Pulau Buaya, Mengeal Surga Bahari Tersembunyi yang Eksotis di Sorong

Pulau Buaya, Mengeal Surga Bahari Tersembunyi yang Eksotis di Sorong
Alamat: Raam, Distrik Sorong Kepulauan, Kota Sorong, Papua Barat.
Biaya Wisata: Mulai Rp 300.000
Google Maps: Cek Lokasi

Pulau Buaya salah satunya tempat wisata bahari yang menarik di Sorong, Papua Barat. Pulau yang cantik seperti wujud Buaya ini mempunyai bentangan pasir putih halus, air yang jernih dan tempat tenang yang asri.

Mayoritas pelancong lokal dan luar negeri pasti tidak asing dengar nama ‘Sorong’ yang berada di Papua Barat. Nama wilayah itu ialah gerbang masuk untuk dapat bertandang ke rekreasi bahari paling fantastis di Papua, Raja Ampat. Pelancong seakan tidak senang bila cuma singgah ke satu tujuan saja, hingga meluangkan bertandang ke Pulau Buaya Sorong.

Walau kedengar mengerikan dan menakutkan, tetapi pulau itu hanya sebuah nama saja. Pulau itu diberi nama ‘Buaya’ karena wujud pulaunya yang serupa dengan buaya. Di pulau itu pelancong akan nikmati daya tarik keelokan rekreasi bahari yang cantik dan menarik. Air lautnya jernih dan bersih, pasir pantainya putih dan halus, hawanya sejuk dan menenangkan.

Dengan semua kelebihan yang dipunyainya, pelancong tidak menghiraukan nama ‘Buaya’ yang berkesan horor dan mengerikan. Karena kenyataannya mereka malah benar-benar termanjakan dengan situasi yang sejuk dan tenteram karena di sekitar pulau dikuasai oleh pohon-pohonan kelapa. Hingga saat ada disitu, pelancong akan terasa nyaman ada di lokasi rekreasi ini.

Pesona yang Dipunyai Pulau Buaya

Pesona Pulau Buaya
Photo Credit: PLS 100 FM Makassar

Sorong tak pernah kekurangan tujuan rekreasi bahari yang mengagumkan. Selainnya rekreasi Raja Ampat yang terpopuler, ada tujuan yang lain menjadi alternative untuk pelancong yang ingin melepaskan capek dari semua kegiatan rutin tugas dan kegiatan yang banyak mengambil alih waktu, tenaga, dan pemikiran mereka setiap hari. Pulau Buaya Sorong menjadi pilihan untuk alternative rekreasi disitu.

Tidak kalah menarik dari Raja Ampat, pulau yang diberi nama Buaya itu mempunyai beberapa daya magnet tertentu yang jarang-jarang diketemukan di pulau kecil yang lain disekitaran Raja Ampat. Beberapa daya magnetnya diantaranya :

Wisata Bahari yang Masih Asri dan Alami

Pulau ini tidak seramai Raja Ampat saat weekday sekalinya, hingga bila pelancong ingin cari tempat liburan yang tenang dan sanggup hilangkan capek, pulau satu ini ialah pilihan yang akurat. Di pulau ini belum kelihatan sentuhan swasta atau pemerintahan untuk menambahkan kecantikan pulau hingga betul-betul masih terlihat asri dan alami.

Nama Pulau yang Cukup Unik

Pelancong yang belum pernah bertandang ke pulau rekreasi bahari ini pasti berpikiran jika pulau itu banyak ditempati buaya yang buas dan menakutkan. Tetapi kenyataannya, pulau itu diberi nama ‘Buaya’ karena memiliki bentuk yang serupa dengan buaya bila pelancong menyaksikannya di atas, apa lagi bila menyaksikannya dari Pulau Doom atau Kota Sorong.

Bila disaksikan dari ke-2 tempat itu, wujud pulau ini betul-betul serupa dengan buaya, dimulai dari kepala, tubuh, leher, sampai ekornya. Banyak pelancong yang berpikiran jika pulau ini sama dengan pulau Komodo yang banyak ditempati oleh hewan Komodo. Tetapi pulau ini tidak begitu, sematan nama ‘Buaya’ berdasar memiliki bentuk saja.

Pulau yang Ditempati oleh Warga Asli

Ada permukiman warga yang berada di pulau ini walau tidak banyak. Ukuran pulau yang tidak demikian luas ditempati oleh Suku Buton dan Suku Biak yang hidup secara bersebelahan. Sebagian besar warga yang hidup di pulau itu profesinya sebagai nelayan dan bercocok tanam. Selebihnya sebagai rimba yang dikuasai oleh pohon-pohonan kelapa.

Bila pelancong bertandang ke pulau ini saat weekday (Senin-Jumat), pulau ini sepi pengunjung, cuma ada kegiatan warga yang repot dengan aktivitas mereka. Tetapi saat pelancong bertandang saat akhir pekan (Sabtu-Minggu) dan hari liburan nasional, Pulau Buaya Sorong ramai dipenuhi pelancong dengan beragam kegiatan membahagiakan.

Lokasi dan Biaya Tiket Wisata di Pulau Buaya

Lokasi Pulau Buaya
Photo Credit: Eternaleaf Official

Pelancong yang ingin berkunjung pulau dengan panggilan unik ini dapat memakai taksi air atau perahu. Perahu yang dapat dipakai untuk dapat sampai ke lokasi ialah perahu nelayan karena tidak ada lajur khusus untuk penyeberangan kapal ke arah pulau arah.

Lokasi pulau berada di wilayah Papua Barat dengan terletak cukup sedikit jauh ke arah utara dibanding dengan pulau kecil yang lain. Walau di tengah-tengah laut dan berkesan jauh dari peradaban, tetapi panorama yang didatangkan akan membuat Anda tidak menyesal untuk mendatanginya.

Pelancong Pulau Buaya Sorong harus sewa perahu nelayan untuk pulang pergi dengan biaya sekitaran Rp 300.000, bergantung bagaimana mereka menawarnya. Bila untung, pengunjung dapat memperoleh harga yang lebih dapat dijangkau.

Pemberangkatan dari Dermaga Sorong ke arah pelabuhan atau pinggir pulau sama waktu menempuh perjalanan sekitaran 45 menit hingga dianjurkan untuk konsumsi obat anti mabok dulu agar tidak ada mabok laut atau pusing.

Kegiatan  yang Menarik Dilaksanakan di Pulau Buaya

Kegiatan Pulau Buaya
Photo Credit: Martin Lay

Bermain ATV

Pengunjung dapat telusuri pinggiran pantai dengan memakai ATV tak perlu kecapekan jalan kaki. Disekitaran pantai ada beberapa jasa rental mobil ATV dan ramah dipakai untuk dewasa atau anak-anak. Aktivitas ini benar-benar sayang bila dilewati demikian saja.

Bermain Banana Boat

Berlainan dengan donut boat wujud banana boat lebih panjang dan berwujud pisang. Banana boat dapat dinaiki oleh 5 orang dengan berjejer ke belakang. Permainan ini diambil oleh kapal dengan kecepatan yang tinggi hingga yang menaikinya dapat jatuh setiap saat dan disanalah letak serunya

Memancing

Dengan karier warganya yang sebagian besar sebagai nelayan, jadi tidak bingung bila pelancong banyak yang habiskan waktu untuk memancing di Pulau Buaya Sorong karena pulau ini memiliki banyak ikan. Tetapi mereka perlu bawa perlengkapan memancing sendiri karena tidak ada tempat persewaannya.

Memanggang ikan

Sesudah senang memancing dan memperoleh beberapa ikan hasil tangkapan dari memancing, pelancong yang bawa alat panggang dapat segera nikmati ikan hasil tangkapan dengan memanggangnya. Aktivitas ini benar-benar membahagiakan bila dilaksanakan bersama dengan keluarga dan rekan-rekan sambal terlibat perbincangan di pinggir pantai.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Pulau Buaya Sorong

Fasilitas Pulau Buaya_compressed
Photo Credit: Anton Nugroho

Walau masih asri dan alami, tetapi pulau ini tawarkan beberapa sarana yang ideal seperti sarana perahu nelayan dari Dermaga Sorong ke arah pulau, sarana permainan air banana boat dan donut boat yang hebat dan membahagiakan, permainan paintball, sailing, dan sebagainya. Ada cottage-cottage yang ada di dataran dan sekitar laut di pulau ini.

Selainnya sarana-fasilitas berbentuk sarana permainan air, di pulau ini juga komplet disiapkan beragam sarana umum seperti tempat parkir, cafe, tempat duduk untuk berlindung, kamar mandi, toilet, tempat beribadah, dan lain-lain. Tetapi memang situasi saat weekday lebih sepi bila dibanding dengan situasi saat akhir pekan.

Pulau Buaya bisa dijadikan alternative arah rekreasi di Sorong karena sarana yang komplet dan situasinya menenangkan jiwa. Pulau ini benar-benar pas untuk pelancong yang memerlukan ketenangan di saat ingin me-refresh pemikiran yang capek dari semua aktivitas tugas atau kegiatan setiap hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.