Pegunungan Cycloop, Pesona Cagar Alam Papua dengan Sejuta Flora & Fauna Unik

Pegunungan Cycloop, Pesona Cagar Alam Papua dengan Sejuta Flora & Fauna Unik
Alamat: Sentani Kota, Distrik Sentani, Kota Jayapura, Papua.
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

Papua populer dengan alamnya yang demikian asri dan alami. Bahkan juga saat landing di Lapangan terbang Sentani, Jayapura, Anda dapat telah dipanggil dengan keelokan alamnya yang kelihatan dari Pegunungan Cycloop yang menghampar dari barat ke arah timur sejauh lebih kurang 36 km. Pegunungan satu ini mendatangkan daya tarik hebat yang jangan Anda terlewat.

Mengenal Wisata Pegunungan Cycloop

Mengenal Pegunungan Cycloop
Photo Credit: Yasin Timberlake

Pegunungan atau Gunung Cycloop atau yang dikatakan sebagai Pegunungan Dafonsoro untuk warga sekitaran, sebagai pemisah di antara Danau Sentani dengan Samudera Pasifik. Yang mana Danau Sentani ini sendiri adalah tujuan wisata yang demikian terkenal di Jayapura. Air dari danau itu bahkan juga mengambil sumber dari Pegunungan Dafonsoro ini.

Selainnya sebagai pemisah di antara Danau Sentani dan Samudera Pasifik, pegunungan yang berada di Jayapura ini jadi komunitas dari fauna epidemik. Beberapa fauna yang hidup di situ diantaranya burung kasuari, burung cendrawasih, kanguru pohon, landak semut Irian, sampai kuskus.

Pegunungan Cycloop mempunyai beberapa pucuk, Gunung Robhong dengan tinggi 1.970 mtr. di permukaan laut, Gunung Haelufoi dengan tinggi 1.960 mtr. di permukaan laut, Gunung Rafeni dengan tinggi 1.700 mtr. di permukaan laut, Gunung Dafonsoro dengan tinggi 1.580 mtr. di permukaan laut, Gunung Adumama dengan tinggi 1.560 mdpl dan Gunung Butefon dengan tinggi 1.450 mdpl.

Pesona yang Dimiliki Pegunungan Cycloop

Pesona Pegunungan Cycloop
Photo Credit: Kami Cinta Indonesia

Jika Anda ingin menyaksikan fenomena Papua, karena itu hadirlah ke pegunungan satu ini. Karena panorama yang hendak Anda peroleh betul-betul mempunyai keelokan yang tidak bisa disampaikan dengan kata-kata. Pikirkan saja, dari pegunungan itu Anda dapat menyaksikan bagaimana cantiknya Danau Sentani yang memiliki rangkaian pulau seperti lautan.

Fenomena Danau Sentani itu kelihatan lebih terang saat dilihat di atas ketinggian. Rangkaian pulau ini terlihat tertutup beludru hijau, karena rimbunnya pohon-pohonan yang berada di sana. Betul-betul sanggup beri kesegaran sekalian mempersejuk hati atau pemikiran saat dilihat.

Pulau pulau yang ada di tengah Danau Sentani itu bahkan juga sejumlah sekitaran 21 buah, dan umumnya ditempati oleh warga Suku Sentani. Selainnya rangkaian pulau itu, tentu saja Anda bisa juga menyaksikan dasar terbang lapangan terbang Sentani yang kelihatan imut di atas. Yakinlah, panorama ini kelihatan demikian menarik saat Anda ada di pegunungan.

Di bawah kaki Pegunungan Cycloop, Anda bisa juga mendapati Bukit Kolang Moko yang menjadi satu diantara tempat terbaik untuk nikmati view Papua. Ada empat hal yang dapat Anda cicipi di atas bukit ini. Yang pertama yakni pada bagian utara, Anda akan bertemu langsung dengan tingginya Gunung Cycloop.

Lalu ke-2 pada bagian barat, Anda akan mendapati cantiknya matahari tenggelam jika bertandang kesini di saat senja datang. Selanjutnya pada bagian selatan, Anda akan disajikan panorama semua Kota Sentani dan dengan bentangan Danau Sentani yang cakap. Dan pada bagian timur akan terhidang bukit-bukit Mac Arthur, yang semakin memesona saat sunrise.

Jadi dapat disebut jika bertandang ke Bukit Kolang Moko ini dapat dilaksanakan kapan pun dan tidak dapat diputuskan waktu terbaik, karena semua waktunya ialah yang terbaik. Ingat jika setiap segi Anda dapat mendapati beragam keelokan yang ada. Tetapi bila tidak mau berpanas panasan, seharusnya tiba di antara pagi atau sore hari.

Pegunungan Cycloop sudah diputuskan sebagai cagar alam semenjak tahun 1978. Bahkan juga pada tahun 2012, teritori Cagar Alam Cycloop diperlebar menjadi lagi 31.479,84 hektar. Dan membuat jadi teritori unik yang demikian kaya beragam tipe fauna atau flora, terhitung fauna epidemik.

Pesona Lain Pegunungan Cycloop
Photo Credit: Telkomsel Pamasuka

Nama pegunungan ini disebutkan mempunyai hubungan dengan mitologi Yunani. Karena Cycloop sebagai nama anak lelaki Dewa Poseidon bersama dengan Dewi Thoosa. Lacak punyai lacak, rupanya yang memberikan nama itu ialah seorang pelaut Perancis, namanya Louise Antoine de Bougainville yang bertambat di Teluk Humboldt di tahun 1768.

Waktu itu, Bougainville menyaksikan pegunungan pada bagian pesisir utara Jayapura yang sepintas seperti terlihat raksasa bermata satu yang sedang tertidur. Mulai waktu itu, Bougainville mengatakan sebagai Pegunungan Cycloop dan itu yang tercatat di peta dunia. Dalam pada itu, sebetulnya warga suku Sentani sendiri telah semenjak jaman leluhur mengatakan Dafonsoro.

Warga Sentani yakin jika Pegunungan Dafonsoro sebagai rumah dari Dewi Pemberi Kehidupan yaitu ibu pertiwi atau Hokamiyae. Dan Pegunungan Dafonsoro sendiri sejauh ini dijaga oleh 4 orang dewa yang menebar keempat pelosok mata angin. Salah satunya yakni Dewa Nu (Timur), Dewa Wai (Barat), Dewa Dobon (Utara), dan Dewa Ebun (Selatan).

Pegunungan Dafonsoro atau Cyloop makin bertambah menarik pelancong karena dibuatnya Cycloop Waterpark. Bahkan juga object wisata ini menjadi satu diantara ikon wisata lokal yang berada di Sentani. Pasalnya wisata bahari satu ini sebagai tempat pemandian yang hendak jarang-jarang diketemukan di tengah-tengah kota.

Apa lagi saat berenang di situ, Anda dapat menyaksikan secara jelas keelokan dari Gunung Cycloop. Karena ada di dekat gunung, tentu saja udara di sini demikian sejuk dan beri kesegaran, betul-betul cocok untuk berenang pada siang hari. Disamping itu, Cycloop Waterpark sendiri mempunyai beragam sarana air yang hendak menganakemaskan beberapa pengunjung yang tiba.

Festival Cycloop sebagai sisi dari kampanye lingkungan yang sudah dilakukan untuk ajak warga, terutamanya masyarakat kota Jayapura untuk berpartisipasi dalam jaga kelestarian teritori Cagar Alam Cycloop. Festival ini sudah dilaksanakan semenjak tahun 2018, dan diteruskan pada tahun 2019 dengan acara yang dinamakan Festival Cycloop II.

Beberapa jadwal yang sudah dilakukan dalam festival itu salah satunya yakni seminar, pergerakan tanam pohon, pagelaran tari dari warga tradisi di tempat, dan ada banyak kembali. Selainnya mempunyai tujuan untuk menggaung pelindungan Cycloop, rupanya festival ini sanggup menarik semakin banyak pelancong. Pasalnya karena ada pergerakan itu, teritori cagar alam Cycloop masih tetap asri dan alami.

Lokasi Menuju Ke Tempat Wisata Pegunungan Cycloop

Lokasi Pegunungan Cycloop
Photo Credit: Eduardo Guzmán

Secara administratif, Pegunungan Cycloop ada di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, yang mana samping selatannya bersebelahan langsung dengan Lembak Danau Sentani, sementara samping utara bersebelahan dengan Samudera Pasifik Selatan, lalu samping barat bersebelahan dengan Teluk Tanah Merah, dan samping Timur bersebelahan dengan Teluk Yos Sudarso.

Dari Bandar Udara Internasional Sentani atau yang saat ini dikenali bernama Bandar Udara Internasional Dortheys Hiyo Eluay, Anda dapat secara mudah ke arah pegunungan itu. Karena dari lapangan terbang atau dari arah kota Sentani sendiri, Cycloop kelihatan secara jelas. Dan dari pusat perkotaan sendiri, pegunungan itu memiliki jarak lebih kurang 40 km.

Gunung Cycloop adalah tujuan yang tidak Anda dapatkan pada wilayah lain. Karena panorama yang didatangkan dari pegunungan satu ini tidak ada duanya. Dengan situasi alam yang demikian natural serta asri, daya tarik keelokan Papua terutamanya Jayapura dapat Anda cicipi. Bahkan juga di setiap segi pegunungan, Anda bisa mendapati hal memikat buat dilihat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.