Pantai Mangrove, Perpaduan Antara Pantai Pasir Putih & Mangrove di Serdang Bedagai

Pesona Pantai Mangrove Kampung Nipah Serdang
Alamat: Sei Naga Lawan, Kec. Perbaungan, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara.
Biaya Tiket Wisata: Mulai Rp 10.000
Google Maps: Cek Lokasi

Pantai Mangrove Daerah Nipah salah satunya rekreasi bahari dan pembelajaran yang memikat dieksplor di Serdang Bedagai. Pantai pasir putih bersatu hutan mangrove yang memikat sebagai arah berlibur dan akhir minggu yang membahagiakan.

Sumatera utara selainnya populer dengan budaya melayu dan bataknya, dikenal juga mempunyai spot rekreasi bahari menarik. Satu diantaranya yakni Pantai Mangrove Daerah Nipah. Kehadirannya sebuah udara segar untuk masyarakat sekelilingnya yang nyaris alami ketidakberhasilan di bagian ekonomi.

Sebagai salah satunya lokasi yang dulunya digunakan sebagai lokasi tambak udang windu, sekarang sudah beralih menjadi rekreasi yang mempunyai sejuta daya magnet. Salah satunya keunikan intinya yakni hutan bakau yang lebat dan cantik.

Disamping itu, Pantai Mangrove jadi rekreasi pembelajaran pertama kali yang diatur secara swadaya oleh penduduknya. Tidak sabar ketahui bukti-bukti menarik yang lain, baca beberapa pembahasan berikut, lebih hebat kembali jika tiba sendiri ke lokasi.

Pesona yang Dimiliki Pantai Mangrove Nipah

Pesona Pantai Mangrove Kampung Nipah Serdang
Photo Credit: Agoes Salim Nst

Kesusahan yang ditemui oleh masyarakat sekitaran menjadi nelayan ialah argumen kenapa pemerintah pada periode presiden Soeharto lakukan pembabatan daerah pesisir pantai timur Sumatra Utara. Semua tempat yang digasak diubah fungsikan sebagai tempat tambak Udang Windu. Tetapi, keadaan itu malah memunculkan permasalahan lain yakni abrasi yang bikin rugi.

Semua muncul karena tidak ada satu juga bakau yang ditanamkan untuk meredam kikisan pesisir dari air laut. Keadaan ini makin hari makin lebih buruk, tetapi tidak kelihatan ada tanggapan atas peristiwa itu dari faksi pemerintahan.

Menyikapi hal itu, pada akhirnya masyarakat sekitaran membuat ide secara swadaya untuk menanam bakau disekitaran daerah tepi pantai. Ada keinginan bersama untuk kembalikan kembali pesisir yang hancur jadi lebih baik. Karena bila masih tetap didiamkan hasil tangkapan udang, kepiting, dan ikan akan makin berkurang.

Beragam kendala dan halangan dilewati oleh masyarakat sekitaran dalam perjuangkan kembali kondisi ekonomi dari pesisir Pantai Mangrove Daerah Nipah. Sampai pada akhirnya dibuka teritori rekreasi pembelajaran yang menyuguhkan bagaimana peranan riil dari tanaman bakau dalam mencegah abrasi, dan menanamnya langsung. Berikut argumen kenapa tempat ini jadi tujuan ekowisata pembelajaran.

Selainnya sebagai rekreasi yang menyuguhkan aktivitas pembelajaran, ada banyak tempat kulineran disekitaran. Seperti yang dijumpai bersama, saat beberapa suami yang profesinya nelayan bersama membuat pesisir untuk dapat hidup kembali, karena itu istrinya menolong dengan memproses beragam jenis makanan untuk dipasarkan.

Kerjasama ringkas yang memberikan keuntungan ini sukses membenahi kondisi ekonomi wilayah. Oleh karena itu, saat Anda ada di Pantai Mangrove Daerah Nipah, pasti jangan melewati untuk turut berekreasi kulineran. Karena akan banyak beragam jenis olahan makanan ciri khas yang terhidang dan siap untuk dikonsumsi.

Harga yang dijajakan cukup dapat dijangkau, ingat tiap bahan seperti ikan, udang, atau kepiting yang dipasarkan masih fresh. Hingga tidak ada penyesalan pada diri sesudahnya.

Beberapa olahan yang dipasarkan mencakup hasil laut yang langsung diambil dan masih fresh. Selanjutnya ada juga makanan tradisionil yang sehat dan tidak memakai pengawet sebagai tambahan.

Daya magnet khusus yang tak perlu ditanya kembali yakni sejuk dan rindangnya hutan mangrove. Spot ini memberi kesan-kesan romantis dan nyaman. Usaha masyarakat sekitaran dalam membuat pesisir pantai yang nyaris mati betul-betul memperlihatkan hasilnya. Tidak ada yang percuma meskipun pengendaliannya dilaksanakan dengan swadaya tanpa tunjangan pemerintah sekitaran.

Panorama gersang dan panas pada rekreasi lain tidak akan Anda peroleh kembali di Pantai Mangrove Daerah Nipah. Hingga ini jadi satu nilai lebih yang menjadi rekomendasi berlibur dengan keluarga atau orang tersayang. Beragam hal menarik akan Anda dapatkan dan melakukan di sini dan belum pasti didapat pada wilayah lain.

Panorama bentangan mangrove akan memberi kesan-kesan tenang dan nyaman untuk belama-lama. Tidaklah aneh bila kehadirannya selanjutnya dapat membenahi kondisi ekonomi masyarakat sekitaran yang nyaris tersuruk. Karenanya keadaannya saat ini makin bertambah orang yang berminat untuk bertandang.

Sejak namanya makin dikenali, lawatan pelancong makin bertambah sehari-harinya . Maka tidak disangsikan kembali, jika usaha masyarakat dengan berswadaya membuat pesisir yang mati ialah jalan terbaik yang tidak sia-sia.

Selainnya rimbun dan asrinya magrove yang berada di sana, ada sebuah jembatan penyambung yang sukses menarik banyak perhatian pelancong yang tiba bertandang. Kehadiranya digunakan sebagai penyambung wilayah sekitaran, rupanya jadi satu spot opsi untuk ambil photo terbaik dari pengunjung.

Cukup banyak yang menyengaja mendokumentasikan peristiwa pada lokasi jembatan ini. Hasil bidikan yang memikat memberi sentuhan romantis dan teduh. Hingga tidaklah aneh bila ini menjadi satu diantara daya magnet yang dipunyai Pantai Mangrove Daerah Nipah.

Bahkan juga sering yang menjadikan sebagai lokasi untuk photo pre wedding. Pasti Anda ingin tahu sekali bagaimana memiliki bentuk, dengan demikian tidak ada argumen kembali untuk tunda jam kunjungan rekreasi Anda ke arah tempat ini.

Lewat jembatan ini Anda dapat melihat keelokan pantai dari jarak jauh. Pesisir, hutan mangrove dan air laut yang biru tergambar demikian terang dengan keelokan yang tidak dapat ditampik oleh mata. Demikianlah sekiranya deskripsi yang hendak didapat dari spot ini.

Lokasi Menuju ke Tempat Wisata Pantai Mangrove

Lokasi Pantai Mangrove Kampung Nipah Serdang
Photo Credit: Tiara Sabrina

Anda berminat untuk bertandang? tetapi belum mengetahui jalur yang mana harus dilewati, ini ialah keterangan selengkapnya . Maka akan ada banyak akses yang dapat Anda menempuh untuk capai lokasi Pantai Mangrove. Pertama yakni lewat lajur kota Medan, jarak yang kemungkinan Anda menempuh disini yakni sekitaran 1,5 jam – 2 jam perjalanan.

Dari kota Medan Anda harus ambil jalan ke arah wilayah Simpang Pantai Kelang. Kemudian teruskan perjalanan ke arah daerah Kecamatan Sei Buluh. Saat sampai pada tempat itu, teruskan kembali dengan tempuh lajur ke arah arah dalam yang memiliki jarak sekitaran 8 km. Saat Anda sudah datang di lokasi bakal ada papan atau petunjuk yang tertulis Pantai Mangrove Daerah Nipah.

Meskipun tidak berada pada bagian pulau Jawa, tetapi akses jalan di situ terhitung mencukupi. Kalaulah ada sisi yang belum diaspal, kondisinya bukan yang terlampau jelek dan bisa untuk dilalui.

Biaya Ticket Wisata Pantai Mangrove Nipah

Tiket Pantai Mangrove Kampung Nipah Serdang
Photo Credit: Keluyuride Adv

Pasti saat sebelum memilih untuk pergi Anda perlu mempersiapkan bujet sepanjang perjalanan dan berlibur di Pantai Mangrove Daerah Nipah. Maka dari itu, sebaiknya untuk memerhatikan info berkaitan ticket masuk yang perlu Anda bayarkan saat sebelum nikmati semua keelokan yang dihidangkannya. Ongkos yang dibanderol untuk kepentingan itu termasuk cukuplah murah dan standard, tiap orang Rp 10.000-, saja.

Itu ialah harga yang lumayan murah bila dibanding dengan keelokan dan sarana yang dijajakan. Daya tarik air lautnya, pasir pantai, dan hutan mangrovenya, ialah bayaran yang sesuai dengan uang Anda keluarkannya. Tetapi, bila Anda punya niat lakukan aktivitas pengambilan foto pre wedding, ongkos yang perlu dibayar sekitaran Rp 200.000,- sampai range Rp 300.000,-

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Pantai Mangrove

Kegiatan Pantai Mangrove Kampung Nipah Serdang
Photo Credit: Waldin Alfian Parhusip

Saat Anda ada di Pantai Mangrove Daerah Nipah, akan ada banyak yang dapat ditangani dan dilaksanakan di situ. Satu diantaranya yakni mengenali mengenai sangkut-paut dari bakau atau mangrove. Sebagai lokasi yang ditolong oleh kehadiran bakau, pasti Anda akan mendapatinya setiap pojok pesisirnya.

Masyarakat sekitaran sebagai pengurusnya akan memberi peluang untuk Anda untuk ketahui beberapa macam mangrove yang ditanamkan di situ. Minimal ada sekitaran 15 tipe yang kemungkinan dapat Anda dapatkan. Disamping itu, bisa juga belajar bagaimanakah cara menanamnya dan menjaganya. Berlibur Anda akan betul-betul terkesan karena mendapatkan tambahan pengetahuan.

Aktivitas menarik apalagi yang dapat Anda kerjakan, tentu saja ialah berpose. Siapakah yang ikhlas tidak mendokumentasikan tiap keelokan yang terhidang tanpa satu bidikan juga, pasti tidak seorang juga. Di situ akan banyak diketemukan beberapa spot instagenic yang dapat menjadi background untuk unggah di media sosial.

Disamping itu untuk Anda yang berencana pernikahan, ditambah ide yang digotong ialah topik alam, pasti bisa memasukkan pada daftar lokasi opsi. Hasil bidikan gambar pre wedding Anda semakin lebih menarik dan terkesan.

Untuk Anda yang hoby melahap makanan laut, tidak ada kelirunya untuk coba kulineran yang berada di sekitaran sana. Ada banyak pedagang yang tawarkan olahan hasil laut dimulai dari bakaran, sampai beragam jenis wujud masakan. Tentu saja rasanya semakin lebih nikmat karena seluruh bahan yang dipakai masih fresh.

Disamping itu, bila Anda pun tertarik melahap olahan yang tidak biasa, dapat coba beragam jenis kreativitas makanan berbahan dasar bakau. Tidak boleh cemas masalah harga, karena benar-benar ramah dikantong wisatawan.

Fasilitas & Sarana yang Ada di Pantai Mangrove Nipah

Fasilitas Pantai Mangrove Kampung Nipah Serdang
Photo Credit: Fauzi Ramadhana

Sarana yang dijajakan di rekreasi Pantai Mangrove termasuk komplet dan terurus. Ada banyak tempat khalayak seperti gazebo, toilet, kamar mandi, dan masjidh. Semua disiapkan secara baik oleh masyarakat sebagai pengurus supaya pengunjung yang tiba terasa nyaman. Disamping itu beragam warung penyuplai makanan berdiri rapi menjajahkan dagangannya di tepi pesisir.

Demikianlah deskripsi singkat berkaitan daya tarik keelokan yang ditawari oleh Pantai Mangrove Daerah Nipah di Serdang Bedagai. Beberapa hal bagus yang dapat Anda dapatkan saat bertandang. Disamping itu fasilitas dan prasarana simpatisannya ada secara baik, hingga Anda dapat semakin nyaman untuk meneruskan kegiatan berlibur dengan keluarga. Info jalur dan harga ticket pun tidak ketinggal untuk diulas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.