Keindahan Pegunungan Arfak dengan Beragam Bentangan Alam Papua Barat

Keindahan Pegunungan Arfak dengan Beragam Bentangan Alam Papua Barat
Alamat: Kab. Pegunungan Arfak, Papua Barat..
Biaya Tiket Wisata: –
Google Maps: Cek Lokasi

Pegunungan Arfak terhitung tempat wisata alam pegunungan yang mengagumkan di Papua Barat. Mempunyai sepasang danau yang cantik, sungai prafi yang jernih dan melihat fauna epidemik Papua.

Papua Barat mempunyai beragam bentang alam yang menyebar di semua datarannya. Bukan hanya rekreasi bahari yang demikian terkenal seperti Raja Ampat saja. Tetapi, pada wilayah daratnya simpan lokasi yang cantik dan harus didatangi juga. Salah satunya dari demikian tempat itu yakni Pegunungan Arfak.

Lokasi yang ada di ketinggian lebih dari 1000 mtr. di permukaan laut. Dengan demikian, udara sejuk sudah pasti menyelimutinya teritori itu. Ada beragam titik yang bisa jadi tujuan prima berekreasi di Papua. Bukan hanya melihat panorama di atas ketinggian saja, tetapi ada banyak object misalnya tempat perairan berbentuk danau.

Karena ada danau di situ, makin menambahkan bagus panorama yang terhidang. Wisatawan yang bertandang bisa juga nikmati bermacam hal. Ada teritori yang ada beberapa kupu-kupu hingga benar-benar rugi bila tidak didatangi. Disamping itu, kebudayaan warga sekitaran masih menempel kuat jadi daya pikat tertentu berkunjung ke arah tempat itu.

Pesona yang Dimiliki Pegunungan Arfak

Keindahan Pegunungan Arfak dengan Beragam Bentangan Alam Papua Barat
Photo Credit: Noor Fithriya

Ini sebagai suatu hal yang jadikan daratan tinggi ini terlihat demikian cantik. Hal itu karena ada 2 buah danau yang ada menghias performanya. Dua tempat perairan itu namanya Danau Anggi Gida dan Dana Anggi Giji. Ke-2 nya terlihat seperti sepasang perairan yang cocok pada tempat tinggi yang sejuk.

Tidak terlalu berlebih memang bila bentang alam itu dikatakan sebagai sepasang. Karena, Danau Anggi Giji umumnya disebutkan oleh masyarakat sekitaran sebagai danau lelaki. Terletak ada dalam suatu area yang serupa seperti nama danau itu.

Dalam pada itu, pada area yang disebutkan Anggi Gida mempunyai danau yang sering disebuat sebagai danau wanita. Ke-2 nya benar-benar sangat bagus menambahkan daya tarik Pegunungan Arfak. Sebuah bukit kelihatan pisahkan dua perairan itu.

Disamping itu, menurut legenda masyarakat di tempat jika dulu ada cerita berkenaan sepasang pacar yang mengilhami terciptanya danau. Mereka berdua pergi ke arah tempat itu dan berjumpa ular yang sakral. Karena tidak ketahuinya, mereka coba membunuh tetapi ular semakin banyak.

Lalu, mereka juga lari ke rimba dan pada akhirnya terpisah. Kemudian, ada musibah berbentuk bada yang diimbangi dengan petir. Dengan demikian ke-2 nya juga meninggal dan nampaklah dua perairan itu.

Beberapa pengunjung yang ikhlas jauh ke situ cuma untuk menyaksikan panorama sekitaran danau. Beberapa memandang jika hal itu lebih kurang sama seperti apakah yang hendak didapat saat bertandang ke wilayah Bedugul, Bali. Tidak mengejutkan memang karenanya jernihnya air danau dan panorama bukit-bukit sekitaran, hal tersebut tampilkan lanscape bagus yang mengagumkan.

Selainnya danau, ada pula rentang alam berbentuk perairan di situ. Adalah sungai namanya Prafi yang berada di teritori Pegunungan Arfak. Arus yang berada di salurannya termasuk deras telusuri bukit-bukit dan daratan di situ.

Hal itu digunakan untuk coba kesan arung jeram. Lakukan hal itu di situ benar-benar sangat membahagiakan karena selainnya olahraga, pengunjung bisa juga telusuri beberapa tempat yang jarang disentuh oleh siapa saja yang berlawat ke arah tempat itu.

Bila tidak mau nikmati sungai dengan berolahraga berlebihan itu, pengunjung bisa juga sekedar bermain air di pinggirnya saja. Ini cukup mengasikan karena air yang mengucur terlihat jernih sampai bisa menyaksikan sisi dasar sungainya. Air di situ masih natural serta belum terkontaminasi oleh sampah apa saja.

Beberapa titik di situ masih termasuk natural serta jadi tempat hidup untuk banyak hewan ciri khas papua. Burung cendrawasih dan masih tetap ada beragam tipe burung yang lain juga bisa diketemukan secara mudah di tempat Pegunungan Arfak. Dengan demikian, tour ke arah tempat itu bukan hanya akan membuat santai pemikiran dan badan, tetapi menambahkan wacana.

Pesona Lain Pegunungan Arfak Papua Barat
Photo Credit: DEWI PRAMANIK

Untuk nikmati panorama fauna di situ, perlu bertandang ke rimba yang berada di sekelilingnya. Disamping itu, ada pula tanah hijau lega yang luas terbentang di situ sering dijumpai kupu-kupu atau serangga yang lain.

Berikut titik yang paling cocok untuk nikmati tempat itu keseluruhannya. Hal itu karena dari bukit yang ini, beberapa pelancong yang tiba akan dihidangkan dengan panorama alam Pegunungan Arfak yang komplet dengan rimba, sungai, sampai ke-2 danau yang menghiasnya.

Tinggi bukit ini capai lebih dari 2 km di permukaan laut. Dengan demikian, perlu usaha yang lumayan keras agar meraihnya. Dari kota Anggi, harus tempuh perjalanan sepanjang 1/2 jam pada jalan kaki.

Berlawat ke arah tempat itu bukan hanya diberi keelokan alamnya saja. Tidak komplet rasa-rasanya bila bertandang ke Papua tidak nikmati kekhasan budaya yang berkembang di situ. Umumnya, warga lokal lakukan sebuah tarian yang sudah dilakukan bersama disebutkan dengan Tari Tumbu Tanah.

Keunikannya ialah tidak ada iringan berbentuk musik dalam tarian itu. Situasi semarak didapat murni dari semangat beberapa warga. Saat tarian itu, beberapa orang akan menyanyi dengan keras menyemarakkan apa yang mereka kerjakan.

Lokasi Menuju ke Wisata Pegunungan Arfak

Lokasi Pegunungan Arfak Papua Barat
Photo Credit: Eriko Sabra

Sekarang ini akses ke arah tempat itu masih lumayan susah. Hal tersebut karena kehadiran Pegunungan Arfak memang lumayan terasing dalam pada tanah Papua. Bila di luar pulau, karena itu perlu lakukan penerbangan ke arah Manokwari. Jika sudah ada di sana, karena itu perlu lakukan perjalanan darat sepanjang beberapa jam memakai mobil offroad.

Perjalanan dilaksanakan untuk ke arah salah satunya tempat di situ. Umumnya, yang tersering ialah wilayah Anggi. Lumayan ramai tempat itu dan mempunyai beberapa fasilitas yang ideal untuk beberapa pelancong. Jalan yang dilewati cukup berlebihan. Aspal cuma diketemukan di teritori Manokwari.

Untuk capai lokasi itu, perlu keluarkan kantong lebih dari 100 ribu. Saat telah ada di Manokwari, karena itu perlu tempuh perjalanan darat ke situ. Ada transportasi umum yang sanggup mengantar melalui medan yang tanah tanpa aspal. Pengunjung perlu melunasinya sekitaran 170 sampai 200 ribu rupiah.

Saat telah ada di sana, penghujung bisa dengan bebas nikmati semua panorama yang terhidang. Tak perlu keluarkan dana tertentu untuk memperoleh akses tempat itu. Ini karena teritori ini masih juga dalam tahapan peningkatan oleh kewenangan berkaitan. Tapi, bila akan sewa perahu atau perlengkapan yang lain pasti harus keluarkan dana tambahan.

Perahu di situ dapat dicarter dengan nominal lebih kurang 250 ribu saja. Ada homestay atau rumah rumah masyarakat sekitaran yang dapat dicarter saat ada di sana. Ongkos yang penting dikeluarkan bervariatif bergantung besar dan sarana yang ada. Ha

Kegiatan Menarik Dilaksanakan di Pegunungan Arfak

Kegiatan Pegunungan Arfak Papua Barat
Photo Credit: DEWI PRAMANIK

Ini sebagai kegiatan yang cukup hebat untuk dilaksanakan ketiak ada di teritori Pegunungan Arfak. Hal tersebut karena saluran sungai yang mengucur di situ cukup deras. Ada persewaan perlengkap lakukan olahraga itu disekitaran sungai Prafi.

Dengan demikian, berlibur di situ bukan hanya memberi pengalaman di lokasi yang cantik tetapi lakukan arung jeram di lokasi yang hebat cantiknya itu. Pengunjung bisa juga terhubung beberapa lokasi yang memikat buat dilalui saat lakukan arung jeram.

Ada dua sekalian danau di situ. Dengan demikian, pengunjung dapat dengan bebas nikmati keelokan alamnya yang bersatu dengan tempat perairan alami yang paling cantik itu. Gabungan semua bentang alamnya membuat lanscape pegunungan Arfak benar-benar hebat untuk dilihat.

Dari Bukit Kobrey karena itu beberapa pelancong dapat mendapati apa sebagai keunikan tempat itu. Bentangan tanah hijau yang luas diselipin dengan sepasang danau lelaki dan wanita, dan bermacam hal yang lain seakan tergabung membuat simponi alam yang demikian cocok.

Ini bisa menjadi alternative rekreasi lain selainnya arung jeram. Sebetulnya semuanya orang yang tiba ke situ akan lakukan ini dengan sadar atau mungkin tidak. Ini karena jalur ke situ memang lumayan berlebihan hingga berasa seperti lakukan offroad. Tersebut serunya saat mendatanginya. Jalanan yang kurang cukup rata dan berbentuk tanah, dilalui dengan mobil besar.

Tentu saja bertandang ke situ tidak komplet bila tidak mendokumentasikan tiap moment-nya. Oleh karenanya, perlu disiapkan camera atau handphone dengan camera yang oke agar memfoto keelokan alamnya dan peristiwa yang terbentuk di situ.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Pegunungan Arfak

Fasilitas Pegunungan Arfak Papua Barat
Photo Credit: Leo Jr.

Sebetulnya tidak banyak sarana yang dijajakan di Pegunungan Arfak. Jalanan ke arah ke situ juga belum juga terlampau bagus. Akan tetapi, pelancong yang berwisata di situ dapat menginap di sejumlah homestay. Disamping itu, ada pula beberapa pondok makan yang tawarkan bermacam sajian. Beberapa warga datang dari luar Papua dan membangun tempat makan.

Pegunungan Arfak sebuah lokasi yang demikian cantik bak mutiara terselinap di Pulau Papua. Walau belum terlampau terekspoks secara luas seperti Raja Ampat dan sarananya terbatas, namun tetap saja liburan di situ akan memberi nuansa yang lain dan tidak terlewatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.