Pantai Tanjung Bira, Menikmati Keindahan Pantai Terindah di Sulawesi Selatan

Tanjung Bira, Menikmati Keindahan Pantai Terindah di Sulawesi Selatan
Alamat: Desa Bira, Kec. Bonto Bahari, Kab, Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Sulawesi sebagai pulau yang dikenali benar-benar kaya dengan kekuatan alam dan budaya. Dekat sama negara seberang jadi tidak bingung bila mereka mempunyai percampuran tradisi dan bahasa. Disamping itu, Sulawesi jadi pulau cantik yang terletak lumayan jauh dari pusat ibu-kota dan dekat sama pulau Papua. Tapi Sulawesi sendiri dikenali lebih kekinian dan maju di mana pembangunan yang berada di Sulawesi ini tidak kalah cepat sama yang berada di Jawa. Walau belum rata, Sulawesi mempunyai daya pikat buat pelancong luar negeri bertandang. Satu diantaranya ialah karena ada Pantai Tanjung Bira di Bulukumba.

Rekreasi terselinap ini seakan jadi surga dunia yang berada di Sulawesi. Pelancong dapat bertandang ke Tanjung Bira atau dinamai lain Tanjung Bire. Ada rekreasi alam berbentuk pantai yang hebat cantik. Disini kelak pengunjung dapat nikmati daya tarik alam Indonesia yang dijumpai memang bermacam dan tawarkan sejuta keelokan. Letak Pantai Tanjung Bira ini ada di wilayah Sulawesi Selatan persisnya di Kabupaten Bulukumba. Jaraknya lumayan jauh, pelancong harus tempuh 200 km dari pusat ibu-kota Makassar.

Karena letak yang jauh berikut, Tanjung Bira dapat disebutkan berada di ujung selatan dataran Sulawesi Selatan. Bahkan juga, warga sekitaran jadikan Tanjung Bira ini sebagai senjata untuk menarik pelancong luar atau lokal supaya tiba dan nikmati keelokan pantai yang mereka punyai. Ada panorama bawah laut yang cantik dan panorama senja yang mengagumkan mata.

Pesona yang Dipunyai Tanjung Bira

Pesona Tanjung Bira
Photo Credit: Ipul

Pantai Tanjung Bira kerap jadi tempat wisata untuk nikmati waktu tenggelamnya dan terbitnya matahari. Mereka dapat saksikan langsung bagaimana matahari terbenam ke arah lautan terlepas. Karena laut yang berada di tanjung bira ini ialah lepas pantai yang demikian biru dan mempersejuk. Tujuan rekreasi ini mempunyai keunikan yang khusus yaitu ada pasir pantai yang lembut dan benar-benar kecil. Bahkan juga sebagian orang menjelaskannya sebagai tepung karena sangat lembutnya. Banyak pantai dan laut yang mempunyai keunikan semacam ini tapi tetap di Pantai Tanjung Bira ini paling menarik.

Kekhasan yang lain ialah ada 3 susunan warna yang cantik dan kelihatan dari kejauhan. Pantainya nyaman dan bersih. Pengunjung yang memerlukan situasi tenang dapat mendapatinya di Pantai Tanjung Bira yang ramainya tidak seramai Bali atau Lombok. Betul-betul lokasi yang cocok untuk cari ketenangan di sini.

Ada pula tempat rekreasi yang lain seperti Pulau Kambing dan Pulau Liukang. Umumnya beberapa pengunjung memang lakukan aktivitas snorkeling dan diving di wilayah ini karena biota bawah lut yang cantik bila dibanding dengan tempat yang lain.

Satu kegiatan yang lain dapat dilaksanakan pelancong ialah berkeliling-keliling pulau memakai perahu pada harga Rp. 300.000 per perahu yang dapat berisi sebagian orang. Seterusnya, pelancong bisa juga pergi untuk rekreasi religius ke pusara salah satunya penebar agama Islam di Sulawesi yaitu Dato Ri Tiro.

Rekreasi religius itu tidak banyak dijumpai orang tapi pengunjung yang tiba selalu meluangkan diri untuk ke sana. Ini lengkapi kekayaan rohani dan rekreasi lebih warna. Kemudian, pelancong bisa juga nikmati rekreasi budaya dan riwayat. Karena wilayah Sulawesi sendiri populer dengan perajin kayu dan perahu phinisi. Disini kita dapat mendapati phinisi yang dibikin oleh beberapa perajin. Kapal yang telah ada semenjak leluhur ini populer sampai ke luar negeri. Seringkali Indonesia memperlihatkan kapal Phinisi saat ikuti sebuah festival pariwisata di luar negeri.

Lokasi Menuju Ke arah Pantai Tanjung Bira

Lokasi Tanjung Bira
Photo Credit: Andy Feb

Untuk sampai di Pantai Tanjung Bira, pelancong dapat tempuh perjalanan dri Bulukumba yang mempunyai jarak sekitaran 40 km. Sementara bila dari Makassar jaraknya ialah 200 km. Jika pengunjung datang dari Sulawesi sendiri karena itu dapat mengawalinya dari Makassar lebih dulu.

Baru kelak sesudah tempuh perjalanan itu, pelancong dapat memakai angkutan umum travel dari Makassar ke Bulukumba. Ongkosnya sekitaran Rp. 40.000 per-orang. Terletak cukup jauh dan harga sebanding. Sesampai di Bulukumba, pelancong dapat lakukan perjalanan memakai mikrolet atau yang disebutkan dengan pete-pete dan ke arah Tanjung Bira dengan ongkos Rp. 15.000/orang.

Alternative yang lain ialah bila dari Lapangan terbang, pelancong dapat memakai bus damri untuk ke arah lapangan karebosi. Baru kemudian, pengunjung dapat memakai angkutan ciri khas wilayah atau pete-pete ke arah malengkeri. Saat telah tiba, pakai bus atau travel dengan mobil individu yang ongkosnya sekitaran Rp. 75.000/ orang.

Sesuai jarak karena itu dari Bulukumba ke Tanjung Bira ini cuma memerlukan waktu sekitaran 30 menit sampai 1 jam. Sementara keseluruhan yang dilakukan bila pelancong dari Makassar ke Bira optimal memerlukan waktu 5 jam dan tercepat ialah 4 jam. Tidak perlu cemas jemu karena disebelah jalan ada beberapa keelokan alam atau panorama yang menganakemaskan mata kita. Saat yang disiapkan cuma sampai di sore hari untuk transportasi. Oleh karena itu perlu memanage waktu secara baik supaya tidak kekurangan transportasi.

Kegiatan yang Menarik di Pantai Tanjung Bira

Kegiatan Tanjung Bira
Photo Credit: Monika Marcia

Dari sisi keelokan terang tidak perlu ditanyakan kembali. Alam sekitaran masih asri sedikit terjamah tangan manusia. Tetapi, sarana yang dijajakan sangat komplet dan banyak kegiatan bisa dilakukan sepanjang bertandang. Berkunjung Tanjung Bira akan makin hebat dengan tiba bersama rekanan atau keluarga.

Menyaksikan Pembuatan Perahu Pinisi

Pinisi sebagai tipe kapal yang dibuat dari kayu besi dan telah ada semenjak jaman dulu. Pembikinan kapal leluhur ini bukan hanya kegiatan biasa tetapi bentuk mewariskan ada istiadat turun-temurun. Seluruh bahan pembikinan ada langsung dari alam. Sampai pucuknya kapal bikinan itu akan dikeluarkan ke laut.

Dari keelokan dan daya tarik yang dipunyainya ini tidaklah aneh jika Pantai Tanjung Bira menjadi satu diantara pantai terbaik yang memikat beberapa pelancong untuk tiba. Mereka bahkan juga datang dari luar negeri atau luar negeri. Akan memberikan keuntungan jika banyak hal yang berada di lokasi rekreasi diperbarui dan diperkembangkan tak perlu menghancurkan aturan alaminya. Pantai Tanjung Bira punya Sulawesi Selatan ini sebagai referensi tempat rekreasi terbaik yang sempat ada.

Nikmati Sunrise dan Sunset

Bertandang ke pantai belum komplet bila belum menyaksikan kemunculan matahari keluar atau tenggelam. Berbeda dari tujuan lain, Tanjung Bira mempunyai beberapa spot yang cocok untuk Anda yang suka menyaksikan peristiwa itu. Terlihat sunset akan demikian cantik dipandang dari pantai Barat tujuan ini. Dan dari dermaga di pantai Timur sebagai spot khusus untuk menyaksikan matahari keluar.

Snorkling dan Diving

Pantai Tanjung Bira bukan hanya dikenali akan panorama alam yang cantik. Karena pantai ini sering disebut sebagai surganya beberapa penyelam. Bukan tanpa argumen memang panggilan itu tetapi biota laut yang dijajakan demikian memesona. Lebih kurang ada 16 spot diving yang dapat Anda selam dan jangan di terlewat.

Macam biota laut di pantai yang berada di Makasar ini tetap terlindungi secara baik. Sepanjang menyelam pengunjung akan berjumpa juga dengan beragam jenis ikan akan makin menambah berkesan seperti ikan pari, barakuda, ikan beragam warna dan sebagainya. Jika tidak bawa peralatan renang tidak perlu cemas karena ada tempat persewaan peralatan yang komplet.

Fasilitas & Sarana Kulineran Ciri khas di Pantai Tanjung Bira

Fasilitas Tanjung Bira
Photo Credit: Muh. Alif Bakri

Ongkos tambahan yang perlu diperlengkapi oleh pelancong ini cuma Rp. 10.000 per-orang. Sementara pelancong asing cuma Rp. 20.000 per-orang. Dari harga ticket masuk ini pengunjung atau pelancong bisa nikmati keelokan yang terhidang.

Sementara sarana yang dapat didapat atau dipakai ialah penyewaan peralatan untuk menyelam. Ada kamar mandi dan kamar bermalam. Semakin lebih irit bila pelancong memakai homestay. Tapi ada pula villa atau bungalow yang memberikan kesan-kesan spesial karena terletak langsung menghadap ke laut.

Kulineran ciri khas yang terhidang akan menganakemaskan beberapa pelancong seperti ada ikan dan seafood. Makassar mempunyai kulineran atau makanan ciri khas Manado dan Toraja yang lebih memprioritaskan cita-rasa pedas dan asam. Ada beberapa sayur dan bumbu untuk mengolahnya.

Memang bahan baku yang dipakai ini rerata ialah ikan dan harga bermacam. Bila ingin harga terjangkau karena itu dapat nikmati sekedar Konro dan Coto Makassar yang berada di warung tepi jalan dengan rasa yang tidak kalah sedapnya.

2 thoughts on “Pantai Tanjung Bira, Menikmati Keindahan Pantai Terindah di Sulawesi Selatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.