Pulau Kembang, Mengenal Pulau Para Kera yang Unik di Kalimantan Selatan

Pulau Kembang, Mengenal Pulau Para Kera yang Unik di Kalimantan Selatan
Alamat: Tinggiran II, Kec. Tamban, Kab. Barito Kuala, Kalimantan Selatan.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 5.000
Google Maps: Cek Lokasi

Dengar kata pulau kembang rasanya masih berasa asing dalam telinga beberapa orang, pertama kalinya dengar kata pulau kembang yang terpikir di kepala ialah sebuah pulau yang ada beragam jenis tipe bunga. Kabarnya narasi dari orang sebelumnya pulau kembang datang dari kapal Inggris yang dihancurkan oleh orang Biaju atas perintah Sultan Banjar, puing sisa keruntuhan kapal itu berevolusi jadi sebuah pulau yang ditinggali oleh satu kelompok kera, pada akhirnya jadilah sebuah Pulau Kembang.

Pulau Kembang disebutkan oleh warga di tempat sebagai kerajaan monyet, bila di Ubud Bali ada Monkey Forest sebagai rumah monyet, karena itu di Banjarmasin Kalimantan Selatan ada pulau kecil yang berada di tengah-tengah tengah Sungai Barito dan jadi rumah beberapa monyet. meskipun belum populer sama seperti yang berada di Bali, seiring waktu berjalan teritori rekreasi ini makin ramai oleh pelancong baik dari luar atau dalam Kalimantan.

Karena pulau ini jadi rumah beberapa monyet, Anda dapat beli makanan seperti kacang atau roti yang berada di sekitaran, pelancong bisa membri makan ke monyet-monyet itu dan menyaksikan perilaku mereka. Saat melewati pulau ini saja kamu bisa menyaksikan banyak monyet yang bergelantung di pohon. Seharusnya taruh barang berhargamu di tas dan bawas ecukupnya saja, ini pasti untuk menghindar ada kehilangan atau diambil monyet-monyet itu,

Mengenal Pulau Kembang yang Menarik

Mengenal Pulau Kembang
Photo Credit: Edwin Siman

Pulau Kembang mempunyai keelokan yang menarik, saat sebelum datang di pulau ini kamu akan dihidangkan panorama air yang menentramkan. Dengan kapal klotok disertai angin yang siur siur membelai rambur dan mukamu. Buat kamu yang mabok laut pasti sesaat teralihkan karena disajikan panorama yang menarik.

Saat sebelum masuk ke rekreasi Pulau Kembang taruhlah dulu beberapa barang berhargamu dalam tas yang ada resletingnya. Karena pulau ini dipenuhi oleh monyet-monyet liar, bisa jadi mereka ambil barang-barangmu. Karakter monyet-monyet ini telah sedikit terlatih dengan kehadiran manusia, mereka tidak begitu takut, bahkan juga beberapa pada mereka dapat kamu mengajak photo untuk jadi ingat masa lalu yang bernilai.

Ada banyak spot photo menarik di Pulau Kembang, kamu dapat berpose di tengah jalan dari kayu atau photo di pinggir sungai saat belu masuk ke tempat rekreasi. Pulau Kembang ditempati beberapa ratus satwa kera berbuntut panjang, bila kamu untung karena itu kamu dapat berjumpa dengan kera putih yang jarang-jarang keluar memperlihatkan dianya.

Di pulau ini ada juga beberapa macam burung cantik dan burung lokal lainyya. Disarankan tidak untuk masuk pulau terlampau dalam, Pulau Kembang ini masih berbentuk rimba lebat yang hijau dan beresiko bila disana sampai gelap.

Kegiatan yang Menarik di Pulau Kembang

Pesona Pulau Kembang Barito Kuala
Photo Credit: ksmtour.com

Karena pulau ini masih terhitung rekreasi alam, saat bertandang kesini kamu dapat menyaksikan beragam keelokan alam yang berada di sekitarnya. Selainnya melihat tingkah kera-kera jenaka, pengunjung bisa juga melihat kera-kera yang pintar berenang di sungai.

Kamu dapat melempar kacang atau pisang dari mereka saat berenang di sungai. Tidak semua kera berlaku nakal, ada pula yang berlagak dekat dan berteman, tapi banyak yang yang jahil dan liar. Ketika berada pengunjung yang tiba mereka kerap menyongsong dengan ringisan dan menunjukkan jejeran gigi-gigi kecilnya yang unik.

Bermain bersama beberapa monyet-monyet ini jadi aktivitas yang mengasyikan untuk beberapa pengunjung, aktivitas ini berlainan dan memicu adrenalin, apa lagi saat coba photo bersama kera dan dikrubuti segerombolan kera. Tetapi banyak pula pengunjung yang takut dan cenderung pilih untuk ada di perahu saja menanti kelompoknya usai.

Buat kamu yang takut dengan monyet-monyet ini, tak perlu takut akan jemu dan jemu saat menanti, kamu dapat melihat panorama Sungai Barito yang luas dan dikitari hijaunya hutan-hutan kaliamntan yang rimbun. Panorama ini simpel bila dibanding dengan rekreasi pantai pasir putih atau rekreasi alam yang lain. Tetapi hijaunya rimba Kalimantan bersatu secara ramah tamahnya masyarakat sekitaran ialah kombinasi yang memikat.

Lokasi MenukuĀ  ke Pulau Kembang

Lokasi Pulau Kembang
Photo Credit: Channel S

Sama seperti yang kita kenali Pulau Kembang sebagai komunitas untuk kera ekor panjang atau kerap disebutkan dengan monyet. Lokasi Pulau Kembang berada di tengah-tengah sungai Barito yang terhitung dalam daerah administratif kecamatan Alalak, kabupaten Barito Kuala, propinsi Kalimantan Selatan

Pulau Kembang sendiri sebetulnya ialah sebuah delta yang berada di tengah-tengah sungai Barito. Pulau Kembang berada di samping barat kota Banjarmasin. Pemerintahan jadikan pulau Kembang sebagai salah satunya tempat wisata yang ada dalam teritori rimba di kabupaten Barito Kuala.

Seharusnya bila ingin bertandang ke pulau Kembang, upayakan sewa satu atau dua tur guide dari warga lokal supaya bisa menghindar beberapa hal yang tidak diharapkan. Ini untuk menghindari peristiwa tidak tersangka dengan monyet-monyet yang banyaknya beberapa ratus itu. Akses ke arah pulau ini tidak begitu susah, kamu dapat memakai kapal mesin yang dikontrakkan warga di tempat pada harga sekitaran 30 sampai 50 ribu dan memerlukan waktu pintas sepanjang 1 jam.

sepanjang perjalanan kita akan melalui permukiman masyarakat yang ada di atas sungai Barito.Bila kamu tiba dari Banjarmasin maka memerlukan waktu pintas sekitaran 1 jam dengan lajur darat. Akses lajur darat yang hendak dilakukan cukup bagus, tak perlu takut mabok darat.

Bagaimana, telah ada gagasan berlibur keluarga di Pulau Kembang ? janganlah lupa siapkan perbekalan yang cukup dan pstikan badanmu sehat, perjalnan ke rekreasi alam bisa jadi kelihatan gampang, tetapi faktanya cukup meletihkan. Tambah beberapa daftar rekreasi yang lain disekitaran Pulau Kembang, supaya berliburmu makin membahagiakan.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Pulau Kembang

Fasilitas Pulau Kembang Barito Kuala
Photo Credit: Noor Izzati Rahmi

Pulau yang ada di Kalimantan Selatan ini belum juga diatur dengan optimal oleh pemerintahan di tempat. Sarana yang ada disitu juga belum semaksimal beberapa wisata yang berada di perkotaan. Ticket masuk ke arah tempat rekreasi pulau Kembang termasuk lumayan murah, cukup dengan 8000 per-orang (untuk pelancong lokal) kita bisa masuk dan rasakan kesan berhubungan langsung dengan beberapa ratus monyet itu.

Karena Pulau Kembang ini masih berbentuk tanah dan sebagiannya kembali masih berbentuk rawa, pemerintahan menyedialan jembatan kayu yang dapat dipakai untuk jalan melingkari Pulau Kembang. Bila kamu dan kelompok memiliki gagasan untuk bermalam dI Kalimantan, upayakan untuk cari hotel atau pemondokan saat ada di kota, karena bila telah tiba di tempat rekreasi bisa jadi kamu tidak mendapati lokasi yang pas untuk bermalam.

Ada pula sarana umum seperti kamar mandi dan warung yang jual beberapa makanan enteng dan minuman. Tetapi tidak boleh kadang-kadang menunjukkan makanan dan minumanmu pada monyet-monyet yang telah menanti di muka warung, secepat-cepatnya pasti diambil oleh mereka. Maka jika ingin minum dan makan cukup dalam warungnya saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.