Pulau Mare Tidore, Menikmati Pulau Eksotis dengan Pertunjukan Lumba-Lumba

Pulau Mare Tidore, Menikmati Pulau Eksotis dengan Pertunjukan Lumba-Lumba
Alamat: Kec. Tidore Selatan, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Bila Anda ingin bertandang ke wisata alam yang hebat, tidak ada kelirunya untuk berkunjung Pulau Mare di Tidore Kepulauan, Maluku Utara. Di pulau ini pengunjung akan disajikan dengan panorama alam yang demikian memikat, komplet dengan fauna yang bermacam. Salah satunya daya magnet di teritori pulau ini ialah lumba-lumba yang berenang di sekitar pulau. Tidak cuma hanya itu, ada beberapa aktivitas hebat yang lain yang dapat dilaksanakan, seperti berenang, snorkeling, s/d memburu oleh-olehan gerabah. Seperti apakah daya tarik yang lain?

Mengenal Wisata Pulau Mare Tidore

Mengenal Pulau Mare Tidore
Photo Credit:Opan jacky

Pulau Mare Tidore ini menjadi satu diantara teritori yang ada di Propinsi Maluku Utara yang mempunyai geografis unik. Bagaimana tidak, untuk sampai ke pulau ini, Anda harus naiki perahu supaya memperoleh akses. Walau tidak gampang, tapi pembangunan pulau ini tiap hari semakin lebih baik dan memulai memperoleh perhatian pada bidang pariwisatanya.

Ini tidak terlepas dari kekuatan alamnya yang demikian memikat, hingga mengundang perhatian untuk beberapa wisatawan. Selainnya keelokan alamnya yang demikian eksotik, pengunjung akan disajikan karena ada kekhasan dari fauna yang berada di sekitaran pulau. Masalahnya Anda dapat menyaksikan lumba lumba liar yang bermain pada pagi hari.

Tidak cuma hanya itu, warga yang berada di pulau ini mayoritas profesinya sebagai pemroduksi gerabah dan nelayan. Karena argumen itu, saat Anda berkunjung pulau ini akan menyaksikan banyak perajin yang membuat gerabah dan hasil tangkapan ikan berlimpah. Bila Anda bergerak ke pucuk bukit pulau itu, mayoritas banyak alang alang, pala, dan pohon kelapa.

Hal menarik yang lain yang dapat Anda dapatkan yakni pulau Mare Tidore sempat juga ditempati beberapa ribu ekor rusa. Seringkali bila beberapa masyarakat sekitaran memakainya untuk dicari dan dimakan setiap hari. Di Teritori pulau ini, Anda dapat mendapati dua dusun, yaitu Maregam di samping timur dan Marekofo pada bagian barat.

Di Dusun Maregam, jumlah warganya capai 500 jiwa lebih, hingga sarana yang ada cukup komplet. Dimulai dari tempat beribadah, sarana pengajaran dan lain-lain. Disamping itu, ada pula kerajinan gerabah yang dibuat oleh masyarakat di tempat. Seringkali, pengunjung yang tiba membawa sebagai oleh-oleh ciri khas.

Pesona yang Dimiliki Pulau Mare

Pesona Pulau Mare Tidore
Photo Credit: Amat Jawakonora

Pulau ini mempunyai kekhasan yang bagus sekali untuk dieksplor. Daya magnet khusus pulau ini ialah beberapa kumpulan lumba lumba liar yang berenang di sekitar pulau. Bila pengunjung ingin menyaksikan lumba lumba itu, karena itu harus naiki kapal kayu dari dermaga Rum lebih dulu, Ternate.

Untuk memperoleh view lumba lumba yang memikat, perjalanan yang dilakukan umumnya memerlukan waktu sekitar 20 menit dari dermaga. Berikut yang membuat beberapa pengunjung banyak ingin tiba ke pulau satu ini. Tetapi bila ingin menyaksikan lumba lumba, karena itu Anda harus tiba di saat yang akurat.

Bila sedikit terlambat saja, peluang Anda akan melewati lumba lumba yang berenangan di pinggiran Pulau Mare. Berdasar info masyarakat di tempat, ada waktu khusus untuk memperoleh view lumba lumba liar yang berenang di laut. Dengan demikian, pengalaman lebih hebat saat Anda ada di pulau menarik ini.

Untuk Anda yang ingin menyaksikan lumba lumba, karena itu saat yang harus diputuskan yakni sekitaran 06.00 WIT untuk saat keberangkatan. Disamping itu, Anda bisa juga pilih waktu disekitaran jam 18.00 WIT. Tetapi, saat yang direferensikan untuk menyaksikan lumba lumba liar ini yakni jam 06.00 WIT. Pasalnya pada pukul itu, lumba lumba telah bangkit dari tidurnya.

Tetapi bila Anda tidak berjumpa lumba lumba, masih banyak daya magnet yang dapat Anda dapatkan. Satu diantaranya yakni dengan menyaksikan panorama bawah laut dari jarak dekat. Anda dapat sewa perlengkapan snorkeling atau diving untuk menyelam di laut Pulau Mare Tidore. Apa lagi keberagaman ikan ikan di laut ini benar-benar menganakemaskan mata.

Bila tidak mau basah basahan,anda bisa juga melihat keelokan ekosistem di rimba bakau pulau ini. Hingga, aktivitas melingkari pantai jadi rekomendasi hebat untuk dilaksanakan saat liburan. Atau bahkan juga Anda dapat melihat kegiatan masyarakat yang mencari ikan di laut, berkebun di perkebunan, atau pemroduksi gerabah.

Lokasi Menuju Ke Tempat Wisata

Alamat Pulau Mare Tidore
Photo Credit: Rino Raines

Akses ke arah Pulau Mare termasuk cukuplah gampang dilalui dari Pusat Kota Tidore. Untuk sampai ke Tidore, pengunjung diwajibkan naiki kapal dari Dermaga Bastiong Ternate dengan arah ke Pulau Tidore. Di sini, Anda hadapi dengan 2 opsi harga ticket kapal yakni kapal reguler sekitaran 10 beberapa ribu. Dan kapal sewa dibanderol dengan biaya 100 ribu per trip.

Dari arah Pulau Tidore, perjalanan akan diteruskan agar dilakukan lewat dermaga penyeberangan rakyat di Kelurahan Tomalou. Selanjutnya, Anda dapat naik kapal dengan ticket naik kapal reguler dengan harga 35 beberapa ribu per-orang. Supaya lawatan semakin nyaman, Anda dapat sewa kapal motor ke arah lokasi pulau untuk menyaksikan pertunjukan lumba-lumba yang menarik.

Kegiatan  yang Menarik Dilakukan di Pulau Mare

Aktivitas Pulau Mare Tidore
Photo Credit: Amat Jawakonora

Salah satunya aktivitas hebat yang tidak dapat diketemukan di wilayah wisata yang lain yakni menyaksikan pertunjukan lumba lumba. View ini lumayan menarik perhatian hanya karena berada di waktu waktu tertentu. Supaya tidak ketinggal, Anda harus menanti disekitaran waktu 16.00 WITA supaya bisa menyaksikan lumba lumba liar yang berenang disekitaran teritori Pulau Mare.

Untuk Anda yang ingin menyaksikan keberagaman bawah laut pulau ini, karena itu dapat coba aktivitas hebat berbentuk snorkeling. Ingat kekuatan bawah laut yang berada di lautnya cukup berlimpah, aktivitas menyelam ini jangan dilewati demikian saja. Apa lagi, pulau ini masih mempunyai orisinalitas alam yang demikian menarik.

Keelokan pulau memanglah tidak dapat disangsikan demikian saja. Bagaimana tidak, pulau ini mempunyai kontur yang demikian unik dan eksotik. Dimulai dari pantainya yang biru, pasir putih yang mengkilat, jejeran pohon-pohonan yang rimbun menghias pulau yang ini. Hingga, Anda bisa jadi tiba ke wisata ini sekedar hanya nikmati keelokan alam sekitaran.

Sama seperti yang telah dijumpai, pulau ini mempunyai beragam daya tarik yang demikian menakjubkan. Anda disajikan dengan panorama alam yang elok dan masih asli. Karena itu, Anda dapat lakukan aktivitas susur pulau untuk menyaksikan begitu cantiknya pulau ini. Dimulai dari panorama cantik pantai, menyaksikan kegiatan masyarakat, s/d sekadar jalan jalan.

Gerabah menjadi satu diantara mata pencarian beberapa masyarakat sekitaran pulau. Maknanya, Anda dapat jadikan gerabah sebagai oleh-oleh dari teritori wisata ini. Ada banyak tipe gerabah yang dibuat, seperti penutup makanan, kuali, belanga, dan yang lain. Semua dapat diputuskan sama sesuai preferences yang Anda harapkan sebagai oleh-oleh ciri khas.

Sama seperti yang telah dijumpai, Pulau Mare memilik ikeubnikan tesendiri kjika dibanding dengan pulau pulau yang berada di Maluku yang lain. Dengan keunikan tertentu, pengunjung yang tiba kerasan lama-lama di teritori wisata ini. Ditambah dengan panorama menarik dan view lumba lumba liar, seolah jadi paket komplet berlibur hebat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.