Pantai Turki, Pantai Eksotis dengan Hamparan Pasir yang Memukau di Tanah Laut

Pantai Turki, Pantai Eksotis dengan Hamparan Pasir yang Memukau di Tanah Laut
Alamat: Jl. Pantai Turki, Swarangan, Kec. Jorong, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Keelokan alam Kalimantan Selatan memanglah tidak pernah ada selesainya walau sudah banyak dijelajahi. Tiap tahun pasti ada tempat wisata alam baru yang eksotik dari Kalimantan Selatan yang dibuka untuk beberapa pelancong.

Tempat wisata yang baru dibuka kembali dari Kalimantan Selatan ialah Pantai Turki yang tidak kalah cantiknya dengan tempat wisata pantai yang lain dari Kalimantan Selatan. Hingga pengunjung tidak sedih bila berkunjung tempat wisata Pantai Turki walau termasuk tempat wisata yang baru dari Kalimantan Selatan.

Mengenal Pantai Turki yang Memukau

Mengenal Pantai Turki Tanah Laut
Photo Credit: Agus Sofyan

Pantai Turki sebagai kepanjangan dari Tungkaran Kiri yang disebut nama sebuah dusun di Kabupaten Tanah Laut. Tempat wisata Pantai Turki sebagai tempat wisata yang termasuk baru dari Kalimantan Selatan karena baru disahkan dan dibuka untuk umum di tahun 2017.

Pantai Turki sebetulnya sebagai pantai individu punya keluarga Triswanto yang tidak dibuka untuk umum. Tetapi seringkali sebagian orang tiba ke Pantai Turki untuk liburan dan nikmati panorama. Hingga di tahun 2017, pantai itu dibuka untuk umum dan diproses oleh keluarga Triswanto sebagai salah satunya tempat wisata pantai dari Kalimantan Selatan

Untuk dapat masuk teritori tempat wisata Pantai Turki, pengunjung akan dikenai ongkos masuk sejumlah Rp. 10.000 untuk orang dewasa dan untuk anak-anak di bawah umur 12 tahun tidak dikenai ongkos masuk. Disamping itu , tempat wisata Pantai Turki menarik ongkos parker kendaraan yang dikenai sejumlah Rp. 10.000 untuk tiap kendaraan.

Walau termasuk tempat wisata baru dari Kalimantan Selatan, pada tiap tahun Pantai Turki akan padat dengan pengunjung yang ingin liburan sekalian nikmati keelokan dari Pantai Turki. Bila anda berkunjung Kalimantan Selatan, Pantai Turki bisa menjadi satu diantara tujuan rekreasi yang memikat dan unik karena panorama alam yang dipunyai Pantai Turki berlainan dengan panorama pantai yang lain dan ditanggung anda tidak sedih bila berkunjung tempat wisata yang berkaitan.

Pesona yang Ada di Wisata Pantai Turki

Pesona Pantai Turki Tanah Laut
Photo Credit: Agus Sofyan

Tempat wisata Pantai Turki mempunyai pemandangan alam yang dapat disebut sedikit berlainan dengan panorama alam pantai pada yang lain dari Kalimantan Selatan. Saat berkunjung tempat wisata Pantai Turki, pengunjung akan dihidangkan dengan panorama pasir putih pantai yang lembut. Tetapi bila jadi perhatian secara cermat, pasir putih pada Pantai Turki tidak seutuhnya warna putih dan sedikit warna kuning hingga saat terserang cahaya matahari saat siang hari, pasir itu akan berkilau seperti emas yang terserang cahaya matahari.

Dengan panorama pasirnya yang lain saja telah membuat kagum beberapa pengunjung yang sedang liburan ke Pantai Turki. Disamping itu, Pantai Turki masih tetap banyak memiliki keelokan alam yang bisa membuat kagum beberapa pengunjung yang sedang berekreasi ke Pantai Turki.

Beberapa pegunjung akan dihidangkan dengan panorama laut biru dengan panorama pohon-pohonan hijau yang ada diatasnya. Walau pohon-pohonan hijau itu sebagai rimba Kalimantan Selatan, karena ada rimba itu menambahkan panorama Pantai Turki jadi cantik dan asri.

Panorama hijau bisa juga ditemui dari jumlahnya pohon kelapa yang ditanamkan sekitaran tepi pantai dan banyak daerah yang berada di teritori Pantai Turki banyak juga banyak pohon-pohonan hijau teduh yang dapat menjadi tempat berlindung sekalian nikmati keelokan alam Pantai Turki.

Dengan keelokan alam dari Pantai Turki yang lain dari pantai yang lain di Kalimantan Selatan, beberapa pengunjung yang manfaatkan beberapa spot menarik sebagai latar bekalang untuk berpose.

Salah satunya spot yang memikat buat berpose ialah sarana rumah pohon yang ada di sejumlah pohon teduh dan lebat. Rumah pohon banyak jadi lokasi photo yang memikat dengan panorama hijau dari pohon.

Lokasi Menuju ke Pantai Turki

Lokasi Pantai Turki Tanah Laut
Photo Credit: Agus Sofyan

Lokasi tempat wisata Pantai Turki termasuk gampang dicapai karena mempunyai medan yang telah beraspal dan bisa dilakukan dengan kendaraan roda atau beroda 4. Disamping itu , beberapa pengunjung tidak kesusahan untuk cari Panti Turki karena lokasi tempat wisata itu bisa diketemukan dengan GPS.

Untuk dapat capai tempat wisata Pantai Turki, pengunjung bisa tempuh perjalanan memakai kendaraan beroda 2 atau beroda 4 sekitaran 45 km dari kota Pelaihari kea rah Jorong. Jalan masuk ke arah Pantai Turki termasuk lebar hingga bisa dilalui pemakai bis, tetapi pemakai kendaraan tetap harus berhati-hati walau jalan itu lebar karena banyak pula kendaraan beroda 4 yang berbeda untuk dapat cepat sampai ke tempat wisata Pantai Turki.

Dari arah Jorong, pengunjung tetap lempeng sampai mendapati pom bensin Jorong dan dari sana mengambil tikungan kesebalah kanan terus lempeng sampai berjumpa dengan gerbang kecil yang tertulis “Pantai Turki”. Sesudah mendapati tulisan “Pantai Turki”, beberapa pengunjung bisa ambil ke arah kiri dan lempeng saja ikuti jalur jalan.

Fasilitas & Sarana yang Berada di Pantai Turki

Fasilitas Pantai Turki Tanah Laut
Photo Credit: Pantai Turki (𝗧𝘂𝗻𝗴𝗸𝗮𝗿𝗮𝗻 𝗞𝗶𝗿𝗶)

Tidak cuma panorama cantik dan unik saja yang didatangkan dari tempat wisata Pantai Turki, pengunjung bisa juga dimanja dengan bermacam sarana yang ada di Pantai Turki. Sarana yang terbanyak dipakai oleh pengunjung ialah sarana gazebo yang ada di sejumlah titik di teritori Pantai Turki.

Walau sarana gazebo yang berada di Pantai Turki cuma sejumlah 8 biji saja, pengunjung bisa memakai sarana gazebo dengan gratis. Gazebo benar-benar menolong untuk beberapa pelancong yang sedang liburan ke Pantai Turki untuk istirahatkan tubuh sekalian jadi tempat berlindung yang nyaman sekalian nikmati keelokan Pantai Turki.

Sarana yang lain bisa dicicipi oleh pengunjung ialah sarana kamar mandi dan terdapatnya tempat beribadah masjid yang ditujukan untuk pengunjung yang memeluk agama islam. Untuk dapat nikmati sarana masjid, pengunjung bisa memakainya dengan gratis dan ada perlengkapan beribadah untuk yang tidak bawa perlatan beribadah.

Tetapi untuk sarana kamar mandi dan WC, pengunjung akan dikenai ongkos pemakaian. Untuk mandi, pengunjung akan dikenai ongkos sejumlah Rp. 5.000 dan untuk pemakaian WC akan dikenai ongkos sejumlah Rp. 2.000. Sarana kamar mandi dan WC banyak juga ada di sejumlah tempat di teritori Pantai Turki, hingga pengunjung tidak berasa kesusahan mendapati saat memerlukannya.

Sarana yang lain banyak juga ada yang dipakai sebagai simpatisan tempat wisata Pantai Turki. Sarana itu diantaranya penyewaaan payung besar yang bisa dipakai oleh pengunjung untuk berlindung di tepian pantai, persewaan perlengkapan berenang seperti pelampung dan perwalatan snorkeling ada.

Disamping itu , banyak tempat makanan yang menyuguhkan kulineran ciri khas Kalimantan Selatan dan kulineran laut yang ada di tepian pantai dan toko souvenir yang jual banyak souvenir ciri khas Kalimantan Selatan dan mayoritas sebagai hasil bikinan tangan.

Dengan panorama yang cantik dan sarana yang memberikan dukungan tempat wisata Pantai Turki, tidaklah heran bila pada tiap tahunnya tempat itu ramai didatangi oleh pelancong yang ingin liburan dan nikmati panorama Pantai Turki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.