lain yang perlu jadi perhatian ialah janganlah sampai Anda menghancurkan atau ambil suatu hal dari Pulau Menjangan ini. Keelokannya terkadang membuat kita lupa selalu untuk waspada jaga keasrian Teritori pulau. Maka dari itu, Anda selalu harus memprioritaskan kebersihan dan kesatuan tempat ini.

Anda bisa juga berpose riang dengan background laut yang paling molek di pulau ini. Di sini, ada banyak ayunan yang menyengaja dibikin dari kayu dengan penyangga dua pohon yang menghadap ke laut. Anda dapat Memakai ayunan itu untuk sekedar bermain sekalian nikmati hembusan angin atau jadi spot keren untuk berpose.

Biaya yang Harus Disiapkan di  Pulau Menjangan

Biaya Pulau Menjangan
Photo Credit: Bayu Catur pamungkas

Sebetulnya, selainnya snorkeling, Anda bisa juga lakukan aktivitas air yang lain yang tidak kalah menarik. Aktivitas itu umumnya menjadi sepaket persewaan dengan snorkeling. Anda lebih bagus pilih paket diving. Paket itu umumnya telah mencakup sarana agunan asuransi, peralatan snorkeling, dan sewa kapal boat.

Bila Anda pilih paket diving ini, karena itu harga yang perlu Anda bayar yakni di antara Rp 400.000,- sampai Rp 600.000.-. Harga itu dibayar untuk aktivitas sepanjang sehari saja dan Anda pun perlu bayar sejumlah Rp 100.000 per group untuk ongkos untuk guide yang temani Anda sepanjang lakukan aktivitas ini.

Lokasi dan Jalur Ke arah Teritori Pulau Menjangan

Lokasi Pulau Menjangan
Photo Credit: Panji Bayu Segara

Sesudah ketahui beragam sarana dan keelokan yang dapat anda dapatkan bila bertandang ke pulau, karena itu sudah pasti Anda ingin tahu di mana persisnya lokasi Pulau ini ada. Pulau Menjangan Bali ada di teritori Taman Nasional Bali Barat yang berada di Dusun Klampok, Kabupaten Buleleng.

Bila anda mengawali perjalanan dari Denpasar karena itu memerlukan waktu sepanjang 4 jam untuk sampai di pulau elok ini. Dalam pada itu Anda memerlukan waktu sekitaran 3 jam Bila pergi dari Kuta.

Untuk mempermudah perjalanan Wisata Anda benar-benar dianjurkan bila tidak mempunyai kendaraan individu di Bali karena itu pakailah jasa persewaan kendaraan. Oleh karenanya sudah pasti pengemudi yang anda sewa akan lebih mengenal belum hingga perjalanan akan lebih gampang anda mempunyai waktu semakin lama untuk bergembira.

Saat Anda telah datang di Dusun Klampok, Anda harus lakukan penyeberangan laut karena lokasi Pulau Menjangan Bali cukup jauh dari daratan yang lain. Anda dapat seberang dengan sewa perahu yang ada di sekitar pesisir.

Supaya perjalanan Anda lebih gampang, karena itu Anda dapat ke arah Pemuteran dan Labuan Lalang. Disana, Anda bisa sewa perahu. Perjalanan di atas perahu pun tidak kalah memikat. Anda bisa menyaksikan sekitar pantai yang demikian menarik.

Begitu informasi-informasi yang bisa Anda menjadikan perbekalan saat sebelum lakukan perjalanan Wisata ke Pulau Menjangan Bali. Daya tarik bawah laut pulau eksotik ini tidak ada saingan. Maka dari itu, banyak pelancong yang berminat untuk lakukan beragam aktivitas olahraga air di situ. Bukan hanya terlepas dari capek, kebahagiaan akan Anda dapatkan pada tempat spesial ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.