Pulau Kemaro, Pulau Cantik dengan Warisan Monumental Menarik di Palembang

Pulau Kemaro, Pulau Cantik dengan Warisan Monumental Menarik di Palembang
Alamat: 1 Ilir, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.
Biaya Wisata: Mulai Rp 50.000
Google Maps: Cek Lokasi

Pulau Kemaro salah satunya tempat wisata unik di Palembang, persisnya ada di tengah Sungai Musi. Delta kecil yang kaya daya tarik dan ada beberapa warisan monumental yang memikat buat ditelusuri.

Pulau Kemaro, tempat rekreasi unik dan sarat dengan narasi legenda. Tempat rekreasi ini ada di tengah Sungai Musi. Pulau Kemaro ini antiknya karena tak pernah tergenang meskipun air Sungai Musi pada kondisi pasang. Pulau ini ialah surga untuk umat yang beragama Buddha.

Pulau unik dan misteri yang diberi nama Kemaro dan mempunyai keelokan yang memesona dan elok. Pulau selebar lebih kurang 25 hektar ini selalu ramai didatangi. Khususnya oleh pelancong yang beragama Buddha. Karena banyak situs monumental dan memiliki sifat keagamaan untuk pengikut agama Buddha.

Di delta ini ada lebih kurang 130 rumah. Di mana warga disekitaran Pulau Kemaro ini akan memberikan dukungan dan menolong peningkatan dusun rekreasi itu jadi lebih kekinian dan semakin maju dari mulanya.

Pesona yang Dipunyai Pulau Kemaro

Pesona Pulau Kemaro
Photo Credit: Tjiunggu Tjermin

Klenteng Hok Tjing Rio ini telah ada semenjak tahun 1962. Situs monumental ini jadi tempat terkenal untuk pelancong yang bertandang. Ada Klenteng Hok Tjing Rio ini sangat menarik dengan lain tempat.

Klenteng Hok Tjing Rio ataupun lebih trending dengan panggilan Klenteng Kuan Im ini ialah bangunan pertama di Pulau Kemaro. Klenteng ini ada di garda paling depan saat masuk teritori pulau ini. Selainnya jadi tempat rekreasi tempat ini ramai didatangi masyarakat beragama Buddha sekedar untuk ziarah atau berdoa.

Pagoda adalah daya magnet dari Pulau Kemaro. Pagoda ini berdiri dengan lantai 9 yang istimewa dan tinggi. Pagoda elok ini berdiri di tahun 2006 mempunyai tinggi sekitaran 45 mtr.. Dijadikan acara tempat atau perayaan Cap Go Meh dan perayaan Imlek.

Design pembangunan pagoda elok itu ikuti style budaya Tionghoa. Di muka bangunan Pagoda umumnya akan di ramaikan oleh pengunjung yang berpose dan berselfie riang. Beberapa warna elok pada Pagoda ini ialah sebuah lambang keyakinan untuk orang Tiongkok.

Di waktu malam hari pagoda ini akan pancarkan sinar yang cantik dan memesona. Sekarang ini umumnya jadi saat yang pas untuk berpose dengan latar belakang pagoda ini.

Saat perayaan Cap Go Meh atau imlek ini pengunjung umumnya tiba semakin banyak dari hari umumnya. Saat perayaan ini datang Pulau Kemaro ini semakin lebih hebat dan asyik. Biasanya tiba pelancong di luar. Hingga saat perayaan ini jadi daya magnet pengunjung yang tiba.

Saat perayaan ini datang, setiap tempat di pulau ini akan diatur dan dihias semeriah dan secantik mungkin. Seperti penempatan lampion dan ada atraksi dan acara hebat dan semarak pada tempat ini.

Pertunjukannya seperti Sinetron tradisionil dan lagu ciri khas asal China, ada persembahan lagu Tionghoa, ada wayang poyehi, dan Barongsai. Yang tidak kalah ramainya ialah ada rekreasi kulineran saat acara ini berjalan.

Narasi cinta dari sepasang pacar yang lain budaya dan berbeda bangsa ini membuat beberapa pelancong selalu berduyun-duyun untuk tiba berziarah berkunjung pusara. Menurut narasi turun-temurun, Pulau Kemaro ini ialah pusara dari Siti Fatimah dan Tan Bun An yang menceburkan diri ke Sungai Musi.

Hingga beberapa dari pelancong luar negeri selalu tiba ke pulau elok ini. Pelancong yang tiba berziarah sejauh ini datang dari Singapura, Tiongkok, Malaysia dan Negara tetangga yang lain.

Tetapi, di tengah-tengah pulau ini ada gundukan tanah dan dijadikan pusara Siti Fatimah dan Tan Bun An. Di atas pusara itu ada nisan dengan tulisan Tionghoa.

Di tempat rekreasi Pulau Kemaro ada sebuah pohon cinta kekal. Pohon ini menyimbolkan sebuah cinta yang kekal. Cerita cinta dari Siti Fatimah putri raja Palembang dan Tan Bun An seorang pangeran Tiongkok. Di mana cerita cinta yang menjadi legenda ini mempunyai keterkaitan dengan pohon cinta kekal itu.

Kabarnya, menurut warga disekitaran mengenai pohon cinta yang bisa mendokumentasikan cinta siapa yang tiba. Misalnya jika sepasang pacar tuliskan nama di pohon cinta itu, karena itu cintanya akan kekal selama-lamanya.

Lokasi Menuju ke Pulau Kemaro

Lokasi Pulau Kemaro
Photo Credit: MH 17

Delta kecil ini yang berada di tengah-tengah Sungai Musi ini bisa dilalui dengan memakai perahu. Dari Jembatan Ampera, Pulau Kemaro ini ada pada terlalu jauh 6 Km. Akses ke arah lokasi ini juga gampang.

Tetapi, untuk beberapa pelancong yang bertandang dan datang dari luar pulau Sumatera, dan datang di Lapangan terbang Sultan Mahmud Badaruddin II. Bisa memakai angkutan umum dan ke arah Pelabuhan.

Beberapa pelancong bisa memakai perahu. Perahu bisa dicarter di Pelabuhan Benteng Kuto Besak. Dari Pelabuhan ini cuma perlu lebih kurang 30 menit ke arah Pulau Kemaro. Persewaan perahu di Pelabuhan ini bisa mengantarkan dan jemput Anda kembali sesudah usai berekreasi nikmati daya tarik pulau.

Ada banyak opsi alat transportasi air yang dapat Anda tentukan untuk seberang. Ada perahu ketek yang hendak bawa Anda seberang rileks dengan saat yang lumayan lama, ada perahu motor yang hendak bawa Anda menyebrangi sungai sepanjang lebih kurang 30 menit.

Disamping itu, ada speedboat yang disebut transportasi air paling cepat. Anda dapat seberangi sungai dengan lebih kurang 15 menit. Anda akan diberi biaya yang lain untuk tiap tipe transportasi air itu.

Biaya Ticket Wisata Pulau Kemaro Palembang

Biaya Pulau Kemaro
Photo Credit: Pooganesan Poovan

Untuk masuk ke teritori rekreasi Pulau Kemaro Anda akan dikenai biaya Rp 5.000 s/d Rp 10.000 untuk ongkos per-orangnya. Selainnya ongkos masuk, Anda harus juga bayar sewa perahu untuk sampai ke arah tempat rekreasi ini.

Di mana untuk persewaan perahu dari Pelabuhan untuk perseorangan, Anda akan diberi biaya Rp 200.000 untuk speedboat. Bila Anda tiba bersama rekan-rekan, Anda bisa sewa perahu Ketek dengan biaya sekitaran Rp 500.000.

Tetapi bila Anda tiba bersama kelompok besar Anda dapat sewa perahu Tongkang, dengan perahu ini Anda akan dikenai biaya sekitaran Rp 1.500.000. Untuk pembayaran perahu ini Anda akan diberi sarana antara dan jemput.

Kegiatan yang Bagus yang Dilaksanakan di Pulau Kemaro

Aktivitas Pulau Kemaro
Photo Credit: @motulz

Di Pulau Kemaro ini ada lokasi yang khusus menawarkan kulineran ciri khas Palembang. Anda akan diberi banyak makanan dengan beragam menu.

Saat acara Imlek, pada tempat ini akan menyajikan semakin banyak makanan, dengan beragam jenis opsi dan menu. Tentu saja benar-benar sedap dan harga yang dapat dijangkau.

Untuk warga yang berpedoman kepercayaan Buddha, pada tempat ini ialah tempat religius yang dapat dipakai untuk berdoa. Di pulau ini ada Kuil Buddha yang kerap didatangi untuk berziarah. Disamping itu ada Vihara China yang selalu ramai didatangi.

Selainnya berziarah, warga yang tiba berdoa di sejumlah kuil. Warga pengikut Buddha dapat ikuti beberapa acara keagamaan yang lain yang dikerjakan pada tempat ini.

Bangunan-bangunan dan tiap lokasi di tempat rekreasi Pulau Kamaro ini mempunyai kekhasan dan kecantikan tertentu. Di mana setiap tempat bisa dijadikan spot photo yang baik di Pulau Kemaro ini.

Warna yang elok dan bangunan yang unik dan bagus jadikan tempat ini sering jadi tempat berpose yang ramai. Anda bisa juga ajak pasangan Anda untuk berpose di sejumlah tempat terkenal di pulau ini. Seperti pada pohon cinta kekal, di muka pagoda elok dan yang lain.

Selainnya melihat banyak tempat unik dan mempunyai cerita legenda, di Pulau rekreasi ini Anda bisa melihat beberapa upacara keagamaan dan beragam atraksi.

Semua atraksi ini dilaksanakan saat malam hari. Selainnya banyak acara keagamaan, di sini ada juga atraksi membakar lampion dan menerbangkannya ke langit. Acara ini selalu ditunggukan oleh semua pelancong yang tiba.

Selainnya nikmati keelokan bangunan monumental pada tempat ini, Anda dapat sewa sepeda dan berkeliling-keliling Pulau Kemaro. Trek naik sepeda di sini bisa Anda cicipi dengan panorama alam yang memesona. Mengisap angin segar disekitaran pulau. Naik sepeda bersama pasangan atau rekan jadi peristiwa yang hebat dan asyik di pulau ini.

Fasilitas & Sarana Rekreasi yang Ada di Pulau Kemaro Palembang

Fasilitas Pulau Kemaro
Photo Credit: Sandi Nopriyanto

Sarana yang disiapkan di tempat rekreasi Pulau Kemaro ini ialah ada tempat persewaan perahu. Seperti Speedboat, perahu motor, dan perahu ketek. Ada pula sarana lain berbentuk tempat beristirahat atau santai, ada kamar mandi, dan ada toilet.

Disamping itu, di rekreasi populer ini sediakan warung makan dan minuman. Ada pula toko souvenir disekitaran tempat rekreasi ini.

Ada restaurant dengan menu yang komplet dan nikmat. Ada museum yang simpan bukti-bukti monumental dan warisan bernilai sebagai daya magnet khusus pulau ini.

Informasi-informasi berkenaan tujuan rekreasi favorite di Palembang ini selalu ramai didatangi. Rekreasi Pulau Kemaro dengan cerita monumental dan religius ini bisa jadi tujuan berlibur Anda selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.