Pantai Ora, Surga Bahari yang Menyajikan Panorama Alam Eksotik di Maluku Tengah

Pantai Ora, Surga Bahari yang Menyajikan Panorama Alam Eksotik di Maluku Tengah
Alamat: Jl. Kabupaten, Kec. Seram Utara, Kab. Maluku Tengah, Maluku.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

Pantai Ora salah satunya wisata pantai yang ada di Pulau Horor, Maluku tengah yang kaya daya tarik. Pantai pasir putih yang menyajikan panorama alam yang eksotik dan antiknya resor terapung.

Maluku dikenali sebagai wilayah kepulauan dengan kondisi wisata baharinya yang menarik. Saat liburan ke Maluku tengah, Anda dapat berkunjung Pantai Ora yang mempunyai rentang alam yang memesona dan menjadi satu diantara lokasi yang harus masuk ke daftar berlibur Anda seterusnya. Ingin tahu dengan daya magnet dari pantai ini? Berikut baca penjelasannya.

Melihat Pesona yang Dimiliki Pantai Ora

Pesona Pantai Ora
Photo Credit: Jhon Peakk

Pantai Ora adalah wisata yang ada di Maluku. Saat Anda bertandang ke sini, Anda akan langsung dibikin takjub akan panorama dan daya tarik alamnya yang mengagumkan. Setelah tiba di sini, Anda akan dibikin kerasan akan keelokannya dan tidak mau kembali pulang.

Saat ada di sini, Anda akan disuguhi dengan keelokan taman bawah lautnya. Dengan airnya yang jernih, tanpa perlu snorkeling, Anda bisa menyaksikan cantiknya terumbu karang yang elok dengan mata telanjang. Pantainya sendiri juga termasuk benar-benar bersih. Hingga Anda bisa bermain dengan semakin nyaman.

Saat ada di pantai ini, Anda akan rasakan keelokan bawah laut bak kaca. Karena dengan airnya yang super jernih, banyak pelancong yang menjelaskan jika pantai ini serupa dengan pantai pantai yang berada di Maladewa. Tentu saja, Anda jangan melewati kesempatan kali ini saat sedang bertandang ke Maluku.

Disamping itu, pantai ini mempunyai pasir putih yang bersih. Air lautnya yang warna kebiruan dan hijau jadi daya magnet tertentu untuk pelancong yang liburan ke sini. Ditambah dengan cantiknya terumbu karang dan biota laut yang berada di pantai ini akan membuat Anda terpesona takjub.

Bila Anda ingin menyaksikan keelokan alam bawah laut yang berada di Pantai Ora, Anda juga tidak perlu menyelam dengan terlampau dalam. Ini karena Anda perlu menyelam sekitaran 2 sampai 3 mtr. saja. Nanti Anda akan langsung disuguhi dengan keelokan dari surga bawah laut yang berada di pantai satu ini.

Lokasi Menuju Ke Tempat Wisata Pantai Ora

Lokasi Pantai Ora
Photo Credit: Sul Pahmi

Sesudah ketahui keelokan dari pantai satu ini, Anda dapat tiba ke Pulau Horor, Kecamatan Horor Khusus yang ada di Kabupaten Maluku tengah. Pantai ini terhitung salah satunya pantai yang mempunyai lokasi di samping Dusun Sawai dan Dusun Saleman. Lebih persisnya yang ada di teo rimba Taman Nasional Manusela

Untuk dapat ke sini, Anda bisa lakukan perjalanan dengan memakai pesawat lebih dulu dan turun di Bandar Udara yang berada di kota Ambon. Ada banyak penerbangan yang mempunyai jalur ke arah kota Ambon, baik berbentuk direct flight atau transit. Anda dapat pilih sesuai tempat lokasi Anda ada dan bujet yang Anda punyai.

Sesampai di kota Ambon, Anda dapat meneruskan perjalan ke arah Pantai Ora dengan lewat Dermaga Hulnahara yang ada di Tulehu. Saat sampai di dermaga, Anda dapat memakai kapal ferry dengan arah ke arah Amahi. Perlu Anda kenali jika jalur ke arah Amahi cuma ada 2x perjalanan sehari-harinya.

Agenda itu diantaranya yaitu pada jam 9 pagi dan 4 sore saja. dan agenda kapal ferry itu cuma ada di hari Senin sampai Sabtu. Disamping itu, jika Anda ingin lakukan perjalanan pada hari Minggu, Anda cuma dapat naik kapal pada jam 11 siang saja. dan untuk baliknya yaitu jam 8 pagi dan 2 siang pada hari Senin – Sabtu. Dan untuk hari minggu yaitu jam 3 sore.

Sesampai Anda di Dermaga Amahi, Anda dapat sewa kendaraan darat. Ini karena belum ada angkutan umum di wilayah ini. dengan lakukan perjalanan darat itu, Anda akan tempuh waktu yaitu sekitaran 2.5 jam dari Amahai ke arah dusun Saleman.

Diperjalanan itu, Anda akan dibawa untuk telusuri daerah kota Masohi dan Teon, Nila, Serua atau yang disebutkan dengan TNS. Sejauh perjalanan, Anda akan melalui lajur pegunungan yang berkelok liku. Tetapi tidak perlu cemas panorama dari Taman Nasional Manusela akan menganakemaskan mata Anda.

Selanjutnya, Anda akan sampai di dermaga Dusun Saleman. Disini, Anda akan memakai perahu dengan mesin. Jarak menempuh dari dermaga Dusun Saleman ke arah Pantai Ora ini cuma memerlukan waktu sekitaran 15 menit saja. Biasanya masyarakat sekitaran yang ingin ke arah lokasi pantai terlatih jalan kaki di jalan setapak yang ada di pesisir Teluk Sawai.

Biaya Ticket Masuk Wisata Pantai Ora

Biaya Pantai Ora
Photo Credit: Hubert Trapp

Bila Anda ingin berkunjung pantai yang cantik ini, Anda juga dapat tiba kapan pun. ini karena Pantai Ora mempunyai jam membuka yaitu sepanjang 24 jam penuh. Hingga kapan saja ketika Anda capek, Anda langsung bisa ke arah lokasi satu ini untuk nikmati panoramanya yang menganakemaskan mata.

Dan untuk ongkos ticket masuk teritori wisata ini, Anda tidak diambil ongkos sepeser juga atau cuma-cuma. Walau gratis, Anda pun masih tetap keluarkan dana yang relatif mahal ingat transportasi ke arah pantai ini memerlukan banyak usaha. Tetapi, ini sesuai dengan cantiknya pemandangan alam yang Anda peroleh di pantai ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Ora

Aktivitas Pantai Ora
Photo Credit: Imam Kurnianto

Untuk Anda yang menyukai menelusuri alam bebas, camping atau kemping disekitaran Pantai Ora bisa Anda menjadikan aktivitas sesampai di lokasi ini. untuk beberapa pelancong yang menyukai kemping, Anda dapat membangun tenda dan menginap di daerah tepian pantai yang bersisihan dengan tebing.

Aktivitas ini sudah pasti menjadi satu diantara kegiatan menarik. Karena, semalaman Anda dapat menyaksikan cantiknya bintang dan situasi pantai yang eksotik. Ditambah lagi, Anda dapat nikmati cantiknya sunset dan sunrise dari dalam tenda. Yakinkan untuk menjadwalkan aktivitas satu ini saat ada di pantai eksotik ini.

Seterusnya, Anda dapat bermalam di Ora Beach Resor saat malam datang. Jika Anda tidak sukai kemping, bermalam di resor ini dapat menjadi salah satunya kegiatan bagus yang dapat Anda coba. Di sini, Anda dapat habiskan waktu sepanjang hari penuh untuk nikmati cantiknya Pantai Ora.

Disamping itu, Anda akan bermalam di dalam rumah pentas yang ada di atas air. Tentu saja situasi yang eksotik bisa Anda peroleh saat ada di lokasi satu ini. resor satu ini benar-benar pas untuk Anda yang ingin berbulan madu. Karena situasi yang berada di pemondokan ini sangat romantis.

Pantai ini mempunyai letak antara Dusun Saleman dan Dusun Sawai. Ke-2 dusun ini dikenali sebagai dusun tradisi yang berada di Maluku. Hingga, jika pengunjung sedang untung Anda juga dapat menyaksikan kesenian dan budaya dari warga Maluku yang tinggal di ke-2 dusun ini.

Bahkan juga saat Anda ada di sini, Anda bisa juga untuk menyaksikan pernak pernik ciri khas kebudayaan tradisionil. Hal yang lain jadikan dusun ini unik dan menarik ialah Kepulauan Horor, tempat di mana Pantai Ora ada ditempati oleh warga asli suku Hoaulu dan Alifuru.

Bila Anda terhitung orang yang menyukai berpetualang, tentu saja menelusuri goa yang berada di Pantai Ora ini bisa menjadi satu diantara aktivitas yang membahagiakan. Ini karena di sini, Anda dapat mengeksplor goa dan tentu saja menjadi satu diantara kegiatan yang membahagiakan. Anda juga dapat sewa pemandu lokal supaya tidak salah jalan saat menelusuri.

Aktivitas Lain Pantai Ora
Photo Credit: Wahyuni Abadi

Belum komplet rasa-rasanya bila bertandang, tetapi melewati hunting atau memburu photo di pantai eksotik ini. karena, wisata bahari yang simpan keelokan didalamnya ini menjadi satu diantara tempat terbaik untuk memperoleh beragam photo dengan background pantai yang eksotik.

Bahkan juga di sini, Anda juga dapat memperoleh beragam jenis spot photo bagus yang tentunya instagramable dan pas untuk dibikin video dan diupload di TikTok. Salah satunya spot sebagai unggulan pelancong ialah pemondokan yang berdiri di permukaan laut dan bentangan pasir putih yang paling elok.

Saat bertandang ke arah tempat yang baru, kurang afdol rasa-rasanya bila tidak mencicip sajian ciri khas yang berada di lokasi itu. Ini karena saat Anda jalan jalan ke sini, Anda dapat nikmati macam hidangan makanan ciri khas dari Maluku yang ditanggung tentu nikmat. Di sini Anda dapat berusaha untuk mencicip olahan seperti mie sagu yang populer akan kesedapannya itu.

Aktivitas yang paling dinanti nantikan saat ada di Pantai Ora ialah nikmati snorkeling dan diving. Saat Anda beraktivitas satu ini, ditanggung Anda akan senang menyaksikan keelokan alam bawah laut yang hebat cantiknya. Keelokan alam yang paling elok itu belum pasti dapat Anda temui di lain tempat.

Salah satunya keunggulan lakukan diving di lokasi ini ialah Anda tak perlu menyelam cukup dalam. Karena, dengan dengan modal lebih kurang 2 mtr. saja, Anda akan bisa langsung menyaksikan cantiknya ikan dan terumbu karang yang berada di Panta Ora. Untuk beraktivitas ini, Anda juga dapat mengawalinya di tepi tebing.

Pantai Ora memang dikenali dengan bentangan pasirnya yang putih. Hingga, bila Anda cuma ingin nikmati keelokan pantai tanpa perlu lakukan apa saja, tentu saja Anda dapat santai di pinggir pantai. Di sini, Anda dapat duduk di pasir putih yang lembut sambil nikmati air laut yang jernih.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Pantai Ora Maluku Tengah

Fasilitas Pantai Ora
Photo Credit: Bernadete Ardina

Bila bicara berkenaan sarana, pantai ini termasuk cukup komplet. Ini karena disekitaran pantai ada resor atau tempat pemondokan untuk Anda yang ingin menginap. Umumnya pelancong yang bertandang ke pantai ini akan sekalian bermalam 1 sampai 2 malam di lokasi ini.

Ingat perjalanan ke arah pantai ini yang termasuk mahal dan sulit karena memerlukan banyak transportasi untuk dapat sampai ke lokasi ini. masalahnya saat Anda segera pulang tentu saja akan tidak untung. Ditambah lagi, di resor itu sarana yang disiapkan condong komplet buat mendukung berlibur untuk beberapa wisatawan yang tiba ke sini.

Jalan jalan di Pantai Ora bisa menjadi satu diantara alternative aktivitas yang dapat Anda kerjakan ketika jemu. Ini karena banyak kegiatan yang dapat Anda kerjakan pada tempat satu ini. lama-lama di pantai ini juga tidak membuat Anda jemu karena keelokan alamnya yang menganakemaskan mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.