Pulau Langkai, Menikmati Surga Bahari Tersembunyi di Selat Makassar

Pulau Langkai, Menikmati Surga Bahari Tersembunyi di Selat Makassar
Alamat: Danau, Kec. Nuha, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

Makassar terkenal keelokan wisata bahari, satu diantaranya Pulau Langkai yang ada di Selat Makassar, jadi surga untuk beberapa pencinta kegiatan memancing karena ada baragam spesies ikan dan rangkaian terumbu karang yang paling luas. Sekitaran 142 hektar yang melingkari semua pulau.

Sulawesi populer dengan keadaan alamnya yang masih asri dan cukup liar. Tidaklah aneh banyak pelancong yang berminat untuk bertandang dan eksplore daerah sekitaran. Makassar menjadi salah satunya tujuan yang populer dengan keelokan bahari, tapi banyak yang belum ketahui sekitar pulau pulau paling luar yang ada di selat Makassar. Ini karena sedikit pengunjung yang tiba ke arah tempat itu. Yok lihat pembahasan selengkapnya di sini!

Pesona yang Dimiliki Pulau Langkai

Pesona Pulau Langkai
Photo Credit: Pulau Sulawesi 

Terhitung ke deretan pulau paling luar yang berada di selat Makassar, tapi malah jumlah warga yang menempati pulau ini banyak. Terdaftar sekitaran 430 jiwa dengan 127 KK yang tinggal di pulau selebar itu. Daya magnet pertama kali yang benar-benar unik, yakni keanekaragaman pada sebuah pulau karena ada tiga suku yang menempati pulau. Suku Bugis jadi warga yang terbanyak, yakni sekitaran 80 % dan bekasnya ditempati oleh Suku Mandar dan Suku Makassar.

Pulau dalam jumlah warga yang cukup padat ini menjadi salah satunya tujuan memikat buat Anda. Masalahnya beberapa pelancong bisa nikmati langsung kehidupan warga sekitaran langsung. Mata pencarian warga lokal mayoritas jadi seorang nelayan, dan bekasnya jadi perajin perahu, pedagang, guru, atau karyawan negeri. Oleh karenanya, Anda bisa menyaksikan kegiatan jual-beli atau penelusuran ikan dari dekat.

Selainnya menyajikan kegiatan warga, daya magnet khusus dari pulau ini pasti dari keadaan alam atau pulaunya. Pulau Langkai ini mempunyai daerah perairan yang paling jernih, hingga kedalaman bisa dicicipi di atas permukaan air. Beberapa pelancong bisa menyaksikan ikan ikan di bawah air dengan benar-benar terang. Dengan demikian kekayaan hayati dan biota laut bisa dicicipi langsung oleh beberapa pelancong yang tiba bertandang ke arah tempat ini.

Liburan ke pulau selebar 27 hektar ini menjadi salah satunya tempat wisata yang harus didatangi karena mempunyai deretan keelokan alam. Tidak cuma biota laut, tapi juga ada terumbu karang di sejauh bibir pantai atau sejauh pulau. Sekitaran 142 hektar terumbu karang melingkari pulau padat warga ini. Anda bisa menemui beragam tipe karang yang berada di bawah laut dengan warna bermacam dan wujud berbagai macam.

Pesona Lain Pulau Langkai
Photo Credit: Wisata pulau makassar

Tidak cuma terumbu karang, surga untuk beberapa pencinta kegiatan memancing ini pasti dimanja dengan adanya banyak tipe ikan. Ada ikan kerapu, napoleon, udang Mutiara, kaneke, cakalang, tinumbu, lamuru, cepa, suni, bangang, kerapu, terbang, dan yang sangat menarik yakni hiu. Beberapa macam ikan ini malah tidak pernah Anda jumpai awalnya, satu diantaranya predator besar di teritori perairan yakni ikan hiu yang lumayan besar.

Tidaklah aneh, nelayan menjadi salah satunya mata pencarian khusus di salah satunya pulau paling luar di kota Makassar ini. Ingat jumlahnya tipe ikan yang bisa Anda jumpai jadi argumen khusus warga pilih melaut. Tidak cuma untuk dipasarkan, beberapa ikan dimakan sendiri hingga keperluan protein anak anaknya tercukupi. Antiknya perairan di Sulawesi ini karena sanggup hasilkan ikan sama ukuran yang besar, hingga benar-benar senang.

Tempat satu ini nampaknya jadi spot terbaik untuk cari panorama matahari yang kembali lagi ke peraduannya. Saat berangsur angsur mentari turun untuk ganti dengan malam, saat itu juga langit akan beralih menjadi jingga sampai semburat orange. Warna berikut yang sanggup mengundang perhatian untuk didokumentasikan dengan sebagai masa lalu yang tidak terlewatkan sampai kapan saja. Golden hours berikut yang dicari oleh beberapa pelancong Pulau Langkai.

Lokasi Menuju Ke  Tempat Wisata Pulau Langkai

Lokasi Pulau Langkai
Photo Credit: Adhy El-Jufri 

Lokasi pas dari pulau paling luar yang ada di teritori Kota Makassar, Ibu kota Sulawesi Selatan ini cukup unik. Pulau Langkai ini berada di kelurahan Barrang Caddi dalam jarak menempuh dari pusat perkotaan sekitaran 36 km. Oleh karenanya, akan memerlukan waktu jika Anda memilih untuk pulang pergi. Disamping itu, tidak ada kendaraan reguler yang bisa digunakan sampai hingga ke arah tempat arah karena aksesnya yang terbatas.

Anda perlu lakukan perjalanan ke Dermaga Paotere dan sewa kapal nelayan di tempat untuk sampai ke pulau Langkai. Namun, opsi pertama ini membuat Anda tidak mempunyai kendaraan dan jam tentu di saat kembalinya. Oleh karenanya, seharusnya sewa sekoci dengan kemampuan 10 orang dengan harga 750 ribu rupiah. dan untuk kelompok seharusnya kapal memiliki 50 sampai 70 orang dengan harga 1,5 sampai dua juta rupiah.

Harga yang lumayan mahal, tapi sepadan dalam jarak yang perlu Anda menempuh, yakni sekitaran 2 jam dari Dermaga. Dengan demikian, Anda ditegaskan tidak alami mabok laut hingga mengusik berlibur. Jika memilih untuk menumpang kapal kapal yang hendak melaut ke Pulau Langkai Anda harus siap tidak mempunyai kendaraan. Masalahnya harga sewa kapal itu untuk perjalanan pulang dan pergi.

Menariknya, tiap pengunjung yang tiba ke pulau ini tidak diambil ticket masuk atau bisa disebutkan ongkos masuk gratis. Anda perlu bayar untuk ongkos sewa kapal yang cukup susah diketemukan sebagai jalan masuk ke pulau Langkai. Oleh karenanya, sedikit pelancong yang tiba ke arah tempat ini walau panoramanya benar-benar cantik. Begitu halnya jam membuka, Anda dapat bertandang kapan pun tanpa Batas waktu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Langkai

Kegiatan Pulau Langkai
Photo Credit: Urbanations 

Kegiatan khusus yang dapat dilaksanakan sepanjang ada di pulau ini, yakni jalan berkeliling-keliling sekitaran bibir pantai. Anda bisa berjalan pada atas pasir halus warna putih yang melingkari pulau Langkai. Pulau ini ditegaskan membuat kaki Anda capek saat sebelum sukses mengitarinya. Namun, berjalan pada hangatnya pasir dan sapuan ombak menjadi salah satunya hal yang mustahil dijumpai di perkotaan khususnya kota kota besar yang padat warga.

Tidak cuma jalan jalan, Anda bisa juga berjemur di bawah panas matahari untuk sekedar membuat kulit eksotik. Matahari berkilau jelas sampai air laut terlihat jernih, sebening kristal. Sebelumnya, sebaiknya selalu menggunakan tirai surya atau sunscreen supaya terbebas dari teriknya mentari yang sanggup membuat kulit Anda iritasi. Banyak yang cari angin segar dan cerahnya cuaca sekitaran lewat liburan di tujuan wisata paling luar dari kota Makassar ini.

Air laut yang berada di pulau ini sebening kristal sampai biota laut juga terlihat dengan benar-benar terang. Seringkali terlihat ikan berakhir lalang berenang semakin kesini, hingga jadi spot yang pas untuk memancing ikan. Anda bisa melaut sekitaran 2 km dari terumbu karang yang umumnya jadi spot terbaik memancing. Dengan demikian, Anda ditegaskan mendapat ikan dengan jumlah banyak dan memiliki ukuran besar hingga benar-benar memberikan kepuasan saat dikonsumsi.

Ingat banyak ikan dan keelokan terumbu karang selebar 142 hektar, Anda bisa memakainya sebagai kegiatan menyelam. Ada perlengkapan komplet untuk diving dengan kedalaman yang lumayan tinggi atau sekedar snorkeling dengan alat snorkel dan pelampung. Ke-2 kegiatan itu bisa bawa Anda ke tempat terumbu karang yang sangat dekat dan elok. Spot terbaik untuk menyelam, yakni sekitaran 300 sampai 500 mtr. dari bibir pantai.

Salah satunya mata pencarian yang banyak dilaksanakan oleh warga sekitaran, yakni sebagai perajin perahu. Beberapa pelancong seringkali menyaksikan dari jarak dekat proses membuat perahu dari sejak awalnya sampai berdiri istimewa dan bisa digunakan melaut. Tidak itu saja, Anda akan mendapatkan pengetahuan baru berkaitan langkah menjaga perahu kayu agar digunakan dalam periode waktu lama. Dengan demikian, berlibur Anda akan berasa lebih berguna.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Pulau Langkai

Fasilitas Pulau Langkai
Photo Credit: Ari Wahyu Cahyono

Ditempati oleh sekitaran 430 jiwa membuat pulau ini harus mempunyai sarana mencukupi. Dimulai dari listrik yang menyinari di saat malam hari sudah bisa dijangkau dengan gampang. Ada dua generator yang hendak hidup start pukul 17.30 sampai 21.00 waktu Indonesia sisi tengah. Namun, sejumlah rumah masyarakat sudah terpasang panel surya untuk penuhi keperluan listrik. Dengan demikian, setelah jam 9 malam sejumlah rumah masih tetap sangat jelas.

Tidak cuma dari sisi pencahayaan, telah ada sarana kesehatan yang cukup ideal. Walau ketersediaannya termasuk terbatas untuk teritori padat warga, tapi sudah ada 1 puskesmas pembantu. Gedung yang digunakan sudah mempunyai tiga ruang dengan bangunan tetap yang aman. Dengan demikian, beberapa warga atau pelancong yang berasa buruk bisa berobat ke puskesmas pembantu yang sudah diperlengkapi tenaga pakar.

Untuk beberapa pelancong yang dari luar kota bahkan juga luar pulau, Anda bisa bermalam secara pantas pada tempat ini. Sudah ada resor dan pemondokan yang cukup ideal pada harga cukup dapat dijangkau. Seringkali, beberapa pengunjung malah pilih membangun tenda di bibir pantai sambil nikmati ombak pada malam hari. Pasti Anda harus berhati hati supaya tenda tidak begitu dekat sama hadirnya air laut yang umumnya pasang.

Keelokan alam pulau Sulawesi nampaknya sudah terkenal, terhitung untuk keelokan wisata bahari. Namun, tidak banyak yang mengenali deretan pulau paling luar yang terhitung ke teritori Makassar satu diantaranya pulau satu ini. Pulau paling padat satu ini mempunyai pemandangan yang memikat dan daya magnet tidak ada duanya. Tersebut yang sanggup memancing ketertarikan beberapa pelancong, baik domestic atau luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.