Pulau Failonga, Surga Wisata Bahari Eksotik di Tidore

Pulau Failonga, Surga Wisata Bahari Eksotik di Tidore
Alamat: Pulau Filonga, Kec. Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 100.000
Google Maps: Cek Lokasi

Siapa sich yang tidak mengenal dengan keelokan Maluku Utara? Ada beberapa daya tarik alam memikat yang dapat Anda dapatkan di propinsi yang ini. Tidaklah aneh bila beberapa pengunjung yang bersama-sama untuk nikmati pemandangan alamnya yang asri, begitu halnya Pulau Failonga di Kota Tidore Kepulauan yang mempunyai deretan wisata yang menarik. Dimulai dari pasir putih, birunya laut, batu-batuan yang unik, kontur pantai agak miring. Ingin tahu? Check pembahasan selengkapnya di sini!

Pesona yang Dimiliki Pulau Failonga

Pesona Pulau Failonga
Photo Credit: Dodi Armein

Bila ingin nikmati berlibur menarik di Maluku, sebaiknya berkunjung Pulau Failonga. Pulau yang ini sebagai pulau yang ada di teritori Tidore dengan keberagaman biota laut didalamnya. Lokasi ini benar-benar pas untuk Anda yang ingin lebih dekat sama wisata alam bahari yang memikat.

Pulau yang ini memang patut di dipanggil dengan serpihan surga. Masalahnya teritori pulau ini dihias sama air laut yang bisa dipakai cermin, pasir pantai putih, dan wan putih yang memberi situasi semakin cantik. Tidak sangsi bila banyak wisatawan tidak ingin bergerak dari tujuan wisata eksotik di Tidore ini.

Dengan deretan daya tarik yang memikat, pengunjung dapat lakukan banyak kegiatan hebat di lokasi yang ini. Dimulai dari aktivitas classic yang dapat dilaksanakan di pantai seperti berenang di perairan dangkal, nikmati keelokan bawah laut, s/d santai disekitaran pulau. Semua dapat dilaksanakan oleh pelancong sama sesuai preference masing-masing.

Jika ditanyakan berkenaan daya tarik dari Pulau Failonga, saat itu juga pelancong akan terpesona dengan orisinalitas pulau ini. Situasi sejuk disekitaran pantai dengan deretan keelokan alam yang bersatu, hingga jadikan daya pikat buat pulau ini. Selian menarik dari sisi wisatanya, ada pula hal hebat lain saat sebelum datang di lokasi wisata.

Pesona Lain Pulau Failonga
Photo Credit: Opan Jacky

Untuk ke arah lokasi pulau, beberapa pelancong harus sewa kapal cepat karena belum terdapatnya angkutan umum seperti kapal ferry. Sesudah tempuh perjalanan seri itu, beberapa traveller akan nikmati kecantikan dari Pulau Failonga langsung. Anda akan disajikan dengan daya tarik putihnya yang benar-benar berkilau dan bercahaya, apa lagi bila terserang cahaya matahari. Batu-batuan di tepi pantai seakan jadi hiasan tertentu untuk menambahkan daya magnet pesisir pantai.

Di pantai, Anda akan mendapati pasir putih dan kerikil putih yang menghampar sejauh pesisir pantai. Dalam pada itu, batu hitam curam nyaris padati di tepian pulau ini. Menariknya, Anda dapat mendapati sebuah pelabuhan kecil yang dipakai untuk bertambatnya perahu perahu atau speedboat.

Selainnya mempunyai daya magnet yang memikat dari penampilan pasir pesisir pantai, pulau ini populer akan keelokan bawah lautnya. Untuk beberapa pencinta snorkeling, pulau yang ini benar-benar pas untuk didatangi. Batu karang yang berada di teritori pulau ini benar-benar cantik dibarengi dengan beragam biota laut menghiasnya.

Lokasi Menuju Ke Tempat Wisata Pulau Failonga

Lokasi Pulau Failonga
Photo Credit: Sultan Hamka

Pulau Failonga ini sebetulnya ada di dua pulau yakni Tidore dan Sofifi Halmahera. Untuk sampai ke lokasi, karena itu pengunjung harus mencapainya dengan tempuh memakai perahu tradisionil dan speedboat. Bila dilalui dari Kota Ternate akan memerlukan waktu 20 sampai 30 menit. Dan dari Soa Soa semakin lebih cepat yakni 15 menitan.

Sebagai anjuran, pengunjung dapat lakukan perjalanan ke arah Pantai Failonga saat pagi hari saat lagi udara masih sejuk dan air laut belum terlampau pasang. Waktu pintas ke dermaga memerlukan waktu sekitaran 10 menit perjalanan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Failonga

Aktivitas Pulau Failonga
Photo Credit: Opan Jacky

Sama seperti yang telah dijumpai, pulau yang ini memang mempunyai keelokan alam yang demikian memikat. Apa lagi situasi Pulau Failonga benar-benar mempersejuk karena ada beberapa jejeran pohon yang tumbuh di teritori pulau itu. Seringkali banyak pelancong yang tiba sekadar nikmati keelokan alam sekalian telusuri pantai.

Cukup hanya santai dan istirahat di bawah pohon dan berpose di batu-batuan, pengunjung bisa memperoleh pengalaman yang demikian menarik. Apa lagi bila situasi disekitaran pulau ini benar-benar mengagumkan dan tidak dapat diketemukan di wilayah yang lain . Maka, janganlah sampai melewati aktivitas hebat yang ini.

Beragam aktivitas bisa diputuskan oleh beberapa pelancong saat berkunjung pulau ini. Salah satunya aktivitas hebat yang paling disukai beberapa pengunjung yakni berenang di perairan pantai yang dangkal. Tentu saja kegiatan berenang di sini lebih bagus bila diperlengkapi dengan safety stuff seperti jaket pelampung untuk menghindar bahaya.

Di pulau ini ada sebuah batu besar yang dapat dinaiki untuk nikmati panorama Pulau Failonga di atas. Di teritori batu ini, pengunjung dapat menyaksikan keelokan Gunung Gamalama dengan rentang lautan yang lumayan luas. Kemudian, Anda dapat meneruskan dengan melahap makanan dari perbekalan yang Anda membawa.

Aktivitas Lain Pulau Failonga
Photo Credit: Reza Selang

Untuk Anda yang mempunyai kegiatan hebat berbentuk memancing, karena itu dapat salurkan hoby sekalian nikmati keelokan pulau kecil yang cantik. Di sini, pengunjung dapat memperoleh hasil tangkapan yang cukup berlimpah, ingat biota laut di pulau ini cukup bervariatif. Sekalian menanti tangkapan, Anda bisa juga menyaksikan keelokan sekitaran.

Seterusnya, Anda bisa juga nikmati sarana speed boat yang ada di dekat dermaga. Sarana ini dapat digunakan untuk coba kegiatan hebat saat ada di Pulau Failonga. Selainnya jadi aktivitas menarik, naiki speedboat jadi rekomendasi kegiatan lain bila Anda ingin nikmati keelokan laut dari jarak dekat tapi tidak mau terserang air.

Tidak stop sampai di sana saja, Anda akan mendapati hal menarik saat ada di teritori ini. Masalahnya ada pula keyakinan yang yakini ada banyak makam suci pada bagian atas pulau ini. Makam suci ini jadi spot yang lumayan menarik perhatian untuk beberapa wisatawan. Seringkali, pelancong bawa daun pandan dan air sebagai ziarah di Jere itu.

Pasti berlibur hebat kurang komplet rasa-rasanya bila tidak ditutup dengan mendokumentasikan peristiwa bernilai. Untuk Anda yang ingin menambahkan koleksi photo, jadi tidak salah kembali bila pilih pulau ini sebagai bahan bidikan. Masalahnya hidangan alam menariknya memberi kesan-kesan tertentu, hingga Anda tidak menyesal saat ada di pulau cantik itu.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Pulau Failonga Tidore

Fasilitas Pulau Failonga
Photo Credit: Opan Jacky 

Ingat kekuatan wisata yang ini lumayan besar, karena itu faksi pengurus atur sebegitu rupa supaya teritori Pulau Failonga ini mendukung kegiatan pengunjung. Karena itu, ada beberapa sarana yang disiapkan, seperti toilet umum, kamar mandi tukar, dermaga, dan deretan sarana yang lain yang ideal.

Untuk memberi pengalaman tidak terlewatkan untuk beberapa pelancong, karena itu Anda bisa juga sewa perlengkapan snorkeling dan pelampung. Untuk yang ingin menyaksikan keelokan laut dari jarak dekat tapi tidak mau basah, faksi pengurus sediakan penyewaan speed boat atau perahu yang bisa mendukung kegiatan menarik.

Tersebut informasi-informasi yang harus Anda ketahui saat sebelum berkunjung Pulau Failonga sebagai rekomendasi berlibur hebat di Kota Tidore Kepulauan. Di teritori pulau ini ada panorama yang demikian memikat untuk menganakemaskan beberapa pengunjung yang tiba. Menariknya, Anda bisa juga beraktivitas eru seperti berenang, santai, mendokumentasikan peristiwa, s/d memancing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.