Pantai Losari, Pantai Indah yang Kaya Pesona di Makassar

Alamat: Jl. Penghibur, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Biaya Tiket Wisata: Gratis
Google Maps: Cek Lokasi

Bukan rahasia kembali jika Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki wisata cantik. Apalagi pemerintah sedang menggiatkan 10 Bali baru untuk menggamit wisatawan luar negeri. Pemerintah terus membuat fasilitas yang bagus di sekitar pantai agar dapat dicicip oleh beberapa wisatawan dan memanjakan mereka selalu untuk datang setiap tempat wisata yang dimiliki Indonesia.

Makassar bukan hanya memiliki adat istiadat dan budaya yang kental, tapi memiliki berbagai wisata kuliner. Ini yang jadi salah satu faktor banyak wisatawan ingin berlibur di sini. Jika Anda berkunjung ke Makassar, karenanya Anda jangan sampai melalui untuk melawat di Pantai Losari. Bila dari Bandara Sultan Hasanuddin, Anda dapat sampai dalam waktu 1/2 jam.

Ada kekhasan yang khusus yang dimiliki Pantai Losari yakni kondisi alam yang ada di sekitarnya. Ada keadaan lainnya dan memang populer. Ada kelebihan, kisah dan keunggulan dari Pantai Losari . Maka objek kebanggaan dari Ibu-kota Provinsi Sulawesi Selatan, Pantai Losari sebagai ikon wisata Makassar dengan sejuta keindahan.

Pemandangan pantainya yang paling elok jadi pilihan berlibur untuk istirahatkan pertimbangan dari kegiatan kantor yang cukup padat. Wisata kulinernya yang berbagai bisa memanjakan lidah Anda untuk rasakan bermacam sajian makanan yang kaya cita-rasa nusantara. Semakin nyaman jika Anda menggunakan sepeda motor saat memutari Pantai Losari.

Mengenal Sejarah Pantai Losari Makassar

Mengenal Pantai Losari

Photo Credit: Dahron

Pantai Losari ternyata memiliki narasi yang unik dan patut untuk dibaca. Dulunya lokasi yang ada di sekitar pantai ini dipakai sebagai pasar ikan baik saat pagi atau siang hari. Selanjutnya tetap jadi tempat berjualan bermacam makanan di sore sampai malam hari. Tentu ini sedikit ditemui oleh beberapa pengunjung. Tetapi sudah selayaknya terutamanya untuk masyarakat sekitar tahu apa yang pernah terjadi di pantai ini.

Sementara itu pembangunan di tepi pantai dikerjakan pada tahun 1945 yang disebutkan ide dari walikota pada masa itu. Ditemui dari jejak kisah, masa kepemimpina dimulainya pembangunan adalah pada masa DM van Switten. Awalannya dari pembangunan ini dikerjakan dengan adanya peletakan lantai dasar beton menggunakan panjang 910 mtr..

Ada peletakan lantai ini ditujukan untuk menjaga fasilitas yang ada di sekitarnya dari gempuran ombak selat Makassar. Baru selanjutnya pembangunan makin semakin. Sampai saat ini Pantai Losari jadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh warga sekitar dan wisatawan luar. Merkea tergabung dan cicipi semua sarana dan prasaran yang dipersiapkan dan berperanan memancing minat wisatawan.

Nama Losari sendiri memang sampai saat ini tidaklah dijumpai apa diambil dari bahasa Belanda atau Makassar. Tetapi jika diterjemahkan menggunakan bahasa Jawa, Losari memiliki dua suku kata yaitu los dan ari. Los mempunyai makna lokasi yang digunakan untuk kegiatan jual beli atau lokasi yang terdiri jadi beberapa toko. Sementara kata Ari sendiri diambil dari makna selaput pembungkus atau yang alirkan. Seperti ari-ari.

Lokasi Pantai Losari ini ada di jalan Metro Tanjung Bunga, Maloku. Tepatnya berada di Ujung Pandang Kota Makassar yang terkenal akan keindahan alam di sekitarnya.

Pengunjung jika kesulitan karenanya bisa mencoba membuka google maps. Pengunjung bisa mendapat kontributor dengan gampang dan merasakan alamat itu. Baru nantinya bisa meramalkan jarak dari lokasi sampai berada di Pantai Losari. Selain itu, pengunjung juga bisa menggunakan sepeda motor sekaligus cicipi jalanan yang ada di Kota Makassar.

Lokasi Menuju Ke Arah Pantai Losari

Jika memang pengunjung tiba di luar daerah Makassar terutamanya luar pulau Sulawesi seharusnya menggunakan pesawat sebagai transportasi khusus. Keluar dari Bandara Soekarno Hatta di Jakarta, wisawatan bisa membeli ticket pesawat ke Bandara Hasanuddin makassar. Lajurnya memang mudah karena pantai ini berada di pusat Kota Makassar.

Berada bisa diraih menggunakan kendaraan pribadi atau biasa. Smeentara waktu tempuhnya rata-rata meamgn 1 jam saja dari bandara. Tetapi jika pergi lewat jalan tol karenanya bisa dipersingkat jadi hanya 40 menit saja. Tidak hanya itu, bila wisatawan memulai perjalanan dari Pelabuhan Soekarno Hatta yang ada di Wajo, Makassar karenanya waktu tempuh yang dimilikinya adalah 20 menit saja. Saat yang cukup singkat buat mereka yang tidak sabar dalam cicipi keadaan di Pantai Losari.

Objek wisata Pantai Losari ini tidak memiliki jam operasional secara terbatas. Pantai lainnya dengan arah lainnya seperti waterpark, air terjun, musem dan sebagainya. Pantai Losari buka sejauh 24 jam. Tentu ini memudahkan kita untuk mendatanginya bebas dan sesuka hati tapi walaupun begitu, betul-betul disarankan untuk datang ke Pantai Losari ini antara jam 3 sore sampai jam 9 malam agar dapat menghindari sengatan sinar matahari atau cicipi matahari tenggelam.

Harga ticket masuk yang ada di Pantai Losari ini tidak ada atau gratis. Pengunjung bisa datang sesuka hati namun tetap menjaga kebersihan diri dan tidak meninggalkan sampah di lokasi. Karena, keindahan pantai adalah tanggung-jawab semua pengunjung yang datang. Berkunjung ke Pantai Losari tidak dikenakan biaya apa sampai memang terbuka untuk umum.

Seperti yang disebutkan awalannya bila Pantai Losari ini sebagai bjek yang unik. Karena wujud dari Pantai ini tidak seperti pantai lainnya. Pemisah antara laut dan daratan adalah bebatuan yang berada di tepi pantai dan menjadi pemecah ombak. Pembangunan anjungan-anjungan yang berada di tepi laut ini sebagai fasilitas keunikan untuk ruangan umum dan dipakai oleh beberapa pengunjung.

Anjungan ini diberi nama berdasarkan beberapa suku yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan. Misalkan Anjungan Bugis, Anjungan Makassar, Anjungan Toraja sampai Anjungan Mandar. Sementara pembaruan anjungan ini dikerjakan sebagai tempat senyaman peluang untuk masyaraakt. Pengunjung bisa kerjakan bermacam foto atau selfie karena ada latar belakang tulisan Pantai Losari. Ada juga beberapa nama suku di Sulawesi Selatan yang mempunyai ukuran besar.

Baru nantinya setelah suka berfoto, pengunjung bisa berpindah ke monumen patung-patung pahlawan Sulawesi Selatan. Beberapa diantranya adalah Sultan Alauddin, Arung Palakka, Sultan Hasanuddin dan sebagainya. Kalaupun ingin mencari tempat untuk melakukan beribadah atau sholat, ada masjid terapung yang bernama Masjid Amirul Mukminin. Pengunjung tidak kesulitan saat kerjakan berabagai aktivitas di sini.

Pesona yang Dimiliki di Pantai Losari

Datang ke pantai kerap memiliki arah untuk mendapat pemandangan sunset. Pantai Losari ditetapkan menjadi pantai dengan spot sunset terbaik. Karena pengunjung bisa menikmatinya langsung dari anjungan yang sudah ada. Pemandangan ini akan jelas jika cuaca cerah. Jangan sampai lupa untuk mendokumenkan kejadian sunset saat berada di sini.

Tak pernah ketahui ada orang main futsal di pantai? Tempatnya ada di pantai ini yang disebutkan pantai paling populer. Di tepian pantai losari ini telah ada tempat untuk bermain futsal. Akan asyik jika pengunjung datang beramai-ramai dan permainkan futsal pada sore hari mendapat cahaya sunset.

Ini memang bukan spot untuk berfoto tapi Pantai Losari memiliki fasilitas yang keren. Ada jaringan hotspot atau jaringan wifi yang bisa jadi daya tarik buat rileks sekaligus merekam kejadian ke media sosial. Hotspot tempat memang menajdi penawaran menarik buat bertandang dan mempromosikan pantai losari melalui media sosial.

Wisata Kuliner Menarik di Sekitar Pantai Losari

Karena Anda dapat dengan gampang untuk berulang-kali setop, karena wisata kuliner yang ada di sekitar pantai hanya berakhir jarak sekitar beberapa mtr.. Selain itu, karena oleh tempat parkir yang ada tidak cukup luas bila Anda menggunakan mobil. Berwisata ke Pantai Losari akan terasa lebih asyik jika dikerjakan di sore hari, karena panoramanya lebih elok.

Sop konro sebagai sajian iga yang diproses sup, sampai kepuasan iganya semakin terasa. Warung sop konro ini berada di daerah Pecinan, tepatnya di dekat Pasar Bacan. Harga dari menu ini yaitu Rp 25.000. Harga ini terhitung murah, karena di harga itu customer setia mendapat nasi putih.

Sajian coto nusantara merpati ini sebagai menu keunikan dari daerah Makassar yang tidak boleh Anda terlewatkan. Menu ini berwujud sop daging sapi yang dilengkapi dengan dalaman yang diolah menggunakan bumbu khusus yang unik. Proses memprosesnya dikerjakan dalam saat yang cukup lama. Ini yang menyebabkan daging sapi akan terasa begitu lembut saat dimakan.

Anda dapat menjumpainya di kawasan Selekasnya Mae. Harga yang dibandrol untuk satu mangkuk coto Makassar ini yaitu sejumlah Rp 18.000. Di harga itu, Anda bisa cicipi porsi daging dalam jumlah yang cukup banyak. Harga itu terhitung murah dengan rasa yang begitu lezat. Warung coto ini buka dari jam 07.00 dan tutup jam 17.30 WITA.

Mie Titi sebagai satu diantaranya sajian menu keunikan daerah pada tempat. Sebelumnya menu ini tiba dari daerah pesisir di Makassar. Tapi, saat ini sudah datang ke bermacam daerah, karena rasanya dicintai oleh bermacam golongan masyarakat. Mie ini diproses dengan diolah kering, seterusnya disajikan bersama sayur, daging, telur dan disiram kuah kental.

Saat berkeliling di pantai cantik ini, akan terasa lebih nikmat jika ditemani dengan makan cemilan. Pisang epe’ jadi pilihan yang cocok untuk temani perjalanan Anda. Cita-rasa dari makanan ini yaitu manis. Rasa manis ini tiba dari pisang bakar yang diberi tambahan cairan gula merah atau kuah yang memiliki rasa durian.

Pisang ini ditawarkan di daerah Maloku. Harga cukup dicapai, yaitu sekitaran belasan ribu rupiah. Warung yang jual sajian ini buka sejak jam 18.00 dan tutup jam 24.00 WITA. Anda dapat tentukan topping sesuai dengan selera, seperti coklat, nutella, keju, atau topping yang lain.

Pantai losari sebagai ikon pariwisata dari Makassar memanglah tidak pernah kering keindahannya. Tentu bukan hal baru bila banyak wisatawan asing datang dan cicipi daya magnet alam yang ada. Selain itu, beberapa kuliner keunikan Makassar yang bisa Anda cicip di pantai ini memiliki cita-rasa yang unik dan rasanya tidak kalah lezat dengan makanan yang ada di daerah lain.