Pantai Lovina, Pantai Cantik dengan Melihat Lumba-Lumba Secara Lansung di Bali

Pantai Lovina, Pantai Cantik dengan Melihat Lumba-Lumba Secara Lansung di Bali
Alamat: Desa Kalibukbuk, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng, Bali.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

Pantai Lovina di Pulau Dewata Bali dengan keunggulan dimana wisatawan bisa melihat lumba-lumba secara langsung. Beragam fasilitas juga sudah dilengkapi untuk kebutuhan pengunjung.

Pantai Lovina adalah salah satu pantai di Pulau Bali dimana wisatawan bisa melakukan banyak kegiatan sekaligus bercengkrama dengan lumba-lumba. Keistimewaan ini tidak akan bisa ditemui di pantai lain di Bali yang biasanya menyuguhkan sunset dan kegiatan berjemur di pinggir pantai.

Bagi yang menginginkan pengalaman berlibur yang lain dari yang lain maka Pantai Lovina menjadi pilihan utamanya. Suasana pantai juga sangat pas dipakai untuk berlibur bersama keluarga. Ombak pantai cantik ini yang tidak terlalu besar bisa dijadikan anak-anak kecil untuk bermain air di bibir pantai.

Selain bisa melihat lumba-lumba dari dekat, pengunjung juga bisa memanfaatkan bermacam-macam fasilitas yang ditawarkan. Semua fasilitas penunjang tersebut ada supaya pengunjung betah dan akan mengagendakan untuk berkunjung kembali.

Pesona yang Dipunyai Pantai Lovina

Pesona Pantai Lovina
Photo Credit: Adi Arifin

Pantai Lovina memiliki kelebihan yang bisa membuat pengunjung terpana. Daya tarik inilah yang dipercaya membuat pengunjung mau bertahan lama di sana. Wisata bahari ini merupakan salah satu pantai di Bali yang berpasir hitam. Jika pantai Bali lain berpasir putih maka ini tidak berlaku untuk Lovina.

Karena pasir hitamnya, tak jarang banyak fotografer yang memilih mengambil gambar di sini karena akan mendapatkan hasil jepretan yang eksotis. Hasil foto di pasir hitamnya membuat orang-orang tidak akan percaya bahwa foto diambil di Bali. Pasti dikira diambil di pantai-pantai Pulau Jawa saja.

Kelebihan lainnya adalah pantai memiliki spot sunset atau matahari terbenam terbaik. Di sana, turis bisa menyaksikan matahari terbenam tanpa adanya halangan. Apalagi saat sunset bisa ditemani oleh lumba-lumba yang berenang di tengah pantai lepas. Hal ini bisa menjadi buruan pecinta fotografer alam.

Daya tarik berikutnya adalah adanya lokasi konservasi habitat laut seperti terumbu karang. Di Indonesia, ada beberapa pantai yang dijadikan lokasi konservasi, salah satunya adalah Lovina. Para wisatawan bisa melihat bagaimana konservasi dilakukan untuk menjaga keutuhan terumbu karang. Wisatawan dapat ikut serta melestarikannya.

Lokasi Menuju ke Pantai Lovina

Lokasi Pantai Lovina
Photo Credit: Kate. artowl

Pantai Lovina berlokasi di Desa Kalibukbuk, Singaraja. Lokasi pantai bisa dikatakan lumayan jauh dari pusat kota. Lebih tepatnya lebih dari 100 kilometer dari Kota Seminyak. Butuh waktu paling tidak 3 jam untuk sampai ke sana jika dari Legian, Seminyak, atau Kuta. Dengan catatan kalau jalan tidak macet.

Untuk berangkat, wisatawan yang dari Kuta dapat mengambil rute ke Singaraja kemudian ke Seririt. Di jalan akan menemukan papan yang menunjukkan lokasi Pantai Lovina. Maka ikuti saja maka akan dengan mudah menemukan pantai.

Dan bila berangkat dari Bandara Ngurah Rai, maka cukup lewat Jl. By Pass Ngurah Rai menuju Jl. Sunset road setelah itu ke Jl. Imam Bonjol. Jika sudah berada di Jl. Imam Bonjo, dengan mengendarai sampai ke Jl. Raya Denpasar ke Gilimanuk kemudian berjalan ke Bedugul. Akhir tujuannya adalah Seririt.

Biaya Tiket Masuk Wisata Pantai Lovina Bali

Biaya Pantai Lovina
Photo Credit: Monika Vrabcov√°

Bagi yang ingin mengunjungi Pantai Lovina maka bisa bernafas lega karena bisa hemat biaya. Untuk memasuki area wisata tidak akan dikenai biaya masuk atau tiket masuk. Semua bisa masuk kapan saja secara gratis. Sungguh penawaran yang menggiurkan untuk pesona keindahan yang luar biasa ini. Ditambah pantai dibuka selama 24 jam 7 hari secara penuh. Jadi wisatawan bisa menikmati atmosfer pantai kapanpun tanpa cemas saat ke sana pantai ditutup karena libur.

Hanya saja perhatikan beberapa tips berikut supaya tetap bisa tenang dan senang saat menghabiskan waktu di Lovina. Yang pastinya jangan datang ke pantai saat musim liburan karena bisa dipastikan pantai akan penuh dan ramai wisatawan yang ingin melihat lumba-lumba dan sunset.

Alangkah baiknya jika jangan berkunjung ke pantai pada bulan Juni hingga Agustus. Di bulan tersebut wisatawan paling banyak berkunjung adalah wisatawan dari Cina dan Eropa. Wisatawan Indonesia paling banyak datang pada bulan Juni dan Desember pada masa libur sekolah.

Supaya bisa menikmati suana, sebaiknya ambil cuti kemudian datang ke Pantai Lovina di bulan Januari sampai bulan Mei. Atau datanglah di antara September atau November. Maka liburan tidak akan terganggu dengan suasa pantai yang penuh sesak dengan ramainya orang yang lalu lalang.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Lovina

Kegiatan Pantai Lovina
Photo Credit: Adi Arifin

Banyak kegiatan yang sangat memukau saat berlibur di Pantai Lovina. Dan bisa dipastikan kegiatan tersebut akan menjadi pengalaman yang seru dan tidak akan terlupakan. Berikut kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Lovina:

Melihat Lumba-Lumba

Pilihlah tempat yang tepat saat mendatangi pantai maka akan bisa memperoleh pemandangan ratusan lumba-lumba yang berenang dengan indahnya. Jika ingin melihat dari jarak yang dekat, wisatawan bisa menyewa perahu yang disediakan warga sekitar untuk menuju ke tengah laut.

Untuk memperoleh suasana yang indah maka pergilah ke tengah laut di waktu pagi. Lumba-lumba pada umumnya akan muncul di tepi pantai yang berjarak kurang lebih 1 Km pada pukul 6 sampai pukul 8. Jadi waktu itulah merupakan waktu yang tepat untuk melihat lumba-lumba.

Keuntungan lain dari sewa kapal ini adalah akan diberikan sarapan pagi. Jika tidak menginginkan sarapan maka akan ditarik biaya sebesar 110 ribu saja. Jadi dengan ongkos segitu maka bisa dikatakan merupakan harga yang sangat sepadan dan murah.

Snorkeling

Aktivitas menarik lainnya adalah menyelam di air dangkal atau snorkeling. Kegiatan ini bisa dipilih jika sudah puas melihat lumba-lumba atau memang lebih senang dengan kegiatan menyelam.

Kegiatan melihat keindahan kehidupan di bawah laut Pantai Lovina. Wisatawan bisa menyaksikan dan menyentuh bermacam-macam terumbu karang dengan berbagai jenis ikan. Kegiatan ini bisa dilakukan sembari santai.

Jangan cemas jika tidak mempunyai peralatan atau tidak membawanya karena di sana banyak tempat yang menyewakan peralatan snorkeling secara lengkap dan aman. Biaya yang dipatok kurang lebih 100 ribu saja.

Memancing di Tengah Laut

Untuk wisatawan yang memiliki kegemaran memancing, tidak ada ruginya kalau memancing di tengah Pantai Lovina. Ada banyak jenis ikan dengan segala ukuran tersedia yang siap menyambar kail yang sudah turun ke laut.

Sebaiknya memancing ini dilakukan secara rombongan tapi jika memang ke sana sendirian maka bisa memancing dengan wisatawan lainnya. Cukup dengan membayar kurang dari 100 ribu.

Jika sudah mempunyai rombongan tersendiri, cukup membayar 250 ribu untuk menyewa kapal dengan sistem carter. Jauh lebih hemat, maka dari itu lebih baik membawa rombongan sendiri saat ingin memancing ikan di tengah pantai Lovina.

Berjemur

Kegiatan berikutnya yang bisa dilakukan di sana adalah berjemur di bawah panas matahari. Kegiatan ini paling sering dilakukan oleh turis mancanegara yang jarang bisa merasakan panas matahari di negara asalnya.

Saat berjemur, wisatawan bisa duduk atau menyewa tikar kemudian digelar di pinggir pantai. Sambil tiduran maka bisa melihat aktivitas turis lainnya. Walaupun terkesan biasa tapi saat melakukan aktivitas ini maka tidak terasa waktu akan cepat sekali berlalu.

Fasilitas & Sarana yang Tersedia di Pantai Lovina Bali

Fasilitas Pantai Lovina
Photo Credit: Teiky & Antonia

Untuk menunjang tempat wisata ini maka pihak pariwisata Pantai Lovina sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk mempermudah wisatawan yang datang. Fasilitas pertama yang disediakan adalah area parkir. Area parkir di lokasi wisata yang luas sehingga tidak perlu cemas memakai transportasi pribadi saat datang.

Fasilitas berikutnya adalah penyewaan alat menyelam. Di sana terdapat banyak tempat yang menyediakan penyewaan alat. Dan apabila ingin menyewa perahu saat snorkeling juga banyak tersedia di pinggir pantai. Yang menyewakan perahu adalah warga sekitar pantai.

Di pantai juga disediakan tempat penyewaan alat pancing. Ini bagi yang ingin mencoba memancing di tengah pantai. Dan bagi yang ingin menyaksikan lumba-lumba maka juga menyewa guide atau operator lumba-lumba. Untuk menyewa operator, pengunjung harus membayar sekitar 60 ribu.

Fasilitas yang terakhir merupakan fasilitas wajib yang tidak boleh ketinggalan saat di tempat wisata. Fasilitas tersebut adalah hotel dan restoran. Hotel yang ada di sekitar pantai menawarkan harga yang bervariasi mulai dari ratusan ribu sampai harga jutaan untuk setiap malamnya.

Begitu juga dengan restoran di sana, restoran menyediakan berbagai menu masakan baik lokal maupun mancanegara untuk memanjakan wisatawan. Ditambah adanya pertunjukan musik membuat suasana makan malam di sana semakin syahdu jika dilakukan dengan orang terkasih.

Itu tadi merupakan daya tarik, rute, kegiatan dan semua fasilitas yang ada di Pantai Lovina, Bali. Segala fasilitas penunjang sudah ada di pantai sehingga wisatawan bisa dengan tenang menikmati suasana pantai saat berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang terkasih.

1 thought on “Pantai Lovina, Pantai Cantik dengan Melihat Lumba-Lumba Secara Lansung di Bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.