Pantai Muara Kintap, Pantai Eksotis & Spot Foto Favorit di Tanah Laut

Pantai Muara Kintap, Pantai Eksotis & Spot Foto Favorit di Tanah Laut
Alamat: Muara Kintap, Kec. Kintap, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

Kalimantan Selatan sebagai salah satunya sisi dari negara Indonesia yang banyak memiliki lokasi rekreasi menarik dan mendatangkan banyak daya tarik alam Indonesia yang memikat banyak pelancong asing di penjuru dunia. Dengan kebudayaan dan suku bangsa bermacam yang menempati beberapa pulau rekreasi di Indonesia, jadikan tempat itu jadi lebih estetik karena ada kebudayaan di tempat yang didatangkan.

Termasuk pada tempat wisata yang berada di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan populer dengan rekreasi pantai yang mempunyai pemandangan cantik dan membahagiakan untuk didatangi.

Pesona di Pantai Muara Kintap

Pesona Pantai Muara Kintap
Photo Credit: Aji Chandra Safari

Salah satunya tempat wisata populer yang dari Kalimantan Selatan ialah tempat wisata Pantai Muara Kintap. Pantai Muara Kintap sebagai tempat wisata baru dari Kalimantan Selatan yang ada di Kabupaten Tanah Laut. Tempat wisata itu baru disahkan dan dikenali oleh pelancong di tahun 2016.

Walau masih termasuk tempat wisata baru dari Kalimantan Selatan, Pantai Muara Kintap tidak kalah ramainya dengan tempat wisata pantai yang lain dari Kalimantan Selatan. Disamping itu , Pantai Muara Kintap mempunyai panorama cantik yang unik dan ada beberapa lokasi photo dengan background panorama yang memikat.

Pantai Muara Kintap sebetulnya bukan tempat wisata yang baru dari Kalimantan Selatan, namun tempat wisata itu baru disahkan dan didatangi oleh pelancong di luar Kalimantan Selatan dimulai dari tahun 2016. Awalnya Pantai Muara Kintap sebagai rekreasi pantai yang biasa didatangi oleh warga lokal saja. Tetapi sejak diupload dan dikenalkan di sosial media, tempat wisata Pantai Muara Kintap jadi lebih terkenal dan banyak pelancong di luar Kalimantan Selatan berduyun-duyun berkunjung Pantai Muara Kintap.

Panorama dan Kegiatan Pantai Muara Kintap

Panorama Pantai Muara Kintap
Photo Credit: Eka Setyaning

Tempat wisata Pantai Muara Kintap mempunyai keunikan pasir putih yang halus dengan garis pantai yang luas dan air laut yang warna biru jelas. Ditambahkan dengan deburan ombak dan arus ombak yang tidak besar, hingga menjadi satu diantara tempat wisata pantai dari Kalimantan Selatan yang aman dipakai untuk lakukan bermacam aktivitas air seperti berenang, snorkeling, bahkan juga sampai banana boat.

Saat berkunjung Pantai Muara Kintap, beberapa pengunjung akan dihidangkan dengan panorama pemandangan alam pantai yang cantik. Tidak cuma pasir putih yang halus saja yang dihidangkan, tapi bibir pantai dari Pantai Muara Kintap yang lebar membuat beberapa pengunjung senang untuk jalan-jalan menyususri pantai. Disamping itu , secara umum Pantai Muara Kintap nyaris selalu mempunyai cuaca yang ceria sebagai menambah suasana hati berlibur anda di Pantai Muara Kintap.

Pada tepian pantai banyak juga ditanam pohon-pohonan kelapa yang teduh dan aman dipakai untuk berlindung jika anda ingin santai dalam teduhan sekalian nikmati keelokan dari Pantai Muara Kintap.

Pesona Lain Pantai Muara Kintap
Photo Credit: Alan Fishing Mania

Tidak cuma hanya itu, pada tempat wisata Pantai Muara Kintap ada beberapa spot dengan panorama bagus yang benar-benar pas dijadikan masa lalu berlibur saat berpose. Salah satunya lokasi photo yang terbanyak disukai oleh pengunjung ialah lokasi photo ayunan yang ada di laut Pantai Muara Kintap.

Ayunan yang ada di laut itu sebagai spot yang dipandang menarik oleh beberapa orang dan banyak yang mengantre untuk memakai ayunan itu untuk berpose. Disamping itu , pada ayunan itu, ada tulisan seperti tulisan “JOMBLO” atau “GALAU” dengan huruf capital di bagian atasnya. Ayunan itu sebagai salah satunya spot yang dibuat masyarakat sekitaran sebagai fasilitas mempromokan tempat wisata Pantai Muara Kintap.

Berpose pada ayunan yang ada dilaut dengan panorama background laut dan garis laut yang luas jadi aktivitas dan spot khusus yang sudah dilakukan oleh pelancong saat berkunjung Pantai Muara Kintap. Ayunan yang ada di laut tidak cuma salah satu spot memikat buat berpose dari Pantai Muara Kintap. Ada banyak beberapa sudut dari Pantai Muara Kintap yang tidak kalah cantik dan memikat buat jadi background dalam berpose. Disamping itu , panorama pada Pantai Muara Kintap akan beralih menjadi benar-benar cantik saat matahari mulai tenggelam.

Lokasi ke Pantai Muara Kintap

Lokasi Pantai Muara Kintap
Photo Credit: Ade Ns

Tempat wisata Pantai Muara Kintap sebagai tempat wisata yang ada di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Untuk dapat capai tempat wisata yang berkaitan, pengunjung harus sedikit berusaha susah payah untuk mendapati lokasi tempat wisata itu. Tempat wisata Pantai Muara Kintap memiliki jarak sekitaran 150 km dari Kota Banjarmasin dan memiliki jarak sekitaran 11 km dari Simpang 4 Muara Kintap.

Untuk pelancong yang paling ingin berkunjung tempat wisata Pantai Muara Kintap, wajib melakukan perjalanan lebih kurang 3 jam untuk dapat capai lokasi rekreasi itu. Akan memerlukan waktu yang lumayan lama ingat lokasi tempat wisata itu ada didaerah yang cukup penjuru.

Tetapi beberapa pengunjung tak perlu cemas dengan akses jalan yang hendak dilewati. Akses jalan ke arah Pantai Muara Kintap telah diperbarui hingga gampang dilalui oleh kendaraan. Disamping itu jug, banyak kendaraan dari warga lokal yang bisa dicarter untuk ke arah tempat wisata Pantai Muara Kintap.

Untuk dapat capai tempat wisata Pantai Muara Kintap, beberapa pengunjung harus tempuh jalur dari Kota Banjarmasin dan telusuri jalan ke arah Kota Pelaihari. Dengan telusuri jalan di Kota Pelaihari, anda akan mendapati pom bensin Pelaihari yang dekat sama bundaran kijang, pada wilayah itu anda dapat ambil jalan samping kiri untuk ke arah jalan alternative Jorong.

Bila anda telusuri jalan alternative Jorong, anda akan mendapati sebuah pertigaan, lalu tentukan jalan kanan dari pertigaan itu yang hendak ke arah wilayah perkantoran Pelaihari. Sesudah mendapati dua tikungan, anda dapat menuyusuri jalan lempeng atau ambil jalan kea rah kiri. Ambil jalan mengarah kiri semakin lebih cepat sampai ke Pantai Muara Kintap. Sesudah anda ambil jalan kea rah kiri, anda akan mendapati tulisan “Jorong” dan mendapati pom bensin.

Dari pom bensin itu anda dapat berkendaraan telusuri jalan melalui Dusun Muara Asam-Asam, Dusun Asam Jaya, Dusun Pandan Sari, Dusun Kintap Kecil, sampai datang di gapura yang tertulis “Selamat Jalan dan Batasan Tanah Laut” dari sana bila berkendaraan lempeng karena itu telah tiba di Dusun Muara Kintap yang disebut dusun lokasi tempat wisata Pantai Muara Kintap.

Fasilitas & Sarana yang Berada di Pantai Muara Kintap

Fasilitas Pantai Muara Kintap
Photo Credit: Alan Fishing Mania

Sama dengan tempat wisata yang lain, tempat wisata Pantai Muara Kintap bisa menjadi sumber pendapatan untuk warga lokal untuk mengantongi keuntungan. Banyak warga lokal yang sediakan sarana berbentuk pondok-pondok yang bisa dikontrakkan ke pengunjung untuk santai sekalian nikmati keelokan Pantai Muara Kintap. Pengunjung bisa sewa pondok-pondok yang berkaitan pada harga yang cukup dapat dijangkau, yakni dengan harga Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000.

Tidak cuma pondok-pondok kayu yang jadi teduh saja, tapi banyak pula sarana yang lain ada pada Pantai Muara Kintap. Sarana yang lain ialah sarana payung-payung yang diatur rapi sejauh tepi pantai dan bisa dipakai oleh pengunjung untuk berlindung juga. Ada pula sarana banana boat, persewaan ATV, dan sarana pelampung yang bisa dipakai bila pengunjung ingin berenang.

Pengunjung bahkan juga bisa nikmati sajian laut dan sajian dari Kalimantan Selatan pada stand-stand atau tempat makan yang ada tidak jauh dari Pantai Muara Kintap. Sebagian besar warga lokal yang jalankan dan sediakan sarana yang berada di tempat wisata Pantai Muara Kintap dan dipakai sebagai mata pencarian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.